Tanggamus Adakan Pelatihan Tim Pelaksana Inovasi Desa

Tanggamus Adakan Pelatihan Tim Pelaksana Inovasi Desa

Gisting – PMD Kabupaten Tanggamus mengadakan Pelatihan Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) di Kabupaten Tanggamus. Pelatihan dilaksanakan selama 4 hari sejak tanggal 31 Agustus sampai 3 September 2018, di Aula Hotel 21 Gisting.

Dalam sambutan tertulis Pj. Bupati yang dibacakan Kepala Dinas PMD Kabupaten Tanggamus, Idham Khalid, disampaikan bahwa Program Inovasi Desa (PID) merupakan salah satu upaya Pemerintah mewujudkan agenda Nawacita dalam RPJMN 2015-2019. PID juga dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas Desa sesuai amanat Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Idham melanjutkan, PID hadir sebagai upaya mendorong peningkatan kualitas pemanfaatan Dana Desa (DD) dengan memberikan rujukan inovasi pembangungan desa serta merevitalisasi peran pendamping dalam pengembangan potensi ekonomi lokal, kewirausahaan, pengembangan sumber daya manusia serta infrastruktur desa.

“Pelaksanaan PID diharapkan mampu menstimulus munculnya inovasi dan pertukaran pengetahuan secara partisipatif di desa dan antar desa. Agar Desa lebih efektif dalam menyusun penggunaan Dana Desa sebagai investasi dalam peningkatan produktifitas dan kesejahteraan masyarakat,” terang Idham.

Usai membacakan sambutan Pj. Bupati, Idham membuka secara resmi kegiatan Pelatihan TPID, yang diteruskan dengan penyematan Tanda Peserta Pelatihan secara simbolis kepada perwakilan peserta pelatihan.

Sebelumnya dalam Laporan Panitia Pelaksana Kegiatan, yang disampaikan oleh Markus Adi Wardoyo, disampaikan bahwa tujuan dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) dalam melaksanakan Program Inovasi Desa. Dengan peserta sebanyak 80 orang yang terdiri dari anggota TPID 20 Kecamatan se Kabupaten Tanggamus dan Narasumber dari Tim Inovasi Kabupaten serta Konsultan Pendamping Desa Kabupaten Tanggamus.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Konsultan Pendamping Wilayah II Provinsi Lampung Zulkarnaen, Tim Inovasi Kabupaten Tanggamus, diantaranya Derius Putrawan dari Diskominfo Tanggamus, Wawan Mufti Sarjono dari Badan Litbang Tanggamus, serta para Tenaga Ahli Desa Kabupaten Tanggamus. (Mail-Kominfo)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *