Pemkab Tanggamus Raih Peringkat Ke II Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2018

Bandar Lampung — Pemkab Tanggamus meraih penghargaan sebagai Peringkat ke II, Kategori Pemerintah Kabupaten/Kota Yang Terbuka Dalam Informasi Publik.

Penghargaan diberikan secara langsung oleh Wakil Gubernur Lampung Hi. Bachtiar Basri, SH., MM., yang diterima oleh Kepala Dinas Kominfo Drs. Sabaruddin, mewakili Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, di Aula Hotel Horison, Bandar Lampung, Rabu sore (19/12).

Adapun untuk peringkat pertama diraih oleh Pemkab Pesawaran, dan di posisi ketiga Pemkab Way Kanan, disusul Lampung Tengah dan Lampung Barat pada peringkat keempat dan kelima.

Dalam sambutannya Ketua Komisi Informasi Provinsi Lampung Derry Hendrian menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan komitmen dari seluruh penyelenggara badan publik yang merupakan bagian yang penting dan utama dari sebuah proses keterbukaan informasi publik, sebagaimana yang diamanatkan Undang-Undang No.14 Tahun 2008.

Derry melanjutkan, tahun 2018 merupakan momentum tepat dalam tiga tahun belakangan ini. Dimana sebuah produk regulasi yang merupakan cita cita luhur ingin adanya transparansi, adanya akuntabilitas Pemerintahan yang efektif dan efisien. “Dan ini adalah komitmen yang sangat penting dari setiap badan publik, dimana telah diberi waktu selama dua tahun untuk melakukan konsolidasi dan mempersiapkan diri dalam melakukan pengelolaan pelayanan informasi publik yang berpedoman pada Undang-Undang No 14 Tahun 2018,” terang Derry.

Sementara dalam sambutan Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri, SH., MM., Beliau mengingatkan kepada seluruh badan publik di Lampung, agar terus meningkatkan keterbukaan informasi publik. “Lembaga Pemerintah dan Organisasi apapun khususnya yang terkait dengan pelayanan publik untuk bisa membuka diri dan memberikan informasi dengan benar kepada masyarakat, sebagaimana harapan pak Gubernur yang disampaikan agar Lampung menjadi Provinsi terdepan dalam aspek pembangunan. Salah satunya melalui peningkatan pelayanan publik dibidang informasi,” ujarnya.

Wagub menyampaikan apresiasi Kepada Komisi Informasi Provinsi Lampung beserta jajaran atas kemajuan yang telah dicapai terkait keterbukaan informasi di Provinsi Lampung.

Beliau juga menyampaikan selamat kepada penerima penghargaan dan berpesan kepada yang belum meraih penghargaan. “Kepada para juara, penerima penghargaan atas penghargaan yang telah diraih, dan kepada yang belum, ini adalah cerminan untuk melakukan upaya peningkatan bagi organisasi organisasi agar kedepannya menjadi lebih baik lagi,” tutupnya.

Terpisah, Kepala Dinas Kominfo Sabaruddin, yang juga menjabat Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pemkab Tanggamus menyampaikan terima kasih dan menganggap pencapaian ini sebagai motivasi untuk bekerja lebih baik lagi.

Sebagaimana diketahui, sebelumnya pada tahun 2017, Pemkab Tanggamus meraih Peringkat ke 3, dalam penghargaan yang sama.

“Tentunya ini menjadi apresiasi bagi kami. Terima kasih kepada KI Provinsi Lampung, atas penilaiannya. Insya Allah ini akan menjadi motivasi bagi kami untuk bekerja lebih baik lagi dalam memberikan pelayanan informasi publik di Kabupaten Tanggamus, baik sesuai peraturan perundang-undangan, juga sesuai dengan Pelayanan RATU,” pungkasnya. (Kominfo-Ismail)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *