Kasdam II/SWJ Tutup TMMD ke 103 Tahun 2018 Kodim 0424 Tanggamus

Kasdam II/SWJ Tutup TMMD ke 103 Tahun 2018 Kodim 0424 Tanggamus

Sumberejo – Kasdam II/SWJ Brigjen TNI. Syafrial, psc, M.Ter (han)., secara resmi menutup TMMD ke 103 Kodim 0424 Tanggamus Tahun 2018. Upacara penutupan dilaksanakan di Lapangan Sailing, Pekon Argopeni, Kecamatan Sumberejo, Selasa (13/11/18).

Dalam kegiatan tersebut Kasdam disambut langsung oleh Bupati Tanggamus Hj.Dewi Handajani, SE, MM., bersama Danrem 043/Garuda Hitam Kolonel Kav. Erwin Djatniko, S.Sos, serta Dandim 0424 Letkol. Anang Hasto Utomo, M. Han.

Turut Hadir Direktur Pamobvit Kombespol. Prabowo Santoso mewakili Kapolda Lampung, Forkopimda Kabupaten Tanggamus, Sekdakab Tanggamus, para Asisten, Staf Ahli dan Kepala OPD Pemkab Tanggamus, Camat serta Kepala Pekon SE Kecamatan Sumberejo.

Dalam Laporan Hasil Kegiatan TMMD ke 103 yang disampaikan oleh Dandim 0424 Letkol (Arh). Anang Hasto Utomo, SIP, M.Han., TMMD Ke 103 Thn 2018 Kodim 0424/Tanggamus berlangsung selama 30 hari dari tanggal 15 Oktober 2018 s/d 14 November 2018. Dengan sasaran pembangunan fisik berupa pembangunan sarana dan prasarana yang menyentuh kepada peningkatan kesejahteraan masyarakat, dalam bentuk : a) Pembangunan dan Perkerasan Badan Jalan dengan Onderlagh dengan ukuran P 1211 M X L- 3 M X 0,15. b) telah rampung 100%,Pembangunan Jembatan dengan ukuran P = 6 M X L = 4 M X T = 2m. c)telah rampung 100%,Pembangunan 9 unit Gorong-gorong Buis beton. d) telah rampung 100%,Pembangunan 1 unit Gorong-gorong Plat Decker Panjang 4m Lebar 1m. e) twlah rampung 100%,Normalisasi Badan Jalan Panjang 680m, Lebar 3m. dan f) telah rampung 100%,Pembukaan Badan Jalan Panjang 460m, Lebar 3m telah rampung 100%.

Adapun kegiatan non fisik, adalah kegiatan yang berkaitan dengan pembinaan mental spiritual atau kejuangan guna menumbuhkan kesadaran masyarakat, yang meliputi : a) Pelayanan Pengobatan Gratis. b) Pelayanan KB- Kesehatan. c) Penyuluhan Kesadaran Hukum dan Kamtibmas. d) Penyuluhan Bela Negara. e) Penyuluhan Bahaya Narkoba. f) Penyuluhan tentang Wawasan Kebangsaan. g) Kegiatan Kemah Bakti Pramuka. h) Pemutaran Film Penerimaan Prajurit TNI dan Film Dampak Internet. i) Penyuluhan Perternakan dan Perkebunan. j) Lomba Lukis Tingkat TK dan SD. k) Pelayanan KTP anak, Akte dan KTP Elektronik Pasar Murah. l) Pelayanan Sim C dan Sim E. m) Memberikan bantuan mesin jahit. n) Memberikan Bantuan Alat Olah Raga.

Usai pembacaan Laporan hasil kegiatan TMMD ke103 upacara dilanjutkan dengan Penandatanganan Naskah Hasil Kegiatan TMMD dan Penanggalan tanda peserta dan penyerahan alat kerja oleh Inspektur Upacara.

Dalam Upacara tersebut Kasdam membacakan amanat KSAD selaku Penanggung Jawab Operasional TMMD ke103 TH 2018 menyampaikan, selama hampir satu bulan sejak kegiatan TMMD 103 lakukan secara resmi dibuka pada tanggal 15 Oktober 2018 yang lalu, para Prajurit TNI, Anggota Kepolisian, Aparat Pemda Serta segenap masyarakat telah bekerja keras guna mencapai sasaran pembangunan baik fisik maupun non fisik yang mencakup 50 Desa sasaran di 50 kabupaten Kota di seluruh Indonesia. “Dimana setiap kegiatan TMMD ini kita dapat menyaksikan semangat kebersamaan serta gotong royong yang terpancar di setiap wajah sekaligus cucuran keringat masyarakat dan aparat yang bersama sama bekerja di lapangan,” terang Kasdam.

“Hal ini menjadi refleksi kekuatan yang sangat besar dari segenap komponen bangsa yang memiliki visi dan misi bersama guna mengatasi persoalan pembangunan serta problematika kesejahteraan masyarakat. Semangat kebersamaan seperti inilah yang sebenarnya merupakan hakikatnya dari kemanunggalan TNI dengan rakyat yang merupakan roh perjuangan bangsa dan akan terus kita bangun serta kita pelihara. Kemanunggalan ini merupakan aktualisasi peran TNI dalam mewujudkan seluruh potensi wilayah dan masyarakat sebagai pendorong kemajuan bangsa yang bermuara pada terbentuknya pertahan nasional yang kokoh,” urai Kasdam.

Beliau juga atas nama KSAD menyampaikan terimakasih dan apresiasi yang setinggi tingginya kepada para Gubernur, Bupati, Wali Kota, Instansi Kementerian terkait dan khususnya kepada masyarakat, yang telah bahu membahu bersama prajurit mewujudkan pembangunan daerah yang menjadi sasaran pelaksanaan TMMD yang ke 103.

Mengakhiri amanatnya Kasdam berpesan kepada anggota satgas TMMD dan segenap masyarakat, supaya tetap mempertahankan kebersamaan dan kemanunggalan antara TNI dan rakyat. “Tingkatkan semangat untuk bekerja dan membangun secara bersama sama, sebagai realisasi semangat gotong royong yang merupakan warisan asli bangsa kita. Peliharalah hasil hasil Program TMMD ke 103 ini dengan sebaik baiknya untuk kemaslahataan seluruh warga masyarakat, serta teruslah membangun dan mengembangkan potensi desa,” tutupnya.

Usai Upacara, kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan bingkisan oleh Kasdam kepada para orang tua angkat prajurit, dimana mereka menjadi tempat tinggal prajurit TNI yang terlibat dalam pelaksanaan TMMD ke 103 di Pekon Argopeni, serta penyerahan Piagam Penghargaan kepada masyarakat yang menghibahkan tanahnya dipakai untuk kegiatan TMMD. Selain itu dilakukan juga

penyerahan bantuan material untuk pembangunan Masjid Pekon Argopeni dan penyerahan mesin jahit untuk UKM. Terdapat juga penyerahan Piala Lomba Mewarnai Tingkat TK dan Playgrup, Piala Lomba Melukis tingkat SD, Piala Lomba Sepakbola, serta dilanjutkan dengan foto bersama.

Kegiatan dilanjutkan dengan meninjau Stan Pameran UKM dan kesehatan serta meninjau sekaligus meresmikan nama jalan dan nama jembatan yang di bangun melalui Program TMMD, yang ditandai dengan pengguntingan pita oleh Kasdam ll/Sriwijaya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *