Bupati Tanggamus Sambut Kunjungan Tim BALITBANG Kementerian Pertahanan Republik Indonesia

Kota Agung – Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, menyambut secara langsung Tim Badan Penelitian dan Pengembangan (BALITBANG) Kementerian Pertahanan Republik Indonesia di Ruang Rapat Bupati, Jum’at (15/02/19).

Turut mendampingi Bupati dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Hi. AM. Syafii, Dandim 0424 Letkol Anang Hasto Utomo, Kapolres yang diwakili Kabagren Kompol. Misbahudin, Pj. Sekdakab Hamid H. Lubis, para Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD, serta Camat dilingkungan Pemkab Tanggamus.

Adapun Tim Balitbang Kementerian Pertahanan yang dipimpin oleh Dr. Ir. Ane Kusmayanti, M.Sc., selaku Kepala Balitbang KEMENHAN, terdiri dari Sekretaris Balitbang Kemenhan Laksamana TNI. Ir. A. Budi Rahardja Raden, Kapuslitbang Sumdahan Brigjen. TNI. Ahmad Saepudin, SE., MM., Sekretaris/Kabid. Sarpras Puslitbang Sumdahan Drs. Pujiantoro, M.M., serta Anggota/Analisis Pertahanan Negara Tati Hertia, SIP., MM., dan Laode Abdul Malik, SE., juga Tim LIPI ITB.

Dalam sambutannya Bupati mengucapkan selamat datang di Kabupaten Tanggamus dan merasa bahagia mendapatkan kunjungan dari Badan Penelitian dan Pengembangan (BALITBANG) Kementerian Pertahanan Republik Indonesia. Dirinya berharap apa yang dilakukan dapat memberikan dampak yang positif bagi kemajuan Kabupaten Tanggamus dan Kesejahteraan masyarakat.

“Mudah-mudahan kunjungan ini akan lebih memperkuat, mempercepat lagi perwujudan daripada Kawasan Industri Maritim dan dapat dibangun di Kabupaten Tanggamus ini,” kata Bupati.

Bupati melanjutkan, bahwa Pemkab Tanggamus tengah melakukan upaya pengembangan rintisan Kawasan Industri Maritim yang sampai saat ini masih berjalan. Bupati juga berharapan agar Kawasan Industri Maritim dan Pertahanan Tanggamus terwujud.

“Ini menjadi Pekerjaan Rumah kami bersama. Menjadi tantangan dan motivasi bagaimana caranya kami dapat menurunkan angka pengangguran. Salah satunya yaitu apabila industri besar hadir di Tanggamus dan juga upaya-upaya kami yang lainnya. Ini paling tidak akan dapat menyerap tenaga kerja yang ada di KabupatenTanggamus ini, sehingga harapan kami kesejahteraan masyarakat akan lebih baik dan meningkat,” tambah Bupati.

Lebih lanjut Bupati juga menyatakan kesiapannya untuk mengawal dan mendukung program-program Nasional di Kabupaten Tanggamus. “Oleh karena itu atas nama jajaran Pemerintah Kabupaten Tanggamus dan masyarakatnya pun akan siap menjaga, mengawal agar program nasional, agar dapat diwujudkan di Kabupaten Tanggamus,” tegas Bupati.

Mengakhiri sambutannya, Bupati menyampaikan bahwa Pemkab Tanggamus berharap agar kunjungan Tim Kemenhan akan nyaman dan berkesan yang baik di Kabupaten Tanggamus, serta menguatkan kelayakan lokasi Kawasan Industri Maritim Tanggamus. “Mudah-mudahan dari hasil studi kelayakan, akan lebih menguatkan lagi dan menguatkan kabupaten Tanggamus layak untuk dijadikan lokasi sebagai Kawasan Industri Pertahanan,” pungkas Bupati.

Sementara dalam sambutan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pertahanan RI, Dr. Ir. Ane Kusmayanti, M.Sc., dikatakan bahwa terdapat beberapa aspek yang dilaksanakan dalam penelitian tersebut, seperti strategi pertahanan, penanganan konflik, aspek yang kedua yaitu sumberdaya pertahanan yang mengkaji meneliti tentang sumber daya manusia. Bagaimana kita mentransformasi potensi sumberdaya manusia tersebut bisa memiliki menjadi suatu kekuatan pertahanan, bidang sumberdaya alam dan buatan termasuk sarana dan prasarana,” katanya.

“Kami dalam melaksanakan pengkajian bukan berdasarkan pada mencari suatu permasalahan didalam lingkungan strategis, tetapi juga ada kajian penelitian sebagaimana yang diharapkan oleh pimpinan, dalam hal ini adalah Menteri Pertahanan.
Feasibility studi ini merupakan salah satu kegiatan litbang yang harus ditindak lanjuti karena memang ini harapan dari Menteri Pertahanan. Kementerian Pertahanan ini memiliki suatu rencana pembangunan industri pertahanan dan satu kawasan tertentu. Ada tiga BUMN, yakni PT Dirgantara Indonesia yang memproduksi pesawat terbang, PT Pindad bidang persenjataan, PT PAL bidang industri maritim dan perkapalan. Selama ini industri pertahanan terkonsentrasi di pulau Jawa dan Lampung merupakan salah satu alternatif wilayah yang barangkali bukan lingkungan dan kondisi strategis, tetapi juga satu aspek kedekatan dengan Ibukota Negara,” terangnya.

“Kemudian untuk kepentingan itulah kami diperintah oleh Menteri Pertahanan untuk melaksanakan suatu studi dalam rangka melihat, mengkaji, kelayakan daripada suatu daerah didalam mendukung rencana yang telah ditetapkan di Kementerian Pertahanan ini, dan tentunya studi yang kami lakukan ini merupakan suatu upaya objektif kami didalam melihat mengkaji keberadaan suatu kondisi pada daerah sebagai satu cara langkah awal dalam melaksanakan atau menindaklanjuti rencana yang telah ditetapkan di satuan kami,“ tambahnya.

Dirinya juga menerangkan bahwa pihaknya membawa lembaga LIPI ITB, yang merupakan suatu institusi yang terakreditasi didalam melaksanakan feasibility. Pihaknya juga akan mengkaji, mengidentifikasi menganalisis, beberapa aspek kelayakan teknis, fisik, ekonomi, operasional ketika suatu industri pertahanan akan dibangun, dengan berbagai karakteristik dan parameter dari industri pertahanan.
“Untuk itu kami hadir disini dalam rangka kulonuwun (mohon izin) kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Tanggamus, untuk menerima kami dalam rangka melaksanakan feasibility, dan kami mohon dukungan baik itu informasi dan data, sehingga kami bisa menampilkan gambaran yang lengkap, objektif, agar hasil feasibility tadi dapat memenuhi harapan kita bersama,” harapnya.

“Langkah awal feasibility inilah yang menjadi tolak ukur, bagaimana rencana pembangunan ini dapat ditindaklanjuti oleh Kementerian Pertahanan. Jadi itu mungkin harapan kehadiran kami di Tanggamus ini mudah-mudahan tim ini akan bekerja bukan hanya bekerja satu dua hari. Kami tidak hanya melaksanakan wawancara, tetapi juga akan lanjut ke lapangan. Termasuk sekarang juga saat ini merupakan awal dari pada kami melihat langsung lokasi dan itu merupakan suatu modal bagi tim nanti dalam menyusun gambaran dari hasil studi ini,” pungkasnya.

Selanjutnya usai penyambutan dan pemaparan tentang Kabupaten Tanggamus oleh Pj. Sekdakab Hamid H Lubis, Tim langsung meninjau lokasi Kawasan Industri Maritim di Batu Balai Kecamatan Limau. (Kominfo-Firman)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *