Forkopimda Tanggamus Tinjau Pospam Lebaran Idul Fitri 1439 H

Tanggamus — Jum’at (8/6/18) Forkopimda Tanggamus, yang terdiri dari Kapolres AKBP I Made Rasma, SIK. M.Si., Dandim 0424 Letkol. Anang Hasto Utomo dan Sekdakab Andi Wijaya, mewakili Pj. Bupati Tanggamus Zainal Abidin, melakukan peninjauan ke sejumlah Pos Pengamanan (Pospam) dan Pos Pelayanan (Posyan) Mudik Lebaran di Kabupaten Tanggamus.

 

Untuk diketahui, Polres Tanggamus bekerja sama dengan Pemkab Tanggamus dan berbagai pihak, membuka 3 Pospam dan 1 Posyan di sepanjang Jalinbar Sumatera. Adapun masing-masing pos tersebut berada di Pekon Sedayu Kecamatan Semaka, Pekon Talagening Kecamatan Kota Agung Barat dan Pasar Kecamatan Talang Padang, sedangkan untuk Posyan di Rest Area Taman Gisting.

Peninjauan dimulai di Pospam Sedayu, Kecamatan Semaka Tanggamus, dilanjutkan ke Pospam Talagening, Posyan Gisting dan Pospam Talang Padang.

Peninjauan ini dilaksanakan guna mengetahui kesiapan pengamanan arus mudik lebaran tahun 2018, sekaligus memberikan bingkisan kepada petugas yang berjaga di setiap pos.

Disetiap Pos yang ditinjau, Forkopimda mendapatkan pemaparan dan penjelasan oleh Kepala Pos, guna memberikan gambaran pengamanan yang ada, termasuk adanya wilayah rawan kriminalitas maupun rawan macet dan rawan bencana.

Kapolres AKBP I Made Rasma mengatakan peninjauan dalam rangka pemantauan ke pos pos pengamanan yang kita dirikan bersama-sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Tanggamus. “Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa personil pengamanan telah siap, pos pengamanan telah siap sehingga kita mampu mengamankan jalannya kegiatan arus mudik dan arus balik selama kegiatan lebaran,” jelas Kapolres.

“Nantinya fungsi pos pengamanan ini sebagai tempat untuk memberikan pelayanan masyarakat seperti pengaturan lalu lintas termasuk menjamin keamanan pada lokasi-lokasi yang rawan Kriminalitas. Jadi titik kumpulnya di pos pos pengamanan kemudian mereka akan geser ke lokasi yang dibutuhkan,” tambahnya.

Kapolres melanjutkan untuk jumlah personil sendiri mencapai 25-30 orang setiap pos, yang terdiri dari unsur Kepolisian, TNI, Pemerintah Daerah, PMI, potensi masyarakat seperti pramuka dan lain sebagainya.

Untuk segi kelengkapan, Kapolres menegaskan dari hasil tinjauan semua Pospam sudah cukup lengkap, hal itu juga dipengaruhi karena setiap tahun Polres Tanggamus sudah rutin melaksanakan pengamanan.

Ditambahkan Kapolres terkait backup Sniper, secara tersendiri disiapkan di titik-titik yang rawan, namun Kapolres tidak dapat mengungkapkan ke publik, karena bersifat rahasia. “intinya memberikan jaminan keamanan kepada para pemudik dan masyarakat agar benar-benar aman selamat sampai tujuan,” tandasnya.

 

Sementara Dandim menambahkan, untuk membantu menjaga pemudik, Kodim menerjunkan 1/3 personil dalam kegiatan pengamanan arus mudik. “Kami juga bergabung dengan pihak kepolisian dan Pemerintah Daerah di posko-posko koordinasi selain itu juga kita menyiapkan Koramil Koramil yang siap disinggahi sebagai rest area,” jelasnya.

Sekdakab Andi Wijaya menjelaskan berdasarkan tahap awal Pemkab Tanggamus telah melakukan rapat persiapan serta penempatan personil, maping lokasi, sarana dan prasarana.

“Dan hari ini kita memastikan apa yang kita bicarakan itu berjalan dengan baik, itu tentunya guna menjamin keamananan dan kelancarara bagi pemudik,” ungkapnya.

Sekda juga menghimbau agar pemudik berhati-hati karena keamanan itu bukan hanya tanggung jawab pemerintah melainkan tanggung jawab masyarakat ataupun pemudik itu sendiri. “Artinya partisipasi dari mereka, jika lelah diharapkan beristirahat,” himbaunya.

Peninjauan dilaksanakan guna mengetahui kesiapan pengamanan arus mudik lebaran tahun 2018, sekaligus memberikan bantuan bingkisan kepada petugas yang berjaga di setiap pos. Agar pelaksanaan arus mudik dan arus balik di Kabupaten Tanggamus berjalan dengan baik dan lancar. (Kominfo)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *