Kapal Tenggelam di Perairan Teluk Semaka

Kotaagung -,Situasi Dermaga Pelabuhan Kotaagung, Kabupaten Tanggamus, malam ini (12 /4) mendadak ramai. Banyak terlihat petugas dari BASARNAS, Polres Tanggamus dan Polsek Kotaagung, serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanggamus berjaga-jaga di dermaga setempat. Selain mereka, juga tampak kerumunan warga sipil.

Keramaian di Dermaga Pelabuhan Kotaagung itu lantaran tadi (12/4) sore sekitar pukul 15.00 WIB, Kapal Berkah Saudara yang mengangkut belasan penumpang dari Kotaagung tenggelam di perairan Teluk Naga Pekon Karangbrak, Kecamatan Pematangsawa, Tanggamus.

Informasi itu dibenarkan Komandan Pos SAR Tanggamus, Adi Ayangsyah tadi sekitar pukul 19.08 WIB via ponselnya.

“Benar bang, ada kapal tenggelam. Tapi lokasi bukan di Dermaga Kotaagung. Yang benar di perairan Teluk Naga Pekon Karangbrak, Kecamatan Pematangsawa. Terjadi sore tadi sekitar pukul 15.00 WIB. Nahkoda Kapal Berkah Saudara atas nama Kasiman. Nah, petugas dari tim gabungan, malam ini sedang berjaga di Dermaga Pelabuhan Kotaagung karena kami sedang melakukan penjemputan terhadap belasan korban yang selamat dan anak buah kapal (ABK),” beber Adi.

Ditanya lebih dalam adakah korban meninggal dunia dalam peristiwa kapal tenggelam ini, Adi menjawab, sampai malam ini dilaporkan ada dua penumpang yang meninggal dunia. Lantaran dua penumpang tersebut sudah lanjut usia. Kemudian seorang anak sempat hilang, tapi sudah berhasil ditemukan.

“Soal identitas lengkap daftar korban penumpang maupun ABK yang selamat, meninggal, atau hilang, belum bisa kami informasikan. Karena kami masih prioritaskan evakuasi para korban. Jumlah total penumpang pun belum bisa terkonfirmasi bang. Kita ketemu saja di lokasi penjemputan. Sekalian bisa minta keterangan nahkodanya nanti. Terkait kondisi anak-anak yang baru ditemukan, belum terkonfirmasi bagaimana kondisinya,” terang Adi lagi seraya menyebutkan perkiraan kapal nahas itu bertolak dari Kotaagung pukul 13.00 WIB tadi.

Diduga Penyebabnya Lambung Kapal Pecah

DAN Pos SAR Tanggamus Adi Ayangsyah sempat mengatakan, sementara dari hasil laporan yang mereka terima, Kapal Berkah Saudara tenggelam lantaran lambung kapal pecah dihantam gelombang pasang.

“Sementara ini dari laporan yang masuk, mesin kapal sempat bermasalah. Saat diperbaiki oleh ABK, gelombang pasang datang dan menghantam lambung kapal sampai pecah. Akhirnya tenggelam. Tetapi ini semua sifatnya masih diduga,” jelas Adi

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *