Sekda Andi Wijaya Hadiri Peringatan Ulang Tahun AWPI Tanggamus

Kota Agung – Mengangkat tema “Kita tingkatkan pesonalisme kerja untuk pemberitaan berimbang dan akurat, guna menuju Tanggamus yang lebih baik” Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Asosiasi Wartawan Profesional Indonesia (AWPI) Tanggamus merayakan  Ulang Tahun ke1.

Kegiatan yang dipusatkan diseketariat DPC AWPI Tanggamus, yang terletak di lingkup Pemda setempat turut dihadiri, Ketua DPD AWPI Provinsi Lampung Hengki Ahmad Jajuli, Ketua DPC AWPI Tanggamus Imron Tara, Ketua DPC AWPI Pringsewu H. Ahkmad Khotob, Seketaris Daerah Kabupaten Tanggamus H. Andi Wijaya, Ketua DPC Ikatan Wartawan Online (IWO) Tanggamus, Ketua DPC KWRI Tanggamus, Ketua Advokasi Legal Tanggamus Dian S Melyandi, anggota DPRD Tanggamus Kurnain S. Ip, beserta kepala dinas Kabupaten Tanggamus dan insan pers.

Dalam laporannya ketua panitia pelaksana Denni Ramdo mengatakan, dalam rangka hut ke1, telah menyelengarakan beberapa kegiatan, yang diantaranya adalah lomba merpati kolongan, bhakti sosial dengan kegiatan membersihkan pantai terbaya, dan antisipasi berita hoax.

“Sebagai puncak acara hut awpi1, kami AWPI Tanggamus memberikan santunan kepada anak yatim berupa insentif dan buku pelajaran,” ujar Kepala Biro Poros Daily itu (14/4)

Ditempat yang sama, Ketua DPD AWPI Lampung Hengki Ahmad Jajuli mengutip dari Piagam Perserikatan Bangsa Bangsa, Tentang Hak Asasi Manusia pada pasal 19, setiap orang berhak atas kebebasan mempunyai dan mengamalkan pendapat. Dalam hal ini termasuk kebebasan memiliki pendapat tanpa ganguan untuk mencari, menerima, dan menyampaikan infomasi dan buah pikiran melalui media apa saja dan dengan tidak memandang batas-batas wilayah.

“Dalam melaksanakan fungsi, hak, kewajiban dan peranannya, pers menghormati hak asasi setiap orang. Karena itu pers dituntut profesional dan terbuka dikontrol oleh masyarakat dan kode etik jurnalistik,” papar Hengky

Sebagai organisasi pers yang baru, lanjut dia, tentunya AWPI akan disiapkan sesempurna mungkin. Baik secara kelembagaan, sumberdaya manusia, program, maupun tata nilai dan konsep perjuangan.

“Hal ini sangat diperlukan untuk memberikan keyakinan kepada publik, bahwa AWPI dikaola secara profesional oleh pengurus berkomitmen dan memiliki program nyata. Karena itu, saya meminta agar para wartawan yang bernaung di AWPI se-Provinsi Lampung khususnya dalam bekerja memiliki integritas. Karena menjadi wartawan adalah profesi yang mulia. Untuk itu, para wartawan dalam bekerja harus mengedepankan UU Pers dan Kode Etik Jurnalistik. Bebas tapi harus bertanggungjawab,” Pungkas Ketua DPD AWPI Lampung.

Sementara itu, dalam sambutannya Sekdakab Tanggamus H. Andi Wijaya menyampaikan permohonan maaf atas ketidak hadiran Pj Bupati Tanggamus Ir. Zainal Abidin, hal tersebut lantara adanya keperluan diprovinsi Lampung.

Lebih lanjut Andi Wijaya mengatakan, kebersamaan insanpers yang ada di Tanggamus Khususnya banyak meberikan hal baik yang telah dilaksanakan. Hal ini dinilai tidak adanya polemik yang menggangu hubungan antara Pers dan Pemerintah.

“Banyak program yang telah di agendakan Kabupaten Tanggamus. Seperti infrastruktur, kesehatan, dan lain sebagainya, yang membutuhkan dukungan insanpers. Dengan adanya insan pers yang bisa memberikan pemahaman kepada masyarakat melalui pemberitaan dan dokumentasi,” Kata Andi Wijaya.

Pada kesempatan itu juga Andi berharap, agar  insan pers dapat memberikan berita yang seimbang, dengan fakta sebagai panduan. Yang bisa menetralkan opini yang berkembang.

“Saya harap hubungngan yang baik ini dapat berjalan secara berkesinambungan. Sekali lagi saya ucapkan selamat hut awpi yang kesatu semoga allah melimpahkan rahmat dan hidayatnya,” Harap Sekda.

Sebagai Sekda, lanjut dia, saya mengucapkan apresiasi dan rasa bangga kepada AWPI Tanggamus, dengan berbagai rangkaian kegiatan yang telah diselenggarakan. AWPI juga melakukan kegiatan yang positif bagi Tanggamus, yang sejalan dengan program bupati. Didalam masyarakat adalah kita semua.

“Tolong kerjasama yang baik dan dapat menjaga netralitas, khususnya dalam pilkada. Jangan bergerak atas suatu kepentingan atau pung golongan tertentu, siapa pun bupatinya kita tetap bekerja secara profesional,”pungkas Sekda Tanggamus.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *