Pj.Bupati Melantik Kepala Pekon Way Nipah

PEMATANGSAWA- Pj. Bupati Kabupaten Tanggamus, Ir. Zainal Abidin, MT., melantik sekaligus mengambil sumpah jabatan Kepala Pekon (Kakon) Waynipah, Rohmad, Senin (5/3). Pelantikan tersebut merupakan hasil pemilihan Kakon Pergantian Antar Waktu (PAW), menggantikan Kakon sebelumnya, Muhdin yang meninggal dunia.

Kegiatan yang berlangsung di Lapangan Kecamatan Pematangsawa itu dihadiri Camat Pematangsawa Wawan Harianto beserta Uspika, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda Ketua BHP dan Aparatur Pekon Waynipah.

Dalam sambutannya, Pj. Bupati Tanggamus Ir. Zainal Abidin mengatakan, jabatan yang dimiliki Kakon bukan untuk memperoleh kemudahan dan keuntungan. Justru kepala pekon harus mengemban amanah dan mampu menjadi pelayan yang baik bagi kepentingan masyarakat pekon secara keseluruhan.

“keberhasilan dan kegagalan penyelenggaraan roda pemerintahan pekon akan dinilai dari kegiatan pemberian masyarakat, jadikanlah pelayanan terhadap masyarakat pekon itu sebagai kewajiban Kepala Pekon,” katanya.

Menurutnya, tugas Kepala Pekon diatur dalam Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. Yang mana, lanjut dia, Kepala pekon memang mempunyai tugas yang cukup berat, namun tugas tersebut harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Sebab, tugas tersebut merupakan amanah yang dibebankan masyarakat.

“Pelajarilah perundang-undangan, sehingga dengan memperlajari hal tersebut akan membantu dan membimbing dalam melaksanakan tugas kepala pekon,” ujar Zainal.

Ia menambahkan, saat ini Pemkab Tanggamus terus berupaya dalam mendukung terselenggaranya pemerintahan pekon, salah satunya dengan meningkatkan kemampuan sumberdaya aparatur pekon melalui pendidikan pelatihan, pembinaan dan pengawasan terhadap penyelenggaraan pemerintahan pekon.

Ia juga mengimbau agar Kepala Pekon yang baru saja dilantik dapat menjalin kerjasama dengan lembaga lembaga terkait, termasuk tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat dan Badan Hippun Pemekonan (BHP). Agar roda pemerintahan pekon dapat berjalan dengan baik.

“Saya imbau agar Kepala Pekon dapat menjalin kerjasama yangg baik, termasuk dengan BHP. Karena BHP merupakan mitra pemerintahan pekon, bukan saingan kepala pekon. Maka untuk itu, saya mengharapkan agar Pemerintah Pekon dan BHP dapat menjalin hubungan baik dan mengembangkan kerja yang rasional, sehingga tidak menimbulkan hal-hal yang dapat menghambat jalannya roda pemerintahan pekon,” ungkapnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *