Tim Penilai Kunjungi Tanggamus Lomba Kesrak PKK-KB-Kes Tingkat Provinsi Lampung

Tim Penilai Kunjungi Tanggamus Lomba Kesrak PKK-KB-Kes Tingkat Provinsi Lampungalang Padang — Selasa (28/11) Tim Penilai Lomba Kesatuan Gerak (Kesrak-PKK- KB Kesehatan Tahun 2017 Provinsi Lampung mengunjungi Pekon Singosari Kecamatan Talangpadang yang mewakili Kabupaten Tanggamus dalam Penilaian Lomba Kesrak-PKK-KB-Kes Tahun 2017.

Rombongan Tim Penilai dipimpin langsung Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung Hj. Aprilani Yustin Ridho Ficardo. Turut hadir pula Kepala Dinas PMD Provinsi Lampung Yuda Setiawan dan sejumlah Kepala OPD Provinsi Lampung beserta jajarannya.

Kedatangan rombongan Tim Penilai disambut langsung Wabup Tanggamus Hi. Samsul Hadi, M.Pd.I, Wakil Ketua TP PKK Hj Af’illah, Sekda Tanggamus Hi. Andi Wijaya, ST, MM, Ketua DWP Tanggamus Arjuliati Syam Andi, Forkopimda dan sejumlah Kepala OPD Pemkab Tanggamus beserta Camat se Kabupaten Tanggamus.

Wakil Ketua TP PKK Tanggamus Hj. Af’illah dalam eksposenya mengatakan, bahwa Pekon Singosari dipercaya menjadi duta dalam kegiatan Lomba Kesrak-PKK-KB-Kes Tahun 2017 ini karena memiliki sejumlah keunggulan diantaranya telah mengaplikasikan 10 indikator pola hidup bersih sehat (PHBS), pemanfaatan perkarangan untuk ditanami buah, sayur dan kolam ikan serta aktif dalam kegiatan gotong royong maupun posyandu.

“Dari 365 rumah, 141 KK telah menggunakan jamban sehat kemudian dalam mendukung program KB, masyarakat Pekon Singosari juga aktif yaitu 178 peserta KB aktif atau 73,85 persen dari jumlah pasangan usia subur (PUS) sebanyak 241. 67 akseptor baru, ini membuktikan masyarakat singosari sangat menyadari dan memahami pentingnya kesehatan lingkungan,” ujar Af’illah.

Sementara Wabup Tanggamus Hi. Samsul Hadi dalam sambutannya berharap agar Pekon Singosari dapat menjadi wakil Lampung dalam Lomba KESRAK-PKK-KB-KES Tingkat Nasional. Hal itu lanjut Wabup bukanlah tanpa alasan, sebab Pekon Singosari memiliki potensi dan memenuhi kriteria, ditambah lagi seringnya pekon di Tanggamus mewakili Provinsi Lampung dalam beberapa perlombaan ditingkat nasional. Seperti diantaranya mendapatkan penghargaan Pakarti Madya tahun 2013 dalam perlombaan Kesrak-PKK-KB-Kes yang diwakili Pekon Margoyoso Kecamatan Sumberejo, lalu tahun 2014 Pekon Way Jaha Kecamatan Pugung meraih Predikat II Tingkat Nasional dan ditahun 2016 Pekon Sidokaton Kecamatan Gisting meraih predikat II Nasional kategori Lingkungan Bersih Sehat (LBS).

“Harapan kami tentunya, sangat beralasan sekiranya Pekon Singosari bisa dianggap layak oleh tim penilai untuk menjadi wakil Provinsi Lampung ditingkat nasional,” kata Samsul.

Sedangkan Ketua TP PKK Provinsi Lampung Ny. Yustin Ridho Ficardo mengatakan, penilaian ini sebagai upaya memberikan penghargaan terhadap berbagai usaha yang telah dilaksanakan. Maka terhadap pelaksanaan Kesrak-PKK-KB-Kes tahun 2017 akan dilakukan penilaian terhadap empat jenis kegiatan yakni pelaksana terbaik kegiatan Kesrak-PKK-KB-Kes, pelaksana terbaik posyandu, pelaksana terbaik PHBS dirumah tangga dan terbaik lingkungan bersih dan sehat.

“Untuk penilaian kegiatan PKK akan dilakukan terhadap lima jenis kegiatan PKK yakni tertib administrasi PKK, pola asuh anak dan remaja, upaya peningkatan pendapatan keluarga (UP2K) PKK, halaman asri, teratur indah dan nyaman (HATINYA) PKK dan pelaksanaan deteksi dini kanker serviks melalui inspeksi visual asam assetat (IVA) test,” kata Yustin.

Dalam kesempatan itu juga, Yustin membagikan doorprize berupa Umroh untuk dua orang yang sudah lanjut usia (lansia) dan wisata rohani Walisongo kepada lima puluh orang, serta beragam hadiah lainnya bagi masyarakat Pekon Singosari.

Usai acara pembukaan, Yustin melakukan kunjungan ke stan-stan yang memamerkan beragam produk unggulan di Pekon Singosari, yang dibarengi dengan penilaian oleh tim penilai ke berbagai posko yang ada, seperti Posyandu, kebun Toga dan administrasi PKK dan PAUD. (Deni – Kominfo)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *