Wabup Hadiri dan Buka Pembinaan KIM Se-Kabupaten Tanggamus Tahun 2017

Gisting — Wabup Hi. Samsul Hadi,M.Pd.I., menghadiri sekaligus membuka secara resmi Kegiatan Pembinaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) se Kabupaten Tanggamus Tahun 2017, di Aula Hotel 21, Gisting, Senin (27/11/17).
Dalam sambutannya Wabup menyampaikan berkaitan dengan dunia informatika ini juga sudah menjadi sesuatu yang penting bagi masyarakat. “Ini satu kemestian yang sudah tidak bisa dibendung lagi, kondisi ini juga dimanfaatkan ada yang menjadi kegiatan yang positif, seperti bisnis jual beli online, sistem online ini juga sudah mulai marak. Ini juga bagus untuk memberi pengetahuan pengetahuan baru bagi kita, dan bisa kita dapatkan dari teknologi Informatika,” terang Wabup
Tetapi juga tidak sedikit lanjut Wabup terdapat sisi negatip dari pemanfaatan teknologi Informatika ini, yang digunakan untuk hal-hal yang tidak bagus seperti penipuan. “Berapa banyak warga Tanggamus yang tertipu atau yang hampir tertipu dengan menggunakan teknologi Informatika. Saya juga sering sekali mendengar ada orang minta tolong begini  begitu, ternyata benar beritanya hoax atau bohong,” tambahnya.
“Maka dari itu perlu kita perhatikan aturan-aturan perundang-undangannya, juga sudah dibuat regulasinya oleh Pemerintah untuk melindungi masyarakat,” jelas Wabup.
Wabup melanjutkan, melalui Kelompok Informasi Masyarakat atau KIM inilah, yang bisa menyebarkan informasi pada masyarakat, mana berita yang harus ditanggapi, mana yang tidak perlu ditindak lanjuti. “Inilah perlunya rekan-rekan KIM terus memberikan literasi dan memberikan bantuan kepada masyarakat, terkait informasi,” pinta Wabup.
Wabup juga berharap kepada masyarakat supaya bisa menyikapi semuanya ini dengan baik, terlebih ketika menggunakan teknologi Informatika. “Gunakan bahasa yang baik, gunakan bahasa yang menyejukkan. Jangan menggunakan bahasa yang membuat suasana panas suasana menjadi tidak kondusif, ini yang saya minta kepada seluruh masyarakat Kabupaten Tanggamus,” ujar Wabup.
Sementara itu Kepala Diskominfo Tanggamus Drs. Sabaruddin dalam laporannya yang dibacakan Sekretaris Diskominfo Bambang Suyodono, M.Si., menyampaikan bahwa KIM adalah kelompok yang dibentuk dari, oleh dan untuk masyarakat yang melakukan aktivitas informasi, baik dalam menerima, mencari, mengolah, memanfaatkan serta menyebarluaskan informasi. Untuk kepentingan sosial dan pengembangan diri dalam rangka meningkatkan daya saing dan nilai tambah masyarakat.
Adapun KIM di Tanggamus dibentuk sejak tahun 2014, yang saat ini telah terbentuk 23 KIM di 20 kecamatan se Kabupaten Tanggamus. Dengan jumlah anggota 460 orang atau 20 orang 1 KIM. Dimana ini merupakan jumlah minimal sesuai SPM Bidang Kominfo. Namun khusus di Kecamatan Gisting, Talang Padang dan Air Naningan terdapat masing-masing 2 KIM yang dibentuk untuk mensupport potensi desa dalam penilaian lomba terkait di masing masing Pekon.
Bambang melanjutkan, dasar dilaksanakannya kegiatan ini, antara lain; 1) Undang-Undang nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. 2) Permenkominfo nomor 8 tahun 2010 tentang Pedoman Pengembangan Lembaga Komunikasi Sosial. 3) Permenkominfo nomor 22 tahun 2012 tentang Standar Pelayanan Minimal Bidang Kominfo di Kabupaten/Kota.
Sedangkan tujuan pelaksanaan kegiatan ini, lanjut Bambang, adalah untuk meningkatkan kualitas SDM Anggota KIM,  meningkatkan nilai tambah anggota KIM dan masyarakat, meningkatkan peran KIM dalam pembangunan dan memfasilitasi terbentuknya jaringan antar anggota KIM se Kabupaten Tanggamus.
Bambang menambahkan sasaran Kegiatan ini 200 orang anggota KIM, yang merupakan perwakilan 23 KIM yang ada di Kabupaten Tanggamus.
Adapun Narasumber untuk kegiatan ini terdiri dari tiga orang, yaitu Nurjoko, S.Kom., MTI., Ketua Jurusan Sistem Informasi IBI Darmajaya; Yuni Arkiansyah, M.Kom., Ketua Jurusan Teknik Informatika IBI Darmajaya dan Derius Putrawan, SP., MM., Kepala Bidang Humas dan IKP Pemkab Tanggamus. (Deni-Kominfo).
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *