Apel Dalam rangka Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-53

Kota agung Timur- Selasa(14/11) Wakil Bupati H. Samsul hadi, M. Pd. I bertindak sebagai pembina Apel Dalam rangka Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-53 Kabupaen Tanggamus di lapangan Pemerintah Kabupaten Tanggamus.

Turut hadir mendampingi Asisten 1 Paksi marga, Kadis Kesehatan Sukisno, Direktur RSUD Kota agung Dr. Yudi indarto.
Dalam amanat Pembina Apel Wabup menyampaikan ” Dalam tujuan pembangunan Kesehatan, paradigma sehat menjadi hal yang sangat mendasar, dimana berbagai upaya penangulangan masalah kesehatan lebih menonjolkan aspek peningkatan kesadaran (promotive) dan pencegahan (preventif), dibanding pengobatan (curative). Disisi lain juga telah terjadi pergeseran paradigma yaitu dari upaya pelayanan medis (medical care) sehingga pelaksanaan program akan lebih berpijak pada penyehatan keluarga dan masyarakat.

Kita yakin dan percaya bahkan hampir seluruh masyarakat tahu, bahwa komponen terpenting dalam pencegahan penyakit adalah perilaku hidup sehat, selain juga dipengaruhi oleh kualitas lingkungan serta sarana dan prasarana pelayanan kesehatan. Untuk itu kita perlu terus berupaya membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat pada seluruh masyarakat khususnya didalam lingkungan keluarga. Dengan demikian kita berarti membangun kemandirian keluarga dan masyarakat dalam hidup sehat dalam upaya promotif dan preventif yang pada akhirnya dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yg setingi-tingginya, sehingga tercipta masyarakat yang produktif yang dapat berperan aktif dalam pembangunan Nasional.
Pada peringatan HKN ke-53 thn ini, tema yang diusung yaitu, “Sehat Keluargaku Sehat Indonesiaku”. Tema tersebut haruslah dimaknai secara luas, seiring dengan program Indonesia sehat melalui pendekatan keluarga dgn mendorong segenap lintas program dan lintas sektor terkait, bersama mewujudkan Gerakan Masyarakat (GERMAS). Gerakan ini bermaksud utk mendorong masyarakat berprilaku hidup sehat, yg pada akhirnya dapat membentuk bangsa yang kuat.

Peringatan HKN ke-53 Thn 2017 ini tentu saja menjadi momentum yang sangat istimewa bagi segenap insan kesehatan di seluruh indonesia. Oleh karena itu jajaran kesehatan baik ditingkat Pusat, Provinsi maupun Daerah turut serta memeriahkan acara peringatan HKN ini dgn berbagai rangkaian kegiatan. Begitu pula pemerintah Kabupaten Tanggamus melalui Dinas Kesehatan dan seluruh jajarannya yang ada ditingkat Kecamatan, selama bulan November juga telah memeriahkan dengan berbagai kegiatan diantaranya:
Kampanye Germas, Kegiatan Bhakti Sosial berupa:
~Aksi sosial pengalaman bantuan bencana banjir bandang di wilayah kelumbayan barat
~Gerakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) di wilayah kerja puskesmas Se-Kab. Tanggamus
~Deteksi dini kanker leher rahim dgn metode Inspeksi Visual Asan Asetat (IVA)
~Deteksi dini Kanker Payudara melalui metode pemeriksaan Payudara sendiri (SADAR)
~Skrining kesehatan dgn pemeriksaan beberapa indikator penyakit tidak menular (PTM)
~Penilaian Tenaga Kesehatan Teladan
~Serta rangkaian kegiatan olahraga yang akan kita laksanakan hari ini seperti Jalan sehat, senam massal dsb.

Terakhir amanat beliau mengajak semua yang hadir, Mari kita tingkatkan Kualitas hidup keluarga kita dengan mengutamakan perilaku hidup bersih dan sehat, selalu mengkonsumsi makanan sehat terutama sayur dan buah setiap hari, serta senantiasa berolahraga atau melakukan aktifitas fisik setiap hari dengan cara teratur dan terukur, tidak merokok dan menciptakan lingkungan bersih dan sehat.

Dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati juga secara langsung melepas Peaerta Jalan sehat yang di ikuti oleh seluruh pegawai Dinas kesehatan dan Seluruh pegawai Puskesmas Se-Kab. Tanggamus. (Manzori-Kominfo).

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *