Diskominfo Tanggamus Gelar Sarasehan Diseminasi Informasi di SMAN 1 Talang Padang

Talang Padang — Rabu (8/11) Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tanggamus, menggelar Sarasehan Diseminasi Informasi di Aula SMAN 1 Talang Padang.

Dalam sambutannya Kepala SMAN 1 Talang Padang mengucapkan syukur dan terima kasih atas kerjasama Dinas Kominfo Kabupaten Tanggamus yang mengarahkan kegiatan Sarasehan ini di Smantap (SMAN Talang Padang).

Agar para siswa-siswi di Smantap ini mengerti dampak positif dan negatifnya menggunakan internet. Ia juga meminta agar para pelajar dapat mengikuti Sarasehan ini dengan baik dan menanyakan hal-hal yang belum dimengerti kepada kedua Narasumber, agar Sarasehan ini memberikan manfaat bagi para pelajar.

Kedepan Sudirman juga berharap agar kegiatan ini dapat dilaksanakan dengan sasaran yang lebih banyak lagi. Agar semakin banyak anak-anak yang mengetahui dan memahami dalam berinteraksi dengan internet, tentang manfaat dan bahayanya berinternet.

Kadis Kominfo Sabaruddin dalam sambutannya menyampaikan bahwa Sarasehan Diseminasi Informasi ini adalah salah satu upaya diseminasi (penyebaran) informasi kepada masyarakat, yang saat ini adalah pelajar di SMAN 1 Talang Padang.

“Terlebih dalam kondisi kemajuan teknologi informasi saat ini, kami sebagai Pemerintah Daerah harus tanggap tentang dunia informasi, tentang baik dan buruknya kemajuan teknologi informasi tersebut, yang meliputi dua aspek yakni aspek kemanfaatannya dan aspek kerugiaannya atau aspek negatifnya,” tambah Sabaruddin.

Sabarudin juga berharap kepada siswa siswi Smantap (SMAN Talang Padang) agar bisa mengikuti kegiatan ini dengan baik. “Melalui sarasehan ini diharapkan bisa memberi pencerahan dan penyegaran tentang manfaat dan dampak internet serta bisa memahami Undang Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dalam berintraksi dengan internet,” katanya.

“Seperti perbuatan yang dilarang sebagai mana yang tercantum dalam pasal 27, 28 dan 29 UU ITE, misalnya unggahan asusila, perjudian, pencemaran nama baik dan pengancaman, berita bohong, penghasutan, dan ancaman, yang akan menarik kita kedalam proses hukum jika kita melanggarnya,” tambah Sabaruddin.
Adapun tema yang diangkat dalam Sarasehan ini adalah “Manfaat dan Dampak Internet” dengan sasaran 80 orang siswa-siswi SMAN 1 Talang Padang.

Dalam Sarasehan yang diikuti oleh 80 orang siswa-siswi Smantap tersebut bertindak sebagai Narasumber Drs. Sabaruddin Kepala Dinas Kominfo Kominfo Tanggamus dan Nurjoko, S.Kom., MTI., Dosen sekaligus Ketua Jurusan Sistem Informasi IBI Darmajaya Bandar Lampung, dengan moderator Derius Putrawan, SP, MM., Kabid Humas dan IKP Pemkab Tanggamus.

Dalam Sarasehan tersebut, Sabaruddin menyampaikan materi tentang Memahami Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) Dalam Berinteraksi Dengan Internet sedangkan Nurjoko menyampaikan materi tentang Internet Sehat dan Aman.

Dalam kesempatan itu juga dijelaskan tentang kewajiban registrasi nomor telepon prabayar dan menjawab sejumlah pertanyaan tentang registrasi tersebut. Dimana para peserta sangat antusias berinteraksi dalam sarasehan tersebut. Selain itu diserahkan juga bingkisan berupa buku dan souvenir kepada lima peserta yang terpilih. (Deni-Kominfo).

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *