PERINGATAN HUT RI KE-72 KABUPATEN TANGGAMUS

KOTAAGUNG—Pemkab Tanggamus menggelar upacara
Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekan Ke-72 Republik Indonesia. Kendati sempat diguyur hujan sebelum kegiatan inti dimulai, namun tidak menyurutkan semangat peserta upacara, dimana kegiatan dapat berlangsung dengan khidmad dan tertib,acara berlangsung di Lapangan Merdeka Kotaagung,Kamis (17/8).
Dalam upacara tersebut, Wabup Tanggamus Hi.Samsul Hadi,M.Pd.I bertindak sebagai Inspektur Upacara, sementara  Kapten Arh. Tuparno  menjadi Perwira Upacara dan sekaligus Komandan Upacara  Kapten Inf. Sutoto. Ketua DPRD Heri Agus Setiawan,S.Sos sendiri bertugas sebagai pembaca naskah Proklamasi.
Untuk Pasukan Pengibar Bendera  (Paskibra) di pimpin oleh Kapten Inf. Yulian Abri. Lalu untuk Penggerek Bendera, Erlangga Axel Harianto asal SMAN 1 Kotaagung, pembentang bendera M. Riski asal MA Sinar Harapan Talangpadang, dan tengah Ahmad Darul Alkahfi asal MA Sinar Harapan. Sedangkan untuk pembawa baki pada saat penaikan bendera adalah Elsa Wirantika asal SMAN 1 Talangpadang.
Dimoment hari kemerdekaan ini, Samsul meminta kepada masyarakat untuk selalu bekerja demi mengisi kemerdekaan dan kepada pelajar untuk giat belajar.
“Dalam semangat persatuan Indonesia itu, lembaga-lembaga negara justru bisa bekerja dengan lebih baik, bila saling mengingatkan, saling kontrol, saling mengimbangi dan saling melengkapi. Tidak ada satu lembaga negarapun yang memiliki kekuasaan absolute. Jadi kita harus bekerja,bekerja dan bekerja sesuai dengan intruksi presiden dan kepada para pelajar harus belajar yang gigih agar dapat mengisi kemerdekaan ini,” ujar Samsul.
Usai upacara, Samsul Hadi beserta Forkopimda Tanggamus menuju Taman Makam Pahlawan Bahagia di Kotaagung Timur untuk melaksanakan tradisi Tabur Bunga. Malam sebelumnya, juga telah dilakukan Renungan Suci di TMP tersebut. Dari TMP Bahagia, rombongan menuju Lembaga Pemasyarakatan Kelas II Waygelang Kotaagung Barat untuk memberikan remisi secara simbolis kepada warga binaan.
Selesai seremoni pemberian remisi, Samsul Hadi dan rombongan menyerahkan secara simbolis lima unit perahu ketinting lengkap dengan peralatan menangkap ikan. Bantuan tersebut diberikan untuk kelompok nelayan dari Pekon Penyandingan Kecamatan Kelumbayan, nelayan Pulau Tabuan Kecamatan Cukuhbalak, nelayan Pekon Ketapang Kecamatan Limau. Kemudian kelompok nelayan dari 2 pekon di Kecamatan Pematangsawa.
Masih dalam semarak HUT ke-72 RI. Lalu setelah upacara penurunan bendera, Samsul beramahtamah dirumah dinas bupati dengan Paskibra yang telah berhasil menjalankan tugas.
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *