PEMBEKALAN BAGI ANGGOTA KORPRI YANG AKAN MEMASUKI MASA PURNABHAKTI TAHUN 2017

Pemkab Tanggamus – Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Ibu Nur Indrati,M.Kes mewakili Wakil Bupati Tanggamus Hi. Samsul Hadi, M.Pd.I Tadi pagi membuka acara Pembekalan Bagi Anggota Korpri yang akan Memasuki Masa Purnabhakti tahun 2017,di Ruang Rapat Utama Sekretaraiat Pemkab Tanggamus,Kamis (4/5).

Dalam laporan ketua penyelenggara  Sekretaris Korpri Ibu Ruwiyati, S.Ag beliau menyampaikan bahwa dasar kegiatan ini adalah Pasal 90 dan pasal 91 Undang-Undang RI  Nomor 05 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara,Peraturan pemerintah nomor 42 tahun 2004 tentang pembinaan jiwa Korps dan Kode Etik PNS, Peraturan pemerintah RI Nomor 21 tahun 2014 tentang pemberhentian PNS yang memasuki batas usia pensiun bagi pejabat fungsional, serta Peraturan mentri dalam negeri nomor 17 tahun 2009 tentang pedoman organisasi dan tata kerja sekretariat dewan pengurus KORPRI Provinsi dan Kabupaten/Kota,dan dokumen pelaksanaan anggaran satuankerja perangkat daerah (DPPA SKPD ) sekretariat dewan pengurus korppri kabupaten tanggamus tahunanggaran 2017 dengan nomor DPA SKPD 4.01.4.01.08.40.08 Tanggal 30 Januari 2017.

Adapun maksud dan tujuan pelaksannan kegiatan pembekalan bagi anggota korpri yangakan memasuki masa purnabhakti kabupaten tanggamus ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan motivasi,pencerahan ,dan kesiapan mental spiritual agar lebih siap dan semangat menjalalani mas apensiun, memberikan bekal kemampuan ,sikap dan keterampilan dalam bidang kewirausahaan menuju kemandirian finansial dimas purnabhakti yang lebih sehat dan produktif,serta memverikan pengetahuan teknis tentang prosedur pengusulan pensiun dan pengurusan hak pesrta taspen. kegiatan ini diikuti oleh 50 peserta yaitu para Anggota Korpri yang akan memasuki masa purnabhakti di satuan kerja perangkat darerah (SKPD) baik funsional dan struktural se kabupaten tanggamus.

Kegiatan ini juga sekaligus akan menciptakan forum komunikasi diantar anggota korpri yang akan memasuki pensiun, dengan berkumpul ini bapak dan ibu dapat menukar informasi yang akan sangat bermanfaat menambah wawasan,relasi dan juga persaudaraan baru memberikan alternatif pemecahan masalah bagi anggota korpri yang kan menghadapi masa purna tugas dengan mendapatkan materi yang meliputi motivasi,dari Badan Pengembagan dan SDM  Provinsi Lampung dan dari PT.Taspen Provinsi Lampung, Kami juga berharap stelah diadakan kegiatan ini agar anggota Korpri yang ada di Kabupaten Tanggamus khususnya bagi anggota Korpri yang akn memasuki masa purnabhakti untuklebih diperhatikan lagi.

Sementara dalam sambutan Wakil Bupati Tanggamus yang diwakilkan oleh Kepala BKD dan Pengembagan Ibu Nur Indrati,M.Kes, beliau menyampaikan perlu dikeatahui dalam pasal 13 Undang-undang nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dinyatakan bahwa,jabatan aparatur sipil negara terdiri atas ,jabatan administrasi ,funsional dan jabatan pimpinan tinggi. Dalam psal 87 dan pasal 90 disebutkan bahwa PNS diberhentikan dengan hormat , bagi pejabat administrasi,60 tahun bagi pejabat pimpinan tinggi dan pejabat funsional tertentu.

Dalam menghadapi kehidupan baru bagi para PNS yang akan memasuki masa purna tugas perlu dberikan pembekalan ,karena belajar dari pengalaman ,banyak diantara PNS yang meamsuki usia pensiun mengalami berbagai maslah ,antara lain kurang siap menghadapi kehidupan baru tanpa aktifitas mengakibatkan rasa kurang percay diri,merasa kurang dihormati dan sebagainya sehingga menimbulkan kegelisahan,depresi,dan akhirnya mengalami sakit seperti Post Power Syndrome.

oleh karena itu saya menghimbau kepada bapak/ibu dlam menghadapi usia pensiun ,berapapa hal atau langkah-langkah yang dapat ditempuh antara lain; Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa ,karena bisa memasuki masa pensiun dalam keadaan sehata wal’afiat, apabila masih merasa ada kemampuan ,perlu disampaikan sarana untuk menyalurkan kinerja baru dengan maksud dan tujuan adalah menyalurkan kemapuan,menambah penghasilan, memberikan pengabdian baru.
Dengan berakahirnya mas bhakti sebagai PNS hendaknya tidak berakhir sampai disini akan tetapi dapat menjadi ikatan batin yang kuat dalam mewujudkan peningkatan kesejahteraan pribadi maupun pembangunan.

Turut hadir dalam acara tersebut Sekretaris Korpri Ibu Ruwiyati,S.Ag , Bapak Zainul Karoman, S.Ip.MM.M.Ap Narasumber dari Provinsi Lampung Badan Pengembangan SDM Pembina Utama Madya IV/E Widyaiswara Ahli Utama, Dedi Rosidi Alvianto Kabid Layanan dan Manfaat PT. Taspen (Persero0 dan Ikbal (Accoun Officer PT. Taspen), moderator dari tanggamus Bambang Probo Sampurna dari BKD dan Pengembangan,SKPD terkait,serta seluruh peserta pembekalan Anggota Kprpri yang Memasuki masa Purnabhakti.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *