PEKON SIDOKATON KECAMATAN GISTING WAKILI TANGGAMUS DALAM LOMBA KESERAK PKK-KB DAN KESEHATAN TINGKAT PROVINSI LAMPUNG

5

GISTING–Tim Penilai Lomba Kesatuan Gerak (Kesrak) PKK-KB-Kesehatan tingkat Provinsi Lampung menyambangi pekon Sidokaton, Kecamatan Gisting, Rabu (30/11), untuk melakukan penilaian, kedatangan tim yang di ketua oleh Dr. Reihana, M.kes tersebut disambut oleh Bupati Tanggamus, Hi. Bambang Kurniawan, ST, Wakil Ketua TP PKK Tanggamus, Hj. Dewi Handajani, SE, MM., Sekretaris Daerah Drs Hi.Mukhlis Basri, Wakil Ketua TP PKK Hj. Aff’illah serta Ketua DWP Hj. Nirwana Mukhlis Basri.

Dalam Eksposnya Ketua TP PKK Tanggamus Hj. Dewi Handajani, SE.,MM menyampaikan ditetapkannya Pekon Sidokaton, untuk menjadi perwakilan Kabupaten Tanggamus dalam lomba tersebut berdasarkan dari seleksi ditingkat kabupaten yang telah dilaksanakan beberapa waktu yang lalu, adapun beberapa pertimbangan sehingga Pekon Sidokaton ditunjuk menjadi perwakilan dalam lomba Kesrak PKK-KB-Kesehatan ialah karena pekon tersebut telah beberapa kali mengikuti lomba meskipun dalam kategori yang berbeda beda, seperti lomba P3KSS serta Lomba GSI/PSI.

6

“Mudah mudahan, prestasi yang sama Insyallah akan diraih dalam penilaian kali ini, dan kami mempersilahkan kepada ketua san tim penilai untuk melakukan penilaian yang seobyektif mungkin dari unggulan-unggulan yang ada di pekon kami ini,”kata Dewi.

Dihadapan ketua Tim penilai Ia menyampaikan, bahwa masyarakat Sidokaton memiliki partisipasi yang sangat tinggi, dan pekon tersebut juga merupakan salah satu dari enam pekon yang ada di bumi begawi jejama yang telah meraih sertifikat ODF, yang artinya masyarakat tersebut telah menyadari pentingnya menjaga kesehatan lingkungan, dan tidak ada lagi masyarakat yang melakukan aktifitas buang air besar sembarangan dan setiap rumah telah memiliki jamban yang sehat.

4

“Kemudian kesadaran masyarakat untuk memanfaatkan pekarangan dihalaman rumah masing-masing juga sangat tinggi, dan unggulan lainnya ada kelompok penggiat ASI Ekslusif, Kelompok Informasi Masyarakat, dan masih banyak lagi unggulan lainnya, untuk saya mempersilahkan kepada ketua dan seluruh tim penilai untuk meninjau langsung posko-posko unggulan kami, dan mudah-mudahan Pekon Sidokaton ini meraih predikat yang terbaik ditingkat provinisi Lampung, dan kami siap menjadi wakil Provinsi diajang yang lebih tinggi lagi,”ujarnya.

Selain itu lanjutnya, dalam lomba yang juga meliputi bidang PKK, KB dan Kesehatan, Program KB sendiri partisipasi aktif masyarakat pasangan usia subur (PUS) sudah mencapai persentase 99 persen, dan saat ini telah ada penambahan 47 PUS yang mengikuti program KB, sedangkan dibidang kesehatan sendiri selain telah mendapat sertifikat ODF, sepuluh indikator perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) juga telah diterapkan dengan baik.

11

“Tidak adalagi ibu yang melahirkan yang tidak ditolong oleh tenaga medis, pemberian ASI ekslusif, tidak program posyandu juga telah terlaksana dengan baik, dan posyandu di Kabupaten Tanggamus telah menambah fungsinya menjadi posyandu plus yang itu artinya, semua masyarakat juga sudah dapat memeriksakan kesehatan,”terangnya.

Sementara itu Ketua Tim Penilai Dr. Reihana mewakili Ketua TP PKK Provinsi Lampung Hj. Yustin Ridho Ficardo dalam sambutannya menyampaikan, lomba tersebut dilaksanakan dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan dan kesejahteraan masyarakat, lebih lanjut ia menjelaskan sesuai dengan pedoman kesatuan gerak PKK-KB-Kesehatan setelah dilaksanakan kegiatan intensif pada bulan Oktober sampai dengan Desember, maka dilakukan kegiatan evaluasi melalui penilaian lomba tingkat provinsi diseluruh kabupaten/kota seperti yang saat ini dilaksanakan

12

“Untuk tingkat Nasional, pelaksanaan evalusai penilaian lomba akan dilaksanakan mulai minggu terakhir bulan Januari 2017, dan laporan kegiatan lomba disetiap provinsi selambat-lambatnya akhir minggu kedua bulan Januari sudah diterima oleh tim pusat untuk dilakukan seleksi administrasi,”jelasnya.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung ini, juga mengatakan pelaksanaan lomba Kesrak PKK-KB-Kesehatan merupakan rangkaian kegiatan yang dimulai dengan rangkaian bakti sosial TNI-KB-Kesehatan terpadu samoai dengan bulan Oktober, dan dilanjutkan dengan Kesrak PKK-KB-dan Kesehatan hingga Desember. Melalui Kesrak PKK-KB-Kesehatan tersebut i berharap berhasilnya promosi tentang, penanggulangan kanker serviks, atau leher rahim yang dapat terlihat dari banyak kaum perempuan yang mengetahui kanker servika serta cara penanggulangannya.

13

“Serta peningkatan jumlah yang, melakukan deteksi dini terutama melalui pemeriksaan IVA dengan asam asetat, dengan dukungan seluruh lintas sektoral Kesrak PKK-KB-Kesehatan akan bertumpu pada kegiatan kelompok swadaya masyarakat, PKK, dan institusi KB di desa dengan para kader sebagai ujung tombak dan keluarga sebagai sasaran,”paparnya.

Sebagai upaya memberikan pengharagaan terhadap berbagai usaha yang telag dilaksanakan. Maka Kesrak PKK-KB-Kesehatan akan melakukan penilaian terhadap empat jenis kegiatan yakni pelaksana terbaik Kesrak PKK-KB-Kesehatan, Pelaksana terbaik Posyandu, Pelaksana terbaik PHBS dirumah tangga lalu yang terakhir yakni pelaksana terbaik lingkungan bersih dan sehat.

14

“Penilaian dilakukan secara berjenjang, mulai dari tingkat kecamatan, kabupaten/kota, provinsi, dan Nasional, hasil penilaian dari provinsi Lampung, direncanakan sebelum akhir minggu ketiga bulan Januari 2017  sudah diterima TP PKK pusat, selanjutnya tim pusat akan melakukan klarifikasi ke kabupaten/kota yang menjadi nominasi, kabupaten/kota yang nantinya dikunjungi berarti termasuk kedalam enam besar pelaksana terbaik tingkat nasional, pengumuman pemenang lomba Kesrak-PKK-KB-Kesehatan, akan disampaikan pada Hari Keluarga Nasional tingkat Nasional yang akan diselengarakan di Provinsi Lampung,”pungkasnya. (iqb)

15

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakapolres Kompol Hepi Hasasi, Asisten Bidang pembangunan Andi Wijaya, Asisten Bidang Pemerintahan, Paksi Marga, Perwakilan Kodim 0424 Tanggamus, seluruh Kepala Dinas, Badan, Kantor, serta camat se Kabupaten Tanggamus. (*)

1 2     7 8 9 10     3

4 replies
  1. Fadhilla
    Fadhilla says:

    Senang melihat begitu banyak kemajuan di sidokaton, saya pribumi sidokaton tapi belum bisa ikut membangun desa kelahiran saya congrats untuk ini, tentunya ini adalh berkat kerja keras seluruh tman2 dan warga sidokaton ayooo Ganbatte all KOMPAS..!!!!!

    Reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *