PELATIHAN KUDAPAN OLAHAN SERBA IKAN KADER PKK

foto-4

WAY NIPAH- Jumat ((16/9) Ketua TP PKK Kabupaten Ibu Hj. Dewi Handajani, SE. MM., menghadiri acara Pelatihan Kudapan Olahan Serba Ikan Bagi Kader PKK dan Warga Masyarakat Home Industri Tingkat Kabupaten Tanggamus di Kantor Kecamatan Pematang Sawah.

foto-2

Dalam acara tersebut turut dihadiri juga Ketua DWP Kabupatan Ibu Hj. Ida Nirwana Muklis Basri., Insfektorat Firman Rani., Kadis Kominfo dan Persandian Drs. Sabaruddin., Camat Pematang Sawa Edi Pakhrurrozy., Uspika Kecamatan.., UPT Dinas Kesehatan Pematang Sawa.,dan seluruh Peserta Pelatihan Bagi Kader PKK Pekon Se- Kec. Pematang Sawa.

Dalam sambutan Ketua TP PKK Kabupaten Ibu Hj. Dewi Handajani, SE. MM,. beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini bekerja sama dengan ibu-ibu kader PKK Kabupaten Tanggamus, beliau mnyampaikan bahwa pelatihan kudapan  olahan serba ikan ini adalah suatu pelatihan bagaiaman cara kita mengolah ikan apa saja baik ikan laut maupun ikan air tawar menjadi sebuah aneka makanan yang berbeda seperti biasanya.contohnya seperti cara membuat olahan ikan menjadi ikan pindang,sate ikan,bakso ikan,sop ikan,  jus ikan .kue yang terbuat dari ikan, dan berbagai jenis makanan lainnya.

foto-1

Tujuan dari kegiatan tersebut adalah : Sebagai upaya peningkatan pendapatan keluarga,Memberikan pemahaman dan wawasan kepada masyarakat mengenai berbagai produk olahan lain dari ikan disamping produk olahan yang dihasilkan melalui metode pemindangan, pengeringan dan pengasapan.

 Memberikan pembekalan mengenai metode dan teknik pengolahan ikan menjadi suatu produk olahan dengan tampilan yang menarik dan tanpa memunculkan citarasa khas ikan.

Harapan beliau dengan diadakannya pelatihan ini bisa memberikan motivasi kepada masyarakat untukmemiliki kemampuan dalam menerapkan metode dan teknik pemanfaatan ikan untuk menghasilkan produk-produk olahan baru. Disamping itu, masyarakat diharapkan mampu mendirikan suatu usaha pengolahan ikan hasil tangkapan mereka sendiri. dan melalui  usaha pengolahan tersebut masyarakat juga diharapkan mampu meningkatkan penghasilan mereka.

2 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *