Pj. Bupati Hadiri Sosialisasi dan Rakor Pencegahan Konflik Sosial Pilkada di Talang Padang

Pj. Bupati Hadiri Sosialisasi dan Rakor Pencegahan Konflik Sosial Pilkada di Talang Padang

Talang Padang — Kamis (5/4/18) Pj. Bupati Tanggamus Zainal Abidin menghadiri kegiatan Sosialisasi dan Rakor Pencegahan Konflik Sosial Menjelang Pilkada Serentak Tahun 2018.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Ketua Panwaslu Kabupaten (Panwaskab) Dedi Fernando.

Kegiatan yang ditempatkan di Talang Padang ini juga dihadiri oleh Para Camat dan Perangkat Pekon dari Delapan Kecamatan yakni, Ulu Belu, Air Naningan, Pulau Panggung, Sumberejo, Talang Padang, Pugung, Gunung Alip dan Gisting.

Disampaikan Dedi, selain kegiatan tersebut sebelumnya telah juga dilaksanakan kegiatan yang sama di Kecamatan Cukuh Balak dan Wonosobo yang dihadiri oleh para Camat, Kepala Pekon dan tokoh masyarakat dari beberapa Kecamatan yang berdekatan dengan lokasi Sosialisasi.

Acara sosialisasi dan rakor tersebut, berisi kegiatan pemaparan dan tanya jawab antara pemateri dengan peserta.

Pj. Bupati Tanggamus Zainal Abidin, selaku pemateri dalam pemaparannya menyampaikan harapan bahwa dalam pelaksanaan Pilkada Serentak di Kabupaten Tanggamus kedepan tetap dalam keadaan aman dan kondusif serta terjaganya netralitas penyelenggara pemerintahan baik ditingkat Pekon, Kecamatan sampai Kabupaten.  Beliau juga berharap bahwa nantinya pemimpin yang terpilih dalam pilkada Tanggamus kedepan adalah merupakan pilihan masyarakat yang dipilih secara ikhlas tanpa ada paksaan dari pihak manapun.

Sementara dalam pemaparan pemateri kedua, yang disampaikan oleh Wakapolres Tanggamus Kompol. M. Budhi Setyadi, S.IK., disampaikan bahwa Polres Tanggamus bekerja sama dengan TNI dan Pemerintah Daerah akan  terus berusaha semaksimal mungkin  dalam usaha mencegah terjadinya konflik sosial yang ada di masyarakat. Selain itu Budi juga menyampaikan bahwa pihak kepolisian sendiri telah mendapag perintah khusus dari Pimpinan tertinggi (Kapolri) dalam pengamanan dan mewujudkan pilkada damai.

Kemudian pemaparan yang ketiga yang disampaikan oleh Kasdim 0424 Tanggamus Mayor. Inf. Sutoto. Beliau mengajak kepada masyarakat agar segala perbedaan pilihan, pandangan dan pendapat hendaknya dapat di sikapi dengan bijak. “Kita semua harus dapat mengendalikan diri yang kita mulai dari diri sendiri. Kalau kita sudah bisa mengendalikan diri kita masing masing, insya Allah keluarga, masyarakat serta massa pendukung dapat meredam diri masing masing dalam pelaksanaan Pilkada mendatang,” katanya.

“Bila mana sampai terjadi konflik, tolong gunakan musyawarah dan mufakat, berdayakan keberadaan Danramil, Babinsa dan Babinkamtibmas untuk ikut serta dalam menyelesaikan permasalahan tersebut agar tidak membesar,” tandasnya.

Kegiatan ini sendiri merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Panwas Kabupaten Tanggamus bekerja sama dengan Pemkab Tanggamus, dalam rangka memberikan pemahaman dan menyatukan visi dan langkah dalam upaya pencegahan dan penyelesaian konflik sosial dalam penyelenggaraan Pilkada serentak Tahun 2018 di Kabupaten Tanggamus. (Ismail-Kominfo)

MALAM GRAND FINAL MULLI MEKHANAI TANGGAMUS

GRAND FINAL PEMILIHAN MULI MEKHANAI KABUPATEN TANGGAMUS TAHUN 2018.

GISTING — Rabu malam ( 04 April 2018) Setelah melalui beberapa proses,di ikuti dari 20 Kecamatan di Kabupaten Maka malam tadi diadakan Grand Final Pentas Ajang Tahunan Muli Mekhanai Kabupaten Tanggamus Tahun 2018, bertempat di GSG Pekon Gisting kecamatan Gisting.

Dalam sambutan Pj Bupati Tanggamus yang diwakilkan oleh Asisten II Bidang Pembangunan FB. Karjiono, beliau sampaikan  bahwa Tahun 2018 ini merupakan kesekian kalinya kabupaten Tanggamus menyelenggarakan Pemilihan Muli Mekhanai Kabupaten Tanggamus yang mana pemilihan muli Mekhanai ini dilaksanakan pada setiap tahun sekali, tentu saya menyambut baik atas terselenggaranya acara yang mengusung tema ” Cerdas, Berbudaya, Bermanfaat, Bersama Muli Mekhanai Tanggamus “ .

Pemilihan Muli Mekhanai Kabupaten Tanggamus, pada hakikatnya memiliki arti penting dan strategis, karna tugas dan tanggung jawab Muli Mekhanai Tanggamus terpilih, tidak ringan : Para Muli Mekhanai Tanggamus akan menjadi Pendamping Bupati Tanggamus dalam acara protokoler yang membutuhkan kebugaran fisik dan wawasan pengetahuan yang luas dalam berbagai bidang, terlebih kepariwisataan karena mereka intinya mempunyai tugas untuk mempromosikan potensi-potensi wisata, budaya, kearipan lokal dan kekayaan alam Tanggamus.

Oleh karna itu, Muli Mekhanai Tanggamus tahun 2018 sebagai duta -duta yang handal, berkualitas dan memenuhi harapan, Panitia dan Dewan Juri berani melakukan terobosan Penilaian, dengan memperketat standar kualitas pemenang.

Diharapkan akan terpilih para Muli Mekhanai Kabupaten Tanggamus yang cerdas, berkarakter, berbudaya serta berdaya saing untuk mengawal pembangunan menuju masyarakat yang mandiri, sejahtra dan unggul.

Saya berpesan kepada peserta Muli Mekhanai dua belas besar agar betul-betul bersaing secara sehat sesuai ketentuan yang menjadi ketetapan dewan juri, dan saya berharap dalam pemilihan Muli Mekhanai ini para juri bisa memberikan penilaian yang baik dan benar tanpa adanya pesanan dari pihak lain. Sehingga yang memenuhi kriteria terbaik akan terpilih menjadi Muli Mekhanai Kabupaten Tanggamus Tahun 2018.

Sementara dalam  Laporan Ibu Kepala Dinas Pariwisata Tanggamus Ibu Retno Nova Damayanti, beliau sampaikan bahwa Maksud Kegiatan Pemilihan Muli Mekhanai Kabupaten Tanggamus Tahun 2018 ini adalah untuk mempersiapkan dan membina putra putri kita sebagai duta wisata yang sekaligus sebagai usaha menanamkan kecintaan generasi muda pada kegiatan kepariwisataan dan seni budaya Kabupaten Tanggamus. Juga untuk meningkatkan kemampuan SDM bidang kepariwisataan dalam memeberikan pelayanan infomasi dan mempromosikan potensi-potensi wisata, budaya, kearipan lokal dan kekayaan alam Tanggamus melalui event-event kepariwisataan didalam atau diluar daerah.

Dengan Tujuan agar terdorong tumbuh dan berkembangnya semangat memelihara dan melestarikan adat dan budaya Lampung khususnya generasi muda. Mempersiapkan para pemenang Muli Mekhanai nantinya akan menjadi duta wisata kabupaten Tanggamus dan akan mewakili Kabupaten Tanggamus pada pemilihan Muli Mekhanai tingkat Provinsi Lampung yang akan diselenggarakan pada Tanggal 12 Juli  2018 di Propinsi Lampung.

Pelaksanaan Kegiatan pemilihan Muli Mekhanai dimulai dari pendaftaran peserta dari tanggal 15 Februari sd 15 Maret 2018, dilanjutkan dengan seleksi berkas. Sebanyak 81 peserta mengikuti test tertutis dan wawancara hingga diperoleh 24 pasang finalis yaitu 12 Mulli dan 12 Mekhanai yang masuk ke Grand Final namun satu menyatakan mundur dikarnakan saklt.

Dengan mengambil  Thema “Cerdas, Berbudaya dan Bermanfaat bersama Muli Mekhanai Tanggamus ”

Adapun daftar para Pemenang daftar Mulli Tanggamus

1. Muli Kab. Tanggamus : Nomor 12. Adelia Yolanda dari Pulau Panggung

2. Runner Up I Muli Tanggamus : Nomor 11 Elsa Wirantika dari Talang Padang

3. Runner Up II Muli Tanggamus: Nomor 08 Heni Lispa dari Kotaagung Timur.

Sedangkan Daftar  Pemenang Mekhanai Tanggamus.

1. Mekhanai Kab.Tanggamus : Nomor 08 Haskhori Ginandho Vrima dari Pugung.

2. Runner Up I Mekhanai Tanggamus: Nomor 12 Wahyu Azi Enandar dari Kotaagung  Pusat.

3. Runner Up II Mekhanay Tanggamus: Nomor 04 Rifki Hibatullah Aziz dari Kotaagung Barat.

ATRIBUT.

1. Muli/ Mekhanai terfavorit: Nomor 04 Fitria Nanda Sari (2.247 Like di Instagram)

2. Meli/ Mekhanai berbakat: Nomor 05 Dandri Garda Varna dari Talang Padang.

3. Muli/Mekhanai Fotogenic: Nomor 09 Lingling Sekar Ayu dari Sumberejo.

Turut hadir dalam acara tersebut Dandim 0424 Tanggamus Letk.inf.Anang Hasto Utomo, Perwakilan Kapolres Tanggamus Polsek Talang Padang ,Danki BRIMOB Lampung ,Para Kepala OPD terkait, Para Camat, Ketua DWP Tanggamus Ibu Arjuliati Syam Andi Wijaya, Perwakilan Dinas Pariwisata Provinsi Lampung, Para Dewan Juri Penilai Muli Mekhanay Tanggamus Th. 2018 dari Prov. Lampung ,dan para Peserta Finalis Muli Mekhanay Tanggamus dr perwakilan 20 kecamatan diTanggamus.