PJ BUPATI ZAINAL ABIDIN RESMI MENUTUP TANGGAMUS EXPO 2018

KOTAAGUNG–Secara resmi Pj. Bupati Tanggamus, Ir. Zainal Abidin menutup perhelatan Tanggamus Expo tahun 2018, yang dilaksanakan di Komplek Islamic Center, mulai tanggal 26-30 Maret, Jumat (30/3).

Dalam sambutannya Pj. Bupati berharap melalui event Tanggamus Expo ini akan mendorong meningkatnya volume investasi dan transaksi perdagangan di Kabupaten Tanggamus yang melibatkan industri besar, menengah dan kecil serta mengekpose keberadaan produk daerah. Selain itu juga dapat menarik minat wisatawan lokal maupun mancanegara untuk datang serta membuka peluang investasi di sektor pariwisata.

“Tanggamus Expo ini merupakan sebuah upaya positif yang dilakukan oleh pemerintah daerah Kabupaten Tanggamus dalam memberikan wadah bagi tereksposnya hasil pembangunan yang telah kita laksanakan,”kata Pj. Bupati.

Masih menurutnya berbagai hasil pembangunan dan potensi daerah yang telah dipamerkan oleh elemen baik itu unsur SKPD, BUMD, swasta, usahawan dan berbagai elemen masyarakat Tanggamus, berbagai program tersebut menurutnya telah mampu memberikan hasil yang berarti dan terukur, baik secara fisik maupun manfaatnya bagi kemajuan daerah dan kepentingan masyarakat luas.

“Saya berharap agar apa yang kita lakukan ini akan mampu mencapai tujuan seperti apa yang kita harapkan, saya menyampaikan terima kasih atas partisipasi dan peran sertanya dalam Tanggamus Expo ini, demikian halnya bagi panitia dan semua pihak yang telah berperan terselenggaranya Tanggamus Expo ini, semoga melalui Tanggamus Expo ini memberikan kebaikan bagi kita semua dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,”ujarnya.

Sementara itu, Ketua panitia pelaksana Hi. Andi Wijaya ST,. MM,. Dalam laporannya menyampaikan Tanggamus Expo merupakan event tahunan yang dimaksudkan sebagai ajang promosi dan visualisasi hasil pembangunan yang menampilkan berbagai produk unggulan, jasa layanan publik dan peluang investasi, serta gelaran seni dan budaya kuliner dan panggung hiburan ini diramaikan oleh 90 stand terdiri dari 40 stand Badan/dinas/kantor, 20 stand kecamatan, 14 stand vertikal dan BUMD dan 16 stand UKM dan swasta.

“Selama lima hari gelaran Tanggamus Expo dilaksanakan, animo masyarakat untuk berkunjung dan menyaksikan semakin meningkat, hal ini ditunjukan dari ramainya masyarakat yang berbondong-bondong mengunjungi dan  menyaksikan hiburan yang disediakan,”terangnya.

Dalam Tanggamus Expo kali ini juga lanjut Sekda, Berbagai perlombaan juga ditampilkan oleh panitia maupun dari organisasi perangkat daerah (OPD), diantaranya lomba fashion show, solo song, juru promosi pameran, lomba pengucapan UUD dan Panca Prasetya Korpri, lalu lomba tari kreasi yang digelar oleh Dinas Kebudayaan, lomba mewarnai untuk PAUD/TK, solo song untuk kategori umum yang digelar oleh Dinas Pendidikan.

“Besarnya animo masyarakat berdampak positif bagi pedagang atau pengusaha, berdasarkan data yang dihimpun oleh panitia jumlah pengunjung selama kurun waktu lima hari berjumlah 15.764, jumlah tersebut diketahui dari jumlah tiket yang tersebar sejumlah 11.256 dan sisanya pengunjung tanpa tiket, sementara itu data transaksi berjumlah Rp. 917.741.000, Juta, secara umum penyelengaraan Tanggamus Expo tahun ini berjalan baik,”tandasnya.

Selanjutnya Surat Keputusan Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan Pameran HUT Kabupaten Tanggamus-XXI Tahun 2018,dengan ini Menimbang mengingat dan Memperhatikan Keputusan Bupati Tanggamus Nomor : B.18/10/08/2018 Tanggal 8 Januari 2018,tentang panitia Pameran Pembangunan Kabupaten Tanggamus Th. 2018.

Hasil Penilaian Dewan Juri Lomba Stan Pameran Pembangunan Kabupaten Tanggamus th. 2018.

1. Kategori Dinas/Badan/Kantor/Instansi: Juara I BAPPEDA, II Dinas Pendidikan,III BPBD, Harapan I Dinas Perpustakaan & Arsip Daerah ,Harapan II BKD, Harapan III Dinas Ketahan Pangan

2. Kecamatan : Juara I Kecamatn Gisting, II kec. bulok, III Kec Kotaagung,Harapan I Kec. Sumbejo, Harapan II Kec. kobar, Harapan III Kec. Gunung Alip.

4. Vertikal/ BUMN/BUMD/Swasta/Umum : Juara I SUPM, II.BRIMOB, III. Balai Besar TNBBS, Harapan I. Bank Lampung, Harapan II Polres Tanggamus, Harapan III. BANK Syariah.

5. JUARA UMUM : KECAMATAN GISTING.

Untuk lomba Fashion Show, Lomba Solo Song, Lomba Penjor, Lomba Jurpam ,Lomba Pengucap UUD 1945 & Panca Prasetya Korpi antar ASN pada Pameran,Kategori:

1. Pemenang Pengucap Pembukaan UUD 1945: Juara I. Satpol PP Awaluddin, II. Kec. Pematang Sawa Efendi,III. Inspektorat Toni Tanamal.

2. Pemenang Pengucap Korpri:  Juara I Satpol PP Sahroli, II. Kec. Pematang Sawa Tri Kusuma, III. Inspektorat Rilya Sari.

3. Pemenang Lomba Solosong : Juara I. Dinas Pendidikan Eriko, II. Kec. Gisting Nurholi, III. Dinas Kesehatan Rahmad.

4. Pemenang Lomba Fashion Show: Juara I. Dinas Pariwisata Haspari Skar Putri, II. Kesbangpol Mega Sari, III. Dispora Panda Pratama.

5. Pemenang Lomba Penjor: Juara I Kec. Gisting, II. Dinas Perikanan, III. Bappeda.

6.Pemenang Jurpam.

Juara I. Kec Gisting, II. Dinas Peternakan, III. Kec. Kotaagung Barat.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Dandim 0424 Tanggamus, Letkol Arh Anang Hasto Utomo, Perwakilan Polres Tanggamus, Asisten, Ketua TP PKK Tanggamus Hartati, Ketua DWP Arjuliyati Syam, Kepala Dinas, Badan dan Kantor serta camat.

PEMKAB TANGGAMUS SEDIAKAN BUS ANGKUTAN GRATIS BAGI MASYARAKAT YANG INGIN KUNJUNGI TANGGAMUS EXPO 2018

KOTAAGUNG–Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tanggamus, siapkan dua kendaraan bus untuk fasilitasi warga yang ingin melihat Tanggamus Expo 2018, yang dilaksanakan di Komplek Islamic Centre, Kotaagung.

Sekretaris Dishub Suroyo, mengatakan dua unit bus tersebut disiapkan di dua titik yakni di taman kota, Kelurahan Kuripan, Kotaagung, sejak pukul 16.00 hingga 22.0. wib, lalu satu unit lagi standbye di tempat perhelatan Tanggamus Expo, bus yang diperuntukan bagi pengunjung tersebut telah disiapkan mulai pada hari pembukaan Tanggamus Expo senin malam.

“Sudah dari hari pertama pembukaan dua unit mobil tersebut kita tempatkan, ini merupakan inisiatif untuk memfasilitasi masyarakat, khususnya kecamatan Kotaagung yang ingin melihat Tanggamus Expo,”kata Suroyo, Selasa (27/3).

Masih menurutnya, bus yang bermuatan sekitar 40 penumpang tersebut akan terus disiagakan hingga hari terakhir Tanggamus Expo, dengan inisiatif bus gratsi tersebut lanjutnya masyarakat dapat melihat perhelatan Tanggamus Expo dengan aman dan nyaman, khususnya bagi masyarakat yang belum mempunyai kendaraan.

“Kita menginginkan, Tanggamus Expo tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya, dan kita ingin ambil bagian dalam perhelatan Tanggamus Expo tahun ini,”ujarnya.

Ia berharap, dengan inisiatif tersebut dapat meningkatkan animo pengunjung yang datang, dan tidak menutup kemungkinan ide tersebut lanjutnya akan kembali dilaksanakan pada perhelatan Tanggamus Expo di tahun-tahun yang akan datang.

“Tidak menutup kemungkinan tahun depan kita programkan kembali, karena kita melihat antusias pengunjung yang datang ke Tanggamus Expo,”tandasnya

PJ BUPATI IR.ZAINAL ABIDIN, MT.,RESMI MEMBUKA TANGGAMUS EKSPO 2018

KOTAAGUNG–Tanggamus Expo 2018 dalam rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) Kabupaten Tanggamus ke-21 resmi dibuka oleh Pj. Bupati Tanggamus, Ir. Zainal Abidin, MT,. Senin (26/3)

Turut Hadir dalam acara tersebut, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Lampung Satria Alam SE. M.Si, Kepala Kepala Kejaksaan Tanggamus Taufan Zakaria, Sekretaris Daerah Kabupaten Tanggamus, Hi. Andi Wijaya, ST, MM, Perwakilan Polres, Ketua DPRD Heri Agus Setiawan, S.Sos, Perwakilan Kodim, Ketua TP PKK Tanggamus Hartati, Ketua DWP Tanggamus Arjuli Yati Syam, Asisten, Staf Ahli, organisasi perangkat daerah (OPD), camat serta kepala pekon.

Dalam sambutannya, pada saat pembukaan Tanggamus Expo di Kompleks Islamic Center, Pj. Bupati Ir. Zainal Abidin, MT,. Mengajak kepada semua yang hadir dalam Tanggamus Expo untuk menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan setinggi-tinginya kepada semua pihak yang telah berjasa dalam membangun Kabupaten Tanggamus selama ini. Terlebih kepada para pejuang kemerdekaan dan tokoh pendiri Kabupaten Tanggamus.

“Beragam kegiatan kita laksanakan dalam memeriahkan hari jadi ini, demikian juga dengan kegiatan Tanggamus Expo tahun 2018 dalam rangka memperingati HUT tahun 21 Kabupaten Tanggamus, pelaksanaan pameran dan bazar ini merupakan sebuah upaya positif yang dilakukan oleh Pemda dalam memberikan wadah bagi tereksposnya hasil pembangunan yang telah kita laksanakan,”Kata Pj. Bupati.

Adapun beberapa keberhasilan yang telah diraih selama ini diantaranya adalah, meningkatnya pembangunan bidang infrastrukur yang mengutamakan terbukanya akses daerah terpencil, peningkatan kualitas dan pemerataan pendidikan, peningkatan pelayanan kesehatan, peningkatan produksi pertanian, peternakan dan perikanan serta kesejahteraan petani dan nelayan, yang mana capaian itu merupakan hasil kerja keras dari semua pihak yang telah bahu-membahu mencapai tujuan pembangunan di Tanggamus.

“Kepada para peserta pameran Tanggamus Expo saya mengimbau, gunakanlah kesempatan ini untuk mengekspos hasil pembangunan dan potensi yang ada dengan sungguh-sungguh, berikanlah informasi dengan baik dan benar kepada para pengunjung, agar apa yang menjadi tujuan dari pelaksanan pameran ini dapat tercapai,”ujarnya.

Kepala Biro Administrasi Pembangunan juga mengucapkan, terima kasih kepada panitia serta semua pihak yang telah berperan atas terselenggaranya Tanggamus Expo, Ia berharap melalui kegiatan Tanggamus Expo ini, akan memberikan kebaikan, memajukan daerah dan memberikan kesejahteraan terhadap masyarakat Kabupaten Tanggamus.

“Masih dalam rangka HUT ke-21 Kabupaten Tanggamus Dinas Kebudayaan juga mengadakan kegiatan Festival seni budaya Lampung Kabupaten Tanggamus tahun 2018, yang terdiri dari rangakaian perlombaan tari kreasi Lampung dan tari Bedana Lampung, Festival seni budaya Lampung dilaksanakan pada tanggal 27 hingga 28 Maret di Islamic Centre total peserta 50 sanggar dari perwakilan beberapa sekolah se-kecamatan Tanggamus,”terangnya.

Sementara itu Ketua Panitia Tanggamus Expo, Hi. Andi Wijaya ST, MM menyampaikan Kegiatan Tanggamus Expo dimaksudkan sebagai ruang untuk mempersentasikan dan menumbuhkembangkan potensi pembangunan pariwisata dan perdagangan yang ada di Tanggamus, serta menciptakan wadah interaksi bisnis langsung bagi seluruh SKPD di Kabupaten Tanggamus dan seluruh peserta pameran dengan para pengusaha, masyarakat dan investor guna menjalin kerjasama yang saling menguntungkan.

“Tujuan Tanggamus Expo adalah, mewujudkan masyarakat Tanggamus yang mandiri dan berdaya saing, menggali potensi sumber daya yang dimiliki untuk mewujudkan pembangunan Kabupaten Tanggamus, mempromosikan dan memperkenalkan produk produk barang dan jasa unggulan dan hasil-hasil pembangunan yang telah dicapai, sebagai salah satu sarana hiburan bagi masyarakat, tema kegiatan Tanggamus Expo 2018 adalah “Dengan Tanggamus Expo 2018, kita tingkatkan produksi, mutu dan daya saing UKM di Kabupaten Tanggamus,”ujarnya.

Ia menambahkan waktu pelaksanan Tanggamus Expo tahun 2018 berlangsung selama lima hari yang dimulai hari Senin 26 Maret hingga 30 Maret 2018, adapun peserta Tanggamus Expo lanjutnya terdiri atas Badan, Dinas, Kantor, Instansi Vertikal, Kecamatan, BUMN, BUMD dan Swasta yang menempati 90 stand.

“Rincian stand peserta Tanggamus Expo yakni Badan, Dinas dan Kantor 40 stand, Kecamatan 20, BUMN, BUMD dan Instansi Vertikal 14 serta UMKM dan Swasta 16 stand, dengan jumlah keseluruhan 90 stand,”tandasnya. *

ASISTEN II BUKA ORIENTASI KELEMBAGAAN PANGAN DESA

Gisting – Pj Bupati Tanggamus Zainal Abidin yang di wakili oleh Asisten II Karjiono menghadiri Re-Orientasi kelembagaan pangan Desa Kabupaten Tanggamus yang di gelar di Hotel 21, jum’at (23/03).

 

Turut hadir dalam acara tersebut, Kepala balai besar POM propinsi Lampung Dra. Syamsuliana, Apt, MM, Para Kepala Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Tanggamus, Camat Semaka, Camat Gisting, Camat Sumberejo dan para pejabat struktural di Lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Tanggamus.

Dalam sambutannya Pj Bupati Tanggamus yang di Wakili Oleh Asisten II menyampaikan Pangan merupakan kebutuhan dasar yang merupakan suatu keharusan suatu aspek kehidupan manusia. Pangan juga merupakan komponen dasar bagi manusia berkualitas yang berperan menjaga stabilitas ekonomi, sosial, dan politik.

 

Keamanan pangan merupakan kondisisi upaya untuk mencegah pangan dari cemaran fisik, biologis, serta barang lain yang dapat mengganggu kehidupan manusia oleh karena itu keamanan pangan harus dibangun dari individu, keluarga dan masyarakat.

 

Pentingnya Gerakan Keamanan Pangan desa yang mengintervensi terhadap individu, pedagang kreatif Lapangan (PKL), Retail/warung yang ada desa masing-masing sehingga dapat menghindarkan masyarakat dari penggunaan bahan makanan berbahaya yang dapat menimbulkan keracunan pangan.

 

Gerakan keamanan pangan desa Kabupaten Tanggamus direncanakan ditiga pekon yaitu Bangun rejo Kecamatan Semaka, Gisting Bawah Kecamatan Gisting, Tegal Binangun Kecamatan Sumberejo Oleh karena itu dia mengintruksikan kepada seluruh OPD terkait untuk ikut berperan aktif sesuai dengan tugas dan fungsinya melakukan sinergitas pelaksanaan program dengan kegiatan Keamanan pangan Desa ini, kedepan harus bisa dilanjutkan ke daerah daerah keamanan pangannya yang masih kurang.

 

Karena dengan kegiatan seperti ini masyarakat dapat terprovokasi untuk tumbuh sehat dan berkembang dengan baik.
Terakhir dalam sambutannya Pj Bupati yang di Wakili oleh Asisten II Mengucapkan terimakasih kepada Balai Besar Pengawasa Obat dan makanan (BBPOM) Bandar lampung yang melaksanakan kegiatan ini sehingga kedepan bisa mewujudkan perubahan pola pikir masyarakat tentang bagaimana pentingnya pangan dari segi Higienis untuk menumbuhkan masyarakat, bangsa, yang sehat, cerdas, bermatabat dan agamis.

BBGRM TINGKAT PROVINSI LAMPUNG DI GELAR DI PEKON TUGU PAPAK SEMAKA

Semaka-penilaian BBGRM (Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat) Tingkat Provinsi lampung di gelar di balai pekon Tugu Papak kecamatan Semaka Kabupaten Tanggamus kamis(22/03).

Turut hadir dalam acara penilaian tersebut, Pj.Bupati Tanggamus Ir.Zainal Abidin MT, dan para Kepala OPD, Camat Se- Kabupaten Tanggamus,  Ketua TP PKK Kabupaten Tanggamus,  Ketua DPW Kabupaten Tanggamus, Tim penilai dari provinsi lampung,para kepala pekon se-Kecamatan semaka,tokoh masyarakat,tokoh agama dan para tamu undangan

Dalam kesempatan itu Pj Bupati Tanggamus (Ir Zainal Abidin, MT) menyampaikan, Selamat datang kepada ketua tim penilai Lomba BBGRM tingkat provinsi Lampung beserta rombongan pemerintah provinsi Lampung di Kabupaten Tanggamus dan di Pekon Tugu papak ini, harapan kami bahwa Tugu papak ini sesuai dengan himbauan permintaan Pak kepala Pekon Tugu papak ini bisa meraih ranking pertama di tingkat provinsi Lampung Karena bagaimanapun juga tak mudah dan hubungan masyarakat ini sudah mulai seleksi dari tingkat pekon tingkat kecamatan tingkat kabupaten bahkan sangat antusias untuk memenangkan lomba ini.

“Saya selaku penjabat Bupati Kabupaten Tanggamus sangat mengapresiasi kegiatan ini, kemudian saya berharap dengan motivasi masyarakat tugu Papak bisa memicu masyarakat dan tokoh masyarakat pekon yang ada di tanggamus ini Karena bagaimanapun juga kepala seluruh tanggamus ini ada 299 pekon 3 kelurahan, jadi mereka ini sudah melakukan seleksi yang terbaik di antara 302 pekon atau kelurahan yang ada di Kabupaten Tanggamus maka Sudah Selayaknya kami majukan ke tingkat provinsi Lampung untuk menjadi yang terbaik pula tingkat provinsi Lampung.

Pj Bupati Tanggamus juga menghimbau, pada waktu pelaksanaan pemilihan kepala Daerah nanti diharapkan tertib aman dan lancar kami harapkan bapak ibu seluruh warga masyarakat Kabupaten Tanggamus agar menggunakan hak pilihnya 100%, kalau ada yang belum ada KTP belum ada suket segera laporkan kepada kepala pekon atau camat dan Disdukcapil agar supaya mendapatkan hak pilihnya dan bagi aparatur sipil Negara yang ada instansi vertikal ataupun otonom dari tingkat RT sampai dengan Camat dan seluruh lapisan masyarakat yang terlibat dalam aparatur sipil negara, harus netral. Pungkasnya.

Sementara Tim penilai Provinsi Lampung (Yuda Setiawan) Dalam sambutannya, Ciri khas negara kita Indonesia adalah
gotong royong dan budaya gotong royong itu hanya ada di Indonesia, beberapa waktu yang lalu saya terima tamu dari Nigeria dari Nepal dari Afrika Selatan dan mereka sangat tertarik dengan program pemberdayaan di Indonesia salah satunya adalah sanitasi total berbasis masyarakat itu sendiri dengan program pemberdayaan di desa melalui pemberian bantuan dana desa yang dikelola oleh bumdes, ketika bisa membuat jamban jamban sehat itu masyarakat berhubungan dengan sumber pengadaan peralatan sanitasi oleh bumdes.

” untuk itu Pemerintah kembali menciptakan budaya gotong royong. dikarnakan budaya gotong royong ini semakin lama semakin menghilang, itu semua karna faktor kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah semakin rendah, Nah sekarang bagaimana caranya untuk menumbuhkan kembali jiwa kegotong groyongan itu, yang pertama adalah keterbukaan transparansi. jangan sampai ada suhu suatu program pemberdayaan dimulai dengan ide undang-undang Desa salah satunya adalah pemberian Dana Desa.nah ini berlaku untuk semua.disini tahun ini khususnya di bidang dua hadits pemberdayaan infrastruktur itu dilakukan dengan padat karya tunai supaya bisa berkarya tunai Bagaimana caranya mulai dari proses perencanaan pada bidang dua kegiatan pemberian 30% yang harus digunakan untuk hari orang kerja atau umpan untuk kegiatan pemberdayaan infrastruktur tolong ada di sini juga ada pendamping pilih kegiatan yang bisa dilakukan oleh masyarakat setempat Jadi berikan peluang sebesar-besarnya kepada Masyarakat agraris untuk Nanti ikut bekerja dalam kegiatan ini. Ujarnya

BAPPEDA TANGGAMUS TERIMA TIM PENILAI TPU, TPI DAN TPT

Kota Agung – Pemerintah Kabupaten Tanggamus dalam hal ini melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Kamis (23/3) menerima kedatangan Tim Penilai Utama (TPU), Tim Penilai Independen (TPI), serta Tim Penguji Teknis (TPT).

Rombongan tim penilai disambut hangat Kepala BAPPEDA Tanggamus Hi. Hendra Wijaya Mega serta Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Tanggamus Heri Agus Setiawan.

Dalam pemaparannya, Hendra Wijaya Mega menjelaskan kepada para tim penilai, bahwa Pemkab Tanggamus tak pernah berhenti untuk bermanuver dan melahirkan beragam inovasi, untuk pengembangan koridor RPJMD 2018 – 2023 Provinsi Lampung.

“Terutama mendukung eksplorasi sepanjang garis pantai yang hanya dimiliki Kabupaten Tanggamus di Lampung ini. Demikian juga komitmen Pemkab Tanggamus untuk terus mendukung program BAPPEDA Lampung maupun BAPPENAS,” ujar Hendra Wijaya Mega.

BAPPEDA Tanggamus selama ini, lanjut Hendra, selalu menegaskan bahwa RKPD merupakan dokumen perencanaan pembangunan daerah untuk periode satu tahun, sebagai penjabaran dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJKMD) dan Rencana Strategis Perangkat Daerah (RSPD). Itu merupakan satu kesatuan dalam sistem perencanaan pembangunan nasional dan dilakukan dengan pendekatan politik, teknokratik, partisipatif, atas-bawah (top-down), dan bawah-atas (bottom-up).

“RKPD yang telah dibahas dalam rangkaian forum musrenbang mulai dari tingkat pekon/kelurahan sampai dengan musrenbang tingkat kabupaten ini, disusun berpedoman pada RPJMD. Sehingga diperoleh hasil yang maksimal dan sasaran pembangunan yang telah dicanangkan,” papar Hendra optimis.

Dalam penilaian tersebut, Kepala BAPPEDA Tanggamus sangat berharap, tim penilai bisa secara objektif memberikan penilaiannya. Bahkan untuk memberikan bukti-bukti nyata dari inovasi yang terus dilakukan Pemkab Tanggamus, dalam penilaian tersebut, BAPPEDA juga secara langsung menghadirkan pihak-pihak terkait.

“Bapak-Bapak Tim Penilai, kami sama sekali nggak mau omong doang. Bisa Bapak-Bapak lihat langsung saat ini, BAPPEDA Tanggamus menghadirkan langsung pihak-pihak terkait dengan inovasi kami. Bahkan ini kami hadirkan inovasi terbaru kami, yaitu Putri Otonomi Daerah yang sudah dinilai saat Musrenbang Tanggamus 2018 kemarin yang diapresiasi langsung oleh Pj. Gubernur Lampung. Tujuan Putri Otonomi Daerah ini, adalah untuk merangkul generasi muda Tanggamus dalam segala aspek program pembangunan mental dan fisik sumber daya manusia Tanggamus,” terang Hendra lagi.

Sementara Ketua Tim Penilai Utama, Indra Permana mengatakan, kedatangannya bersama rombongan dalam rangka Penilaian Tahap II Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Provinsi Lampung Tahun 2018 di Kabupaten Tanggamus, untuk menilai langsung proses penyusunan dokumen RKPD Tanggamus. Penilaian itu dilatarbelakangi oleh instruksi dari Kementerian BAPPENAS agar seluruh pemerintah daerah menyusun dokumen RKPD dengan sangat matang dan selektif.

“Tak lain tujuannya adalah untuk efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran negara. Dengan tersusun dan tersistematisnya dokumen RKPD, maka penyerapan dan penggunaan anggaran negara bisa dilakukan optimal,” tandas Indra Permana diamini Ketua Tim Penilai Independen Asrian Hendri Cahya

KAPOLRES PIMPIN UPACARA ZIARAH TAMAN MAKAM PAHLAWAN

Kota Agung Timur – Upacara ziarah Taman Makam Pahlawan dalam rangka Ulang Tahun Kabupaten Tanggamus ke-21 tahun 2018 dilaksanakan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Bahagia Pekon Kagungan, dijalan lintas barat Kota Agung Timur, Rabu(21/03).

Tepat pukul 10.36 prosesi upacara dimulai dengan memberikan penghormatan kepada arwah para pahlawan yang telah gugur dalam berjuang merebut kemerdekaan yang langsung di pimpin oleh Kapolres Tanggamus AKBP I Made Rasma JK, S.Ik. M.Si, dilanjutkan dengan mengheningkan cipta dan peletakan karangan bunga serta penghormatan terakhir kepada arwah para pahlawan dan ditutup dengan memberikan Do’a.

Usai kegiatan upacara ziarah para rombongan menuju ke nisan makam para pahlawan untuk menabur bunga.

Hadir dalam kegiatan Penjabat (Pj) Bupati Tanggamus Ir. Zainal Abidin, MT., Sekkab Andi Wijaya serta para Kepala OPD Kabupaten Tanggamus, jajaran Polres Tanggamus Kompol M.Budhi Setyadi,S.Ik.,MM Wakapolres Tanggamus
AKP Safri Lubis Kapolsek Kota Agung Polres Tanggamus, Satu Pleton Kodim 0424 Tanggamus (Bersenjata), Kawal Tugu, Satu Pleton Dalmas (Bersenjata), Satu Pleton Gabungan Polsek, Satu Pleton Satpol PP Tanggamus, Satu Pleton dan Dishub Tanggamus

Usai kegiatan Pj Bupati menyampaikan dan berharap kiranya pada pada momen ziarah ini dapat membangkitkan nilai nilai persatuan kita dan mengenang jasa para pahlawan, “dalam Ulang Tahun Tanggamus ke-21 ini dapat menjadikan Tanggamus yang lebih baik lagi, ada kesinergian antara seluruh elemen warga masyarakat untuk bersama sama maju membangun kabupaten Tanggamus. Dan pejabat agar bisa melaksanakan tugas pokok dan fungsinya masing-masing untuk membangun Tanggamus. khususnya Ibukota kabupaten Tanggamus yaitu Kotaagung yang diamanatkan oleh nenek moyang kita sebagai salah satu kota tertua yang ada di Lampung ini,” pungkas Zainal Abidin.

UPACARA PERINGATAN ULANG TAHUN KE 21 KABUPATEN TANGGAMUS BERJALAN KHIDMAT

Kota Agung – Upacara dalam rangka memperingati Ulang Tahun Kabupaten Tanggamus yang ke 21 dan Ulang Tahun Provinsi Lampung ke 54 yang berlangsung di Lapangan Merdeka Kotaagung berjalan Khidmat dan lancar, Rabu (21/3).
Dalam kegiatan tersebut bertindak sebagai Inspektur Upacara Penjabat Bupati Tanggamus Ir. Zainal Abidin, MT., sementara pemimpin upacara Kapten Inf. Zulian Ardi, Perwira Upacara Kapten Inf. Maman, Pembaca Sejarah Singkat Kabupaten Tanggamus Ketua DPRD Heri Agus Setiawan,S.Sos., Pembaca Teks Undang – Undang Dasar 1945, Camat Pematang Sawa Wawan Harianto, SSTP., Pembaca doa Kepala Kantor Kementerian Agama Tanggamus Murdi Amin, S.Ag.
Dalam sambutannya Pj. Bupati mengatakan pada hari yang bersejarah ini kita dapat berkumpul dalam rangka upacara peringatan ulang tahun ke 21 Kabupaten Tanggamus dan ulang tahun ke 54 Provinsi Lampung tahun 2018 dalam suasana aman dan damai semoga peringatan Hari bersejarah ini menjadi momentum evaluasi terhadap apa yang telah kita sumbangkan untuk Kabupaten Tanggamus khususnya dalam mendorong terciptanya Kabupaten Tanggamus yang lebih maju sejahtera agamis dan mandiri.
Seiring dengan bergantinya waktu hari bulan dan tahun tidak terasa Kabupaten Tanggamus telah berusia dewasa pada 21 Maret 2018 Tanggamus tepat berusia 21 tahun adalah rentang perjalanan yang penuh dengan dinamika sejarah sebuah kabupaten yang dulunya bagian dari Kabupaten Lampung Selatan kini telah menjelma menjadi sebuah kabupaten yang setelah melahirkan kabupaten Pringsewu yang dulu bagian dari wilayah kabupaten Tanggamus.
Sebagai masyarakat Tanggamus Kita wajib bersyukur dengan menjadikan tanggal kelahiran Tanggamus sebagai sebuah inspirasi dan motivasi untuk mengisi kembali setiap detik perjalanan kehidupan di daerah ini dengan karya dan prestasi lalu kita bingkai catatan perjalanan hari ini dan kedepan dengan kerja yang produktif demi meraih cita-cita dan harapan akan masa depan Tanggamus yang lebih maju.
Pj Bupati meneruskan, begitu juga sebagai generasi penerus jadikan sejarah sebagai sebuah peristiwa penuh makna dan hikmah dari sejarah kehidupan Pemerintahan dan pembangunan Tanggamus selama ini kita bisa memetik pembelajaran bahwa setiap generasi kepemimpinan memiliki warna dan dinamika tersendiri sesuai selera dan jamannya.
kepada pendahulu dan para pendiri-pendiri Kabupaten Tanggamus dengan hormat kami menyampaikan Terima kasih yang tak terhingga atas jasa dan pengabdian terbaik kepada Kabupaten Tanggamus yang sama-sama kita cintai dan banggakan ini.
Beliau pun memantapkan kepada kita semua agar ada rasa memiliki terhadap Kabupaten Tanggamus dengan tercerminnya dalam sikap dan wujud tingkah laku di setiap diri pribadi masyarakat Tanggamus, rasa cinta dan bangga karena daerah ini harus termanifestasi dalam kerja keras kerja ikhlas dan kerja cerdas sesuai dengan potensi profesi kita masing-masing sehingga semangat tersebut tidak hanya indah dalam tataran kognisi dan retorika belaka tetapi menjelma dalam implementasi dan karya nyata. Harapnya
“Spirit inilah yang menjadi alasan kuat untuk kita tingkatkan integritas daerah menuju Kabupaten Tanggamus yang lebih sejahtera sebagai tema peringatan hari jadi ke 21 Kabupaten Tanggamus pada tahun 2018,  tema ini hendaknya bukan sekedar retorika belaka Dan slogan tanpa makna Tetapi semua ini menjadi ajakan dan tepat kita bersama untuk dapat berpindah dan reaksinya pagar tangga pada tantangan dan perkembangan zaman menjadi motivasi dalam melaksanakan pembangunan yang berkeadilan untuk mewujudkan kehidupan masyarakat yang adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan maju dan sejahtera lahir dan batin tentunya dengan berlandaskan iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa”. Tambahnya
Selanjutnya berbicara tentang hari jadi Provinsi lampung yang ke 54 tahun 2018 ini saat ini provinsi Lampung telah menunjukkan kinerja pembangunan yang cukup baik yang bisa dilihat dari beberapa indikator secara nasional Indonesia.
Selain provinsi Lampung mengalami peningkatan dari peringkat 25 di tahun 2018 menjadi peringkat 11 di tahun 2018 jumlah desa tertinggal di provinsi Lampung terus berkurang dari 380 desa tertinggal di tahun 2014 menjadi 116 desa di tahun 2018 seni pembangunan jalan tol Trans Sumatera yang saat ini telah tercepat dipercepat dari target yang telah ditetapkan insya Allah dapat beroperasi pada tahun 2018 ini.
” kemudian provinsi Lampung mencapai Swasembada padi pada tahun ini dan juga mengembalikan kejayaan provinsi produksi jagung di Lampung” Pungkas PJ Bupati mengakhiri sambutannya
Pada kesempatan itu juga PJ Bupati menyerahkan Penghargaan dari Presiden RI Satya Lencana Karya Satya kepada 40 orang ASN di lingkungan Pemkab Tanggamus
Usai kegiatan Upacara Pj. Bupati didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Tanggamus langsung menuju Taman Makam Pahlawan Kota Agung Timur kemudian dilanjutkan dengan ramah tamah di Lamban Balak atau Rumah Dinas Bupati.

PJ BUPATI HADIRI RAPAT PARIPURNA ISTIMEWA DALAM RANGKA PERINGATI ULANG TAHUN KE 21 KABUPATEN TANGGAMUS DAN PROVINSI LAMPUNG KE 54

Kota Agung – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tanggamus menggelar rapat Paripurna Istimewa dalam rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) Kabupaten Tanggamus ke-21, hari ulang tahun (HUT) Provinsi Lampung ke-54 tahun 2018, dan Rapat Paripurna Internal DPRD Kabupaten Tanggamus, Selasa (20/3).

Dalam rapat Paripurna Istimewa yang digelar di ruang rapat utama DPRD tersebut dihadiri Penjabat (Pj) Bupati Tanggamus Ir. Zainal Abidin, ST., Sekkab Andi Wijaya, Polres, Kodim 0424, Kejari, Pengadilan Agama, Pengadilan Negeri, para Asisten, Anggota DPRD Provinsi Lampung Dapil Tanggamus, kepala OPD, Camat, Kepala Pekon, Tokoh Masyarakat, Agama, Pemuda, pimpinan BUMN/BUMD, Ormas, Insan Pers dan masyarakat.

Dalam sambutan tertulis sekaligus membuka rapat paripurna, Wakil Ketua I DPRD Tanggamus, Drs. Rusli Shoheh, MM., didampingi Ketua DPRD Heri Agus Setiawan, S.Sos., Wakil ketua II Aris Budianto, S.Pd dan Wakil Ketua III Sunu Jatmiko, S.Sos, mengucapkan terimakasih tak terhingga kepada semua pihak yang telah hadir di rapat paripurna.

“Atas nama DPRD Kabupaten Tanggamus, kami mengucapkan selamat HUT ke-21 kabupaten Tanggamus, dengan mengusung tema “Kita Tingkatkan Integritas daerah, Menuju Kabupaten Tanggamus lebih Sejahtera”, kiranya akan menjadi momentum buat pemangku kebijakan yang didukung masyarakat untuk terus berkarya. Selain itu acara ini juga sebagai ajang silahturahmi, antara eksekutif, legislatif, yudikatif, dan tokoh-tokoh yang telah berjasa dalam mendirikan kabupaten berjuluk “Bumi Begawi Jejama” serta masyarakat Kabupaten Tanggamus, ” kata Rusli Shoheh.

Dalam usia ke- 21 ini, Kabupaten Tanggamus masih menghadapi berbagai tantangan berat diantaranya, mulai dari peningkatan infrastruktur, ekonomi, pendidikan dan kesehatan serta ketersediaan lapangan pekerjaan. “Untuk itu, DPRD Tanggamus sangat mengapresiasi kinerja jajaran Pemkab atas segala usaha dan upaya menghadapi ujian dan tantangan yang ada demi memajukan kabupaten Tanggamus. DPRD Tanggamus akan tetap berkomitmen mendukung semua program yg sudah, sedang dan akan dilaksanakan oleh Pemkab Tanggamus , demi perubahan lebih baik lagi di tahun-tahun mendatang,” tegas Rusli.

Sementara dalam sambutan tertulis, Pj Bupati Tanggamus, Ir. Zainal Abidin, mengucapkan selamat HUT ke-54 Provinsi Lampung dan HUT ke-21 Kabupaten Tanggamus. “Ini merupakan kali pertama saya sebagai Pj Bupati menghadiri Rapat Paripurna di DPRD Kabupaten Tanggamus, dan kebetulan ini merupakan rapat Paripurna Istimewa dalam rangka HUT Tanggamus dan Provinsi Lampung, jadi sudah seharusnya dalam ruang terhormat ini, sebelum melanjutkan sambutan sebagai warga baru saya akan memperkenalkan diri terlebih dahulu kepada hadirin terutama anggota DPRD Kabupaten Tanggamus. Meski telah dilantik sebagai Pj bupati Tanggamus, hingga saat ini saya masih menjabat sebagai Adbang Setda Provinsi Lampung, dan di Tanggamus saya menempati rumah dinas Bupati Tanggamus. Namun, sebelumnya saya menyampaikan permohonan maaf kepada bapak/ibu anggota DPRD jika di lain waktu hendak bersilahturahmi tapi tidak bertemu saya, mungkin pas lagi ada acara di Provinsi, tapi nomor handphone saya aktif 24 jam,” kata Zainal Abidin, disambut aplus peserta rapat paripurna.

Zainal juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah berjasa dalam mendirikan, membangun dan menjaga Kabupaten Tanggamus, dimana mulai dari didirikan pada 21 Maret 1997 silam hingga kini terus berkembang dan mengalami perubahan kearah lebih baik.

“Ibarat dua sisi mata uang, pembangunan tidak akan terlaksana tanpa adanya pemerintahan yang kuat serta dukungan dari semua pihak. Kebersamaan ini terbukti, meski telah diterpa krisis keuangan global, namun pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Tanggamus selama lima tahun terakhir terus mengalami peningkatan di atas 5 persen, tentu ini sebuah prestasi, dan kami bertekad ke depan pencapaian ini akan terus meningkat,” ujar Zainal Abidin.

Usai sidang paripurna, acara dilanjutkan dengan pemotongan nasi tumpang.(Manzori Kominfo)

PJ BUPATI GELAR PISAH SAMBUT KAPOLRES TANGGAMUS DI RUMAH DINAS

Kota Agung – Acara Malam pisah sambut Kepala Polisi Resor (Polres) Tanggamus yang kini dijabat AKBP I Made Rasma yang menggantikan AKBP Alfis Suhaili. digelar di rumah dinas Bupati Tanggamus senin malam(19/03).

Turut hadir dalam pisah sambut tersebut anggota Polres Tanggamus dan jajaran,Anggota Forkopimda, Sekretaris Daerah, para asisten,para kepala OPD,para camat se-Kabupaten Tanggamus,Ketua Tim penggerak PKK Kabupaten Tanggamus, Ketua Dharma Wanita, Tokoh Masyarakat, tokoh agama,insan Pers dan unsur ormas se-Kabupaten Tanggamus serta para tamu undangan.

Menurut Alfis sebagai mantan Kapolres Tanggamus yang melaksanakan tugas lebih kurang 1 tahun kurang 3 hari mengucapkan terimakasih. “Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh anggota Polres Tanggamus mulai dari Wakapolres, para sahabat Kasat, para Kapolsek, seluruh anggota semuanya,” ujarnya.

Ia menambahkan semua dari semua kerjasama maka dapat melaksanakan tugas dengan lancar sesuai dengan yang diinginkan. Dan di Tanggamus tidak ada hal-hal yang bersifat kontijensi, tidak ada hal-hal yang harus menjadi perhatian pada tingkat Polda maupun skala nasional.

“Ini semua adalah hasil kerja prestasi rekan-rekan semua. Dan saya hanya bisa sebagai nahkoda tetapi mesin-mesin perawatan dan sparepart semuanya ada pada rekan-rekan semuanya. Ketika semua sistem itu berjalan maka saat itu organisasi kita berjalan dengan baik sampai saat ini,” tambah Alfis.

Ia berharap kerjasama dapat dipertahankan, berikan dukungan yang sama kepada Kapolres yang baru AKBP I Made Rasma. Sehingga prestasi-lrestasi yang pernah diraih dan diberikan semoga bisa lebih baik. Sehingga Polres Tanggamus dapat berprestasi ke depannya.

“Saya atas nama pribadi dan keluarga mohon maaf apabila selama kepemimpinan saya membawa Polres Tanggamus ada hal-hal yang kurang berkenan. Saya mohon maaf yang sebesar-besarnya secara pribadi sekecil apapun, mungkin yang saya lakukan ada yang kurang menyenangkan atau tidak disenangi atau tidak populer. Semua semata-mata demi kepentingan instusi Polres Tanggamus,” kata Alfis.

Ia juga mohon doa restu kepada rekan-rekan anggota di Polres Tanggamus semoga dengan mutasi dan perpindahan tugas ke jabatan baru sebagai Kasubag Biro Pengendalian Rodal SSDM Polri dapat dilaksanakan dengan baik.

“Semangat rekan-rekan dalam melaksanakan tugas di Polres Tanggamus ini bisa menjadi inspirasi saya untuk melaksanakan tugas di tempat baru. Dan saya tetap mendoakan semoga rekan-rekan personil Polres Tanggamus tetap diberi kesehatan, kekuatan bersama dengan bapak Kapolres Tanggamus AKBP I Made Rasma khususnya terkait pilkada,” kata Alfis.

Selanjutnya AKBP I Made Rasma lahir di Bali tahun 1977, kemudian setelah mengikuti pendidikan di Akpol penempatan tugas pertama di Bengkulu. Kemudian masuk PT Jasamedika dari Kalimantan Timur kemudian mengikuti berkesempatan mengikuti Ketua Kik.

Kemudian dengan Alfis sudah sekitar 15 kali bertemu mulai dari Bareskrim, Propam tahun 2013. Dan saat ini mengikuti jejaknya menjadi Kapolres Tanggamus. “Beliau di sini sudah meletakkan landasan dan pondasi yang bagus, baik dalam hal pembinaan Kamtibmas maupun menjaga soliditas internal,” ujar Rasma.

Permintaan Rasma, agar dirinya dapat bekerja sama dengan semua pihak karena sesuai amanat yang diberikan oleh pimpinan tertinggi. “Tugas kita adalah menjaga Kamtibmas, itu akan terwujud kalau kita saling kerjasama. Itu tidak boleh lewat kesempatan ini juga saya berharap kepada seluruh personil di lingkungan Polres,” ujarnya.

Sementara dalam sambutannya Pj.Bupati Tanggamus Ir.Zainal Abidin menyampaikan terima kasih dan selamat bertugas di tempat yang baru kepada AKBP.Alpis Suhaili S.Ik.M.si beserta istri.Dengan sinergisitas selama kepemimpinan beliau di polres Tanggamus relatif tidak ada polemik dan hal hal yang mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat,semua aman di bawah kepemimpinan beliau.Saya berharap meski pak Alpis Suhaili bertugas Bupati

enangan dan silahturrahmi jangan dilupakan, “Kata Pj Bupati

“Sementara kepada kapolres yang baru,Bapak AKBP I Made Rasma,saya mewakili masyarakat Kabupaten Tanggamus mengucapkan selamat datang. selama ini kerja sama antara pemkab Tanggamus dengan kapolres telah berjalan dengan baik,oleh sebab itu kami berharap kepada bapak,agar tidak sungkan dalam menegakkan keamanan dan ketertiban demi kenyamanan di Kabupaten Tanggamus,”punkasnya