DPRD Kabupaten Tanggamus Gelar Rapat Paripurna Istimewa Dalam Rangka Pengucapan Sumpah Janji Anggota DPRD Tanggamus Pengganti Antar Waktu masa jabatan 2014 – 2019

Kota Agung – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tanggamus mengadakan rapat paripurna istimewa dalam rangka pengucapan sumpah janji anggota DPRD tanggamus, pengganti antar waktu (PAW) masa jabatan 2014 – 2019 dari partai Demokrasi indonesia perjuangan (PDI. P). Senin (26/02)

Paripurna yang digelar di gedung DPRD setempat dihadiri oleh Ketua Dewan DPRD Heri Agus Setiawan, S.Sos, PJ Bupati Tanggamus Zainal Abidin M.T, yang diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Andi Wijaya, Para Forkopimda, dan Operasi Perangkat daerah (OPD), serta para anggota DPRD tanggamus.

Dalam penyampaian laporan Gubernur Lampung yang dibacakan oleh Sekretaris Dewan (Sekwan) Suratman mengatakan, Sehubungan telah ditetapkannya keputusan gubernur lampung nomor G/188/B.01/HK/2018 tanggal 13 Februari 2018 tentang peresmian, pemberhentian anggota dewan perwakilan rakyat daerah kabupaten tanggamus masa jabatan tahun 2014 – 2019 atas nama Irwandi Suralaga, S.Ag. dan nomor G/194/B.01/HK/2018 tanggal 13 Februari 2018 tentang peresmian pengangkatan anggota DPRD Tanggamus masa jabatan 2014-2019 yang digantikan oleh atas nama Amrusi Sanusi.

Kedua, dengan nomor G/192/B.01/HK/2018 tanggal 13 Februari 2018 tentang peresmian dan pemberhentian anggota DPRD Tanggamus dengan masa jabatan 2014 – 2019 atas nama H.Nuzul Irsan, SE. dan dengan nomor G/193/B.01/HK/2018 tanggal 13 Februari 2018 tentang peresmian, pengangkatan anggota DPRD daerah kabupaten tanggamus dengan masa jabatan 2014 -2019 atas nama Tukiman.

” Terlampir Kami sampaikan keputusan gubernur lampung tersebut, untuk dapat memfasilitasi pelaksanaan pengambilan sumpah/janji peresmian, pengangkatan pengganti antar waktu (PAW) anggota DPRD Kabupaten tanggamus dengan masa jabatan 2014 -2019 yang di pandu oleh Pimpinan DPRD tanggamus sesuai dengan ketentuan peraturan perundang – undangan,” Ucap Sekwan.

Paripurna dilanjutkan dengan pengucapan sumpah/janji anggota DPRD kabupaten tanggamus pengganti anatar waktu sisa -sisa masa jabatan 2014 -2019 yang baru, lalu dilanjutkan dengan penanda tanganan berita acara sumpah, kemudian dilanjutkan dengan penyematan lencana oleh ketua DPRD kabupaten tanggamus Heri Agus Setiawan, S.Sos.

Dalam sambutannya Pj Bupati Tanggamus Zainal Abidin yang diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) kabupaten tanggamus mengatakan bahwa, sesuai dengan UUD 1945, sebagai daerah otonom Kabupaten Tanggamus memiliki Pemerintahan Daerah dan DPRD, dalam hal ini DPRD mempunyai tugas seperti membentuk Peraturan Daerah (Perda) bersama pemerintah daerah, termasuk melaksanakan penyusunan APBD, Dewan juga mempunyai tugas pengawasan terhadap Perda, dan APBD, serta wewenang lain yang diatur dalam perundang-undangan.

Andi melanjutkan, saya atas nama pribadi dan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Tanggamus menyampaikan ucapan selamat kepada Amrusi Sanusi dan Tukiman atas dilantiknya sebagai anggota DPRD Kabupaten Tanggamus PAW dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan).

” Pelantikan ini awal bagi saudara Amrusi Sanusi dan saudara Tukiman melaksanakan tugas sebagai wakil rakyat. saya berharap saudara dapat bekerjasama dan saling mengisi untuk tercapainya kesejahteraan masyarakat, dalam hal ini aspirasi masyarakat yang dibawa oleh saudara dari daerah pemilihan saudara,” kata Andi

PAW bagi anggota DPRD merupakan proses politik yang harus dilakukan sebagai upaya memenuhi kekosongan kelengkapan keanggotaan DPRD Kabupaten

“Sebagai anggota dewan baru, untuk secepatnya menyesuaikan diri, mempelajari berbagai ketentuan dan tata tertib yang menjadi pedoman dalam melaksanakan tugas sebagai anggota dewan,” terangnya

Andi menjelaskan berhasil tidaknya penyelenggaraan pembangunan di Tanggamus, tergantung kepada peran serta DPRD Kabupaten Tanggamus, terutama pada pelaksanaan program pembangunan. Sehingga pada gilirannya nanti saudara betul-betul mewakili daerah pemilihannya yang benar-benar amanah untuk mewujudkan masyarakat Tanggamus yang aman dan sejahtera.

“Semoga kedepan kita dapat bekerja sama untuk pembangunan Kabupaten Tanggamus ke arah yang lebih baik, sekali lagi saya sampaikan selamat bekerja, tunjukan aktivitas saudara dengan sebaik-baiknya sebagai wakil rakyat dengan berperan aktif dalam seluruh kegiatan yang ada di DPRD Tanggamus”.

Dia melanjutkan, kepada saudara Irwandi Suralaga, S.Ag dan saudara H. NUZUL IRSAN, SE, Anggota DPRD yang diganti kami menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas kerja keras dan pengabdian yang telah diberikan selama menjadi mitra Pemerintah Daerah Kabupaten Tanggamus dan semoga Allah SWT mencatatnya sebagai amal kebaikan atas segala pengabdian yang telah diberikan.

Universitas Pertahanan Kunjungi Lampung dan MoU dengan Pemkab Tanggamus

Teluk Betung — Universitas Pertahanan (Unhan) melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) di Provinsi Lampung sekaligus penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) bersama Pemerintah Kabupaten Tanggamus, ITERA dan PT.Daya Radar Utama(PT.DRU) Panjang Bandarlampung oleh Rektor Unhan di gedung Balai Keratun, Senin (26/2).

Rektor Unhan Mayjen TNI. Yoedhi Swastanto  mengatakan, Unhan memiliki strategi pertahanan, salah satunya yaitu teknologi pertahanan yang merupakan awal dari sinyal Menristek dalam pengembangan teknologi, ujarnya.

“Ada empat provinsi yang telah menjadi sasaran kerja seperti Surabaya dan saat ini Lampung,”kata Mayjen TNI Yoedhi Swastanto.  Lebih laniut dia menambahkan bahwa,  kebijakan ini merupakan wujud visi dari pemerintah pusat yang akan menerapkan perkembangan teknologi kedepan yang  tidak hanya Industri pulau jawa centris,akan tetapi Indonesia centris, urainya.

“Kami berharap pemerintah daerah banyak memberikan input agar Unhan memiliki kemajuan yang lebih baik, terutama Itera Pemkab Tanggamus dan PT.DRU” kata Mayjen Yoedhi Swastanto.MBA. Menurutnya, Unhan tentu akan menerima dengan baik apabila pemerintah daerah staf karyawannya melakukan study banding di Universitas Pertahanan, karena cikal bakal generasi Indonesia meski lebih di support dalam hal pertahanan dan kecintaan tanah air, pungkasnya.

Sementara Plt.Sekda provinsi Lampung Hamartoni Ahadist mewakili Pjs.gubernur Lampung Didik Suprayitno mengatakan, kunjungan kerja Unhan merupakan bentuk kepedulian dalam terjalinnya kerjasama dalam empat bidang seperti, bidang teknologi yang semakin tumbuh dalam menuju daya saing negara kita Indonesia dan khsususnya provinsi Lampung, ujarnya.

“Kami mengapresiasikan kunjungan kerja para mahasiswa Unhan di Lampung,”kata Hamartoni Ahadist. Dia menambahkan bahwa tawaran kerjasama bidang pengetahuan baik sisi pertahanan maupun teknologi di  Unhan sangat kami banggakan, kita sambut baik, dan pemprov Lampung mendukung Unhan, kata dia.

Empat strategi yang dimiliki Unhan dalam menjalin kerjasama khususnya bidang teknologi merupakan tantangan dalam dunia era digital, ini mesti kita dukung, termasuk bidang penelitian dan pertahanan, singkatnya.

Penandatanganan dilakukan oleh Pj. Bupati Tanggamus Ir. Zainal Abidin, MT., dengan Rektor Unhan Mayjen TNI DR. Yoedhi Swastanto, dengan disaksikan oleh Plt. Sekda Provinsi Lampung Hamartoni Ahadis mewakili Pj. Gubernur Lampung.

MoU ini merupakan wujud kesepahaman antara Pemkab Tanggamus dan Unhan dalam rangka Penelitian Unhan di Kabupaten Tanggamus terkait rencana pembangunan Kawasan Industri Pertahanan di Kabupaten Tanggamus, serta pengembangan Sumber Daya Manusia dalam bentuk Unhan Mengajar di SMAN 1 dan SMAN 2 Kota Agung Kabupaten Tanggamus.

Penandatanganan MoU dilaksanakan di Ruang Abung, Balai Keratun Komplek Kantor Gubernur Lampung pada acara Kunjungan Unhan di Pemprov Lampung dalam rangka Kuliah Kerja Dalam Negeri (KKDN) di Provinsi Lampung.

Selain dengan Pemkab Tanggamus, Unhan juga melakukan MoU dengan Institut Teknologi Sumatera (ITERA), dan PT. Daya Radar Utama (*)