Tanggamus Ikuti Rapat Koordinasi Program Pencegahan Korupsi KPK

Teluk Betung — Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar rapat koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Lampung dan Pemerintah Kabupaten/Kota se Provinsi Lampung, yang dilaksanakan di Gedung Pusiban Komplek Kantor Gubernur Lampung, Rabu (28/2/18).

Rapat koordinasi senditi dilakukan melalui kegiatan Identifikasi Awal Program Pemberantasan Korupsi Terintegrasi dan Sektor Strategis pada Pemprov Lampung dan Pemerintah Kabupaten/Kota se Lampung.

Bertindak sebagai pembicara pada kegiatan tersebut Agung Kusnandar dan Juned Junaidi Anggota Tim Wilayah II Deputi Pencegahan KPK.

Dalam paparannya, Juned Junaedi menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan Pasal 6 huruf d, UU No. 30 Tentang KPK, serta tindak lanjut dari Rapat Koordinasi Program Pemberantasan Korupsi Terintegrasi, pada tanggal 1 Februari 2018 di Kantor KPK di Jakarta.

Lebih lanjut Juned Junaedi  menyampaikan bahwa terdapat lima hal yang perlu menjadi perhatian dalam pencegahan korupsi, yaitu perencanaan dan penganggaran, pengadaan barang dan jasa, perizinan, sumberdaya manusia dan penguatan aparat pemeriksa internal pemerintah (APIP).

Dalam pelaksanaan kegiatan ini, dibagi beberapa sesi yang diikuti oleh beberapa kabupaten/kota. Dimana untuk Kabupaten Tanggamus bersamaan dengan Kabupaten Tulang Bawang dan Tulang Bawang Barat.

Usai melakukan paparan,Juned Junaedi melakukan identifikasi dan tanya jawab terhadap masing masing daerah, yang meliputi kondisi dan pencapaian yang ada di setiap daerah, untuk penyempurnaan pencegahan korupsi di daerahnya masing-masing.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Bupati Tulang Bawang Winarti, Bupati Tulang Bawang Barat Umar Achmad, Sekdakab Tanggamus, Sekdakab Tulang Bawang, Sekdakab Tuba Barat beserta sejumlah Kepala OPD dan jajaran (*)

Pj. Bupati Sambut Kunjungan Universitas Pertahanan di Kabupaten Tanggamus

Kota Agung – Rabu (28/2/18) bertempat di Ruang Rapat Utama Pemkab Tanggamus, Pj. Bupati Tanggamus lr. Zainal Abidin, MT., menerima kunjungan Universitas Pertahanan (Unhan) di Kabupaten Tanggamus, dalam rangka Kuliah Kerja Dalam Negeri (KKDN).

Dalam sambutannya Pj. Bupati mengucapkan selamat datang atas kunjungan mahasiswa Unhan di Kabupaten Tanggamus. Yang mana kunjungan kerja mahasiswa Unhan ini untuk melihat dan meninjau keberadaan Kabupaten Tanggamus, yang akan direncanakan sebagai Kawasan Industri Pertahanan Indonesia.

Dimana nantinya tiga perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) disektor pertahanan direncanakan akan dibangun di Kabupaten Tanggamus, tepatnya di Kecamatan Kota Agung Timur dan Kecamatan Limau.

Pj. Bupati menjelaskan, tugasnya selaku Penjabat Bupati Tanggamus baru beberapa hari, sejak dilantik oleh Pj. Gubernur Lampung dan saat ini masih menjabat Kepala Biro Administrasi Pembangunan Pemprov  Lampung.

Lebih lanjut Pj. Bupati juga menerangkan kondisi Kabupaten Tanggamus. “Kabupaten Tanggamus memiliki 20 kecamatan, 298 Pekon (desa) dan 3 kelurahan,” terangnya.

Sementara DR. Romie Oktovianus Bura, Beng.(Hons)., (MRAeS)., selaku Dekan Fakultas Teknologi Pertahanan Unhan mewakiki Rektor Unhan Mayjen TNI. DR. Yoedhi Swastanto, menyampaikan bahwa kunjungan Unhan ke Kabupaten Tanggamus ini dalam rangka Kuliah Kerja Dalam Negeri (KKDN).

“Saya akan melihat kegiatan secara sosial dan pendidikan serta melihat persiapan industri pertahanan yang akan dipindahkan ke Kabupaten Tanggamus yakni perusahaan BUMN, yakni PT. Pindad, PT. PAL dan PT. Dirgantara Indonesia (DI),” ujarnya.

“Sesuai dengan Nawacita bapak Presiden RI Ir. Joko Widodo untuk melaksanakan pembangunan secara merata di wilayah Indonesia,” terangnya.

Adapun jumlah mahasiswa yang akan melakukan KKDN di Kabupaten Tanggamus sebanyak 68 orang, yang akan melakukan riset di Calon Lokasi Industri Pertahanan di Kabupaten Tanggamus, tepatnya di Kecamatan Limau.

Selain itu mahasiswa Unhan juga akan melakukan kegiatan Sosialisasi kepada pelajar di Kabupaten Tanggamus, melalui Unhan Mengajar di SMAN 1 dan SMAN 2 Kota Agung.

Pj. Bupati Tanggamus Beri Arahan pada Rakor Bulanan Pemkab Tanggamus

Kota Agung — Selasa (27/2/18) Pj. Bupati Tanggamus Ir. Zainal Abidin, MT., memberikan arahan kepada jajarannya pada Rapat Koordinasi (Rakor) Bulanan Pemkab Tanggamus, yang dilaksanakan di Ruang Rapat Utama Kantor Bupati Tanggamus.

Dalam Rakor tersebut, Pj. Bupati menyampaikan bahwa dirinya menjamin roda pemerintahan di Kabupaten Tanggamus berjalan dengan baik. Dirinya juga meminta ASN Pemkab Tanggamus agar netral dalam Pilkada di Kabupaten Tanggamus.

Selanjutnya Pj. Bupati juga meminta agar semua koordinasikan dengan baik, melalui agenda-agenda singkat kegiatan. “Semua dikoordinasikan dengan baik dan ciptakan agenda-agenda singkat. Tolong bantu saya dalam mengadakan agenda singkat tersebut misalnya dalam mengasrikan lingkungan, indahkan lampu jalan, dan masih banyak lagi,” pintanya.

“Luruskan niat dalam bekerja, jangan hanya niat untuk ngisi absen, jangan hanya takut pada atasan. Harapan kita semua, untuk WTP (opini BPK, red) kita harus dapat lagi. Begitu juga dengan penghargaan Adipura, terus jaga kekompakan sesama kita jangan sampai kita merasa senang diatas orang susah,” tambahnya.

Pj. Bupati juga meminta agar tahapan perencanaan pembangunan cepat diselesaikan, baik Musrenbang Kecamatan maupun Musrenbang Kabupaten. Selain itu dirinya juga meminta laporan progres pembangunan, seperti bagaimana masalah pembangunan yg sudah terealisasi dan bagaimana bisa mensinkronkannya secara teknis dan non teknis.

Mengakhiri aarahannya Pj. Bupati kembali meminta jajarannya untuk bekerja sama dengan baik dan menciptakan Tanggamus yang maju. “Kembali saya berharap agar supaya kita bisa bekerja sama dalam menciptakan Tanggamus yg baik dan maju dan dengan adanya Rakor ini ada masalah yang bisa diselesaikan” pungkasnya.

Turut hadir dalam Rakor Bulanan tersebut Sekdakab Tanggamus, Para Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, serta para Camat se Kabupaten Tanggamus. (Maridi-Kominfo)

DPRD Kabupaten Tanggamus Gelar Rapat Paripurna Istimewa Dalam Rangka Pengucapan Sumpah Janji Anggota DPRD Tanggamus Pengganti Antar Waktu masa jabatan 2014 – 2019

Kota Agung – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tanggamus mengadakan rapat paripurna istimewa dalam rangka pengucapan sumpah janji anggota DPRD tanggamus, pengganti antar waktu (PAW) masa jabatan 2014 – 2019 dari partai Demokrasi indonesia perjuangan (PDI. P). Senin (26/02)

Paripurna yang digelar di gedung DPRD setempat dihadiri oleh Ketua Dewan DPRD Heri Agus Setiawan, S.Sos, PJ Bupati Tanggamus Zainal Abidin M.T, yang diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Andi Wijaya, Para Forkopimda, dan Operasi Perangkat daerah (OPD), serta para anggota DPRD tanggamus.

Dalam penyampaian laporan Gubernur Lampung yang dibacakan oleh Sekretaris Dewan (Sekwan) Suratman mengatakan, Sehubungan telah ditetapkannya keputusan gubernur lampung nomor G/188/B.01/HK/2018 tanggal 13 Februari 2018 tentang peresmian, pemberhentian anggota dewan perwakilan rakyat daerah kabupaten tanggamus masa jabatan tahun 2014 – 2019 atas nama Irwandi Suralaga, S.Ag. dan nomor G/194/B.01/HK/2018 tanggal 13 Februari 2018 tentang peresmian pengangkatan anggota DPRD Tanggamus masa jabatan 2014-2019 yang digantikan oleh atas nama Amrusi Sanusi.

Kedua, dengan nomor G/192/B.01/HK/2018 tanggal 13 Februari 2018 tentang peresmian dan pemberhentian anggota DPRD Tanggamus dengan masa jabatan 2014 – 2019 atas nama H.Nuzul Irsan, SE. dan dengan nomor G/193/B.01/HK/2018 tanggal 13 Februari 2018 tentang peresmian, pengangkatan anggota DPRD daerah kabupaten tanggamus dengan masa jabatan 2014 -2019 atas nama Tukiman.

” Terlampir Kami sampaikan keputusan gubernur lampung tersebut, untuk dapat memfasilitasi pelaksanaan pengambilan sumpah/janji peresmian, pengangkatan pengganti antar waktu (PAW) anggota DPRD Kabupaten tanggamus dengan masa jabatan 2014 -2019 yang di pandu oleh Pimpinan DPRD tanggamus sesuai dengan ketentuan peraturan perundang – undangan,” Ucap Sekwan.

Paripurna dilanjutkan dengan pengucapan sumpah/janji anggota DPRD kabupaten tanggamus pengganti anatar waktu sisa -sisa masa jabatan 2014 -2019 yang baru, lalu dilanjutkan dengan penanda tanganan berita acara sumpah, kemudian dilanjutkan dengan penyematan lencana oleh ketua DPRD kabupaten tanggamus Heri Agus Setiawan, S.Sos.

Dalam sambutannya Pj Bupati Tanggamus Zainal Abidin yang diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) kabupaten tanggamus mengatakan bahwa, sesuai dengan UUD 1945, sebagai daerah otonom Kabupaten Tanggamus memiliki Pemerintahan Daerah dan DPRD, dalam hal ini DPRD mempunyai tugas seperti membentuk Peraturan Daerah (Perda) bersama pemerintah daerah, termasuk melaksanakan penyusunan APBD, Dewan juga mempunyai tugas pengawasan terhadap Perda, dan APBD, serta wewenang lain yang diatur dalam perundang-undangan.

Andi melanjutkan, saya atas nama pribadi dan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Tanggamus menyampaikan ucapan selamat kepada Amrusi Sanusi dan Tukiman atas dilantiknya sebagai anggota DPRD Kabupaten Tanggamus PAW dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan).

” Pelantikan ini awal bagi saudara Amrusi Sanusi dan saudara Tukiman melaksanakan tugas sebagai wakil rakyat. saya berharap saudara dapat bekerjasama dan saling mengisi untuk tercapainya kesejahteraan masyarakat, dalam hal ini aspirasi masyarakat yang dibawa oleh saudara dari daerah pemilihan saudara,” kata Andi

PAW bagi anggota DPRD merupakan proses politik yang harus dilakukan sebagai upaya memenuhi kekosongan kelengkapan keanggotaan DPRD Kabupaten

“Sebagai anggota dewan baru, untuk secepatnya menyesuaikan diri, mempelajari berbagai ketentuan dan tata tertib yang menjadi pedoman dalam melaksanakan tugas sebagai anggota dewan,” terangnya

Andi menjelaskan berhasil tidaknya penyelenggaraan pembangunan di Tanggamus, tergantung kepada peran serta DPRD Kabupaten Tanggamus, terutama pada pelaksanaan program pembangunan. Sehingga pada gilirannya nanti saudara betul-betul mewakili daerah pemilihannya yang benar-benar amanah untuk mewujudkan masyarakat Tanggamus yang aman dan sejahtera.

“Semoga kedepan kita dapat bekerja sama untuk pembangunan Kabupaten Tanggamus ke arah yang lebih baik, sekali lagi saya sampaikan selamat bekerja, tunjukan aktivitas saudara dengan sebaik-baiknya sebagai wakil rakyat dengan berperan aktif dalam seluruh kegiatan yang ada di DPRD Tanggamus”.

Dia melanjutkan, kepada saudara Irwandi Suralaga, S.Ag dan saudara H. NUZUL IRSAN, SE, Anggota DPRD yang diganti kami menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas kerja keras dan pengabdian yang telah diberikan selama menjadi mitra Pemerintah Daerah Kabupaten Tanggamus dan semoga Allah SWT mencatatnya sebagai amal kebaikan atas segala pengabdian yang telah diberikan.

Universitas Pertahanan Kunjungi Lampung dan MoU dengan Pemkab Tanggamus

Teluk Betung — Universitas Pertahanan (Unhan) melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) di Provinsi Lampung sekaligus penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) bersama Pemerintah Kabupaten Tanggamus, ITERA dan PT.Daya Radar Utama(PT.DRU) Panjang Bandarlampung oleh Rektor Unhan di gedung Balai Keratun, Senin (26/2).

Rektor Unhan Mayjen TNI. Yoedhi Swastanto  mengatakan, Unhan memiliki strategi pertahanan, salah satunya yaitu teknologi pertahanan yang merupakan awal dari sinyal Menristek dalam pengembangan teknologi, ujarnya.

“Ada empat provinsi yang telah menjadi sasaran kerja seperti Surabaya dan saat ini Lampung,”kata Mayjen TNI Yoedhi Swastanto.  Lebih laniut dia menambahkan bahwa,  kebijakan ini merupakan wujud visi dari pemerintah pusat yang akan menerapkan perkembangan teknologi kedepan yang  tidak hanya Industri pulau jawa centris,akan tetapi Indonesia centris, urainya.

“Kami berharap pemerintah daerah banyak memberikan input agar Unhan memiliki kemajuan yang lebih baik, terutama Itera Pemkab Tanggamus dan PT.DRU” kata Mayjen Yoedhi Swastanto.MBA. Menurutnya, Unhan tentu akan menerima dengan baik apabila pemerintah daerah staf karyawannya melakukan study banding di Universitas Pertahanan, karena cikal bakal generasi Indonesia meski lebih di support dalam hal pertahanan dan kecintaan tanah air, pungkasnya.

Sementara Plt.Sekda provinsi Lampung Hamartoni Ahadist mewakili Pjs.gubernur Lampung Didik Suprayitno mengatakan, kunjungan kerja Unhan merupakan bentuk kepedulian dalam terjalinnya kerjasama dalam empat bidang seperti, bidang teknologi yang semakin tumbuh dalam menuju daya saing negara kita Indonesia dan khsususnya provinsi Lampung, ujarnya.

“Kami mengapresiasikan kunjungan kerja para mahasiswa Unhan di Lampung,”kata Hamartoni Ahadist. Dia menambahkan bahwa tawaran kerjasama bidang pengetahuan baik sisi pertahanan maupun teknologi di  Unhan sangat kami banggakan, kita sambut baik, dan pemprov Lampung mendukung Unhan, kata dia.

Empat strategi yang dimiliki Unhan dalam menjalin kerjasama khususnya bidang teknologi merupakan tantangan dalam dunia era digital, ini mesti kita dukung, termasuk bidang penelitian dan pertahanan, singkatnya.

Penandatanganan dilakukan oleh Pj. Bupati Tanggamus Ir. Zainal Abidin, MT., dengan Rektor Unhan Mayjen TNI DR. Yoedhi Swastanto, dengan disaksikan oleh Plt. Sekda Provinsi Lampung Hamartoni Ahadis mewakili Pj. Gubernur Lampung.

MoU ini merupakan wujud kesepahaman antara Pemkab Tanggamus dan Unhan dalam rangka Penelitian Unhan di Kabupaten Tanggamus terkait rencana pembangunan Kawasan Industri Pertahanan di Kabupaten Tanggamus, serta pengembangan Sumber Daya Manusia dalam bentuk Unhan Mengajar di SMAN 1 dan SMAN 2 Kota Agung Kabupaten Tanggamus.

Penandatanganan MoU dilaksanakan di Ruang Abung, Balai Keratun Komplek Kantor Gubernur Lampung pada acara Kunjungan Unhan di Pemprov Lampung dalam rangka Kuliah Kerja Dalam Negeri (KKDN) di Provinsi Lampung.

Selain dengan Pemkab Tanggamus, Unhan juga melakukan MoU dengan Institut Teknologi Sumatera (ITERA), dan PT. Daya Radar Utama (*)

Pj. Bupati Zainal Abidin Silaturahmi di Mako Brimob Kota Agung.

 

Kota Agung — Minggu pagi (25/2/18) Pj. Bupati Tanggamus Zainal Abidin, melakukan kunjungan silaturahmi dengan jajaran prajurit Mako Brimob Kota Agung, di Komplek Islamic Center Kota Agung.

Dalam kunjungan tersebut Pj. Bupati yang didampingi Asisten Bidang Administrasi Firman Rani, Kasat Pol PP Yumin dan Kabag Protokol Santori diterima oleh Komandan Kompi Iptu. Heldy.

 

Pada kesempatan itu selain berkomunikasi dengan jajaran Brimob setempat, Pj. Bupati juga meninjau sejumlah fasilitas yang ada di Mako Brimob Tanggamus di Kota Agung, yang nantinya akan pindah ke Mako Brimob di Kecamatan Bandar Negeri Semuong.

Menghuni Rumah Dinas, Pj. Bupati Gelar Pengajian Bersama Dengan Masyarakat Sekitar

Kota Agung — Usai dilantik sebagai Pj. Bupati Tanggamus, pada Jum’at (23/2/18) Ir. Zainal Abidin, MT., mulai menghuni Rumah Dinas Bupati Tanggamus, di Kota Agung, Sabtu malam (24/2/18).

Mengawali huniannya, Pj. Bupati menggelar pengajian dengan mengundang masyarakat di sekitar Rumah Dinas Bupati.

Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa maksud diadakannya pengajian ini adalah untuk memperkenalkan diri kepada masyarakat khususnya yang berada dilingkungan rumah dinas. Selain itu pengajian ini merupakan bentuk rasa syukur dirinya dan keluarga atas karunia Allah yang telah menjadikannya Pj. Bupati Tanggamus, sekaligus memohon doa agar mudah mudahan dalam menjabat Pj. Bupati Tanggamus, dirinya selalu diberikan kesehatan dan ketenangan agar mampu melaksanakan tugas dengan baik.

Tak lupa pada kesempatan tersebut Pj. Bupati juga memperkenalkan keluarganya, yaitu istrinya yang bernama Hartati, SP, MM., yang kebetulan berasal dari Pasar Madang, Kota Agung. Selain itu beliau juga memperkenalkan kedua putrinya, yaitu Syailanita yang saat ini berkuliah di Fakultas Ekonomi Unila dan Ramadina yang saat ini bersekolah di SMAN 2 Bandar Lampung.

Pj. Bupati melanjutkan bahwa dirinya bertugas paling lama satu tahun, sampai terpilihnya Kepala Daerah hasil Pilkada Kabupaten Tanggamus Tahun 2018.

Ia juga menjelaskan bahwa tugasnya sebagai Pj. Bupati ada lima, yaitu ; 1) Menyelenggarakan pemerintahan di kabupaten Tanggamus, 2) Melakukan penyelamatan dan harmonisasi di Kabupaten Tanggamus, 3) Menyelenggarakan Pilkada secara tertib dan tenang, 4) Menjaga netralitas ASN, TNI dan Polri, 5) Mencegah terjadinya politik uang, dan senantiasa bekerjasama dengan Bawaslu, KPU, Kepolisian dan TNI.

Menutup sambutannya Pj. Bupati menyampaikan terimakasih kepada seluruh warga yg hadir. Ia juga memohon doa dan dukungan agar semoga tugasnya sebagai Pj. Bupati dapat berjalan dengan baik dan lancar serta diliputi dengan jiwa yg tenang.

Acara dilanjutkan dengan pengajian dan doa bersama yang dihadiri oleh warga sekitar juga Asisten Bidang Administrasi serta sejumlah Kepala OPD dan Camat dilingkup Pemkab Tanggamus. (Firman-Kominfo)

Pj. Gubernur Lantik Zainal Abidin Sebagai Pj. Bupati Tanggamus

Bandar Lampung – Penjabat Sementara (Pjs) Gubernur Lampung Didik Suprayitno melantik Zainal Abidin sebagai Penjabat (Pj) Bupati Tanggumus, di Balai Keratun Lantai 3, Komplek Kantor Gubernur Lampung, Jumat (23/2/2018).

Pelantikan tersebut sesuai dengan Keputusan Menteri Dalam Negeri RI, Nomor : 131.18-293 Tahun 2018 tentang Pemberhentian Bupati Tanggamus Provinsi Lampung dan Keputusan Menteri Dalam Negeri RI, Nomor : 131.18-294 Tahun 2018 tentang Pengangkatan Pj. Bupati Tanggamus Provinsi Lampung.

Sebelumnyam Zainal Abidin adalah Kepala Biro Administrasi Pembangunan Setda Provinsi Lampung. ”Pelantikan ini juga berdasarkan UU No. 10 Tahun 2016 Pasal 201 ayat (11) yang menyatakan bahwa untuk mengisi kekosongan jabatan Bupati yang masa jabatannya telah berakhir, maka diangkat Pj. Bupati yang berasal dari jabatan pimpinan tinggi pratama sampai dengan pelantikan Bupati, dan Walikota definitif,” ujar Didik. Dalam Undang-Undang tersebut, lanjut Didik, pada Pasal 201 ayat (2) disebutkan pemungutan suara serentak dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan WakiI Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota yang masa jabatannya berakhir pada tahun 2018 dan tahun 2019 dilaksanakan pada tanggal dan bulan yang sama pada bulan Juni tahun 2018.

Peraturan lainnya, lanjut Didik, berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 1 Tahun 2017 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan atau Walikota dan Wakil Walikota.

Didik memberi apresiasi kepada Samsul Hadi yang telah melaksanakan tugas dengan sisa masa jabatan 2013-2018 sebagai Bupati Tanggamus dengan akhir masa jabatan pada tanggal 15 Februari 2018.

Selain itu, Pjs Gubernur ini menyampaikan kepada Andi Wijaya selaku Plh Bupati telah berakhir terhitung sejak pelantikan Pj. Bupati Tanggamus. “Saya sebagai pribadi dan sebagai Pjs. Gubernur Lampung menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati dan Plh. Bupati Tanggamus yang telah selesai melaksanakan tugas dengan baik atas pengabdian dan jasa-jasanya selama memimpin Kabupaten Tanggamus,” ujar Didik. Didik menuturkan ada beberapa tugas penting dan strategis untuk segera ditangani dan dilaksanakan oleh Pj. Bupati Tanggamus. Di antaranya menyelenggarakan pemerintahan, memfasilitasi pemilihan Bupati dan Wakil Bupati. “Juga menjaga netralitas Aparatur Sipil Negara,” tegas Didik.

Adapun maksud penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Kabupaten Tanggamus, kata Didik yakni mengurus dan mengatur pelayanan kepada masyarakat sesuai ketentuan yang ada. Juga memprakarsai dan melakukan pemberdayaan masyarakat dalam rangka kesejahteraan masyarakat, dan menangani urusan Pemerintahan berdasarkan tugas, wewenang dan Kewajiban. Semua itu, disesuaikan dengan potensi dan kekhasan Daerah yang berorientasi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Yang tidak kalah pentingnya adalah meningkatkan hubungan yang sesuai antardaerah dan memelihara serta menjaga keutuhan NKRI, dan melanjutkan kegiatan penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Kabupaten Tanggamus sesuai dengan tata kelola pemerintahan yang baik, tertib, efektif dan efesien,” ujar Didik.

Didik juga mengimbau Pj. Bupati Tanggamus juga menjaga dan menciptakan hubungan dan iklim yang kondusif antar tatanan Forkorpimda, Parpol dan seluruh lapisan masyarakat, serta melaksanakan tugas dengan sungguh-sungguh dengan penuh tanggung jawab.

“Kami mempercayakan tugas sebagai Pj. Bupati Kabupaten Tanggamus kepada saudara Zainal Abidin sampai dengan dilaksanakannya Pemilihan serta Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Tanggamus yang definitif,” pungkas Didik

Pemkab Tanggamus MoU dengan Badan Informasi Geospasial

Bogor — Kamis (22/2/18) Pemkab Tanggamus melakukan Memorandum of Understanding (MoU) Tentang Penyelenggaraan, Pengembangan dan Pemanfaatan Informasi Geospasial di Kabupaten Tanggamus dengan Badan Informasi Geospasial (BIG).

BIG adalah lembaga pemerintahan non kementerian yang melaksanakan tugas pemerintahan dibidang informasi geospasial. Sebelumnya BIG dikenal sebagai Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (Bakosurtanal).

Penandatangan MoU dilaksanakan di Aula Kantor BIG, Bogor, Jawa Barat, antara Plh. Bupati Tanggamus Andi Wijaya, ST., MM., dengan Sekretaris Utama BIG Dra. Tietik Suparwati disaksikan Kepala BIG Prof. Dr. Hasanuddin Z. Abidin, M.Sc.Eng.

MoU ini sendiri dilakukan dengan tujuan untuk mengoptimalkan data dan informasi geospasial untuk pembangunan, dengan melakukan kerja sama dalam penyelenggaraan, pengembangan dan pemanfaatan data dan informasi geospasial di Kabupaten Tanggamus.

Kepala BIG dalam sambutannya mengatakan selama ini BIG membantu asistensi pemetaan tata ruang, pemetaan desa, penetapan batas dan hal lain yang berhubungan dengan pemetaan. Saat ini BIG tengah melaksanakan kebijakan One Map Policy atau Kebijakan Satu Peta (KSP), yang pada tahun 2018 diarahkan di Pulau Sumatera, dan direncanakan selesai pada bulan Agustus mendatang, dimana didalamnya mencakup seluruh batas desa dan kecamatan yang tertuang dalam peta kartometri dengan skala  1:50.000 s/d 1:5.000.

Selain itu tambah Hasanuddin nantinya tidak ada program pembangunan di daerah yg akan disetujui oleh Bappenas tanpa dilengkapi dengan peta. Sehingga peta ini menjadi sesuatu yang penting untuk dilengkapi.

Lebih lanjut Hasanuddin menyampaikan bahwa Pemetaan Indonesia tidak dapat diselesaikan oleh BIG sendiri, oleh karena itu dibutuhkan bantuan dari Pemda setempat, juga dibutuhkan kesiapan SDM terkait penggunaan peta yang ada. Untuk itu BIG juga akan melakukan pelatihan bagi SDM yang diperlukan.

Hasanuddin juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah melakukan MoU, karena membantu BIG dalam melaksanakan tugasnya. Untuk itu BIG akan berbagi pakai peta yang terbuka melalui aplikasi yang dibuat oleh BIG, termasuk ketika Pemda atau pihak lain yang membutuhkan peta atau informasi lain yang ada pada BIG.

Sementara Plh. Bupati Tanggamus, Andi Wijaya, ST., MM., dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas MoU yang dilakukan. Dirinya berharap MoU ini dapat bermanfaat bagi Kabupaten Tanggamus, yang akan membuka akses terhadap Kabupaten Tanggamus dan memberikan sesuatu yang lebih baik bagi Kabupaten Tanggamus.

Andi menerangkan Kabupaten Tanggamus memiliki potensi yang sangat besar, baik secara topografi maupun demografi. Salah satunya adalah dengan akan dibangunnya Kawasan Industri Maritim seluas 3.500 hektar. Termasuk juga akan dibangunnya Kawasan Industri Pertahanan oleh Kementerian Pertahanan RI. Oleh karenanya keberadaan peta Kabupaten Tanggamus yang akurat akan sangat diperlukan dalam pembangunan di Kabupaten Tanggamus.

Andi juga berharap dengan adanya MoU ini, nantinya akan adanya kemudahan dalam mengakses data dan peta rupa bumi di Kabupaten Tanggamus sampai ke tingkat Pekon, sehingga Pemkab dapat dengan cepat mengakses peta yang dibutuhkan.

Selain penandatanganan MoU dilakukan juga penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Kepala Bappeda Kabupaten Tanggamus Hendra Wijaya Mega, ST, MT., dengan Kepala Pusat Penelitian, Promosi dan Kerja Sama BIG, Dr. Ir. Wiwin Ambarwulan, M.Si., sebagai tindak lanjut dari MoU yang disepakati.

Selain Pemerintah Kabupaten Tanggamus, terdapat juga lembaga lain yang melakukan MoU secara bersamaan yaitu ; Kemendikbud, Universitas Lambung Mangkurat, Institut Teknologi Sepuluh November, Pemkab Anambas, dan BRI.

Turut mendampingi Plh. Bupati Tanggamus pada kesempatan tersebut,  Kepala Dinas Pemukiman Mulkifli Novem, Kepala Badan Litbang M. Gilas Kurniawan, Kabag Tata Pemerintahan Robin Sadek, Kabid Humas Derius Putrawan, Kabid Jakon Dinas PUPR Firmanto dan Kabid Pengendalian Bappeda Gustam Apriansyah. (Andi-Kominfo)

Plh. Bupati Hadiri Konsultasi Publik Penyusunan RKPD Kabupaten Tanggamus Tahun 2019

Gisting — Rabu (21/2/18) Plh. Bupati Tanggamus Andi Wijaya, ST., MM., menghadiri sekaligus membuka kegiatan Konsultasi

Publik Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Tanggamus Tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Tanggamus di Aula Hotel 21 Gisting.

Hadir dalam kegiatan tersebut sejumlah anggota DPRD, Asisten, Staf Ahli Bupati, para Kepala OPD, Camat beserta jajaran juga Uspika Kecamatan Gisting.

Dalam sambutannya Plh. Bupati mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu tahapan dalam proses perencanaan pembangunan sebagaimana diamanatkan oleh Pasal 354 ayat (4) UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang pemerintahan daerah (Pemda) yang menyatakan bahwa Pemda mendorong partisipasi masyarakat dalam perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, pemonitoran, dan pengevaluasian pembangunan daerah Salah satunya dilakukan dalam bentuk konsultasi publik.

“Secara spesifik, lahirnya UU Nomor 23 Tahun 2014 tersebut bertujuan untuk perencanaan yang partisipatif, artinya konsep perencanaan pembangunan merupakan produk dari kesepakatan bersama antara pemerintah dan masyarakat, dengan demikian, pelaksanaan pembangunan diharapkan dapat menjawab permasalahan,” terang Andi.

Ia juga menambahkan, pembangunan dapat berjalan secara efektif dan efisien dengan adanya pengukuran kinerja, sehingga teridentifikasi keberhasilan atau kegagalan kerja yang dilakukan.

“Karena keberhasilan atau kegagalan dalam bekerja akan berimplikasi pada dukungan publik terhadap pemerintah,” tegasnya.

Ada tiga hal yang harus diperhatikan pada program dan kegiatan pada tahun 2019 diantaranya: didalam penyusunan suatu kegiatan harus jelas indikator kinerjanya, baik indikator keluaran maupun indikator hasil yang akan dicapai. Kemudian dalam perumusan suatu kegiatan harus mampu untuk dilaksanakan pada tahun yang bersangkutan dan memperhatikan sinergitas, baik di dalam perangkat daerah itu sendiri maupun antar perangkat daerah lainya.

“Dengan ketiga hal tersebut, maka kebijakan operasional Pemkab Tanggamus untuk keberlanjutan pembangunan Tahun 2019 dapat berjalan dengan lancar,” jelasnya

Dia mengajak kepada segenap komponen untuk meningkatkan disiplin anggaran dan mendorong terwujudnya kualitas perencanaan dan kualitas belanja yang semakin baik.

Sementara itu, Kepala Bappeda Tanggamus, Hendra Mega Wijaya, ST, MT., mengatakan sasaran Konsultasi Publik bertujuan untuk tercapainya keselarasan dan harmonisasi perencanaan pembangunan daerah dengan perencanaan pembangunan Provinsi Lampung dan Nasional yang memadukan berbagai aspirasi masyarakat.

“Konsultasi Publik ini merupakan lanjutan dari tahapan perencanaan pembangunan yang telah dilaksanakan sebelumnya yaitu Musrenbang Pekon/Kelurahan dan Musrenbang Kecamatan yang sudah selesai dilaksanakan pada tanggal 15 Februari 2018 yang lalu,” ungkapnya. (*)