RANGKAIAN KEGIATAN PERINGATAN HUT RI KE 73 DI KABUPATEN TANGGAMUS

*RANGKAIAN KEGIATAN PERINGATAN HUT RI KE 73 DI KABUPATEN TANGGAMUS*

Kota Agung – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT-RI) yang ke 73, Pemerintah Kabupaten Tanggamus menyelenggarakan berbagai kegiatan yang dilaksanakan dalam satu rangkaian kegiatan. Adapun rangkaian kegiatan yang dilaksanakan sejak Kamis (16/8) sampai Jum’at (17/8), yaitu ;

*Upacara Kehormatan dan Renungan Suci*

Mengawali kegiatan seremonial dalam rangka memperingati HUT-RI ke 73 Tahun 2018, pada Kamis tengah malam, tepat Pk.24.00, Pj. Bupati Tanggamus Ir. Zainal Abidin, MT., bersama Forkopimda Tanggamus, melaksanakan Upacara Apel kehormatan dan renungan suci di Taman Makam Pahlawan Bahagia di Kecamatan Kota Agung Timur, Kabupaten Tanggamus. Pada kegiatan ini Pj. Bupati bertindak sebagai Inspektur Upacara, yang mengawalinya dengan membacakan Naskah Renungan dan Apel Kehormatan.

“Menyatakan hormat yang sebesar-besarnya, atas keikhlasan dan kesucian pengorbanan saudara-saudara sebagai Pahlawan dalam pengabdian terhadap perjuangan demi kebahagian Negara dan Bangsa. Kami bersumpah dan berjanji bahwa perjuangan saudara-saudara adalah perjuangan kami pula dan jalan kebaktian yang saudara-saudara tempuh adalah jalan bagi kami juga,” ucap Pj. Bupati memecah keheningan malam.

Acara dilanjutkan dengan mengheningkan cipta untuk mengenang jasa para pahlawan, yang dipimpin oleh Pj. Bupati Ir. Zainal Abidin, MT.

Turut hadir Sekdakab Andi Wijaya, Jajaran Pejabat Pemkab Tanggamus, Polres Tanggamus dan Kodim 0424, Camat dan Uspika Kecamatan Kota Agung Timur, serta peserta upacara yang terdiri dari anggota Polres Tanggamus, anggota Kodim 0424, Dishub dan Pol PP Tanggamus serta FKPPI.

*Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih*

Jum’at pagi (17/8) bertempat di Lapangan Merdeka, Kota Agung, dilaksanakan Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih dalam rangka memperingati HUT RI yang ke 73. Bertindak selaku Inspektur Upacara Pj. Bupati Tanggamus, Ir. Zainal Abidin, MT., dengan Komandan Upacara Kapten Inf. Julian Abri dan Perwira Upacara Kapten Inf. Suroto, serta Ketua DPRD Tanggamus Heri Agus Setiawan, S.Sos., yang membacakan Naskah Teks Proklamasi Kemerdekaan RI.

Turut hadir dalam Upacara tersebut Kapolres Tanggamus, AKBP. I Made Rasma, Kejari Tanggamus yang baru, David Palapa Duarsa, SH, MH., Ketua Pengadilan Agama Tanggamus, Drs. Hi. Asrori, SH. MH., Kasdim 0424 Mayor Inf. Suhada Erwin mewakili Dandim 0424 Letkol. Arh. Anang Hasto Utomo, Wakil Ketua Pengadilan Negeri Ratriningtyas Ariani, SH., Kalapas Kelas II B Kota Agung, Heru Suprijowinardi, Sekdakab, Andi Wijaya, ST., MM., para Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD, serta Camat dan Lurah Kota Agung, juga para veteran pejuang kemerdekaan RI dan para undangan dari berbagai elemen.

Selain itu dari jajaran organisasi wanita, terdapat Ketua TP PKK Tanggamus Hartati, SP., MM, Ketua Darma Wanita Persatuan, Ketua Persit Kartika Chandra, Ketua Bhayangkari serta Ketua Dharmayukti Karini Kabupaten Tanggamus, serta Ketua Organisasi Wanita lainnya.

Dalam kesempatan Upacara tersebut, Pj. Bupati memberikan penghargaan Satya Lancana Karya Satya kepada 50 orang PNS, dengan rincian Satya Lancana Karya Satya 30 tahun diberikan kepada 20 orang, Satya Lancana Karya Satya 20 tahun diberikan bagi 16 orang dan Satya Lancana Karya Satya 10 tahun kepada 10 orang. Pemberian Satya Lancana Karya Satya ini berdasarkan Petikan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 92/TK/tahun 2016. Selain itu dilaksanakan penyerahan Surat Keputusan Menkum HAM tentang Pemberian Remisi kepada para Narapidana di Lapas Kelas IIB Kota Agung, kepada Kalapas IIB Kota Agung, Heru Suprijowinardi.

Usai Upacara, Pj Bupati kepada wartawan mengatakan bahwa makna Peringatan HUT Ke 73 RI adalah semangat berjuang kita untuk Tanggamus jaya. “Marilah kita bersama-sama bersinergi untuk membangun Tanggamus ini, sebab perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan akan sia-sia jika tidak diiisi dengan pembangunan,” kata Zainal.

*Ziarah ke Makam Pahlawan*

Selanjutnya Pj. Bupati bersama Forkopimda dan rombongan menuju Taman Makam Pahlawan (TMP) Bahagia di Kecamatan Kota Agung Timur, untuk melakukan ziarah kepada para Pahlawan. Dalam pelaksanaan ziarah ini, dilaksanakan Upacara Penghormatan yang dipimpin oleh Kapolres Tanggamus AKBP. I Made Rasma JK, SIK, M.Si., dengan peserta upacara yang terdiri dari anggota Polres Tanggamus, anggota Kodim 0424 Tanggamus, anggota Dishub dan Pol PP Tanggamus, serta FKPPI Tanggamus. Usai Upacara Pj. Bupati dan rombongan melaksanakan ziarah sekaligus tabur bunga di makam para Pahlawan.

*Ramah Tamah Dengan Veteran Pejuang*

Usai melaksanakan ziarah di Taman Makam Pahlawan Bahagia di Kota Agung Timur, Pj. Bupati Zainal Abidin bersama Forkopimda melakukan ramah tamah dengan para veteran pejuang dan janda veteran pejuang. Acara ini berlangsung di rumah dinas Bupati, di Kotaagung, Jumat (17/8/2018).

Pada kesempatan ini Pj. Bupati didampingi Kajari David Palapa Duarsa, Kapolres AKBP I Made Rasma Kasdim 0424 Mayor Inf. Suhada, Kepala Pengadilan Agama Hi. Asrori, Kalapas IIB Kota Agung Heru Suprijowinardi, memberikan cendera mata kepada para veteran.

Dalam sambutannya pada kesempatan ini, Pj. Bupati mengucapkan terima kasih atas jasa dan pengabdian para pejuang dalam mempertahankan kemerdekaan. “Tanpa perjuangan generasi terdahulu tentunya kemerdekaan tidak akan dapat diraih. Semoga kami sebagai generasi penerus dapat terus berbuat bagi Negara ini, guna mengisi kemerdekaan,” katanya.

*Upacara Penurunan Bendera Merah Putih*

Jumat sore (17/8) dilaksanakan Upacara Penurunan Bendera Merah Putih di Lapangan Merdeka Kota Agung. Bertindak sebagai Inspektur Upacara Kapolres Tanggamus AKBP. I Made Rasma,  SIK., M.Si., dengan Komandan Upacara Ipda. Okta Devi, SH., dan Perwira Upacara AKP. Syafri Lubis yang juga Kapolsek Kota Agung.

Turut Hadir dalam Upacara tersebut, Pj.  Bupati Ir. Zainal Abidin, MT., Kasdim 0424 Mayor Inf.  Suhada Erwin,  Kajari Tanggamus  David Palapa Duarsa, SH., MH.,   Sekdakab Andi Wijaya, ST. MM., para Asisten, Staf Ahli dan Kepala OPD, Camat serta Lurah di Kecamatan Kota Agung.

*Ramah Tamah Dengan Paskibra Tanggamus*

Jum’at malam (17/8) bertempat di Rumah Dinas Bupati Tanggamus di Kota Agung, dilaksanakan juga para ramah tamah antara Pj. Bupati beserta Forkopimda dengan para anggota Paskibra Kabupaten Tanggamus.

Turut hadir dalam acara tersebut Kadispora M. Rizal Pahlepi, Kadis Kominfo Sabarruddin, Kabag Tapem Robin Sadek, Kapolsek Kota Agung, serta para Pembina Paskibra Kabupaten Tanggamus.

Kadispora Rizal dalam ramah tamah tersebut mengatakan ucapan syukur kehadirat Allah SWT karena kegiatan pengibaran Bendera Merah Putih sampai penurunannya berjalan dengan lancar dan sukses. Rizal juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh anggota dan Pembina Paskibra Tanggamus atas usaha dan latihannya selama ini, sehingga berhasil dan memuaskan.

Sementara Pj. Bupati Zainal Abidin selain menyampaikan ucapan syukur kepada Allah SWT juga mengucapkan ucapan terima kasih kepada para anggota Paskibra Kabupaten Tanggamus. “Saya berterima kasih kepada adek-adek semuanya, saya berpesan giat-giatlah belajar mengisi kemerdekaan ini dan menjadi contoh untuk menghiasi kemerdekaan sebagai penerus bangsa kedepan,” ucap Zainal. “Saya juga menyampaikan salam saya pada para Guru dan Kepala Sekolah kalian atas pembinaan Paskibra, sehingga berjalan dapat berjalan lancar, ” pesannya.

Disela kegiatan itu juga Tim Purna Paskibra menambahkan bahwa tahun ini terdapat MoU untuk Paskibara dari pusat melalui Gubernur Lampung, bahwa anggota Paskibraka mendapat pembinaan untuk masuk TNI/Polri tanpa test.

*Semarak Peringatan HUT RI ke 73*

Masih pada malam yang sama, usai melaksanakan ramah tamah dengan Paskibra Kabupaten Tanggamus Pj. Bupati bersama Forkopimda dan rombongan menghadiri Semarak Peringatan HUT kemerdekaan RI ke-73 Tahun 2018 di Taman Kota.

Dalam sambutannya Pj. Bupati Zainal Abidin menyampaikan bahwa acara pada malam ini adalah untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 73 di Kabupaten Tanggamus. “Karena Kota Agung sebagai Ibu Kota Kabupaten, maka dipusatkan di Kota Agung ini, dan juga di taman ini, karena ini taman yang penuh dengan sejarah. Taman Presiden kita yang pertama Bapak Ir. Soekarno. Untuk itu acara ini kita laksanakan disini, selain untuk mengenang  jasa-jasa para Pahlawan yang telah gugur mendahului kita, juga semoga lelah dan kebaikan dari seluruh Pahlawan bisa kita terjemahkan dalam pembangunan, untuk memajukan Tanggamus Jaya sebagaimana lagu mars Tanggamus Jaya yang kita punya,” terang Zainal.

Zainal melanjutkan bahwa pertemuan ini juga sebagai sujud syukur kehadirat Allah SWT. “Bahwa Tanggamus, bahwa Indonesia sudah merdeka 73 tahun yang lalu dan Tanggamus sudah berdiri sejak tahun 1997 berarti sudah 21 tahun, dan itu semua perlu disyukuri oleh kita semua sebagai hamba Allah SWT,” ujarnya.

“Untuk itu sebagai wujud syukur kita harus mengisi dengan pembangunan yang terus bisa memajukan kesejahteraan masyarakat. Pada intinya malam ini adalah malam hiburan untuk Bapak Ibu dan masyarakat Kota Agung. Yang insya Allah acara-acara seperti ini akan terus dilaksanakan setiap tahun. Pertemuan ini adalah pertemuan hiburan Kepada seluruh masyarakat Kota Agung dan sebagai forum silaturahmi antara kami dengan Bapak Ibu sekalian,” tambahnya.

“Saya mewakili Pemerintah Kabupaten Tanggamus, mohon maaf kepada bapak ibu semua seluruh masyarakat Kota Agung apabila dalam pelaksanaan pembangunan ada hal-hal yang kurang, dan kepada Allah SWT kami mohon ampun. Semoga Allah SWT senantiasa membimbing yang memberikan kekuatan kepada kita dalam melanjutkan perjuangan mengisi kemerdekaan Republik Indonesia, khususnya di wilayah Tanggamus ini. Dirgahayu Indonesia, Merdeka, Merdeka, Merdeka..!” pekik Zainal yang disambut semangat oleh para pengunjung yang hadir.

Sesuai dengan judul acara ini, acara ini pun berlangsung semarak dan meriah dengan diiringi band yang cukup menghibur para pengunjung di Taman Kota Ir. Soekarno, Kota Agung. (Tim-Kominfo)

PENGUKUHAN PESERTA PASKIBRAKA KABUPATEN TANGGAMUS

GISTING,- Pemerintah Daerah Kabupaten Tanggamus melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (DISPORA) menggelar pengukuhan peserta Pasukan mengibar bendera Pusaka (PASKIBRAKA) Kabupaten Tanggamus tahun 2018. bertempat di Aula Serumpun Padi Gisting. 15/08/18.

Hadir dalam kesrmpatan tersebut, Pj Bupati Tanggamus Zainal Abidin, Asisten bidang Ekobang Fx Karjiono, Kasdim 0424 Mayor Inf. Suhada Erwin, Kabag OPS Polres Tanggamus Kompol Bunyamin SH, Anggota DPRD Amrozi Sanusi, Kasi Intel Kejari Ridho Rama, Kepala Dinas Dispora M. Rizal Pahlevi, Kepala Dinas Diskominfo Sabarrudin, Para Pelatih serta Orang tua peserta Paskibraka.

Dalam Sambutannya Pj Bupati Tanggamus Zainal Abidin menyampaikan, Atas nama pribadi dan Pemerintah Daerah tanggamus mengucapkan selamat atas terpilihnya saudara-saudari untuk menjadi anggota Paskibra Kabupaten Tanggamus. Anggota Paskibra adalah putra-putri terbaik tanggamus yang memiliki keistimewaan, bukan hanya sebagai pasukan pengibar bendera pada upacara peringatan hari ulang tahun proklamasi kemerdekaan republik indonesia yang ke 73, yang jatuh pada tanggal 17 Agustus 2018 nanti.akan tetapi harus mampu menunjukan keteladanan sebagai pelajar yang berprestasi, berdisiplin dan bermoral serta memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi.

” Pada kesempatan ini juga saya berpesan, jadilah kalian sebagai generasi penerus masa depan yang maju dan unggul, yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi serta teruslah berkarya. Selain itu juga harus memiliki integritas kepribadian yang baik, mental yang kokoh, ulet, tegar dan pantang menyerah, untuk berjuang demi kemajuan kabupaten yang kita cintai bersama, serta bangsa dan negara sebagai ujung tombak dalam membangun persatuan bangsa,” Ujarnya.

Zainal Abidin Melanjutkan bahwa, persaudaraan dan kekompakan ketika para peserta paskibraka semua melangkah ke depan, menapaki perjalanan karier menuju masa depan yang lebih baik, anggota Paskibra yang baru saja dikukuhkan, agar mampu memberi pengaruh positif baik di Iingkungan tempat tinggal masing-masing maupun dalam pergaulannya di masyarakat.

Atas nama Pemkab Tanggamus juga mengucapkan terimakasih kepada para orang tua anggota paskibra, juga kepada para pelatih, pembina dan pembimbing atas segala usaha serta kesabaran dalam membimbing putra-putri terbaik Tanggamus selama proses latihan. Apabila selama proses latihan berlangsung terdapat kesalahan ataupun kekeliruan, semoga dapat dijadikan pelajaran untuk maju lebih baik Iagi di masa yang akan datang. Sehingga diharapkan mampu mengemban tugas sebagai anggota Paskibra pada puncak peringatan HUT ke-73 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2018.

” Kepada pihak sekolah juga saya ucapkan terima kasih atas dukungan yang telah diberikan pada anak-anak anggota Paskibra, semoga mereka bisa menjadi teladan bagi siswa-siswi lainnya. Sekali lagi saya ucapkan kepada adik-adik yang telah dikukuhkan sebagai Pasukan Pengibar Bendera Merah Putih dan selamat bertugas pada Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia dan Upacara Penurunan Bendera Merah Putih pada tanggal 17 Agustus 2018 di Kabupaten Tanggamus,”Pungkasnya.

Salah satu orang tua paskibraka turut juga menyampaikan perasaannya Saiful Anhar asal pekon pampangan Kecamatan Cukuh Balak Orantua dari Isnul Mufid kelas XI siswa asal SMK 1 Cukuh Balak, dirinya tidak bisa menutupi rasa bangganya atas cita-cita dan kemauan anaknya untuk ikut dalam Pasukan pengibaran bendera pusaka kabupaten tanggamus tahun 2018.

” Kegiatan yang cukup positif, Saya bangga mas melihat anak saya berdiri disana tadi, apa lagi nanti waktu pelaksanaannya di Lapangan Merdeka Kotaagung,” Katanya dengan menyeka air matanya.

Hal Senada juga di sampaikan oleh Medaria Warga Kotaagung Kelurahan Kuripan, orang tua dari Nazlata Syarani Siswi Kelas XI Asal SMA 1 Kotaagung, sangat bangga dengan penampilan putrinya bagaimana tidak karena dirinya adalah alumni Paskibraka tahun 1994 asal sekolah yang sama dengan anaknya.

” Bangga banget mas, ini juga kan mengajarkan mereka kedisiplinan, dalam baris berbaris,.

Kantor  Kesbangpol Gelar Sosialisasi Anti Paham dan Gerakan Radikalisme, Komunisme dan Terorisme (RKT)

Kantor  Kesbangpol Gelar Sosialisasi Anti Paham dan Gerakan Radikalisme, Komunisme dan Terorisme (RKT).

GISTING ~~ Pemerintah Kabupaten Tanggamus melalui Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol)  mengelar Sosialisasi Anti Paham dan Gerakan Radikalisme, Komunisme dan Terorisme (RKT) bertempat di Aula Hotel Hosana Kecamatan Gisting,  Selasa (14/8/18).

Turut hadir Pj. Bupati Tanggamus yg diwakili oleh Kepala Kesbangpol Drs Ajpani,MM., Kasdim 0424 Mayor Inf.  Suhada Erwin,  Kasat intel Polres Tanggamus Samsuri,  SH. MH sekaligus sebagai Narasumber, Antoni Hasan, S. ip Kasi Bina Ideologi,  Seni budaya dan Keagamaan  Narasumber dari Kesbangpol Tanggamus,  Sagimin Kacabjari Talang Padang,  Para Camat Gisting,  Talang Padang, Gunung Alip,  dan sumberejo atau yg mewakili,  serta para peserta Radikalisme, Komunisme dan Terorisme (RKT) dari Pekon/Kelurahan yang sudah dilantik.

Dalam Laporan Bapak Amir Hasan,  Kasubag TU Kesbangpol melaporkan bahwa dasar kegiatan ini adalah UU No. 15 Tahun 2003 ttg pemberantasan tindak pidana terorisme, serta nota Kesepahaman antara kepolisian Resort Tanggamus dengan Pemerintah Kabupaten Tanggamus No : MoU/18/X/2016 ttg pembentukan satuan tugas (Satgas) anti Radikalisme, Komunisme dan Terorisme (RKT)  tingkat Pekon/Kelurahan se-Kabupaten Tanggamus.

Maksud dan Tujuan kegiatan ini adalah sebagai Upaya memberikan pemahaman bagi personil Satgas anti Radikalisme,  Komunisme dan Terorisme (RKT)  ttg bahaya paham dan gerakan Radikal,  komunis dan teroris yg mengancam stabilitas keamanan dan keutuhan NKRI serta sebagai upaya menangkal dan mencegah masuk dan berkembangnya paham dan gerakan radikal,  komunis dan teroris (RKT)  diwilayah Kab. Tanggamus.

Pesertanya perwakilan dari anggota satuan tugas (Satgas)  anti Radikalisme, Komunisme dan Terorisme  (RKT)  dari 4 kecamatan yg ada di Kab.  Tanggamus yaitu Kecamatan Gisting,  Talang Padang,  Gunung Alip,  dan sumberejo.

Adapum materi yg disampaikan adalah Upaya menciptakan situasi Kamtibmas yg kondusif diwilayah Kab.  Tanggamus dalam rangka mencegah masuk dan berkembangnya paham dan gerakan Radikalisme,  Komunisme dan Terorisme (RKT),serta Sebagai upaya menjaga pertahanan dan keamanan dari ancaman paham dan gerakan Radikalisme,  Komunisme dan Terorisme diwilayah Kab. Tanggamus.

Sementara dalam Sambutan Penjabat Bupati yang diwakili oleh Ajpani,  MM Kepala Kesatuan Bangsa dan politik (Kesbangpol)  mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Tanggamus menyambut baik atas dilaksanakannya kegiatan sosialisasi bahaya terorisme sampai radikalisme oleh kantor kesatuan bangsa dan politik dengan tujuan memberikan penyadaran kepada masyarakat khususnya generasi muda terkait semangat dan upaya menjaga keutuhan kesatuan NKRI.

Salah satu tantangan nyata bagi keutuhan dan kesatuan bangsa ini adalah Radikalisme, Komunisme dan Terorisme. Terorisme tidak hanya menimbulkan kerugian diMasyarakat melainkan telah mengoyak keutuhan berbangsa dan bernegara,  mereka telah membuat kita saling curiga dan memusuhi serta telah mencabik ikatan persaudaraan dan nilai-nilai toleransi yg sejatinya menjadi kultur bangsa ini.

Saya berharap,  melaui kegiatan ini mampu merevitalisasi dan memperkuat semangat kebangsaan dan Nasionalisme dikalangan masyarakat khususnya generasi muda dalam rangka pencegahan paham radikal dan ISIS demi keutuhan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)  ,Ucapnya.

Pembukaan Bazar Hewan Kurban

Gisting – Senin (13/8/2018). Sekda Kab. Tanggamus Andi Wijaya,ST.MM mewakili Pj. Bupati Tanggamus membuka secara resmi kegiatan Bazar Hewan Kurban Tahun 2018, kegiatan yang diselenggara berkat kerjasama antara Pemkab Tanggamus melalui Dinas Peternakan dan Asosiasi Kelompok  Peternak Tanggamus (ASPONAK), Asosiasi Peternak Kambing Saburai Tanggamus, Himpunan Peternak Kambing dan Domba Indonesia(HPKDI Tanggamus ) dan Para pelaku usaha tersebut di gelar pelaksanaannya di Res Area Gisting.

Kegiatan tersebut diselenggarakan selama sehari dan menghadirkan kurang lebih 300 ekor kambing dengan beragam harga jualnya, mulai dari harga Rp. 1.500.000 sampai dengan harga Rp. 4.500.000 per ekornya.

Sementara dalam sambutan tertulis Bupati Tanggamus yang di sampaikan oleh Sekda Kab. Andi Wijaya,ST.MM menyampaikan Bahwa,Pemkab Tanggamus menyambut baik atas di selenggarakannya kegiatan tersebut. Beliau menilai bahwa kegiatan tersebut merupakan momentum yang sangat baik,sebagai upaya pembangunan sub sektor peternakan untuk lebih di tingkatkan dan di kembangkan,
Pengalaman selama ini menunjukan bahwa sub sektor peternakan memegang peranan yang sangat setrategis dalam pembangunan Daerah maupun Nasional.

Peranan tersebut dapat di lihat dari fungsi produk peternakan sebagai penyedia protein hewani yang baik bagi pertumbuhan dan perkembangan tubuh manusia, oleh karenanya tidak mengherankan apabila produk produk peternakan di sebut sebagai bahan pembangun dalam kehidupan. Secara hipotetis peningkatan kesejahteraan Masyarakat akan diikuti dengan peningkatan konsumsi produk produk peternakan, yang dengan demikian maka turut menggerakkan perekonomian pada sub sektor peternakan.

Beliau juga menyampaikan bahwa kita telah memasuki bulan Dzulhijjah yang mana bulan ini merupakan bulan yang bersejarah bagi umat Islam dalam bulan ini umat Islam di seluruh Indonesia akan melaksanakan rukun Islam yang kelima yaitu ibadah haji di tanah suci, selain Ibadah Haji Umat Islam dianjurkan untuk menyembelih hewan kurban bagi yang mampu penyembelihan hewan kurban ini memiliki dua nilai yaitu nilai spiritual dan nilai kemanusiaan, nilai spiritual karena sebagai bentuk ibadah kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala dan nilai kemanusiaan yang termanifestasi dalam pembagian daging kurban kepada fakir miskin dan kaum duafa. Oleh karena itu agar kurban lebih bermakna maka selayaknya dapat memberikan daging yang aman,sehat,utuh dan halal(ASUH) sesuai dengan ketentuan syariat Islam.

Menjelang hari raya Idul Qurban permintaan kebutuhan ternak akan meningkat dari hari-hari biasa. Peningkatan kebutuhan karena patah Hari Raya Kurban tidak lepas pusat perhatian terhadap pemilihan hewan kurban yang perlu dilakukan dengan benar, selain untuk memenuhi keperluan hewan kurban yang berkualitas juga untuk mencegah terjadinya penularan penyakit zoonosis ke manusia yang kemungkinan dibawa oleh hewan kurban tersebut. Maka salah satu upaya yang kita lakukan adalah dengan mengadakan bazar hewan qurban seperti saat ini, sistem penjualan dan harga berdasarkan timbang badan dan yang terpenting ternak yang dijual di jamin kesehatannya karena di bawah pengawasan petugas kesehatan hewan .

Dengan adanya bazar hewan qurban diharapkan dapat memberikan kemudaha kepada Masyarat yang  hendak membeli hewan kurban serta gambaran tentang bagaimana ternak yang sehat dan memenuhi persyaratan, dan selanjutnya dapat menjadi bazar percontohan bagi tempat-tempat penjualan hewan kurban di wilayah kabupaten Tanggamus maupun Provinsi Lampung.
Beliau juga berharap pada masa masa yang akan mendatang, kegiatan tersebut dapat terus dilaksanakan dan ditingkatkan.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Ahmadi Sumaryato Anggota Komisi Dua DPRD Lampung, ir FB Karjiono Asisten Dua Bidang Ekonomi dan Pembangunan,  Para Kepala OPD, Para Camat dan Para  Asosiasi Kelompok Ternak  Tanggamus dan seluruh peserta bazar.

Perlu di ketahui bahwa pada kegiatan tersebut Sekda Membeli satu ekor kambing untuk kurban dengan harga Rp. 3.500.000 dan pelaksanaan pemotongannya nanti di di laksanakan di komplek Perumahan Gria Abdi Negara.

FESTIVAL PANGAN BALAK  DALAM RANGKA MEMPERINGATI HUT RI KE 73 TAHUN

FESTIVAL PANGAN BALAK  DALAM RANGKA MEMPERINGATI HUT RI KE 73 TAHUN.

KOTAAGUNG — Pemerintah Kabupaten Tanggamus Melalui Dinas Pariwisata menggelar Acara Pangan Balak dalam Rangka Memperingati Hut RI ke 73 Tahun 2018,bertempat di Taman Wisata Muara Indah Kotaagung, Jumat (10/8).

Turut hadir Penjabat Bupati Ir.  Zainal Abidin, MT., Ketua Anggota DPRD Heri Agus Setiawan, S. Sos, Kasdim 0424 Inf.  Suhada Erwin,  Perwakilan dari Kapolres Tanggamus,  Ketua TP PKK ibu Hartati Zainal Abidin,  Plh.  Sekdakab Fb.  Karjiono,  Asisten tiga Firman Rani, para Anggota DPRD, Para OPD terkait, Para Camat,  serta para Undangan.

Dalam Laporan Kepala Dinas Pariwisata Ibu Retno Noviana Damayanti, disampaikan bahwa dasar pelaksanaan kegiatan adalah Perda Organisasi Perangkat Daerah (OPD)  Dinas Pariwisata No:76 Tahun 2016 Tanggal 29 Desember 2016.

Dengan Tema: ” Dengan Festival Pangan Balak Kita Lestarikan Adat Budaya dan Potensi Wisata Kabupaten Tanggamus”.

Adapun maksud dan tujuannya adalah, Festival pangan balak dimaksudkan untuk melestarikan adat dan budaya kabupaten tanggamus dan mendongkrak kepariwisataan kabupaten tanggamus dangan cara menampilkan dan menumbuh kembangkan potensi pariwisata dan melestarikan adat budaya kab.  Tanggamus.

Sedangkan Tujuannya adalah yakni untuk menggali potensi seni dan budaya yg ada di kabupaten tanggamus serta mempromosikan dan memperkenalkan obyek wisata unggulan, melestarikan adat budaya diKabupaten Tanggamus.

Peserta Pangan Balak ini terdiri dari 60 peserta yakni 36 SKPD,  17 dari Kecamatan, instansi vertikal  dan Organisasi Wanita Kab. Tangganus, serta 7 umun dari Pokdarwis (Kelompok sadar wisata) dan sekolah2 diLingkungan Kec. Kotaagung.

Selanjutnya, Festival Pangan  Balak meliputi : Pangan balak, hiburan, lomba pangan balak berupa Penyajian Rasa, nilai Gizi, dan unsur tradisi/ budaya.

Sementara Dalam sambutan  Pj.  Bupati Zainal Abidin, MT. mengatakan bahwa sektor pariwisata merupakan pemicu berkembangnya perekonomian demi meningkatnya pendapatan masyarakat. Ada 4 pilar penting untuk menciptqkan sektor pariwisata yg baik diantaranya: Aksebilitas, Amenitas, Atraksi, dan ansiliari.

Melalui kesempatan yg baik ini, saya minta semua Dinas terkait agar segera ambil peran sesuai dengan tupoksinya untuk memajukan sektor pariwisata Kab. Tanggamus.  Kawasan muara indah ini adalah milik Daerah Kab.  Tanggamus, maka menjadi kewajiban pemerintah daerah untuk memajukan obyek wisata dan kedepan saya berharap lokasi ini menjadi Rest Area dan pusat perekonomian baru diKawasan Kotaagung dan Sekitarnya.

Festival pangan balak yg kita selenggarakan ini mudah-mudahan akan menjadi pemicu kemajuan pariwisata diKab. Tanggamus pada Umumnya dan Muara Indah pada khususnya.

Kembali saya berharap,  dalam kegiatan ini bisa menjadi Event rutin untuk melestarikan adat dan budaya Kab.  Tanggamus dalam menarik para wisatawan dimasa” mendatang demi kemajuan perekonomian serta pembangunan di Kabupaten Tanggamus.

Selanjutnya, untuk para peserta lomba  saya ucapkan selamat berlomba lakukan secara sportif dan penuh dengan kegembiraan,ucapnya.

Adapun nama-nama Pemenang Lomba Festival Pangan Balak adalah.

Untuk OPD

juara 1. Pu, 2.Bappeda,3. Pmd,  untuk juara Harapan OPD 1.PP PA, 2. Dinas Kesehatan, 3. Bkp SDM.

untuk Kecamatan Juara 1. Gisting, 2. Talang Padang, 3. Kotaagung Pusat,  sedangkan untuk juara Harapan kecamatan juara 1. kec.  Ulu Belu, 2. Cukuh Balak, 3. Bulok.

Selanjutnya untuk umum juara:

1.Pokdarwis Waylaan, 2. SUPM, 3. Persit Kodim, dan Untuk juara penampilan terbaik adalah 1. Dinas Ketahan pangan,  2. Kec.  Semaka, 3.Bank Lampung.

KUNJUNGAN KERJA ANGGOTA DPD RI & TEAM ROMBONGAN PT. BIO PILAR

Kotaagung Timur – Bertempat di ruang rapat Pj. Bupati Tanggamus Ir. Zainal Abidin menerima Kunjungan Kerja Reses Anggota DPD RI Anang Prihantono bersama Rombongan PT. Bio Pilar Utama dipimpin Direktur Utama Supratikno, Kamis (9/8/2018).

Anggota DPD-RI Anang Prihantoro fasilitasi pengembangan produk lokal air mineral asal Tanggamus Wayku agar bisa berkembang dan menjadi produk kenamaan dan kebanggaan bagi masyarakat Tanggamus dan Lampung.

Anang Prihantoro menyampaikan, ide untuk memfasilitasi produk unggulan Wayku tersebut muncul pada saat ia melakukan reses pada Bulan Mei lalu, yang mana saat itu ia melihat ada produk unggulan di Tanggamus yakni Wayku yang seharusnya menjadi produk unggulan, dan muaranya bisa memberdayakan masyarakat dan mengangkat nama Tanggamus sebagai pusat sumber air yang luar biasa.

“Kita ingin fasilitasi supaya di Upgrade, baik itu manajemen, SDM dan Tekhnologinya, supaya betul-betul dari Tanggamus keluar produk unggulan, bukan hanya untuk kepentingan Tanggamus saja tetapi untuk Provinsi Lampung,”

Ia menambahkan, Wayku semestinya menjadi raja produk air mineral di Lampung, pemasarannya bisa menyebar di tempat umum di Provinsi Lampung, seperti Bandara, Stasiun Kereta Api, dan Pelabuhan Bakauheni. Dan jika itu telah berjalan tentunya sektor pendapatan asli daerah (PAD) dan kesejahteraan masyarakat akan meningkat. Dan mimpi itu tidak mungkin terlaksana, apabila tidak digerakan oleh seluruh kekuatan.

“Saya datang ke Tanggamus ini untuk menjembatani semua pihak yang berkepentingan dan berkompeten, bagaimana agar Wayku ini dapat lebih maju dan berkembang, dan saya akan memantau terus perkembangannya supaya kedepan ada progres dan bisa direalisasikan,”ujarnya.

Sementara itu Pj. Bupati Tanggamus, Ir. Zainal Abidin, menyampaikan. Kedepan mimpi bangga akan produk lokal dan kemandirian produk lokal bisa saja diwujudkan, karena melihat sumber air yang sangat bagus di Tanggamus terlebih air merupakan kebutuhan pokok.

“Melihat potensi air yang sangat luar biasa ini masa kita tidak bisa menciptakan kebanggaan, bagaimana Wayku ini menjadi produk yang unggul kedepannya,”tandasnya.

Kemudian acara di lanjutkan Mengunjungi secara langsung ke tempat produksi Air minum way ku di Pekon Kampung baru Kecamatan Kotim.

Turut hadir dalam Acara tersebut Asisten 3 Firman ranie, Ketua Dewan Kab. Tanggamus Heri agustiawan, dan para kepala OPD.

Pj. Bupati Lepas Lomba Gerak Jalan Peringatan HUT RI ke 73

Kota Agung – Kamis (9/8/18) Pj. Bupati Tanggamus, Ir. Zainal Abidin, MT., Membuka sekaligus melepas peserta Lomba Gerak Jalan Dalam Rangka Memeriahkan Peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke 73 di Kabupaten Tanggamus, yang ditempatkan di Lapangan Merdeka Kota Agung. Lomba ini diikuti oleh 1.200 siswa atau 39 regu se-Kecamatan Kota Agung Kabupaten Tanggamus.

Dalam arahannya Pj. Bupati menyampaikan agar para peserta dapat mengisi kegiatan peringatan Ulang Tahun RI yang ke 73 ini dengan semangat perjuangan sebagaimana yang dilakukan oleh para pahlawan. “Bagaimanapun juga tanpa perjuangan para pahlawan, mungkin kita tidak dapat merasakan nikmat bersekolah, bekerja seperti saat ini. Untuk itu saya menghimbau kepada para peserta agar selain tetap rajin belajar dan berolahraga juga mengembangkan semangat sportifitas,” ujarnya.

Turut mendampingi Pj. Bupati, Asisten III Bidang Administrasi Drs.Firman, Kadis Pendidikan Drs. Aswin Dasmi serta Camat dan Uspika Kecamatan Kota Agung. (Firman-Kominfo)

KEGIATAN PEMBINAAN POLITIK KEPADA ORGANISASI KEPEMUDAAN

Gisting- Kabupaten Tanggamus melalui Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbang-Pol) melakukan kegiatan Pembinaan Politik (BINPOL) kepada organisasi kemasyarakatan pemuda(OKP) Se kabupaten Tanggamus Tahun 2018, Kegiatan yang bertema meningkatkan peran serta Organisasi kemasyarakatan pemuda dalam menjaga stabilitas politik,  pertahanan dan keamanan demi kelancaran pembangunan daerah dan demi Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia tersebut di laksanakan di Aulan Hotel Hosanah Gisting pada kamis siang (08/09/2018).

Maksut dan tujuan diadakannya kegiatan tersebu adalah sebagai upaya Pemkab Tanggamus dalam menjaga stabilitas politik pertahanan dan keamanan di daerah dan untuk meningkatkan kapasitas dan peran organisasi kemasyarakatan Pemuda (OKP) dalam mendukung kelancaran pembangunan di daerah dan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sedangkan materi dyang di sampaikan,
1. Keberadaan peran organisasi kemasyarakatan Pemuda   (OKP) dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
2. Peran organisasi kemasyarakatan pemuda (OKP) dalam menjaga stabilitas politik daerah demi kelancaran pembangunan di Kabupaten Tanggamus.
3. Peran organisasi kemasyarakatan Pemuda (OKP) dalam menjaga pertahanan dan keamanan di daerah demi kedaulatan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Turut hadiri dalam kegiatan pembinaan tersebut Kasdim 0424  Tanggamus Erwin Suhada,Ketua Komisi 1 DPRD Tanggamus Sumiati, Kapolsek Talang Padang  Yofi Kurniawan Mewakili Kapolres Tanggamus,Kepala Kajari Tanggamus yang di wakili  Kasi Intel kacabjari Talang Padang Wagimin dan kurang lebih 50 pesrta pembinaan yang berasal dari perwakilan ormas pemuda SeKabupaten Tanggamus.

Dalam Sambutan  tertulis Pj. Bupati Tanggamus yang dalam kesempatan tersebut di bacakan langsung oleh kepala  Kantor Kesbang Pol Tanggamus Drs. Ajpani, M.M. yang juga sekaligus membuka secara resmi kegiatan tersebut menyampaikan bahwa, kebebasan berserikat, berkumpul dan mengeluarkan pendapat merupakan dari bagian hak asasi manusia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,  dalam menjalankan kebebasan tersebut setiap orang wajib menghormati hak asasi dan kebebasan orang lain dalam rangka tertip hukum serta menciptakan keadilan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsadan bernegara.

Organisasi kemasyarakayan pemuda(OKP) dengan segala bentuknya hadir dan berkembang sejalan dengan sejarah perkembangan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Dalam sejarah perjuangan kemerdekaan Negara Republik Indonesia organisasi pemuda yang berhimpun dari seluruh penjuru nusantara dan berikrar melalui Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928 merupakan wadah utama pergerakan kemerdekaan Negara Republik Indonesia, peran dan rekam jejak organisasi pemuda yang telah berjuang secara ikhlas dan sukarela tersebut mengandung nilai sejarah dan merupakan aset bangsa yang sangat penting bagi perjalanan bangsa dan negara.

Dinamika perkembangan ormas kepemudaan dan perubahan sistem pemerintah membawa paradigma baru dalam tata kelola organisasi kemasyarakatan dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara, pertumbuhan jumlah ormas kepemudaan dalam kehidupan demokrasi makin menuntut peran fungsi dan tanggung jawab ormas untuk berpartisipasi dalam upaya mewujudkan cita-cita nasional bangsa Indonesia dan pelaksanaan pembangunan nasional di daerah serta menjaga dan memelihara keutuhan dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Peningkatan peran dan fungsi ormas kepemudaan dalam pembangunan memberi konsekuensi pentingnya membangun sistem pengelolaan Ormas yang memenuhi kaidah Ormas yang sehat sebagai organisasi nirlaba yang demokratis profesional Mandiri transparan dan akuntabel, pada tahun 2018 ini kita telah melaksanakan pesta demokrasi yaitu penyelenggaraan Pemilukada secara serentak di antaranya memilih bupati dan wakil bupati Tanggamus dan pemilihan gubernur dan wakil gubernur provinsi Lampung yang Alhamdulillah telah berlangsung secara wajar demokratis dan aman dan pada tahun 2019 nanti kita akan melaksanakan pemilihan presiden dan wakil presiden serta pemilu legislatif yang kita sama-sama berharap dapat berjalan dengan lancar demokratis.
Dinamika politik pada penyelenggaraan pesta demokrasi tersebut tentunya membawa konsekuensi pada kompetensi politik dan kelembagaan pendapat serta pilihan yang berbeda beda di tengah kehidupan sosial masyarakat.

Konsekuensi tersebut jika tidak kita kelola dengan baik maka dapat berpotensi pada konflik antar individu dan antar kelompok masyarakat terlebih seiring perkembangan teknologi informasi, telah membentuk pola interaksi sosial yang sangat bebas di sosial media. Untuk itu menjadi petugas kita bersama seluruh komponen anak bangsa khususnya partai politik dan organisasi kemasyarakatan untuk sama-sama berperan aktif menjaga dan mengelola kehidupan demokrasi yang sehat agar penyelenggaraan pesta demokrasi dapat berlangsung dengan penuh Sukacita demokratis dan aman dalam rangka upaya menjaga dan memelihara stabilitas politik pertahanan dan keamanan di daerah Kabupaten Tanggamus.
Beliau menyambut baik kegiatan pembinaan politik pada organisasi kemasyarakatan pemuda (OKP) yang diselenggarakan oleh kantor Kesatuan Bangsa dan Politik kesebangpol Kabupaten Tanggamus semoga materi yang disampaikan oleh para narasumber dapat menambah wawasan dan semangat baru bagi para pengurus dan aktivis ormas Kemudian untuk lebih berperan secara aktif dalam pengabdian kepada masyarakat bangsa dan negara serta tetap setia menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.