Ini Nama dan Nomor HP Kepala Pos Pam Lebaran di Kabupaten Tanggamus

Kota Agung — Menyikapi arus mudik di wilayah Kabupaten Tanggamus, Polres Tanggamus bekerjasama dengan Pemkab Tanggamus, TNI, PMI, Pramuka dan RAPI Kabupaten Tanggamus, menyediakan 4 pos di jalur Jalan Lintas Barat Sumatera sepanjang kurang lebih 75 km.

Keempat pos tersebut masing masing ditempatkan di Pasar Talang Padang, Rest Area Gisting, Pekon Talagening Kecamatan Kota Agung Barat dan Pekon Sedayu Kecamatan Semaka. Dalam operasionalnya masing-masing pos dikepalai oleh seorang Perwira Polisi, yang akan mengkoordinir dan mengkomandoi pelaksanaan tugas pengamanan dan pelayanan di masing-masing pos. Demikian disampaikan Kabag Ops Polres Tanggamus, Kompol. Aditya Kurniawan, SH., didampingi Kasubbag Humas Ipda. Elvira.

“Selain petugas dari Polri, terdapat juga petugas dari Dishub, Kesehatan, Pol PP, Pramuka, RAPI dan petugas teknis lainnya, yang siap siaga membantu kepolisian dalam mengamankan, memperlancar dan melayani pemudik yang melintasi Jalinbar Sumatera di Kabupaten Tanggamus,” tambahnya.

“Pos-pos ini selain untuk memperlancar arus lalu lintas, juga memfasilitasi dan melayani pemudik yang kelelahan, kesehatannya terganggu, kendaraan mogok, gangguan keamanan atau gangguan komunikasi. Silahkan menghubungi Kepala Pos terdekat. Kami siap melayani pemudik 24 Jam dan dengan sepenuh hati,” lanjut Aditya.

Kompol. Aditya melanjutkan, adapun nama dan nomor hp masing-masing Kepala Pos, adalah ;

Pos Pam Talang Padang, Ipda. Oman Aziz. HP : 085279519700; 

Pos Yan Gisting, Ipda. Hamdan. HP : 081379746697; 

Pos Pam Kota Agung, Ipda. Agustinus. HP : 081379834417 

dan Pos Pam Semaka, Ipda. Sukarjo. HP : 085269061748.

“Semoga keberadaan Pos-Pos ini dapat memperlancar arus mudik dan memberikan rasa aman bagi pemudik, juga membantu kendala yang dihadapi oleh pemudik, agar pelaksanaan mudik lebaran tahun 2018 ini, dapat berjalan dengan lancar,” tandasnya.

Sementara Kabid Humas Pemkab Tanggamus Derius Putrawan menyampaikan bahwa Pemkab Tanggamus turut mendukung dan membantu Polres Tanggamus dalam mensuksesnya pelaksanaan arus mudik di Kabupaten Tanggamus.

“Tentu kami mendukung sepenuhnya tugas Kepolisian dalam pengamanan lebaran tahun ini. Sebelumnya kami telah berkoordinasi dengan Polres Tanggamus, dan turut mendukung pengamanan mudik lebaran tahun ini. Baik dengan menyertakan Tim pada setiap Pos yang ada. Juga dengan mensiagakan sarana prasarana berikut petugas yang dibutuhkan, seperti ; alat berat, bus penumpang, mobil dalmas dan mobil damkar. Untuk mengatasi jika terjadi bencana longsor, atau lainnya yang dapat menghambat jalur mudik, termasuk bagi pemudik yang kendaraannya yang mogok dijalan, penumpangnya dapat kita angkut dengan bus atau mobil dalmas yang ada” terang Derius.

“Selain itu, kami juga menyediakan Pos di Kantor Dishub Tanggamus tepatnya di KM. 90 Kota Agung, yang difungsikan sebagai Rest area, karena memang halamannya luas. Bagi pemudik yang kelelahan dan ingin beristirahat, dipersilahkan, kami jaga 24 jam,” tambahnya.

Forkopimda Tanggamus Tinjau Pospam Lebaran Idul Fitri 1439 H

Tanggamus — Jum’at (8/6/18) Forkopimda Tanggamus, yang terdiri dari Kapolres AKBP I Made Rasma, SIK. M.Si., Dandim 0424 Letkol. Anang Hasto Utomo dan Sekdakab Andi Wijaya, mewakili Pj. Bupati Tanggamus Zainal Abidin, melakukan peninjauan ke sejumlah Pos Pengamanan (Pospam) dan Pos Pelayanan (Posyan) Mudik Lebaran di Kabupaten Tanggamus.

 

Untuk diketahui, Polres Tanggamus bekerja sama dengan Pemkab Tanggamus dan berbagai pihak, membuka 3 Pospam dan 1 Posyan di sepanjang Jalinbar Sumatera. Adapun masing-masing pos tersebut berada di Pekon Sedayu Kecamatan Semaka, Pekon Talagening Kecamatan Kota Agung Barat dan Pasar Kecamatan Talang Padang, sedangkan untuk Posyan di Rest Area Taman Gisting.

Peninjauan dimulai di Pospam Sedayu, Kecamatan Semaka Tanggamus, dilanjutkan ke Pospam Talagening, Posyan Gisting dan Pospam Talang Padang.

Peninjauan ini dilaksanakan guna mengetahui kesiapan pengamanan arus mudik lebaran tahun 2018, sekaligus memberikan bingkisan kepada petugas yang berjaga di setiap pos.

Disetiap Pos yang ditinjau, Forkopimda mendapatkan pemaparan dan penjelasan oleh Kepala Pos, guna memberikan gambaran pengamanan yang ada, termasuk adanya wilayah rawan kriminalitas maupun rawan macet dan rawan bencana.

Kapolres AKBP I Made Rasma mengatakan peninjauan dalam rangka pemantauan ke pos pos pengamanan yang kita dirikan bersama-sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Tanggamus. “Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa personil pengamanan telah siap, pos pengamanan telah siap sehingga kita mampu mengamankan jalannya kegiatan arus mudik dan arus balik selama kegiatan lebaran,” jelas Kapolres.

“Nantinya fungsi pos pengamanan ini sebagai tempat untuk memberikan pelayanan masyarakat seperti pengaturan lalu lintas termasuk menjamin keamanan pada lokasi-lokasi yang rawan Kriminalitas. Jadi titik kumpulnya di pos pos pengamanan kemudian mereka akan geser ke lokasi yang dibutuhkan,” tambahnya.

Kapolres melanjutkan untuk jumlah personil sendiri mencapai 25-30 orang setiap pos, yang terdiri dari unsur Kepolisian, TNI, Pemerintah Daerah, PMI, potensi masyarakat seperti pramuka dan lain sebagainya.

Untuk segi kelengkapan, Kapolres menegaskan dari hasil tinjauan semua Pospam sudah cukup lengkap, hal itu juga dipengaruhi karena setiap tahun Polres Tanggamus sudah rutin melaksanakan pengamanan.

Ditambahkan Kapolres terkait backup Sniper, secara tersendiri disiapkan di titik-titik yang rawan, namun Kapolres tidak dapat mengungkapkan ke publik, karena bersifat rahasia. “intinya memberikan jaminan keamanan kepada para pemudik dan masyarakat agar benar-benar aman selamat sampai tujuan,” tandasnya.

 

Sementara Dandim menambahkan, untuk membantu menjaga pemudik, Kodim menerjunkan 1/3 personil dalam kegiatan pengamanan arus mudik. “Kami juga bergabung dengan pihak kepolisian dan Pemerintah Daerah di posko-posko koordinasi selain itu juga kita menyiapkan Koramil Koramil yang siap disinggahi sebagai rest area,” jelasnya.

Sekdakab Andi Wijaya menjelaskan berdasarkan tahap awal Pemkab Tanggamus telah melakukan rapat persiapan serta penempatan personil, maping lokasi, sarana dan prasarana.

“Dan hari ini kita memastikan apa yang kita bicarakan itu berjalan dengan baik, itu tentunya guna menjamin keamananan dan kelancarara bagi pemudik,” ungkapnya.

Sekda juga menghimbau agar pemudik berhati-hati karena keamanan itu bukan hanya tanggung jawab pemerintah melainkan tanggung jawab masyarakat ataupun pemudik itu sendiri. “Artinya partisipasi dari mereka, jika lelah diharapkan beristirahat,” himbaunya.

Peninjauan dilaksanakan guna mengetahui kesiapan pengamanan arus mudik lebaran tahun 2018, sekaligus memberikan bantuan bingkisan kepada petugas yang berjaga di setiap pos. Agar pelaksanaan arus mudik dan arus balik di Kabupaten Tanggamus berjalan dengan baik dan lancar. (Kominfo)

Pemprov Lampung & Dinas Perdagangan Tanggamus Gelar Pasar Murah Bersubsidi

KOTAAGUNG–Pemprov Lampung melalui Dinas Perdagangan menggelar pasar murah bersubsidi, Senin (4/6) di Lapangan Pekon Tanjung Anom Kecamatan Kotaagung Timur.

Sejumlah kebutuhan pokok seperti minyak goreng, telur ayam, beras, gula pasir, terigu hingga daging sapi dijual dalam pasar murah tersebut tentunya dengan harga yang sangat terjangkau.

Pjs Gubernur Lampung Didik Suprayitno dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Provinsi Lampung Ferynia mengatakan, pasar murah digelar untuk menyikapi fenomena kenaikan harga beberapa kebutuhan pokok selama bulan Ramadan utamnya saat menjelang hari raya Idul Fitri. Untuk itu perlu diantisipasi dalam bentuk kegiatan pasar murah.

“Kegiatan pasar murah ini diharapkan dapat membantu masyatakat dalam memperoleh bahan kebutuhan pokok dengan harga murah dibandingkan dengan harga pasar,” ujarnya.

Dilanjutkan Ferynia bahwa kegiatan pasar murah merupakan kegiatan rutin yang digelar setiap tahunnya oleh Pemprov Lampung yang bekerjasama dengan pemerintah kabupaten.”Saya menilai kegiatan ini sangat tepat sebagai salah satu wujud kepedulian pemerintah terhadap masyarakat berpenghasikan rendah untuk mendapatkan kebutuhan pokok dengan harga terjangkau, ” kata Ferynia seperti mengutip perkataan Pjs Gubernur.

Dijelaskan Ferynia bahwa Tanggamus merupakan salah satu dari lima kabupaten yang ditunjuk sebagai tempat pelaksanaan pasar murah. Adapun kupon yang dibagikan untuk masyarakat 12 pekon se Kecamatan Kotaagung Timur sebanyak 2.870 dengan rincian kupon beras 200, gula pasir 670, minyak goreng 900, telur 700 dan tepung terigu 400 lembar.

“Semua komiditi diberi subsidi Rp3.000 sehingga untuk beras kemasan 5 kg yang tadinya dijual 50 ribu per 5 kg menjadi Rp35 ribu per 5 kg,minyak goreng dijual Ro7. 000 liter, gula Rp8. 000/kg dan tepung terigu Rp6. 000/kg,” terangnya.

Sementara itu Pj Bupati Tanggamus Zainal Abidin mengucapkan terimakasih kepada Pemprov Lampung yang sudah memilih Tanggamus sebagai salah satu tempat digelarnya pasar murah. “Ya, kami ucapkan terimakasih atas Gelaran pasar murah ini, yang mana sangat membantu masyarakat, harapannya kalau bisa untuk titik lokasi ditambah lagi,” ujar Zainal.

Kapolres Tanggamus Gelar Rakor kesiapan Pengamanan Hari Raya Idul Fitri

Kapolres Tanggamus Gelar Rakor kesiapan Pengamanan Hari Raya Idul Fitri

Tanggamus – Kapolres Tanggamus Gelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Kesiapan Pengamanan Perayaan Hari Raya Idul Fitri 1439 H Tahun 2018, diLingkungan Hukum Polres Tanggamus ,Rabu ( 30/5).

Turut hadir, Kapolrw Tanggamus AKPBO I Made Rasma, S.Ik, M. Si., Sekdakab mewakili Pj. bupati Andi Wijaya, MT. , Kasdim mewakiki Dandim 0424 Tanggamus, dan Kadishub Pringsewu Hendri mewakili Bupati Pringsewu.

Dalam Sambutan kapolres Tanggamus  AKBP I Made Rasma, S. Ik, M.Si., disampaikan bahwa sebentar lagi kita akan memasuki hari raya Idul Fitri, juga akan diselenggarakannya Asean Games dan pemilukada  Untuk itu kita perlu melakukan upaya- upaya preventif untuk mencegah gangguan yang ada.

Mari kita memfokuskan kegiatan untuk pengamanan ibadah dan hari raya Idul Fitri. Bukan hanya jalur mudik saja tetapi juga kepada lingkungan perumahan masyarakat, termasuk rumah yang ditinggal penghuninya saat mudik. Dalam penyelenggaraan pos pengamanan, kelompok masyarakat sekiranya dapat membantu poskotis.

Mohon dukungan dari seluruh elemen dan stakeholder terkait agar jangan sampai terjadi gangguan kriminalitas. Apalagi saat ini sudah sangat mudah mentebar melalui media sosial. Juga agar penyelenggara penyebrangan harus memenuhi standar yang ada, contohnya pelampung.

Ditambahkan Kapolres Tanggamus, agar Kabag Ops menghimpun semua pihak yg terlibat, menghimpun nomor HP nya dan membuat grup koordinasi dan menginformasikan kepada masyarakat. Pengecoran BBM juga dihentikan, jika masih akan ditindak tetapi  sebelumnya kita akan koordinasikan dulu dengan Pertamina.

Pungutan dijalan juga dihentikan, termasuk pungutan sumbangan oleh masjid-masjid , hal ini agar dikoordinasikan dengan pihak terkait. Dalam hal ini juga Kodim akan mendukung sepenuhnya

Penyelenggaraan kesiapan

Pengamanan Perayaan  Idul Fitri.

Sementara dalam sambutan Sekdakab Andi Wijaya,  MT., mewakili Pj. bupati Tanggamus disampaikan bahwa Pemda siap membantu polres, seperti dalam hal mengatasi kemacetan lalu lintas. Terkait masalah yang ada di lokasi objek wisata, seperti korban tenggelam atau adanya pemalakan.

Selanjutnya, Dishub juga memiliki 62 personil, bis sekolah 2 unit, mobil patroli 2 unit, mobil skylift 1 unit. Untuk Pol PP sendiri menyiapkan 2 org x 2 shif, mobil patroli, mobil dalmas, mobil damkar. Misalnya terjadi kecelakaan atau macet dari pemudik, sarana bisa digunakan. Untu Kwarcab menyiapkan 45 org personil, masing-masing  pos 15 orang dan dibentuk Pramuka peduli. Petugas PMI 15 orang, 3 standby dan 12 orang di Posko,  Ambulan dan peralatan evakuasi. Pelayanan kesehatan, menyiapkan personil pada posko.

Lanjut Sekda, Untuk ketersediaan bahan pangan dari 12 bahan pokok  Tanggamus surplus dan kami sudah meminta kuota tambahan. Kita juga punya website, utk menginformasikan keberadaan Poskotis dan kelengkapannya jika perlu kita membuat grup WA utk koordinasi.

Apel Gabungan Tiga Pilar

Kota Agung Timur–APEL TIGA PILAR
“Bertemakan kita wujudkan sinergitas yang solid dalam rangka meningkatkan situasi yang aman kondusip di kabupaten tanggamus dan kabupaten pringsewu.bertempat di lapangan pemda kabupaten tanggamus rabu (30/05).

Turut hadir dalam Apel gabungan dua kabupaten tersebut.Sekda kab tanggamus.Kasat Pol PP kab tanggamus.Kadis Perhubungan kab tanggamus.Kadis Inspektorat kab tanggamus.kadis Pmd kab tanggamus.Kasat Pol PP peringsewu.Kadis Dishub Pringsewu.Ferkopimda.Asisten I pringsewu.para Anggota Polri Tni dan Para Kepala Pekon.Panwaslu.KPU

Sambutan bapak Kapolda lampung dalam hal ini di sampaikan oleh kapolres tanggamus I Made prasma tanggamus mengatakan menjelang pelaksanaan pemungutan suara Pilkada serentak dengan adanya kegiatan apel ini kita harapkan ke tiga pilar yaitu bhabinkamtibmas Babinsa dan kepala desa lurah kepala pekon selalu bersinergi terutama dalam melaksanakan deteksi dini terhadap segala bentuk ancaman gangguan Kamtibmas di wilayah tugasnya masing-masing “ucapnya.

Disamping itu apel tiga pilar Kamtibmas yang dilaksanakan pada hari ini juga bertujuan untuk mensinergikan tugas dari bhabinkamtibmas Babinsa dan kepala desa kelurahan pebon sebagai ujung tombak dan Garda terdepan dalam mewujudkan situasi kondisi lingkungan yang aman dan nyaman dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi kepala desa Lurah dan harus berpegang teguh pada Pancasila dan Undang udang Dasar 1945 serta dapat memelihara keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan dapat meningkatkan kesejahteraan warga masyarakat di wilayah tugasnya. sementara itu Babinsa sebagai unsur pelaksana Koramil bertugas melaksanakan bimbingan dan tugas teritorial memberikan penyuluhan bela negara serta membangun masyarakat di bidang pertahanan dan keamanan negara. bhabinkamtibmas adalah pengembang Polmas di pedesaan dan kelurahan.

Saat ini kita masih berada dalam suasana puasa ramadhan 1439 Hijriyah tahun 2018 Masehi bulan yang penuh rahmat dan barokah di tengah-tengah kekhusukan kita dalam melaksanakan ibadah kita masih diberi kekuatan dan kesehatan dalam melaksanakan tugas dan kewajiban kita untuk mengabdi kepada bangsa dan negara dan memberikan pelayanan keamanan yang terbaik bagi masyarakat di wilayah Provinsi lampung yang kita cintai ini .

hari ini kita juga masih dalam tahap kampanye Pilkada serentak 2018 yakni pemilihan Gubernur wakil gubernur dan pemilihan bupati wakil bupati Tanggamus dan Lampung Utara serta tahun ini kita juga akan memasuki tahapan Pilpres 2019 yang kesemuanya itu menjadi tanggung jawab kita bersama agar berjalan dengan baik aman lancar dan sukses sesuai dengan harapan bangsa dan negara.

sebagaimana kita ketahui bersama situasi dan kondisi Kamtibmas wilayah Lampung saat ini dalam keadaan aman dan kondusif Hal ini dapat terwujud berkat kerja keras dan upaya kita bersama dalam menjaga dan memelihara Kamtibmas di tengah-tengah masyarakat. kita menyadari bahwa rasa aman itu penting dan Hal yang pokok dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dengan kehadiran negara di tengah masyarakat untuk memberikan pelayanan pengayoman dan perlindungan serta penegakan hukum, kedua masyarakat harus menjadi jaminan agar keberlangsungan hidup dan kehidupan rakyat berjalan dengan baik serta terlaksananya pembangunan nasional.berkaitan dengan hal tersebut saya sampaikan apel tiga pilar Kamtibmas pada hari ini bahwa saudara-saudara merupakan Garda terdepan dalam mengawal dan mendeteksi Dini situasi Kamtibmas di tengah-tengah masyarakat Saya berharap kepada rekan-rekan sekalian kiranya mampu memberikan pelayanan dan keamanan yang terbaik berdayakan semua potensi masyarakat yang ada untuk ikut berpartisipasi aktif dalam menjaga dan menciptakan situasi Kamtibmas yang bagus ini mungkin terjadi perbedaan yang mengarah kepada terjadinya konflik sosial apalagi horizontal yang mengakibatkan terganggunya Kamtibmas budayakan kembali kegiatan-kegiatan yang dapat mencegah terjadinya tindakan kriminal seperti siskamling ketentuan Wajib Lapor bagi pendatang dan ketentuan melapor bagi yang meninggalkan Desa pekon dan yang terpenting adalah selalu siap siaga dalam segala hal sehingga secara cepat dan tepat dapat menanggulangi potensi bermasalah Yang ada terkait Pilkada serentak 2018.

saya tegaskan bahwa Polri TNI dan aparatur sipil negara termasuk kepala desa lurah kepala Pekon wajib Netral karena ketidaknetralan akan menciptakan suasana tidak aman dan memicu kerusuhan netralitas adalah komitmen dan kehormatan ketika aparat tidak Netral maka hal tersebut dapat menjadi pemicu rasa tidak aman dan kerusuhan Pada pelaksanaan Pilkada serentak 2018 yang akan datang di samping pelaksanaan Pilkada serentak 2018 yang pemungutan suara nya akan dilaksanakan pada bulan Juni 2018 yang akan datang juga perlu kita ingat bahwa ke depan masih banyak tugas dan untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat beberapa agenda Kegiatan nasional maupun internasional yang nampak di depan mata kita antara lain masih berjalannya tahapan Pemilukada serentak 2018 operasi ketupat 2018 penyelenggara Asian Game 2018 penyelenggaraan Asian l gathering 2018 di Bali dan tahapan pilpres dan pileg tahun 2019.

Dengan adanya kelompok-kelompok tertentu yang berupaya membuat agenda Kamtibmas tersebut tidak terlaksana dengan sukses dengan melakukan cara-cara yang tidak terhormat dan tidak manusiawi melalui teror bom bunuh diri sehingga situasi Kamtibmas di negara Indonesia yang kita cintai ini tidak kondusif berkaitan dengan hal tersebut maka saya selaku pimpinan Polri Polda Lampung mengajak dan menyerukan kepada seluruh peserta apel tiga pilar Kamtibmas sekalian Untuk tetap menjaga senergitas Mari kita yakinkan kepada masyarakat untuk tidak takut dan tetap melaksanakan rutinitas sehari-hari. Namun demikian tetap waspada dan tingkatkan daya tangkap untuk mempersempit ruang gerak pelaku jangan sampai tujuan dari para pelaku teror tercapai yaitu membuat warga resah dan merasa takut.

Di akhiri amanat kapolres pada apel tiga pilar Kamtibmas hari ini ada beberapa hal yang perlu ditekankan untuk dipedomani dan dilaksanakan antara lain sebagai berikut tingkatkan terus keimanan dan ketakwaan terhadap tuhan yang maha esa dalam melaksanakan tugas di mana saja anda berada agar senantiasa berada dalam lindungannya. kedua Sebagai Aparatur Negara tetap bersikap netral dan tidak berpihak kepada Golongan atau kelompok manapun selama pelaksanaan Pilkada berlangsung. ketiga senantiasa menjadi sumber informasi bagi Pimpinan dan membantu penyelesaian masalah yang terjadi di tengah-tengah masyarakat serta siap menjaga persatuan masyarakat dalam bingkai demokrasi keutuhan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia ke-4 tingkatkan dan pupuk terus soliditas sesama aparatur negara yang baik dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

4 Tim Safari Ramadhan Mulai Lakukan Safari Ramadhan

4 Tim Safari Ramadhan Mulai Lakukan Safari di Tanggamus

Kelumbayan Barat – Sebanyak empat Tim Safari Ramadhan lakukan Safari ke dua puluh kecamatan se Kabupaten Tanggamus. Keempat Tim Safari tersebut masing-masing dipimpin oleh Pj. Bupati Tanggamus Zainal Abidin pada Tim 1, Ketua DPRD Tanggamus Heri Agus Setiawan pada Tim 2, Sekdakab Andi Wijaya pada Tim 3 dan Dandim 0424 Letkol. Anang Hasto Utomo pada Tim 4.

Dalam safari yang dimulai pada hari Jum’at (18/5/18), Tim 1 melakukan Safari di Pekon Lengkukai Kecamatan Kelumbayan Barat, Tim 2 di Pekon Way Nipah Kecamatan Pematang Sawa, Tim 3 di Pekon Umbar Kecamatan Kelumbayan dan Tim 4 di Pekon Rejosari Kecamatan Ulubelu.

Safari Tim 1 sendiri ditempatkan di Masjid Nurul Huda, Pekon Lengkukai, yang dihadiri oleh masyarakat setempat sebelum pelaksanaan buka puasa bersama dilakukan.

Pada kesempatan tersebut Pj. Bupati dan rombongan disambut oleh Camat dan Uspika Kecamatan Kelumbayan Barat, Para Kepala Pekon se-Kecamatan Kelumbayan Barat, tokoh adat, tokoh agama, tokoh pemuda/Karang Taruna/Risma Masjid setempat.

Dalam sambutan tokoh masyarakat yang disampaikan oleh Tb. M. Nur, dirinya bersama masyarakat mengucapkan Alhamdulillah dan terima kasih berkat program pembangunan Pemerintah di Kecamatan tersebut, salah satunya adalah akses jalan yang sudah mereka rasakan dimulai dari perbatasan dengan Kabupaten Pesawaran hingga ke Kecamatan Kelumbayan Induk.

Selanjutnya M. Nur mengharapkan banyak pembangunan lain yang perlu dilakukan di Kelumbayan Barat, termasuk pembangunan Masjid yang ada di Pekon Lengkukai.

Sementara Zainal Abidin mengawali sambutannya dengan memperkenalkan diri kepada masyarakat sebagai Pj.  Bupati Tanggamus. Beliau menyampaikan terima kasih yang sebesar besarnya kepada masyarakat Kecamatan Kelumbayan Barat terlebih kepada Masyarakat Pekon Lengkukai yang sudah menerima kedatangan  beliau dan  seluruh rombongan Tim 1 Safari Ramadhan Pemkab Tanggamus, yang tulus dan ingin bertatap muka, bersilaturahmi dengan warga masyarakat yang ada di pekon Lengkukai. “Apabila masyarakat memiliki aspirasi pembangunan tolong informasikan dengan pihak kami, insya Alloh akan kami jadikan prioritas dalam pembangunan baik pada APBD perubahan atau APBD tahun depan,” kata Zainal. “Atas nama Pemerintah Daerah, saya juga mohon maaf apabila dalam pelayanan Pemerintah Daerah selama ini masih banyak kekurangannya,” tambah Zainal.

Zainal juga menjelaskan terkait dengan situasi keamanan saat ini, dengan adanya teror bom di Surabaya dan ditempat lain. Atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Tanggamus  dan seluruh jajaran, dirinya menghimbau kepada seluruh warga masyarakat yang ada di Kecamatan Kelumbayan Barat, apa bila ada paham paham radikal di lingkungan mereka, agar dapat diinformasikan. “Karena bagaimanapun juga sebenarnya kita muslim  bersaudara, dan Islam tidak mengajarkan  untuk saling membunuh sesame,” terang Zainal. Zainal juga meminta agar masyarakat dan tokoh masyarakat yang ada di tingkat Pekon juga dapat mengantisipasi apabila ada hal hal yang mencurigakan. “Tolong dirangkul dan diajak berbicara dengan baik,” ajak Zainal.

Sedangkan dalam tausiah yang di sampaikan oleh penceramah Ustad Fado’il, yang juga pengurus BAZNAS Tanggamus. Beliau menyampaikan  bahwa Islam sangat tidak mentolelir radikalisme, dan Islam juga tidak mentolelir tentang tindakan bom bunuh diri yang telah terjadi di negeri kita ini. Selain itu beliau juga mengajak untuk meningkatkan iman dan taqwa kita kepada Allah SWT serta berakhlakul karimah.

Dalam kesempatan tersebut, Pj. Bupati Zainal Abidin atas nama Pemerintah Kabupaten Tanggamus menyerahkan bantuan kepada masjid Jami’ Nurul Huda senilai 20 juta rupiah, serta bantuan kepada 20 anak yatim/piatu, masing-masing sebesar 250 ribu rupiah.

Sekda Ajak Pelihara Kerukunan Hidup Beragama

Sedangkan Tim 3 Safari Ramadhan yang dipimpin oleh Sekdakab Andi Wijaya, dilaksanakan di Masjid Jami’ Nurul Iman, Pekon Umbar, Kecamatan Kelumbayan.

Dalam sambutannya Andi mengajak seluruh umat Islam di Kecamatan Kelumbayan khususnya untuk menjalankan ibadah bulan suci Ramadhan 1439 Hijriah dengan penuh rasa syukur, serta dalam nuansa persaudaraan yg rukun dan damai. “Bulan suci Ramadhan merupakan bulan penuh berkah, penuh ampunan, sejuta hikmah dan kemuliaan. Oleh karena itu, atas nama Pemerintah dan atas nama pribadi, menyampaikan permohonan maaf yg setinggi-tingginya kepada seluruh masyarakat Kabupaten Tanggamus khususnya masyarakat Pekon Umbar Kecamatan Kelumbayan,” kata Andi memulai sambutannya.

Lebih lanjut Andi mengatakan bahwa tujuan dari pada Safari Ramadhan ini adalah guna menjalin silaturahmi, menyerap aspirasi masyarakat dan yang terpenting yaitu melihat langsung kendala, hambatan, kesulitan yg dihadapi masyarakat serta realisasi pembangunan. Andi juga menekankan kepada seluruh aparatur Kecamatan dan Pekon agar betul-betul menjalankan tanggung jawabnya, yakni melayani masyarakat dengan ikhlas. “Jangan mempersulit segala urusan masyarakat, serta jangan sampai ada pungutan liar diluar aturan yang ada,” tegas Andi.

Senada dengan Pj. Bupati Tanggamus, Andi juga mengajak seluruh lapisan masyarakat khususnya masyarakat Kecamatan Kelumbayan agar bersama-sama menjaga situasi dan kondisi di wilayah masing-masing sehingga tetap kondusif serta tidak mudah terpancing dengan isu-isu yg menyesatkan, serta bersama-sama meningkatkan kualitas ilmu pengetahuan dan teknologi dan bersemangat imtak (iman dan takwa). “Saya mengajak bersama-sama kita memelihara kerukunan hidup beragama dalam kehidupan masyarakat, baik antara sesama maupun dengan pemeluk agama lain,” tandas Andi.

Pada kesempatan ini juga atas nama Pemerintah Kabupaten Tanggamus, Andi menyerakkan bantuan kepada masjid Jami’ Nurul Iman sebesar 20 juta rupiah, serta bantuan kepada 20 anak yatim/piatu, masing-masing sebesar 250 ribu rupiah. (Tim-Kominfo)

BPKAD Tanggamus Studi Banding Transaksi Non Tunai ke Kota Metro

BPKAD Tanggamus Studi Banding Transaksi Non Tunai ke Kota Metro

Metro — Selasa (15/5/18) Badan Pengelola Keuangan Amrullah dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Tanggamus bersama sejumlah OPD Pemkab Tanggamus melakukan kunjungan studi banding ke BPKAD Kota Metro, terkait Implementasi Transaksi Non Tunai (ITNT) dilingkup Pemerintah Daerah.

Pelaksanaan kegiatan ini sebagai tindak lanjut dari Surat Edaran Mendagri Nomor 910/1867/ SJ/2017 Tentang Implementasi Transaksi Non Tunai pada Pemerintah Daerah, yang harus dilaksanakan di Pemerintahan Kabupaten Tanggamus.

Rombongan dari Pemkab Tanggamus dipimpin oleh Kepala BPKAD Hilman Yoscar, didampingi Kabid Perbendaharaan Yasmiransyah, Kabid Akuntansi Ria Veranida, juga Kabid Humas Derius Putrawan serta sejumlah Kasubag Keuangan dan Bendahara OPD Pemkab Tanggamus.

Rombongan diterima langsung oleh Kepala BPKAD Kota Metro M. Supriadi didampingi Sekretaris Zulfikri serta jajaran pejabat administrator dan pengawas BPKAD Kota Metro.

Sementara Hilman menyampaikan bahwa alasan dipilihnya Kota Metro, karena Kota Metro sudah lebih dahulu melaksanakan transaksi non tunai. Dirinya berharap melalui studi banding ini, akan memberikan pengetahuan dan pengalaman langsung kepada pihaknya dan jajaran OPD dalam pelaksanaan transaksi non tunai di Kabupaten Tanggamus.

Dalam kegiatan tersebut dilakukan diskusi dan tanya jawab di ruang rapat BPKAD Kota Metro. Supriadi menyambut gembira kehadiran rombongan dari Kabupaten Tanggamus dan siap berbagi pengalaman dengan Pemkab Tanggamus terkait pelaksanaan implementasi transaksi non tunai di Kota Metro. “Kami tentunya menyambut gembira kunjungan ini, namun bisa dikatakan ini bukan studi banding, tetapi kita ngobrol ngobrol dan diskusi saja. Semoga kegiatan ini memberikan manfaat bagi kita semua dalam pelaksanaan transaksi non tunai,” kata Supriadi.

Dalam diskusi tersebut diketahui bahwa Pemkot Metro telah menerapkan transaksi non tunai terhadap jumlah belanja yang nilainya lebih besar dari 500 ribu rupiah. “Jadi jika jumlah belanja lebih dari 50Oribu rupiah, harus melalui rekening bank,” terang Supriadi.

Selanjutnya dilakukan juga tanya jawab dan diskusi antara rombongan Pemkab Tanggamus dengan BPKAD Kota Metro.

Diakhir kegiatan Hilman menyampaikan terima kasih kpd jajaran BPKAD Kota Metro, atas dilaksanakannya kegiatan tersebut.

“Terima kasih kepada BPKAD Kota Metro yang telah menerima kami, untuk sharing dan diskusi terkait transaksi non tunai ini. Semoga melalui kegiatan ini akan mempermudah kami dalam melaksanakan transaksi non tunai di Kabupaten Tanggamus,” katanya.

“Selain itu saya juga berharap melalui kegiatan ini seluruh perwakilan OPD dapat lebih memahami pelaksanaan transaksi non tunai, sampai saatnya nanti dilaksanakan di Kabupaten Tanggamus,” tutupnya.

Usai kegiatan diskusi, dilaksanakan juga penyerahan cinderamata dari Kepala BPKAD Kota Metto kepada Kepala BPKAD Tanggamus. (*)

Sekda Tanggamus Hadiri Tabligh Akbar

Kota agung – Dalam rangka menyambut Bulan suci ramadhan.1439 H. Dan Peringatan Hari Bhayangkara Ke 72 dan Pilkada 2018, jajaran Polres Tanggamus menggelar Tabligh Akbar Di halaman parkir Masjid Nurul Faizin Kompleks Islamic Center Kotaagung, Selasa (15/5).

Dalam kegiatan tersebut dihadiri Kapolres Tanggamus, Sekda Tanggamus, Perwakilan Dandim, Para Pejabat Pemkab Tanggamus dan Pringsewu Tokoh Agama, Tokoh Lintas Agama dan masyarakat Tanggamus, Ketua KPU Tanggamus, Ketua MUI Tanggamus.

Kegiatan diawali dengan pembacaan ayat suci alquran oleh petugas, dilanjutkan dengan pembacaan shalawat badar.

Dalam sambutannya Kapolres mengajak meningkatkan ketakwaan pada Tuhan Yang Maha Esa, dan perkuat silahturrahmi dan persatuan, meningkatkan kewaspadaan terhadap aksi Teroris.

Selain itu, terkait pengamanan Pilkada perlu didukung semua pihak, diharapkan ajang pesta demokrasi ini dapat terlaksana dengan damai dan lancar.

Beliau juga mengajak di bulan ramadan ini jadikan sebagai ladang amal ibadah untuk terus semangat bekerja.

Kemudian dilanjutkan dengan ceramah agama oleh Drs. Khoiruddin Yusuf.

Ustad mengajak para alim ulama untuk memahamkan ajaran Islam yang betul dan Benar kepada masyarakat dan anak anak muda, mengingat ada penyimpangan dan penyesatan terhadap pengertian Jihad, seperti teroris muncul karena kesalahan pahaman , dimana Islam tidak mengajarkan bunuh diri dan membunuh manusia lainnya baik dia Islam maupun non Islam berdosa kita menghilangkan nyawa orang Lain.

dan bagi pelakunya Allah menjamin memasukkannya ke neraka tempatnya. Teroris merupakan musuh kita bersama. katanya

Pj Bupati Hadiri Penyerahan Sertifikat Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap

 Sumberejo -.Pemerintah Kabupaten Tanggamus Bagikan 500 Sertipikat Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), di Balai Pekon Margoyoso Kecamatan Sumberejo, Senin (14/05).

Kegiatan berlangsung Sore tadi melalui Badan Pertanahan  Kabupaten Tanggamus yang penyerahan simbolisnya  di serahkan oleh Pj. Bupati Tanggamus ir. Zainal Abidin dan di dampingi oleh Dandim 0424 ARH Nanang Hasto Utomo, Waka Polres  Tanggamus Budi setyadi.

Turut menghadiri Asisten III Bidang Administrasi Firman Rani, Kepala Dinas Kominfo yang dalam kesempatan tersebut di wakili oleh Sekertaris Dinas  Bambang Suyudono,Kapolsek Sumberejo M. Samsari beserta jajaran,Camat Sumberejo dan Unsur Uspika Kecamatan,Kepala Pekon Margoyoso dan seluruh warga Masyarakat Margoyoso penerima pembagian sertipikat pendaftaran tanah tersebut.D

Dalam sambutan Kepala Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Tanggamus Sudarman Hardia Saputra mengatakan bahwa, Badan Pertanahan Nasional (BPN) mendapat mandat yang sangat besar dari Presiden bahwa Tahun 2017 di berikan beban sebanyak 5 juta  Bidang tanah se indonesia dan Kabupaten Tanggamus mendapat beban sebanyak 30.000 bidang tanah dan Alhamdulilah sebanyak 27.000 sertipikat berhasil kita terbitkan. Adapun tanah yang bisa di identifikasi sebanyak 25.000 bidang jadi total yang ter ukur dan teridentifikasi sebanyak 45.000 bidang terbanyak se Provinsi Lampung.

Di sampaikan juga olehnya bahwa di tahun 2017 BPN Kabupaten Tanggamus menargetkan Sebanyak Dua Kecamatan yaitu Kecamatan Gisting dan Kecamatan Sumberejo dan kita rencanakan akan menyisir habis akan tetapi biasanya target tidak semudah dan seindah dengan apa yang di rencanakan, akan tapi Alhamdulilah 27.000 sertipikat itu bukan angka yang kecil. Berkat  dukungan dari semua komponen Pemda, Pokmas dan Masyarakat kita sudah mengerjakan target tersebut dengan kemampuan yang luar biasa.

Pada tahun 2018 Presiden menargetkan 7 juta bidang tanah se indonesia atau di tingkat Nasional dan tanggamus di bebani 45.000 sertipikat dan itu No 2 ter banyak SeProvinsi lampung akan tetapi kalau di itung rata rata 2017 dan 2018 tanggamus terbanyak di atas Lampung utara dan Lampung Selatan.

Untuk tahun 2018 BPN Tanggamus akan menargetkan di wilayah  Kecamaran Talang Padang,Limau,Bulok dan Cukuh Balak.

PTSL yang dahulu kita kenal dengan istilah Pemutihan/Prona  di mana PTSL itu adalah seluruh bidang tanah yang ada di lokasi yang kita targetkan  di sertipikatkan tanpa terkecuali,
termasuk tanah aset Negara Seperti aset Dandim, Aset Polres sampai ke tingkat pekon Kita targetkan semuanya mempunyai sertipikat dengan catatan mensertipikatkan dengan alasan tanahnya masing masing.

Untuk tanggamus PBPN Tanggamus 2017 telah mentargetkan di Dua Kecamatan Sumberejo dan Gisting, 2018 Lima Kecamatan, 2019 lima Kecamatan 2020 lima Kecamatan dan insaalloh Tahun 2021  SeKabupaten tanggamus urusan sertipikat tanah terselesaikan.

Sementara itu Pj. Bupati Tanggamus dalam kesempatan itu atas nama Masyarakat  Kabupaten Tanggamus mengucapkan terimakasih kepada BPN Kabupaten tanggamus  dengan program PTSLnya,  kemudian  Beliau mengajak kepada seluruh masyarakat yang telah menerima sertipikat tersebut utuk  menjaga dengan baik sertipikat tersebut karena sertipikat itu merupakan bukti sebagai kepemilikan tanah , dan terus terang program PTSL tersebut adalah Program dari Pemerintah karena kalau bukan Proram  dari Pemerintah biayaya akan banyak Masyarakan akan mengeluarkan biyaya yang sangat banyak kena potongan pajak kanan kiri.

Dan sertipikat itu selain untu bukti kepemilikan juga bisa di manfaatkan , bisa juga untuk sebagai nilai tambah bagi usaha  masyarakat  seperti di gadaikan di Bank untuk tambah modal meningkatkan usaha.

dan kegiatan  Program PTSL tesebut akan terus berlanjut sampai waktu yang sudah di targetkan.

Kemudian terkait dengan pemberitaan di media Elektronik dan media Cetak Tentang berita pengeboman di Surabaya Beliau menghimbau  kepada Maayarakat  untuk mempelajari lingkungan di sekitarnya . Apa bila di lingkungan sekitar kita ada pemahaman pemahaman radikal tolong dekati beri nasehat dan laporkan ke pihak keamanan setempat.
kemudian kepada Masyarakat Beliau mengajak untuk menjaga ketertipan dan keamanan jangan mudah untuk di hasut hasut sehingga dapat merugikan orang lain dan dirikita sendiri dan kepada Para Tokoh Adat,Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat  beliau mengajak untuk merangkul warganya dan memberi pemahaman pemahaman yang baik yang sesuai dengan kepercayaannya masing masing sehingga tidak mudah terjerumus oleh hasutan hasutan yang dapat mengakibatkan masalah yang dapat merugikan diri sensiri dan orang lain.

Kemudian di sela sela acara tersebut di lakukan penyerahan secara simbolis  sertipikat kepemilikan tanah oleh Pj.
Bupati,Dandim 0424,Wakapolres,Asisten III dan Oleh kepala BPN Kabupaten Tanggamus.

Pj Bupati Memantau Harga Pangan di Beberapa Pasar Di Tanggamus

Kotaagung- Dalam rangka menjelang bulan suci Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri, tim terpadu Pemkab Tanggamus yang tergabung dalam Satuan Tugas Pangan (Satgas Pangan) Tanggamus gelar sidak pasar, pantau harga serta ketersediaan bahan pangan.

Sidak pasar dimulai dari pasar tradisional Kota agung dan hari kedua Pasar Gisting dan talang padang,senin (14/05/2018) pukul 09.30 Wib, dipimpin langsung oleh Pj.Bupati Kabupaten Tanggamus Ir.Zainal Abidin MT, didampingi Kapolres Tanggamus AKBP. I Made Rasma Jemy Karang, S. Ik,yang di wakili oleh Waka Polres kab tanggamus, dan Dandim 0424 Tanggamus Letkol. Arh. Anang Hasto Utomo, S. IP.

Tampak hadir juga dalam sidak ini Asisten II Fb.Karjiono,Kadis Perdagangan Zulfadli, Sekretaris Dinas Kesehatan Taufik Hidayat, Sekretaris Ketahanan Pangan Alkat Alamsyah, Kabag Perekonomian Suyanto,Kadis Kom Info Sabaruddin, Komandan Sat Pol PP Yumin,Kabid rekayasa lalau lintas Dishub Ansory, Camat Giting Firdaus.

Menurut Pj.Bupati kabupaten Tanggamus Ir.Zainal Abidin MT, dalam menghadapi bulan suci Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriyah, tim terpadu Satgas Pangan Pemkab akan melaksanakan sidak ke seluruh pasar di Kabupaten Tanggamus.

“Kita mulai melakukan sidak di pasar ini,untuk memastikan harga terkendali dan ketersediaan bahan pangan mencukupi, sekaligus memantau kelayakan konsumsi bahan makanan. Dan dari hasil sidak hari ini, memang kami temukan beberapan bahan makanan dalam kemasan yang kadaluarsa, dan didapati juga oleh anggota Satgas Pangan, petasan yang dilarang beredar, ” katanya.

Zainal abidin mengatakan, selain itu, tim Satgas Pangan juga akan berkoordinasi dengan pemasok-pemasok bahan pangan, yakni sembako, seperti berkoordinasi dengan agen agen, bulog dan pihak Pertamina. Tujuannya, agar harga dapat terkendali dan tidak terjadi kelangkaan barang seperti gas, yang lazim terjadi jelang Idul Fitri.

“Kita akan berkoordinasi dengan para agen ataupun toko-toko besar di Tanggamus ini, memastikan tidak ada penumpukan stok barang dengan tujuan menaikkan harga, begitu juga dengan agen distributor gas elpiji kita akan pantau, ” ujarnya.

Sementara itu Kapolres AKBP. I Made Rasma, S. Ik dalam hal ini di sampaikan oleh waka polres menerangkan peran Polres Tanggamus dalam kegiatan sidak ini adalah sebagai tim terpadu Satgas Pangan. Adapun poin serta fokus tim Satgas Pangan untuk mensurvey stabilitas harga pangan utamanya sembilan bahan pokok (sembako) dan ketersedian bahan pangan itu sendiri dalam menghadapi bulan suci Ramadan dan Idul Fitri. Selain itu juga memantau peredaran bahan petasan yang mempunyai daya ledak yang dapat mengganggu kekhusyukan umat yang sedang menjalankan ibadah puasa.

“Kegiatan ini akan berkesinambungan, jadi tidak saat ini saja, tim akan terus memantau, terkait harga pangan. Kemudian satgas juga memantau ketersediaan bahan pangan sendiri, sehingga masyarakat Tanggamus tidak resah dalam menghadapi puasa dsn idul fitri,kedepan.