Pemkab Tanggamus Selenggarakan Pengajian Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW

Kota Agung — Rabu (6/12/17) Pemerintah Kabupaten Tanggamus menyelenggarakan Pengajian dalam rangka Peringatan Maulid Nabi Muhamad SAW Tahun 2017 M/1439 Hijriyah, yang ditempatkan di Halaman Kantor Bupati Tanggamus.
Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Tanggamus Hi. Samsul Hadi M.Pd.I, Sekdakab Andi Wijaya, Forkopimda Tanggamus, Para Staf Ahli Bupati, Asisten, Kepala OPD, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK, Ketua DWP, dan seluruh Camat Tanggamus Serta Penceramah KH. Syech Mufasyirin (Abah Anom) dari Pringsewu.
Wabup Hi.Samsul Hadi M.Pd.I dalam sambutannya menyampaikan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 1439 Hijriyah ini dilaksanakan dalam suasana damai dan penuh kebahagiaan.
“Sebagai umat Islam sudah sewajarnya kita lebih dekat mengenal junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW, semua semata-mata untuk meningkatkan iman dan taqwa kita kepada Allah SWT, menjalankan perintahnya dan menjauhi semua larangannya bahwa kita meneladani segala sikap, perilaku tutur kata serta perbuatan, utamanya dalam mewujudkan keadilan tatanan kehidupan yang semakin Sejahtera,” kata Wabup.
“Saya juga mengajak semua umat untuk senantiasa menjaga ukhuwah persaudaraan, sebagai bangsa persaudaraan sesama umat manusia, dan sesama umat muslim, sehingga masyarakat dapat hidup tentram, penuh nuansa kedamaian serta rasa kebersamaan, karena pengaruh globalisasi akan terus merusak masyarakat, maka dari itu kita harus membentengi diri kita dari pengaruh tersebut dengan meneladani Nabi Muhamad SAW,” tambahnya.
Wabup melanjutkan, Pemkab Tanggamus telah melaksanakan program-program yang bersifat kerohanian yang bernuansa Islami yang telah dan akan dilaksanakan oleh Pemkab Tanggamus. Yang meliputi, 1800 Majelis Taklim masing-masing telah diberi bantuan sebesar Rp500 Ribu, Masjid/Mushola yang dikunjungi setiap pelaksanaan safari Ramadan di 20  Kecamatan masing-masing mendapatkan bantuan sebesar 20 Juta Rupiah dan tahun ini akan kita tingkatkan 15juta rupiah per masjid/Mushola, serta guru ngaji sebanyak 302 orang setiap pekon mendapatkan 600 ribu Rupiah per orang.
Setiap tahunnya juga lanjut Wabup, membantu Penceramah/Khatib sebanyak 302 orang per pekon, dengan masing-masing 600 ribu rupiah per orang dan PPN se  Tanggamus sebanyak 247 oranh dengan jumlah 750 ribu Rupiah per orang, serta Tahun 2017 ini Pemkab telah memberangkatkan umroh ke tanah suci sebanyak 22 orang jamaah.
Wabup juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak karena segala pembangunan infrastruktur dan bathiniah yang telah dan akan dilaksanakan oleh Pemkab Tanggamus tidak akan terlaksana dengan baik kalau tidak didukung oleh Masyarakat Tanggamus.
“Saya mengajak kepada kita semua, mari kita tingkatkan rasa ukhuwah persaudaraan diantara kita, demi menatap masa depan yang lebih cerah menuju visi Kabupaten Tanggamus untuk menjadikan masyarakat lebih Sejahtera, Agamis Mandiri, Unggul dan Berdaya Saing,” pungkasnya. (Deni-Kominfo).

Perolehan Medali Kabupaten Tanggamus pada Porprov ke-VIII

Tanggamus–Data valid perolehan medali Kabupaten Tanggamus pada ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Lampung ke VIII tahun 2017, hingga hari terakhir laga, Selasa (05/12/2017) adalah 19 emas, 25 perak dan 38 perunggu.
Perolehan medali tersebut menghantarkan Kabupaten Tanggamus di posisi peringkat ke 8 dari 15 Kabupaten/ Kota yang berlaga di ajang Porprov Lampung ke VIII tahun 2017 ini.
Dan tentunya perolehan medali Kabupaten Tanggamus ini, sangat membanggakan masyarakat Tanggamus, karena hanya meleset satu emas dari target 20 emas.
Kemudian jika  dibandingkan pada Porprov sebelumnya yakni Porprov ke VII, perolehan medali Tanggamus ini sangat jauh diatasnya. Sebab pada Porprov ke VII, Tanggamus hanya diperingkat ke 14, dengan perolehan emas hanya 3.
Menurut Ketua Harian Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Tanggamus Ir. Shofwan, MM, peraihan 19 emas tersebut dari cabang olahraga (cabor) catur 1 emas, karate 2 emas, panahan 4 emas, pencaksilat 2 emas, wushu 6 emas, renang 1 emas, tinju 2 emas dan kempo 1 emas.
“Data tersebut dari pengamatan langsung dilapangan saat pertandingan final, oleh para pendamping cabor dan panitia bagian humas,” katanya.
Shofwan menerangkan, untuk perolehan medali perak Kabupaten Tanggamus sebanyak 25 medali, kemudian untuk perolehan medali perunggu Kabupaten Tanggamus sebanyak 38 medali.
Adapun sistem penginputan data medali, sekretariat humas Porprov Kabupaten Tanggamus bersifat mobile, yaitu menginput data langsung ke lokasi pertandingan final, sehingga data yang diperoleh validitasnya tidak diragukan.
“Jadi kami tidak hanya berpatokan data di sekretariat humas dan media pada panitia besar, pendamping cabor langsung turun ke lapangan untuk memvalidasi data perolehan medali Tanggamus,” terangnya.
Diketahui data lengkap perolehan medali Kabupaten Tanggamus yang juga berdasarkan release resmi bagian humas KONi Provinsi Lampung, adalah sebagai berikut, perolehan 19 medali emas, dari cabang olahraga (cabor) catur 1 emas, karate 2 emas, panahan 4 emas, pencaksilat 2 emas, renang 1 emas, tinju 2 emas, wushu 6 emas dan kempo 1 emas.
Untuk perak dipersembahkan dari cabor catur 1 perak, karate 1 perak, panahan 3 perak, panjat tebing 1 perak, pencak silat 3 perak, tinju 4 perak dan wushu 7 perak, kempo 4 perak dan taekwondo 1 perak
Untuk perolehan medali perunggu ditorehkan oleh cabor atletik 1 perunggu, basketball 1 perunggu, karate 8 perunggu, panjat tebing 3 perunggu, pencaksilat 3 perunggu, sepaktakraw 5 perunggu, tinju 6 perunggu, wushu 5 perunggu, kempo 4 perunggu dan taekwondo 2 perunggu.
Adapun urutan peringkat perolehan medali Porprov Lampung ke VIII tahun 2017, adalah peringkat ke-1 Bandar Lampung, 2 Pesawaran, 3 Lamsel, 4 Pringsewu, 5 Metro, 6 Lampura, 7 Lambar, 8 Tanggamus, 9 Lamtim, 10 Lamteng, 11 Way Kanan, 12 Tuba, 13 Pesibar, 14 Tubaba dan terakhir peringkat ke-15 Mesuji.(Tim)