Diskominfo Tanggamus Gelar Sarasehan Diseminasi Informasi di SMAN 1 Talang Padang

Talang Padang — Rabu (8/11) Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tanggamus, menggelar Sarasehan Diseminasi Informasi di Aula SMAN 1 Talang Padang.

Dalam sambutannya Kepala SMAN 1 Talang Padang mengucapkan syukur dan terima kasih atas kerjasama Dinas Kominfo Kabupaten Tanggamus yang mengarahkan kegiatan Sarasehan ini di Smantap (SMAN Talang Padang).

Agar para siswa-siswi di Smantap ini mengerti dampak positif dan negatifnya menggunakan internet. Ia juga meminta agar para pelajar dapat mengikuti Sarasehan ini dengan baik dan menanyakan hal-hal yang belum dimengerti kepada kedua Narasumber, agar Sarasehan ini memberikan manfaat bagi para pelajar.

Kedepan Sudirman juga berharap agar kegiatan ini dapat dilaksanakan dengan sasaran yang lebih banyak lagi. Agar semakin banyak anak-anak yang mengetahui dan memahami dalam berinteraksi dengan internet, tentang manfaat dan bahayanya berinternet.

Kadis Kominfo Sabaruddin dalam sambutannya menyampaikan bahwa Sarasehan Diseminasi Informasi ini adalah salah satu upaya diseminasi (penyebaran) informasi kepada masyarakat, yang saat ini adalah pelajar di SMAN 1 Talang Padang.

“Terlebih dalam kondisi kemajuan teknologi informasi saat ini, kami sebagai Pemerintah Daerah harus tanggap tentang dunia informasi, tentang baik dan buruknya kemajuan teknologi informasi tersebut, yang meliputi dua aspek yakni aspek kemanfaatannya dan aspek kerugiaannya atau aspek negatifnya,” tambah Sabaruddin.

Sabarudin juga berharap kepada siswa siswi Smantap (SMAN Talang Padang) agar bisa mengikuti kegiatan ini dengan baik. “Melalui sarasehan ini diharapkan bisa memberi pencerahan dan penyegaran tentang manfaat dan dampak internet serta bisa memahami Undang Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dalam berintraksi dengan internet,” katanya.

“Seperti perbuatan yang dilarang sebagai mana yang tercantum dalam pasal 27, 28 dan 29 UU ITE, misalnya unggahan asusila, perjudian, pencemaran nama baik dan pengancaman, berita bohong, penghasutan, dan ancaman, yang akan menarik kita kedalam proses hukum jika kita melanggarnya,” tambah Sabaruddin.
Adapun tema yang diangkat dalam Sarasehan ini adalah “Manfaat dan Dampak Internet” dengan sasaran 80 orang siswa-siswi SMAN 1 Talang Padang.

Dalam Sarasehan yang diikuti oleh 80 orang siswa-siswi Smantap tersebut bertindak sebagai Narasumber Drs. Sabaruddin Kepala Dinas Kominfo Kominfo Tanggamus dan Nurjoko, S.Kom., MTI., Dosen sekaligus Ketua Jurusan Sistem Informasi IBI Darmajaya Bandar Lampung, dengan moderator Derius Putrawan, SP, MM., Kabid Humas dan IKP Pemkab Tanggamus.

Dalam Sarasehan tersebut, Sabaruddin menyampaikan materi tentang Memahami Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) Dalam Berinteraksi Dengan Internet sedangkan Nurjoko menyampaikan materi tentang Internet Sehat dan Aman.

Dalam kesempatan itu juga dijelaskan tentang kewajiban registrasi nomor telepon prabayar dan menjawab sejumlah pertanyaan tentang registrasi tersebut. Dimana para peserta sangat antusias berinteraksi dalam sarasehan tersebut. Selain itu diserahkan juga bingkisan berupa buku dan souvenir kepada lima peserta yang terpilih. (Deni-Kominfo).

Penandatanganan Prasasti Bantuan Rehabilitasi Sekolah

Pulau Panggung (8/11/17).

Rabu pagi Wakil Bupati Tangggamus Hi.Samsul Hadi, M.P, di menghadiri dan sekaligus menandatangani Prasasti Sekolah yang mendapat bantuan rehab Gedung SD, SMP SeKabupaten Tanggamus  yang di laksanakan di   Halaman SD N 1 Muara Dua Kecamatan Pulau Panggung.

Turut hadir Kepala Dinas Pendidikan  Kabupaten Tanggamus , Kapolsek  Pulau Panggung Kepala UPT Dinas Pendidikan Pulau Panggung, Para Bapak, Ibu Kepala  Sekolahah SD, SMP yang mendapat Bantuan dan dewan guru SD, SMP, Para Wali Murit SD N 1 Muara Dua dan SD N 1 Penantian dan seluruh tamu undangan.

Dalam laporan Ketua Panitia Pelaksana  Kepala UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Pulau Panggung (Sri Handoko) melaporkan bahwa dari 23 Prasasti yang akan di tandatangani   Oleh Wakil Bupati 5 diantaranya  berasal dari Kecamatan Pulau Panggung diantaranya  SD N 1 Muara Dua, SD N1 Penantian, SD N 1 Tekad SD N 1 Sinarmancak dan SMP N 1 Pulau Panggung dan kedepan akan menyusul SD N 1 Air Kubang. Di laporkan juga oleh Beliau  yang sekarang dalam tahap pengerjaan  ada  2 Sekolah, Jadi total bantuan rehab sekolah yang di Kecamatan  Pulau Panggung 8 Sekolah.

Sambutan Tokoh Masyarakat ( Samsuri)   atas nama Masyarakat Pulau Panggung menyampaikan rasa terimakasih yang sebesar besarnya atas Bantuan yang di berikan oleh Pemerintah Daerah, Tentu rasa terimakasih tersebut tidak hanya di  lisan saja akan kami buktikan  dengan cara bersama sama menjaga dan merawat bantuan tersebut , Dan mudah mudahan apa yang telah di berikan  oleh Pemerintah Daerah dapat bermanfa’at  bagi kita semua.

Sementara itu dalam sambutannya Wakil Bupati Hi.Samsul Hadi, M.P, di menyampaikan bahwa, di Kabupaten Tanggamis Tanggamus masih banyak Sekolah yang perlu mendapatkan rehab ruang antara lain, ruang Kelas , ruang Guru dan  ruang Kepala Sekolah.

Karna bangunan tersebut ada yang di bangun belasan bahkan puluhan tahun yang lalu, beberapa Sekolah ada juga yang masih kekurangan ruang belajar shingga melaksanakan proses   belajar mengajar sampai dobel shif.

Sejalan dengan itu Pemerintah Daerah terus berupaya untuk melaksanakan rehabilitasi  ruang kelas belajar, membangun perpustakaan dan menambah ruang kelas baru melaluiana  Dana DAK(Dana Alokasi Kusus) di bidang Pendidikan dan Dana bantuan dari Pemerintah Pusat yang di lakukan secara bertahap. Beliau berharap di akhir tahun 2018  semua sekolah sudah belajar pagi hari, tidak ada lagi yang dobel shif.

Beliau berpesan kepada Bapak Ibu Kepala Sekolah, Dewan Guru dan Para Wali Murid untuk senantiasa menjaga dan merawat bangunan sekolah sehingga dengan bangunan yang terawat akan membuat para siswa nyaman dalam menerima pelajaran yang di berikan oleh Guru Gurunya, dan kepada Para Wali Murid Beliau berpesan  agar tanggung jawab mendidik tidak diserahkan sepenuhnya kepada Guru di sekolah akan tetapi menjadi tanggung jawab orang tua juga di lingkungan rumah.

Rasa terimakasih juga Beliau Sampaikan kepada  Komite Sekolah dan Para Wali Murid yang sudah ikut berpartisipasi didalam membangun sarana dan prasarana  tambahan di sekolah.(Ismail – Kominfo)