DPRD KAB. TANGGAMUS GELAR PEMBAHASAN KUA PPAS –P APBD TAHUN 2017

DPRD Kabupaten Tanggamus menjalankan salah satu fungsi, Tugas dan wewenangnya sebagai badan pengawasan, kewenangan mengontrol pelaksanaan perda dan peraturan lainnya serta kebijakan pemerintah daerah.

Bertempat di ruang sidang, DPRD Kabupaten Tanggamus menggelar pembahasan tentang Prioritas Dan Plafon Anggaran Sementara _Perubahan ( KUA PPAS P)  APBD Tahun Anggaran 2017. Dihadiri Ketua DPRD Kab Tanggamus Heri Agus Setiawan, S.Sos, Wakil Ketua I & Wakil Ketua II , serta sejumlah anggota DPRD Tanggamus diantaranya ;H. Tedi Kurniawan, SE,  Baharen, Irwandi Suralaga, S. Ag, Kurnain, S. IP, Herwansyah, SE. BAPPEDA ,BPAD Serta perwakilan dari masing-masing Satker (SKPD).

Sesuai jadwal yang telah di agendakan, yaitu, dari tgl 25-31 Agustus 2017, ada 45 Satuan Kerja (Satker) diagendakan menyampaikan  Rincian Plafon Anggaran Sementara Perubahan per program dan kegiatan tahun anggaran 2017. Secara estafet setiap satuan kerja menyampaikan laporannya sesuai jadwal yang telah ditentukan

Sebagai Badan yang salah satu fungsinya sebagai Pengawasan, DPRD Kab. Tanggamus berkewajiban memastikan agar Anggaran yang di salurkan ke masing-masing satker dapat dipergunakan dan dipertanggungjawabkan sebagaimana mestinya dan hasilnya dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat Tanggamus.

Sampai berita ini diturunkan sudah 25 Satker (SKPD) yang menyampaikan pertanggungjawabannya dihadapan  anggota DPRD Kab. Tanggamus.

-DA


 

HUT HIMPAUDI KE-12

Pulau panggung – Wakil Bupati Tanggamus Hi. Samsul Hadi, M.Pd.I didampingi Ketua Himpaudi Kabupaten Hj. Af’illah, S.Pd.i menghadiri sekaligus membuka secara resmi Acara Peringatan HUT Himpaudi Ke 12 Tingkat Kabupaten Tanggamus di Lapangan Pekon Tekad Kecamatan Pulau Panggung,Selasa(29/8).

Turut hadir dalam acara tersebut Camat Pulau Panggung, Talang Padang,Sumbrejo,Air Naningan,dan Ulu Belu ., Perwakilan dari Dinas Pendidikan Tanggamus, UPT Pendidikan,Perwakilan Polsek Talang Padang, Uspika Kecamatan,Camat dan Bunda Paud dari lima kecamatan, Ketua Organisasi Mitra PAUD se Kabupaten Tanggamus,serta Para Guru PAUD dari wali murid dari lima kecamatan.

Dalam laporan ketua Himpaudi Kabupaten Tanggamus Ibu Hj. Af’illah,S.Pd.I Beliau menyampaikan dalam rangka mewujudkan karakter dilingkungan keluarga dan lembaga PAUD serangkaian GERNAS MANJUR (Gerakan Nasional Pembelajaran Aku Anak Jujur) ke II kita laksanakan dengan tema ” Melalui Penguatan Pendidikan Karakter Anak Usia Dini ,kita Songsong Lahirnya Generasi Cerdas Berintegritas”

Peringatan Hut XII HIMPAUDI Tahun 2017 ini dengan mengusung Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter secara paralel pada lembaga PAUD ,Pendidik dan Tenaga Kependidikan Keluarga dan Organisasi Himpaudi.

Terdapat dua kegiatan yang akan dilaksanakan yaitu, Gerakan pendidikan keluarga serentak se- indonesia  pada hari sabtu ,tanggal 20 Mei 2017, Lomba karya nyata guru dalam penguatan pendidikan karakter di lembaga PAUD  yaitu lomba Best Practise pembelajaran untuk penguatan pendidikan karakter anak usia dini selama periode 21 mei- 20 juni 2017.

 

Untuk kegiatan Hut XII Himpaudi pada tahun 2017 ini agak berbeda dari tahun sebelumnya , dilaksankan pada 4 zona dengan jadwal yang berbeda dan untuk hari ini dilaksanakan di zona 2 dengan anggota 5 kecamatan yaitu Pulau Panggung,Talang Padang,Sumberejo,Air Naningan,dan Ulu Belu.

Adapun kegiatan lomba yang akan dilaksanakan adalah: Lomba paduan suara dengan lagu Mars Himpaudi ,Himne Himpaudi. Yel yel Himpaudi.dan Gebyar menggunting dan menempel yang diikuti kurang kebih 2000  peserta didik dari lima kecamatan.

Tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk mempererat tali silaturahmi seluruh unsur baik antar anggota Himpaudi selaku pendidik dan wali peserta didik selaku masyarakat dengan pemerintah Kabupaten Tanggamus.

 

Adapun daftar juara pemenang dalam rangka Hut Himpaudi ke 12 tahun ini di kec.Pulau Panggung dari laporan panitia Bapak Abdul Somad,diantaranya: Juara I Kec.Sumbereji dengan jumlah nilai 740,Juara II Kec.Pulau Panggung dengan jumlah nilai 635,Juara III Kec.Air Naningan dengan jumlah nilai 630,Juara IV Kec.Talang Padang dengan jumlah nilai 625,dan Juara V Kec.Ulu Belu dengan jumlah nilai 580.

Sementara dalam sambutan Wakil Bupati Tanggamus Hi.Samsul Hadi,M.Pd.I beliau menyampaikan Selamat Hari Jadi Himpaudi yang ke 12 ,semoga momentum ini dan semangat berdirinya HIMPAUDI yang di deklarasikan pada tanggal 31 Agustus 2005 di Batu Malang Jawa Timur akan menjadi motivasi bagi saudara-saudara dalam wujud kepedulian ,bukti tekad penuh keikhlsan serta kesungguhan dari proses yang panjang pembentukan calon penerus bangsa ,aset bangsa yang akan membentuk wajah dunianya nanti.

Mudah-mudahan Himpaudi terus bekerja keras dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Tanggamus. Kepada guru dan pengurus Himpaudi saya berpesan agar Himpaudi terus berfikir meningkatkan kualitas guru juga kualitas murid. Di Kabupaten Tanggamus masalahnya adalah mengenai kualitas  namun kuantitasnya cukup, oleh karena itu saya minta untuk program-program di tahun 2018 arahnya kepada peningkatan kualitas.Orang tua harus tahu bagaimana cara mendidik anak dengan baik dan kedepan anak-anak kita harus bisa membaca dan menulis.

 
Saya berharap agar Barisan HIMPAUDI Tanggamus mampu menjadikan Himpaudi sebagai organisasi profesi  yang menghimpun pendidik dan tenaga kependidikan anak usia dinj di Tanggamus agar bersama sama dapat berusaha dan berdaya guna dan hasil guna.