Pengukuhan Paskibraka 2017

Senin tanggal 15 Agustus 2017 pukul 14.00 Wib. bertempat di gedung Islamic Center Kec. Kotaagung telah berlangsung kegiatan Pengukuhan Peserta Paskibraka Kabupaten Tanggamus Tahun 2017.

Turut hadir
KH. Samsul Hadi, M.Pd.I (Wakil Bupati Tanggamus), Letkol Inf. Hista Soleh Harahap (Dandim 0424/Tanggamus), AKBP. Alfis Suhaili, S.IK, M.Sc (Kapolres Tanggamus), Drs. Firman Ranie (Asisten III Bidang Administrasi Kab. Tanggamus), Porkopinda Kab. Tanggamus, Para Guru Pendamping dan Para orang Tua Wali Murid.

Samutan,

a. KH. Samsul Hadi, M.Pd.I (Wakil Bupati Tanggamus), Atas nama pribadi dan pemerintah Kab. Tanggamus mengucapkan selamat kepada anak-anak Didik Paskibraka yang telah terpilih untuk menjadi Pengibar Bendera Sang Merah Putih Kab. Tanggamus.

b. Anggota Paskibra adalah putra putri yang memiliki keistimewaan, tidak hanya sebagai pengibar bendera dalam rangka memperingati hari proklamasi kemerdekaan 2017. Akan tetapi adik harus mampu menunjukkan keteladanan sebagai pelajar yang berprestasi, bersiplin, bermoral serta memiliki jiwa Nasionalisme.

c. KH. Samsul Hadi, M.Pd.I berpesan kepada adik-adik agar menjadi generasi yang maju dan unggul, yang mengusai ilmu pengetahuan dan teknologi serta berkarya, selain itu juga harus memiliki itegritas kepribadian yang baik, mental yang kokoh, ulet dan tegar dan pantang menyerah dan berjuang demi kemajuan Kab. Tanggamus yang kita cintai bersama serta bangsa dan Negara kesatuan Republik Indonesaia.

d. KH. Samsul Hadi, M.Pd.I berpesan kepada adik-adik agar menjadi ujung tombak persatuan dan kesatuan Bangasa, pertahankan kecekatan persaudaraan dan kekompakan ketika kalian semua menapak kedepan dalam meniti karir untuk meraih masa depan yang lebih mandiri.

e. Acara kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab serta foto bersama.

f. Acara kegiatan Pengukuhan Peserta Paskibraka Kabupaten Tanggamus Tahun 2017, dapat berjalan dengan tertib dan lancar dan dihadiri sekitar 150 orang dan selesai sekira pukul 15.20 Wib.

DPRD Kabupaten Tanggamus Gelar Sidang Paripurna Istimewa

Kotaagung_  Dalam Sidang kali ini Terdapat empat (4) Agenda sidang yang akan dilaksanakan, yaitu;

Mendengarkan pidato kenegaraan Presiden RI Ir. Joko Widodo dalam rangka HUT RI Ke-72, Rapat Paripurna penyampaian KUPA-PPAS-P Perubahan APBD Kabupaten Tanggamus, Rapat Paripurna penyampaian KUA-PPAS APBD Kabupaten Tanggamus T/A 2018 dan Rapat Paripurna penyampaian rancangan peraturan Daerah Kabupaten Tanggamus.

Sidang dipimpin oleh Ketua DPRD Kabupaten Tanggamus Heri Agus Setiawan, S.Sos, didampingi Wakil Ketua I Drs  Hi Rusli Shoheh MM, Wakil Ketua II Aris Budianto S. Pd dan Wakil Ketua III Sunu Jatmiko, S.Sos

Rapat Paripurna yang digelar terbuka untuk umum ini dilaksanakan di ruang sidang DPRD Setempat, Rabu (16/8) Dihadiri oleh Wakil Bupati Kab Tanggamus Samsul Hadi Spd.i, Uspida, kepala SKPD dan dihadiri 31 anggota DPRD Tanggamus

 

Sidang diawali dengan  mendengarkan sambutan/pidato Presiden Ri Ir. Joko Widodo. Dalam sambutannya Presiden mengucapkan terimakasih untuk semua lembaga negara atas kerja samanya dalam membangun bangsa ini, Presiden menegaskan ; untuk menjadikan sejarah perjuangan sebagai tonggak persatuan dan kesatuan, “Kedepan Bangsa ini akan menghadapi tantangan yang besar, saya yakin kita bisa melaluinya karena Bangsa ini bangsa yang besar” kata Presiden.

Presiden dalam pidato sambutannya juga menegaskan agar seluruh lembaga negara bisa bekerja bersama, pemerintah terus berusaha untuk melakukan pemerataan pembangunan, keadilan sosial untuk semua lapisan masyarakat, baik yang di daerah terluar dan di daerah perbatasan.

‘Presiden menegaskan “agar Rakyat di perbatasan/daerah terluar bisa merasakan kehadiran Negara, melalui pemerataan pembangunan infrastruktur, Jangan ada rakyat yang merasa menjadi warga kelas dua, semua harus sama mendapatkan keadilan sosial dan pelayanan yang sama”, Menutup pidatonya, presiden Mengucapkan Dirgahayu Republik Indonesia Ke-72

Berlanjut pada agenda selanjutnya yaitu Penyampaian Rancangan KUPA Dan Rancangan PPAS Perubahan APBD Kab Tanggamus Tahun 2017

Dalam pidatonya, Wakil Bupati Tanggamus, Samsul Hadi Spd.i  menjelaskan; Penyusunan KUPA dan PPAS-P kabupaten Tanggamus Tahun 2017 ini dilakukan berlandaskan Perubahan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Tanggamus Tahun 2017 yang ditetapkan dengan Peraturan Bupati Tanggamus Nomor 29 Tahun 2017. Dalam dokumen Perubahan RKPD dinyatakan bahwa tema pembangunan kabupaten Tanggamus tahun 2017 adalah Memantapkan pembangunan infrastruktur, pelayanan kesehatan dan Ekonomi Daerah untuk meningkatkan kesempatan kerja, Pemenuhan kebutuhan Dasar dan pengurangan kesenjangan”


Berdasarkan tema tersebut maka prioritas pembangunan Kabupaten Tanggamus Tahun 2017 yaitu :

  1. pemantapan daya dukung infrastruktur yang berkelanjutan
  2. peningkata akses dan pelayanan kesehatan serta pemerataan kualitas pendidikan
  3. penguatan kedaulatan pangan melalui revitalisasi pertanian, peternakan, perkebunan, kelautan dan perikanan
  4. peningkatan keberdayaan masyarakat untuk penanggulangan kemiskinan dan perluasan kesempatan kerja
  5. peningkatan kualitas lingkungan hidup, pengelolaan sumber daya alam dan energi terbarukan
  6. peningkatan stabilitas kamtibmas dan peningkatan kualitas pelayanan perijinan
  7. peningkatan tata kelola pemerintahan dan reformasi birokrasi
  8. pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif serta peningkatan prestasi olahraga

 

Melanjutkan agenda sidang yang ke tiga, yaitu Penyampaian Rancangan KUA dan PPAS APBD Kabupaten Tanggamus Tahun 2018, Wakil Bupati Tanggamus, Samsul Hadi S.Pd.i menjelaskan;

RKPD Kabupaten Tanggamus tahun 2018 yang ditetapkan melalui peraturan Bupati Tanggamus Nomor 22 Tahun 2017 menjadi landasan dalam penyusunan KUA dan PPAS Tahun 2018, dalam dokumen RKPD tersebut telah digariskan bahwa tema pembangunan kabupaten Tanggamus tahun 2018 adalah “Memantapkan Pembangunan Infrastruktur, Pelayanan Publik Dan Pariwisata Untuk Memacu Investasi dan Mempercepat Pertumbuhan Ekonomi Yang Berkualitas

Berdasarkan Tema tersebut, maka prioritas pembangunan Kabupaten Tanggamus tahun 2018 yaitu :

  1. Infrastruktur dan konektifitas
  2. Kesehatan dan pendidikan
  3. Pariwisata dan iklim investasi
  4. Kedaulatan pangan
  5. Penanggulangan kemiskinan
  6. Pengembangan wilayah
  7. Ketahanan energi, lingkungan hidup dan mitigasi bencana
  8. Kamtibmas dan reformasi birokrasi

Dalam agenda sidang yang terakhir, Wakil Bupati Tanggamus, Samsul Hadi, Spd.i menyampaikan 8 (delapan) buah rancangan peraturan Daerah kabupaten Tanggamus

Sebagaimana di amanatkan UUD No 23 Tahun 2014 tentang pemerintahan Daerah, sesuai dengan pasal 18 ayat (7) UUD RI Tahun 1945 dijelaskan, diperlukan penetapan kebijakan daerah untuk menjadi pedoman yang memiliki legalitas yang kuat dalam pelaksanaanya.

Oleh karna itu secara resmi wakil Bupati menyampaikan 8 buah Ranperda yang di ajukan kepada Dewan terhormat

Ranperda tersebut adalah

  1. Perda kabupaten tanggamus tentang APBD Tahun anggaran 2018
  2. Perda kabupaten tanggamus tentang Retribusi pelayanan tera ulang
  3. Perda kabupaten tanggamus tentang perubahan atas peraturan daerah No 5 tahun 2015 tentang tata cara pemilihan pengagkatan/pelantikan dan pemberintian kepala pekon
  4. Perda kabupaten tanggamus tentang pengelolaan barang milik daerah pemerintah kabupaten tanggamus
  5. Perda kabupaten tanggamus tentang penyelenggaraan pendidikan
  6. Perda kabupaten tanggamus tentang perubahan atas perda kabupaten tanggamus No 06 tahun 2011 tentang retibusi pasar
  7. Perda kabupaten tanggamus tentang perubahan atas perda no 04 tahun 2014 tentang retribusi pasar/pertokoan
  8. Perda kabupaten tanggamus tentang perubahan atas perda No 16 tahun 2012 tentang retribusi pengendalian menara telekomunikasi.