PENILAIAN LOMBA P3KSS DAN GSI TINGKAT PROVINSI LAMPUNG

AirNaningan – Tim penilai Lomba P3KSS dan GSI Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2017  menyambangi Pekon Sinar Jawa Kecamatan Air Naningan,Senin (7/8). Kedatangan Tim Penilai tersebut disambut langsung oleh Sekretaris Daerah Tanggamus Andi Wijaya,ST.MM, Wakil Ketua TP PKK Hj. Af”illah, S.Pd.I ,Ketua DWP Ibu Andi Arjuliyati Syam, Kepala Dinas KB dan PP Destamrini, Asisten I Paksi Marga,Ast.III Firman Rani, Para staf ahli, Para Kepala SKPD ,Para Camat se Kab. Tanggamus ,Kepala Pekon,dan seluruh warga Pekon Sinar Jawa setempat.

Dalam laporan Ibu Ketua PKK Pekon Sinar Jawa .Ibu Sujiani Suroso beliau menyampaikan bahwa penetapan lokasi pelaksanaan program terpadu p3kss di pekon sinar jawa kec. air naningan berdasarkan surat keputusan gubernur lampung nomor : G/611/B.II.12/HK/2016 Tanggal 20 oktober 2016 tentang penetapan lokasi kegiatan program terpadu peningkatan perempuan menuju keluarga sehat sejahtera (P3KSS) di provinsi lampung tahun 2017 sampai dengan tahun2019.

Adapun kegiatan fisik meliputi:perbaikan rumah tidak layak huni,Pemanfaatan pekarangan dengan memanfaatkan tanaman obat, pembuatan saung meeting, dan pemanfaatan halaman dengan membuat kolam. Kegiatan non fisik meliputi; penyuluhan 10 program pokok pkk oleh tim penggerak PKK, penyuluhan UU Nomor 23 tahun 2004 tentang penanggulangan kdrt, penyuluhan UU Perkawinan, pembinaan kelompok wanita tani (KWT), Dan sosialisasi KKG ( Kesetaraan dan keadilan gender).Serta kegiatan usaha perluasan kesempatan kerja dan usaha perempuan untuk peningkatan penghasilan bagi diri dan keluarga ,meliputi : pelatihan kewirausahaan perempuan, keterampilan pengolahan panganan, peningkatan ketrampilan olah limbah plastik.

Dusun bungur jaya berjumlah 51 orang, dusun sinar banten berjumlah 31 orang.Sedangkan kondisi awal perumahan calon warga binaan sebelum dilaksanakan pembinaan adalah, tidak memiliki jamban/wc  25 rumah, jamban darurat 55 rumah ,lantai tanah 78 rumah, ventilasi kurang baik 74 rumah, tidak ada lubang sampah  97 rumah, dan spal tidak baik 92 rumah.

Adapun bentuk pembinaan yang diberikan berupa penyuluhan diberbagai bidang ,pembinaan lingkungan ,pembinaan rohani dan pembinaan keterampilan untuk warga binaan. Selanjutnya pembinaan lanjutan meliputi kegiatan peningkatan pengetahuan dan keterampilan dan kondisi perumahan dan warga binaan setelah pelaksanaan pembinaan.

Selanjutan dalam sambutan Wakil Bupati Tanggamus yang diwakilkan oleh Sekretaris Daerah Andi Wijaya,ST.MM,Beliau menyampaikan program terpadu P3KSS merupakan salah satu program peningkatan peranan perempuan dalam pembangunan untuk mengembangkan sumber daya manusia dan sumber daya alam untuk mewujudkan keluarga sehata dan bahagia dalam rangka pembanguna masyarakat dengan perempuan sebagai penggerkanya. Pelaksanaan program terpadu P3KSS di pekon sinar jawa kecamatan air naningan telah dilaksanakan sejak tahun 2016 diawali kerjasama tim penggerak PKK ttanggamus dengan instansi terkait melalui survey lapangan dengan hasil yang didapatkan masih adanya kondisi rumah yang tidak layak huni lingkunagan yang kurang sehat dan perilaku masyarakat yang kurang mencerminkan hidup sehat.

Kami berharap kepada tim penilai dapat melakukan penilaian tanpa mengesampinhkan upaya masyarakat setempat sehingga tujuan dari kegiatan ini benar-benar dapat tercapai dan membawa manfaat secara luas bagi masyarakat khususnya di pekon sinar jawa kecamatan air naningan ini. Perlu juga kami sampaikan mewakili masyarakat tanggamus pada umunya dan msyarakat pekon sinar jawa pada khususnya  bahwa sekiranya dipandang layak tidak berlebihan harapan kami bahwa pekon sinar jawa mendapatkan nilai terbaik pada lomba P3KSS dan GSI tingkat provinsi lampung tahun 2017.

Sementara dalam sambutan Gubernur Lampung yang diwakilkan oleh Asisten I Bidang Pemerintah dan Kesra Bapak Ir. Heri Suliyanto,SE., beliau menyampaikan Program terpadu peningkatan peranan perempuan menuju keluarga sehat sejahtera (P3KSS) merupakan slaah satu program dalam pembanguan dengan mengembangkan sumber daya manusia ,sumber daya alam dan lingkungan guna mewujudkan dan mengembangkan keluarga sehat sejahtera dan bahagia ditingkat desa dengan perempuan sebagai penggeraknya.

begitu pula dengan gerkan sayang ibu (GSI) yang merupakan upaya untuk menurunkan angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian bayi (AKB)yang merupakan gerkan masyarakat bersama pemerintah untuk peningkatan dan perbaikan kulaitas hidup kaum perempuan demi pembangunan sumber daya manusia.

Pemerintah provinsi lampung terus mendukung percepatan pembanguna di kabupaten tanggamus melalui program unggulan pemerintah provinsi lampung yang berlokasi di kabupaten tanggamus anatara lain meliputi “Sarana dan prasrana jalan, pendidikan, pemukiman, pertanian, perkebunan dan peternakan serta pemberdayaan perempuan. Begitu pula dalam rangka percepatan penanggulangan kemiskina diprovinsi lampung ,mka pemerintah provinsi lampung melaksanakan program gerkan membangun desa (Gerbang ) Desa Saburai, yaitu suatu gerkan dalam rangka meningkatkan kerja samadan peran aktif masyarakat dalam berbagai bidang pembangunan dan penguatan persatuan dan kesatuan masyarakat berdasarkan semangat kekeluargaan dan kegotong royongan dan Alhamdulillah gerbang desa saburai juga dilaksanakan dikabupaten tanggamus.

Saya meminta kepada Tim Penilai Lomba  untuk melaksanakan penilaian secara objektif sehingga tujuandari kegiatan ini benar-benar dapat dipertanggungjawabkan dan kepada segenap unsur yang terkait dapat memberikan data informasi yang benardan akurat sehingga penilaian dapat terlaksana dengan baik.

Adapun anggota tim penilai P3KSS anatara lain: Kepala dinas pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak provinsi lampung Dewi Budi Utami,SE., Renny Maisari,SE., Diana Rosalian,S.Sos., Siti Dewi Nadiroh,SE.MH., Dinas kesehartan provinsi lampung Leniwati,A.Mg., Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Ir. Lili Ernani, dinas Koperasi dan UKM Ir. Nuria Slama,MM., Dinas pemberdyaan masarakat dan desa Dra. Ariana Ganie, Dinas pendidikan dan kebudayan Bunyamin Sinuhaji, Perwakilan BKKBN Erma Yulianti, SH. M.Sc., Serta dari TP PKK Provinsi lampung Ria Nova.