DPRD KAB. TANGGAMUS GELAR PEMBAHASAN KUA PPAS –P APBD TAHUN 2017

DPRD Kabupaten Tanggamus menjalankan salah satu fungsi, Tugas dan wewenangnya sebagai badan pengawasan, kewenangan mengontrol pelaksanaan perda dan peraturan lainnya serta kebijakan pemerintah daerah.

Bertempat di ruang sidang, DPRD Kabupaten Tanggamus menggelar pembahasan tentang Prioritas Dan Plafon Anggaran Sementara _Perubahan ( KUA PPAS P)  APBD Tahun Anggaran 2017. Dihadiri Ketua DPRD Kab Tanggamus Heri Agus Setiawan, S.Sos, Wakil Ketua I & Wakil Ketua II , serta sejumlah anggota DPRD Tanggamus diantaranya ;H. Tedi Kurniawan, SE,  Baharen, Irwandi Suralaga, S. Ag, Kurnain, S. IP, Herwansyah, SE. BAPPEDA ,BPAD Serta perwakilan dari masing-masing Satker (SKPD).

Sesuai jadwal yang telah di agendakan, yaitu, dari tgl 25-31 Agustus 2017, ada 45 Satuan Kerja (Satker) diagendakan menyampaikan  Rincian Plafon Anggaran Sementara Perubahan per program dan kegiatan tahun anggaran 2017. Secara estafet setiap satuan kerja menyampaikan laporannya sesuai jadwal yang telah ditentukan

Sebagai Badan yang salah satu fungsinya sebagai Pengawasan, DPRD Kab. Tanggamus berkewajiban memastikan agar Anggaran yang di salurkan ke masing-masing satker dapat dipergunakan dan dipertanggungjawabkan sebagaimana mestinya dan hasilnya dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat Tanggamus.

Sampai berita ini diturunkan sudah 25 Satker (SKPD) yang menyampaikan pertanggungjawabannya dihadapan  anggota DPRD Kab. Tanggamus.

-DA


 

HUT HIMPAUDI KE-12

Pulau panggung – Wakil Bupati Tanggamus Hi. Samsul Hadi, M.Pd.I didampingi Ketua Himpaudi Kabupaten Hj. Af’illah, S.Pd.i menghadiri sekaligus membuka secara resmi Acara Peringatan HUT Himpaudi Ke 12 Tingkat Kabupaten Tanggamus di Lapangan Pekon Tekad Kecamatan Pulau Panggung,Selasa(29/8).

Turut hadir dalam acara tersebut Camat Pulau Panggung, Talang Padang,Sumbrejo,Air Naningan,dan Ulu Belu ., Perwakilan dari Dinas Pendidikan Tanggamus, UPT Pendidikan,Perwakilan Polsek Talang Padang, Uspika Kecamatan,Camat dan Bunda Paud dari lima kecamatan, Ketua Organisasi Mitra PAUD se Kabupaten Tanggamus,serta Para Guru PAUD dari wali murid dari lima kecamatan.

Dalam laporan ketua Himpaudi Kabupaten Tanggamus Ibu Hj. Af’illah,S.Pd.I Beliau menyampaikan dalam rangka mewujudkan karakter dilingkungan keluarga dan lembaga PAUD serangkaian GERNAS MANJUR (Gerakan Nasional Pembelajaran Aku Anak Jujur) ke II kita laksanakan dengan tema ” Melalui Penguatan Pendidikan Karakter Anak Usia Dini ,kita Songsong Lahirnya Generasi Cerdas Berintegritas”

Peringatan Hut XII HIMPAUDI Tahun 2017 ini dengan mengusung Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter secara paralel pada lembaga PAUD ,Pendidik dan Tenaga Kependidikan Keluarga dan Organisasi Himpaudi.

Terdapat dua kegiatan yang akan dilaksanakan yaitu, Gerakan pendidikan keluarga serentak se- indonesia  pada hari sabtu ,tanggal 20 Mei 2017, Lomba karya nyata guru dalam penguatan pendidikan karakter di lembaga PAUD  yaitu lomba Best Practise pembelajaran untuk penguatan pendidikan karakter anak usia dini selama periode 21 mei- 20 juni 2017.

 

Untuk kegiatan Hut XII Himpaudi pada tahun 2017 ini agak berbeda dari tahun sebelumnya , dilaksankan pada 4 zona dengan jadwal yang berbeda dan untuk hari ini dilaksanakan di zona 2 dengan anggota 5 kecamatan yaitu Pulau Panggung,Talang Padang,Sumberejo,Air Naningan,dan Ulu Belu.

Adapun kegiatan lomba yang akan dilaksanakan adalah: Lomba paduan suara dengan lagu Mars Himpaudi ,Himne Himpaudi. Yel yel Himpaudi.dan Gebyar menggunting dan menempel yang diikuti kurang kebih 2000  peserta didik dari lima kecamatan.

Tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk mempererat tali silaturahmi seluruh unsur baik antar anggota Himpaudi selaku pendidik dan wali peserta didik selaku masyarakat dengan pemerintah Kabupaten Tanggamus.

 

Adapun daftar juara pemenang dalam rangka Hut Himpaudi ke 12 tahun ini di kec.Pulau Panggung dari laporan panitia Bapak Abdul Somad,diantaranya: Juara I Kec.Sumbereji dengan jumlah nilai 740,Juara II Kec.Pulau Panggung dengan jumlah nilai 635,Juara III Kec.Air Naningan dengan jumlah nilai 630,Juara IV Kec.Talang Padang dengan jumlah nilai 625,dan Juara V Kec.Ulu Belu dengan jumlah nilai 580.

Sementara dalam sambutan Wakil Bupati Tanggamus Hi.Samsul Hadi,M.Pd.I beliau menyampaikan Selamat Hari Jadi Himpaudi yang ke 12 ,semoga momentum ini dan semangat berdirinya HIMPAUDI yang di deklarasikan pada tanggal 31 Agustus 2005 di Batu Malang Jawa Timur akan menjadi motivasi bagi saudara-saudara dalam wujud kepedulian ,bukti tekad penuh keikhlsan serta kesungguhan dari proses yang panjang pembentukan calon penerus bangsa ,aset bangsa yang akan membentuk wajah dunianya nanti.

Mudah-mudahan Himpaudi terus bekerja keras dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Tanggamus. Kepada guru dan pengurus Himpaudi saya berpesan agar Himpaudi terus berfikir meningkatkan kualitas guru juga kualitas murid. Di Kabupaten Tanggamus masalahnya adalah mengenai kualitas  namun kuantitasnya cukup, oleh karena itu saya minta untuk program-program di tahun 2018 arahnya kepada peningkatan kualitas.Orang tua harus tahu bagaimana cara mendidik anak dengan baik dan kedepan anak-anak kita harus bisa membaca dan menulis.

 
Saya berharap agar Barisan HIMPAUDI Tanggamus mampu menjadikan Himpaudi sebagai organisasi profesi  yang menghimpun pendidik dan tenaga kependidikan anak usia dinj di Tanggamus agar bersama sama dapat berusaha dan berdaya guna dan hasil guna.

PELEPASAN KONTINGEN SEPAK BOLA U-16

Senin (28/08) Kota Agung. Wakil Bupati Tanggamus H. Samsul Hadi, M.Pdi melepasan kontingen Sepak Bola U-16  pada hari ini keberngkatan 2 kontingen sepak bola ke batang hari lampung timur, yang mana agenda akan di buka oleh Menpora pada senin sore pukul ) 03:00 WIB, dalam pertandingan tingkat lampung untuk memperebutkan tiket simatra liga santri.
Dalam Kompetisi Liga santri nasional Kabupaten Tanggamus tahun lalu lolos hingga ke babak semifinal yang di wakili oleh pondok pesantren Darul Ulum, tahun ini yang mewakili Kabupaten Tanggamus dalam Kompetisi sepakbola ini yakni Pondok Pesantren Al’Falah kecamatan Pugung. Wakil Bupati berharap ditahun ini kontingen perwakilan tanggamus dapat bermain dengan sungguh-sungguh dan dapat menunjukkan bahwa tanggamus bisa menjadi juara untuk tingkat nasional di Palembang dan dapat melanjutkan bersaing hingga ke Magelang tambahnya.

HUT Pramuka ke 56

Kota Agung — Sabtu (26/8), bertempat di SUPM Way Gelang Kec. Kota Agung Barat, Wakil Bupati Tanggamus yang juga Kamabicab Pramuka Kabupaten Tanggamus Hi. Samsul Hadi, M.Pd.I, bertindak sebagai Pembina Upacara pada Peringatan HUT Pramuka ke 56 Tahun 2017 Tingkat Kabupaten Tanggamus.
Upacara dihadiri juga oleh Plh. Sekdakab Drs. Hi. Firman Ranie, para Staf Ahli Bupati, Asisten Sekdakab dan para Kepala SKPD yang juga anggota Mabicab Pramuka Kabupaten Tanggamus, Jajaran Kwarcab dan Kwaran se Kabupaten Tanggamus. Turut pula Camat se Kabupaten Tanggamus, Danramil Kota Agung, Dansos Kamla TNI AL Kota Agung, Kepala SUPMN Kota Agung, Ambalan Gerakan Pramuka Tanggamus serta anggota Pramuka Penegak, Penggalang dan Siaga se Kabupaten Tanggamus yang berjumlah sekitar 1200-an peserta.
Dalam sambutannya Hi. Samsul Hadi menyampaikan semoga kegiatan ini  semakin menguatkan komitmen kita bersama dalam upaya pembentukan karakter kaum muda sebagai calon pemimpin bangsa, sebagaimana tema besar peringatan Hari Pramuka ke-56 : Bekerja untuk Kaum Muda, Mewariskan yang Terbaik Bagi Bangsa.
Pada zaman yang bergerak demikian cepat karena modernisasi di berbagai aspek kehidupan ini, menjadikan pembinaan generasi muda penuh tantangan. Oleh karenanya bebagai langkah antisipasi harus dilakukan. “Langkah-langkah nyata pembentukan karakter perlu dilakukan, agar anak-anak bangsa tumbuh menjadi pribadi yang kuat, tangguh, yang siap mempertahankan tetap tegaknya Pancasila dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang ber-Bhinneka Tunggal lka,” tegas Samsul.
“Satu diantara langkah pembentukan karakter tersebut adalah melalui Gerakan Pramuka. Gerakan yang bertujuan pada pembentukan sumberdaya manusia secara utuh, yang kuat secara fisik dan mental, cerdas, disiplin, sekaligus tetap memiliki kedalaman batiniah dengan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, cinta tanah air dan bangsa, serta kasih sayang pada sesama manusia,” tambahnya.
Lebih lanjut Samsul mengatakan bahwa revitalisasi Gerakan Pramuka sebagai salah satu penguatan karakter bangsa harus terus dilakukan. Revitalisasi gerakan pramuka tidak dapat berhasil tanpa kerja keras serta dukungan dari seluruh komponen masyarakat. Beberapa Iangkah untuk mewujudkannya adalah dengan memperkuat organisasi, manajemen dan kepemimpinan kwartir, dan mengaktifkan gerakan tersebut di seluruh tingkatan sekolah yang ada.
“Dengan demikian Gerakan Pramuka akan menjadi jawaban untuk menekan situasi yang memprihatinkan kaum muda saat ini yang akrab dengan kekerasan, kriminalitas, seks bebas, narkoba, dan Iain-Iain penyakit sosial yang menjadi ancaman yang nyata dan merapuhkan kedaulatan bangsa Indonesia.” Tandasnya.
Dalam kegiatan ini juga dilaksanakan Perkemahan Sabtu Minggu (Perjusami) yang diikuti jajaran Gerakan Pramuka se Kabupaten Tanggamus.
Usai pelaksanaan upacara, Samsul dan rombongan menuju ke kolam pemancingan SUPM, untuk melaksanakan kegiatan mancing bersama, guna menambah keakraban diantara kakak pembina dan anggota Pramuka di Kabupaten Tanggamus.

HUT Himpaudi Ke 12 Tingkat Kabupaten Tanggamus

Gisting – Wakil Bupati Tanggamus Hi.Samsul Hadi, M.Pd.I didampingi Ketua Himpaudi Kabupaten Hj.Af’illah,S.Pd.i menghadiri sekaligus membuka secara resmi Acara Peringatan HUT Himpaudi Ke 12 Tingkat Kabupaten Tanggamus di Lapangan SD 1 Pekon Gisting Bawah Kecamatan Gisting,Jumat (25/8).

Turut hadir dalam acara tersebut Camat Gisting Firdaus,Perwakilan dari Dinas Pendidikan Tanggamus, UPT Pendidikan, Uspika Kecamatan,Camat dan Bunda Paud kec.Gisting,Ketua Organisasi Mitra PAUD se Kabupaten Tanggamus,serta Para Guru PAUD dari wali murid dari lima kecamatan.

Dalam laporan ketua Himpaudi Kabupaten Tanggamus Ibu Hj. Af’illah,S.Pd.I Beliau menyampaikan dalam rangka mewujudkan karakter dilingkungan keluarga dan lembaga PAUD serangkaian GERNAS MANJUR (Gerakan Nasional Pembelajaran Aku Anak Jujur) ke II kita laksanakan dengan tema ” Melalui Penguatan Pendidikan Karakter Anak Usia Dini ,kita Songsong Lahirnya Generasi Cerdas Berintegritas”

Peringatan HUT XII HIMPAUDI Tahun 2017 ini dengan mengusung Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter secara paralel pada lembaga PAUD ,Pendidik dan Tenaga Kependidikan Keluarga dan Organisasi Himpaudi.

Terdapat dua kegiatan yang akan dilaksanakan yaitu, Gerakan pendidikan keluarga serentak se- indonesia  pada hari sabtu ,tanggal 20 Mei 2017, Lomba karya nyata guru dalam penguatan pendidikan karakter di lembaga PAUD  yaitu lomba Best Practise pembelajaran untuk penguatan pendidikan karakter anak usia dini selama periode 21 mei- 20 juni 2017.

Untuk kegiatan HUT XII Himpaudi pada tahun 2017 ini agak berbeda dari tahun sebelumnya ,pada HUT XII HIMPAUDI 2017 ini dilaksankan pada 4 zona dengan jadwal yang berbeda dan untuk hari ini dilaksanakn di zona 2 dengan anggota 5 kecamatan yaitu Gisting,Gunung Alip, Kotaagung, Kotaagung Timur ,dan Pugung.

Asapun kegiatan lomba yang akan dilaksanakan pada hari ini adalah: Lomba paduan suara dengan lagu Mars Himpaudi ,Himne Himpaudi. Yel yel Himpaudi.dan Gebyar menggunting dan menempel yang diikuti oleh peserta didik di lima kecamatan.

Tujuan dilaksanakan kegiatan ini adlah untuk mempererat tali silaturahmi seluruh unsur baik antar anggota Himpaudi selaku pendidik dan wali peserta didik selaku masyarakat dengan pemerintah Kabupaten Tanggamus.

Sementara dalam sambutan Wakil Bupati Tanggamus Hi.Samsul Hadi,M.Pd.I beliau menyampaikan Selamat Hari Jadi Himpaudi yang ke 12 ,semoga momentum ini dan semangat berdirinya HIMPAUDI yang di deklarasikan pada tanggal 31 Agustus 2005 di Batu Malang Jawa Timur akan menjadi motivasi bagi saudara-saudara dalam wujud kepedulian ,bukti tekad penuh keikhlsan serta kesungguhan dari proses yang panjang pembentukan calon penerus bangsa ,aset bangsa yang akan membentuk wajah dunianya nanti.

Mudah-mudahan Himpaudi terus bekerja keras dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Tanggamus. Kepada guru dan pengurus Himpaudi saya berpesan agar Himpaudi terus berfikir meningkatkan kualitas guru juga kulaitas murid. DiKabupaten Tanggamus masalahnya adalah mengenai kulaitas namun kuantitasnya cukup, oleh karena itu saya minta untuk program-program di tahun 2018 arahnya kepada peningkatan kualitas.Orang tua harus tahu bagaimana cara mendidik anak dengan baik dan kedepan anak-anak kita harus bisa membaca dan menulis.

Saya berharap agar Barisan HIMPAUDI Tanggamus mampu menjadikan Himpaudi sebagai organisasi profesi  yang menghimpun pendidik dan tenaga kependidikan anak usia dinj di Tanggamus agar bersama sama dapat berusaha dan berdaya guna dan berhasil guna.

KUNJUNGAN MENTERI PERTAHANAN RI KE LIMAU KABUPATEN TANGGAMUS

 
Limau – Menteri Pertahanan Republik Indonesia Bapak Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu mengunjungi Kabupaten Tanggamus tepatnya di Kawasan industri Maritim serta selanjutnya berkunjung ke Masyarakat tempatnya di rumah Suntan Pangeran Adat II Marga Limau Bapak Junait Pikhri,di Pekon Padang Khatu Kecamatan Limau, Kamis 24 Agustus 2017.
 
Turut hadir dalam acara tersebut  Wakil Bupati Tanggamus Hi. Samsul hadi, M.Pd.I, Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Am. Putranto.M.Si., Gubernur Lampung yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan Politik dan Hukum Ibu Theresia Surmin, SH., Danrem 043 Garuda Hitam  Kol.Infantri Hadi Basuki, M.si., Kodim 0424 Tanggamus Kol.Inf.Hista Soleh Harahap, Kapolres Tanggamua Alfis Suhaili, S.Ik,M.Si., Camat Limau Mahpuz, Uspika Kecamatan, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan seluruh warga  marga Kecamatan Limau.
Dalam Sambutan Wakil Bupati Tanggamus Hi. Samsul Hadi, M.Pd.i beliau menyambut baik atas Kedatangan Menteri Pertahanan Bapak Jend.TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu ke Kabupaten tanggamus dalam rangka kunjungan kerja ke Areal Lahan Kawan industri Maritim Kabupaten Tanggamus.
Selain merupakan suatu kehormatan bagi kami, kehadiran bapak Menteri kali ini juga merupakan bentuk perhatian Oemerintah Pusat kepada segenap masyarakat Tanggamus ,kami berharap perhatian bapak Menteri menjadi motivasi bagi kami untuk semakin berupaya meningkatkan kualitas dan kesejahteraan Masyarakat Tanggamus yang lebih baik.
Sampai saat ini proses kesiapan Infrastruktur Industri dan pendukung KIM terus berlangsung. Jaringan jalan yang melalui dan terdapat di Kawasan Industri Maritim menurut statusnya adalah Jalan strategis Provinsi. Jaringan jalan strategis Provinsi meliputi jalan yang melalui Hanura -Padang Cermin-Napal-Putih Doh- Simpang Kuripan-Kotaagung (Jarak 120 km) dapat ditingkatkan menjadi jalan nasional (Jalan lintas Pantai Barat ) yang menghubungkan beberapa kabupaten dalam Provinsi Lampung dan Provinsi Lampung dwngan Provinsi Bengkulu.
Berkaitan dengan Infrastruktur Jalan ini, kami berharap bahwa Pemerintah Provinsi Lampung dan Pemerintah Pusat dapat membantu terkait seperti Peningkatan Status Jalan, Perbaikan Jalan meliputi perluasan badan Jalan dan perkerasan Jalan,dan menentukan alternatif jalan menuju lokasi yang terpisah sesuai dengan aktivitas kegiatan Industri.
Kabupaten Tanggamus terdiri dari 20 Kecamatan, 299 Pekon dan 3 kelurahan di Kab. Tanggamus, lebih kurang sudah 6 tahun ini masyarakat Kabupaten Tanggamus menantikan pembangunan  KIM dan mudah-mudahan akan segera terealisasi.
Kabupaten Tanggamus memiliki potensi sumber daya alam yang besar, salah satunya bakal lokasi pembangunan KIM di Batu Balai Pekon Ketapang Kec. Limau.
Junait Fihri (Sutan Pangeran Adat 2 Marga Limau) dalam sambutannya menyampaikan antara lain : A. Junait Fihri (Suntan Pangeran Adat 2 Marga Limau) dalam sambutannya menyampaikan:
a) Selamat datang kami ucapkan kepada Bapak Menhan atas kekurangan kami dalam menyambut rombongan dari Kemenhan dan mohon di maklumi.
b) Ini merupakan sejarah di Pekon Padang Ratu Kecamatan Limau Kab. Tanggamus yang baru pertama kalu ini di kunjungi pejabat Mentri Pertahanan beserta rombongan.
c) Kami sangat mendukung program Pemerintah dalam rencananya untuk membangun kawasan Industri Maritim yang kebetulan bertempat di Pekon kami semoga cepat terealisasi, dengan terealisasinya pembangunan kawasan industri maritim otomatis berdampak untuk kemajuan pembangunan Provinsi Lampung khususnya Kec. Limau Kab. Tanggamus.
d Kami berharap kepada masyarakat Khususnya Kec. Limau dapat mendukung dan jangan ada yang menghalangi/mempersulit program pembangunan KIM di Pekon kita ini.
Jendral Purn. TNI. H. Ryamizard Ryacudu (Menhan RI / Gelar Sutan Tuan Kaca Marga) dalam sambutannya menyampaikan antara lain :
a) Saya merupakan asli pribumi Lampung yang mempunyai gelar Sutan Kaca Marga artinya sebagai pembina 62 penyeimbang atau kesutanan yang ada di Provinsi Lampung ini semoga kembali jaya karena kesutanan ini sudah lebih dari 500 tahun.
b) Kami atas nama Pemerintah datang Ke Kecamatan Limau ini untuk meninjau lokasi yang nantinya akan di bangun Kawasan Industri Maritim (KIM) karena Industri Pertahanan yang ada di pulau kawa lokasinya sudah tidak layak lagi.
c) Produk Industri Pertahanan kita sudah di akui kwalitasnya kepada duni terbukti dengan adanya negara-negara lain yang membeli alustista dari negara kita.
d) Kawasan induatri maritim ini nantinya akan berdiri 3 perusahaan BUMN dibantaranya:
a. PT. PINDAD
b. PT. PAL
c. PT. DI
e) Kami sudah melaksanakan survei ke beberapa daerah untuk menentukan lokasi yang cocok untuk membangun Kawasan Industri Maritim ini dan yang paling cocok lokasinya berada di Kabupaten Tanggamus ini, terimakasih atas dukungan dan sambutan dari masyarakat Kabupaten Tanggamus dan hasil ini akan kami laporkan kepada Bapak Presiden RI

Bazar Hewan Qurban

Gisting – Wakil Bupati Tanggamus Hi.Samsul Hadi,M.Pd.I menghadiri dan resmi membuka acara Bazar Hewan Qurban di Lapangan Kasrab Pekon Gisting Atas Kecamatan Gisting.
Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Lampung yang diwakili oleh Ibu Kusmiati, Kepala Dinas Peternakan Tanggamus Ir.Sofwan,MM.,Bapak Rintoko ketua Panitia penyelenggara Bazar hewan Qurban,Para kepala OPD Kab.Tanggamus, Camat Gisting Firdaus,S.Pd., Uspika Kecamatan,dan segenap Panitia.
Dalam laporan ketua panitia penyelenggara Bazar Hewan Qurban Bapak Rintoko,beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan selama satu hari yakni bertempat di Lapangan Kasrap pekon gisting atas kec.Gisting.
Tujuan dari kegiatan ini adalah, Membantu masyarakat dalam memperoleh daging Qurban yang aman ,sehat,utuh,dan Halal. Mencegah terjadinya penyakit Zoonosis yang dapat ditularkan melalui tata niaga hewan Kurban. Menarik investor dan memperluas jaringan pasar. Sert memberikan motivasi kepada para peternak dalam mengelola ternaknya.
Jenis hewan kurban pada bazar ini adalah sapi,kambing,dan domba. Jumlah hewan kurban yang diikutsertakan pada hari ini sebanyak 100 ekor ,namun apabila permintaaan terhadap hewan kurban ini melebihi jumlah hewan yang tersedia  maka panitia bazar siap untuk memfasilitasi permintaan hewan kurban.
Acara bazar hewan Kurban ini menawarka. Berbagai keuntungan bagi para pembeli diantaranya: hewan kurban dijual dengan harga yang relatif murah. penjualan hewan menggunakn sistem timbang badan misalnya saja  untuk jenis hewan kambing harga mulai daru Rp 1.500.000 per ekor dengan type A ( berat badan 18-20 kg ) sampai dengan Rp 3.500.000 per ekor untuk type F (Berat badan 49- 53 Kg). Hewan kurban bisa diantar pada H-1 pelaksanaan penyembelihan kurban. Seluruh hewN kurban sudah dicek kelayakannya secara syariah,dan gratis antar untuk wilayah Gisting ,kota Agung Pusat,Talang Padang,Gunung Alip,dan Sumberejo.
Sementara dalam sambutan Wakil Bupati Tanggamus Hi.Samsul Hadi,M.Pd.I beliau menyambut baik dan gembira atas diselenggarakannya kegiatan Bazar Hewan Qurban ini. Saya menilai acara ini merupakan momentum yang sangat baik sebagai upaya agar pembangunan sub sektor peternakan lebih dapat ditingkatkan dan dikembangkan serta untuk mendorong gairah para peternak bahwa tidak perlu jauh-jauh untuk para peserta bisa mendapatkan hewan kurban yang layak dikurbankan.
Saya berharap kepad Para kepala OPD Yang ada di Kab.Tanggamus berkenan untuk berkurban pad Hari Raya ansemha itu kita peruntukkan bagi masyarakat Tanggamus.
Masalah peternakan salah satu dantaranya belum adanya Pasar Hewan  dan juga belum adanya rumah untuk pemotongan hewan  kurban dan ini perlu difikirkan agar kedepan para peternak kita yang ada di Tanggamus ini bisa menjadi peternak yang prifesional seperti  di negara-negara lain atau di Daerah lain.
Saya  juga berharap pada masa-masa yang akan datang kegiatan seperti ini dapat terus dilaksanakan bahkan ditingkatkan.

Pawai Budaya Dalam Rangka Peringatan HUT RI Ke 72

Kotaagung –  Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Tanggamus Hj.Af’illah  S.Pd.I resmi Melepas Pawai Budaya dalam Rangka Memperingati HUT RI ke 72 Tahun Tingkat Kabupaten Tanggamus, Senin (21/8).
Acara pawai Budaya tersebut berjalan dan Star dari Depan Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Pekon terbaya kecamatan Kotaagung dan berakhir Finish di Taman Terbuka Hijau Kotaagung.
Turut Hadir dalam acara tersebut Ketua DWP ibu Andi wijaya,Ibu-Ibu PKK Kabupaten ,PLH Sekda Firman Rani, Kadis Kebudayaan Gandung hartadi,Kepala SKPD terkait,Kapolsek  A.Lubis, Koramil Kotaagung,Camat Kotaagung Ibu Wiwin Triani,Uspika Kecamatan ,serta Seluruh segenap panitia kegiatan.
Dalam Laporan Kadis Kebudayaan Bapak Gandung Hartadi, beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini diikuti dari 20 Kecamatan yang ada di Kab.Tanggamus dan terbagi dalam 32 Group yakni melibatkan dari dari tingkat SD,SMP,SMA/MA ,bahkan Upt dari perkecamatan,namun ada juga yg tidak mengirim dikarnakan jarak dan kondisi yang tidak memungkinkan.
Tujuan dari diadakannya Pawai budaya ini yakni memberikan kepada masyarakat untuk mengenal kembali pahlawan bangsa dengan tema temu kenali kembali karakter Pahlawan sebagai dasar suri tauladan berbangsa.
Untuk kedepan akan dilaksanakan lebih meriah lagi dalam bentuk Tanggamus Karnival ,kirab,dan keprajuritan.
Untuk kirab keprajuritan akan dilaksanakan di TMMI Jakarta untuk merebutkan tropi Plus Tingkat Nasional.
Disamping itu juga diberikan Piagam Penghargaan dan Tropi plus Kepada Para juara Pawai budaya.Tropi tersebut akan diberikan langsung Oleh Wakil Bupati Tangamus,Ibu Ketua TP PKK, Keta DWP Tanggamus,dan dari Porkopimda Tanggamus.
Adapun yang dinilai dari para peserta yang mengikuti Pawai Budaya adalah dari Kreatifitasnya,tema ,Harmonisasi dan Akredesif.
Sementara dalam Sambutan Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Hj.Af’illah,S.Pd.I beliau menyampaikan Rasa syukur dan bahagia melihat masyarakat Tanggamus khusunya yang ada dikotaagung ini membaur bersama menyaksikan pawai budaya. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat Tanggamus adalah masyarakat yang mencintai dan melestarikan budayanya sendiri sekaligus cinta damai serta menjunjung tinggi kebersamaan dan tali persaudaraan.
Oleh karena itu, saya mengajak kepada kita semua masyarakat Tanggamus untuk terus melestarikan budaya lokal dan selalu memperkuat tali persaudaraan dan kerukunan diantara kita semua.

PERINGATAN HUT RI KE-72 KABUPATEN TANGGAMUS

KOTAAGUNG—Pemkab Tanggamus menggelar upacara
Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekan Ke-72 Republik Indonesia. Kendati sempat diguyur hujan sebelum kegiatan inti dimulai, namun tidak menyurutkan semangat peserta upacara, dimana kegiatan dapat berlangsung dengan khidmad dan tertib,acara berlangsung di Lapangan Merdeka Kotaagung,Kamis (17/8).
Dalam upacara tersebut, Wabup Tanggamus Hi.Samsul Hadi,M.Pd.I bertindak sebagai Inspektur Upacara, sementara  Kapten Arh. Tuparno  menjadi Perwira Upacara dan sekaligus Komandan Upacara  Kapten Inf. Sutoto. Ketua DPRD Heri Agus Setiawan,S.Sos sendiri bertugas sebagai pembaca naskah Proklamasi.
Untuk Pasukan Pengibar Bendera  (Paskibra) di pimpin oleh Kapten Inf. Yulian Abri. Lalu untuk Penggerek Bendera, Erlangga Axel Harianto asal SMAN 1 Kotaagung, pembentang bendera M. Riski asal MA Sinar Harapan Talangpadang, dan tengah Ahmad Darul Alkahfi asal MA Sinar Harapan. Sedangkan untuk pembawa baki pada saat penaikan bendera adalah Elsa Wirantika asal SMAN 1 Talangpadang.
Dimoment hari kemerdekaan ini, Samsul meminta kepada masyarakat untuk selalu bekerja demi mengisi kemerdekaan dan kepada pelajar untuk giat belajar.
“Dalam semangat persatuan Indonesia itu, lembaga-lembaga negara justru bisa bekerja dengan lebih baik, bila saling mengingatkan, saling kontrol, saling mengimbangi dan saling melengkapi. Tidak ada satu lembaga negarapun yang memiliki kekuasaan absolute. Jadi kita harus bekerja,bekerja dan bekerja sesuai dengan intruksi presiden dan kepada para pelajar harus belajar yang gigih agar dapat mengisi kemerdekaan ini,” ujar Samsul.
Usai upacara, Samsul Hadi beserta Forkopimda Tanggamus menuju Taman Makam Pahlawan Bahagia di Kotaagung Timur untuk melaksanakan tradisi Tabur Bunga. Malam sebelumnya, juga telah dilakukan Renungan Suci di TMP tersebut. Dari TMP Bahagia, rombongan menuju Lembaga Pemasyarakatan Kelas II Waygelang Kotaagung Barat untuk memberikan remisi secara simbolis kepada warga binaan.
Selesai seremoni pemberian remisi, Samsul Hadi dan rombongan menyerahkan secara simbolis lima unit perahu ketinting lengkap dengan peralatan menangkap ikan. Bantuan tersebut diberikan untuk kelompok nelayan dari Pekon Penyandingan Kecamatan Kelumbayan, nelayan Pulau Tabuan Kecamatan Cukuhbalak, nelayan Pekon Ketapang Kecamatan Limau. Kemudian kelompok nelayan dari 2 pekon di Kecamatan Pematangsawa.
Masih dalam semarak HUT ke-72 RI. Lalu setelah upacara penurunan bendera, Samsul beramahtamah dirumah dinas bupati dengan Paskibra yang telah berhasil menjalankan tugas.