RAKERNAS APKASI

Wakil Bupati Tanggamus H.Samsul Hadi, M.Pd.I di dampingi Wakil ketua PKK Hj.Af’illah, S.Pd.I Menghadiri Pembukaan RAKERNAS Ke-10 Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) 2017 di Gedung Jakarta Convention Centre (JCC) Rabu,19 Juli 2017.

Wakil Gubernur NTT Silahturrahmi

Wakil Bupati Tanggamus Hi. Samsul Hadi, M.Pd.I., bersama Wakil Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Timur Periode 2013 – 2018, (Nomor 2 dari paling kiri) Drs. Benny A. Liteinoni, SH, M.Si beserta Istri. Saat bersilahturrahmi di Rumah Dinas (Lamban Balak) Wakil Bupati. Pada kesempatan tersebut Wakil Bupati juga mengenalkan ragam Kuliner dan Wisata yang ada di Kabupaten Tanggamus. Pada kesempatan tersebut Wakil Bupati juga didampingi Istri, Asisten Bidang Pembangunan Firman Rani, serta Kepala SUPM Kotaagung.

Paripurna Tanggapan Bupati terhadap Pandangan Umum Fraksi DPRD tentang Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD T.A. 2016

Pemkab Tanggamus –  Sekretariat DPRD kabupaten Tanggamus mengadakan Rapat Paripurna Lanjutan tentang Penyampaian Jawaban Bupati Tanggamus terhadap Pemandangan Umum Fraksi-fraksi DPRD Kabupaten Tanggamus tentang  Ranperda PertanggungJawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Tanggamus Tahun 2016,diruang Sidang DPRD,Senin (17/7).

Rapat Paripurna yang dihadiri 34 orang dari 45 orang anggota DPRD dinyatakan memenuhi Korum.
Turut Hadir dalam acara tersebut Plt.Sekretaris Andi Wijaya,ST.MM.,Ketua DPRD Heri Agus Setiawan,S.Sos.,Dandim 0424 Kol.Inf.Hista Soleh Harahap., Polres Tanggamus Alfis Suhaili., Forkopimda.,Kepala SKPD Terkait,Para Camat se Kab.Tanggamus .,insan Pers .,dan par Pejabat dlingkup Pemkab.Tanggamus.
Dalam Sambuatan  Plt.Sekretaris Daerah Andi Wijaya,mewakili Wakil bupati Tanggamus beliau menyampaikan menanggapi pertanyaan pertama perihal harapan kepada pemerintah daerah agar dapat meningkatkan PAD  melalui sumber potensi Daerah.
Bahwa sesuai bunyi pasal 21 Peraturan Pemerintah Nomor 58 Tahun 2005 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah ,disebutkan bahwa Pendapatan Asli Daerah terdiri atas  Pajak Daerah ,Retribusi Daerah ,Hasil Pengelolaan Kekayaan Daerah yang dipisahkan dan Lain-lain PAD yang sah.
Pemerintah Kabupaten Tanggamus memungut pajak dan retribusi daerah tidak ingin membebani masyarakat.Ketentuan penarikan pajak dan retribusi daerah yang dituangkan dalam UU Nomor 28 Tahun 2009 sudah banyak yang dibatalkan oleh pemerintah pusat melalui peraturan pemerintah/peraturan menteri yang diantaranya: Retribusi KTP ,KK dan Akte Kelahiran.
Dilakukan juga inovasi diantaranya , Peningkatan Pelayanan dalam memudahkan pendaftaran dan pembayaran BPP-P2,Peningkatan pajak Penerangan jalan (PPJ) melalui listrik pintar,secara aktif melakukan pendataan objek pajak, Meningkatkan koordinasi dengan satker terkait yang melakukan penarikan retribusi daerah, memberikan kemudahan bagi penyetor pajak.
Adapun saah satu faktor adanya penambahan belanja pegawai pada belanja langsung adalah peningkatan belanja gaji tenaga kerja sukarela  (TKS) ,Dimana pada tahun Anggaran 2015 Gaji TKS rata-rata sebesar  Rp 500.000-, dan di Tahun Anggaran 2016 mengalami kenaikan menjadi  Rp 900.000-, atau terdapat kenaikan 80 % .
Sedangkan didalam pelaksanaan APBD 2016 Pemkab Tangggamus sudah melakukan efisiensi secara maksimal dimana dari anggaran belanja pegawai sebesar 738,5 Milyar Rupiah hanya terealisasi sebesar 86.48 % atau sebesar 638,6 Milyar Rupiah.

Guna upaya meningkatkan pemerataan pembangunan maka dihasilkan Reses Anggota DPRD yakni sebagi berikut: Dari sisi mekanisme perencanaan maka ditempuh kebijakan perencanaan dan Penganggaran yang awalnya Money Follows Function Menjadi Money Follows Program,Keterbatasan anggaran menjadi salah satu permasalahan sehingga masih terdapat aspirasi dari masyarakat yang diusulkan melalui Reses belum terakomodir dalam APBD, Apabila usulan yang disampaikan masyarakat setelah ditetapkannya program dan kegiatan pada tahun berjalan maka usulan-usulan tersebut akan diakomodir dalam Perubahan Rencana Kerja Pemerintah Daerah pada tahun tersebut.

Peringatan Hari Keluarga Nasional

 
Bandar Lampung – Wakil Bupati Kabupaten Tanggamus Hi. Samsul Hadi, M.Pd.I pada Sabtu (15/07/2017) menghadiri kegiatan acara puncak Hari Keluarga Nasional atau Harganasi ke 24 di Lapangan PKOR Way Halim Bandar Lampung.
Dalam kegiatan harganas tersebut di hadiri langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Republik Indonesia, Puan, Maharani, serta Kepala BKKBN Surya Chandra Surapaty dan Ketua Umum Penggerak PKK Ibu Erni Guntarti Tjahyo Kumolo, Gubernur, Bupati, Walikota juga Penggerak PKK Provinsi Se-Indonesia.
Saat memberikan sambutannya Gubernur Ridho mengatakan bahwa beliau merasa terhormat karena BKKBN telah berkenan menjadikan Provinsi Lampung sebagai tuan rumah Harganas XXIV.
Gubernur Ridho juga mengucapkan terimakasih kepada pemerintah pusat, khususnya kepada Bapak Presiden dan kabinet atas dukungan serta bantuan yang diberikan untuk pembangun di Provinsi Lampung.
“Hakikat pembangunan adalah membangun manusia Indonesia seutuhnya dimulai dari satuan terkecil, yaitu kekuarga. Kita membangun infrastruktur, kita bangun sarana dan pra-sarana, tapi kembali pokoknya adalah membangun manusia Indonesia seutuhnya.” tandas Ridho.
Senada dengan Gubernur Ridho, Menko Puan Maharani menyatakan bahwa pembangunan yang baik memerlukan kerjasama yang baik antara pusat dengan daerah, “Memang diperlukan sinergisitas yang baik antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah guna pembangunan dan kesejahteraan rakyat”
Menko Puan juga menyatakan bahwa pembangunan yang baik memang bukan hanya membagun infrastruktur, tapi juga membangun sumberdaya manusia yang dimulai dari keluarga.
Lebih lanjut, Menko Puan mengapresiasi pembangunan Provinsi Lampung yang sangat pesat. “Saya tadi di jalan sempat tanya sama Pak Gub, ini jalan baru ya pak? karena tadi perjalanan lancar sekali, sepanjang jalan juga rapih tidak ada banner-banner yang tidak seharusnya.” katanya
Menko berharap peringatan ini bisa menjadi wadah dalam membentuk keluarga yang berketahanan, berkarakter, bahagia dan sejahtera. “Semoga acara ini bukan hanya sekedar seremonial, tapi dapat memberi manfaat yang nyata bagi masyarakat.” pungkas Puan
Dalam kegiatan tersebut Ketua Umum PKK, Erni Guntarti Tjahjo Kumolo, menyerahkan piala kepada pemenang lomba PKK. Sedangkan penyerahan penghargaan Anugrah Satya Lencana Pembangunan kepada 1 Gubernur dan 11 Bupati se-Indonesia oleh Menko Puan Maharani.
Kemudian Piala BKKBN diserahkan oleh Kepala BKKBN REpublik Indonesia.Menko PMK juga menyerahkan bantuan berupa paket ikan, paket makanan pendamping ASI, makanan tambahan anak sekolah, makanan tambahan ibu hamil, tas sekolah, Kartu Indonesia Pintar anak sekolah untuk SD, SMP, SMA, dan SMK, bantuan untuk lansia, alat perangkat teknologi tepat guna.
Dalam acara ini, Menko Puan juga membagikan 10 buah sepeda kepada 10 orang yang bisa menjawab pertanyaan titipan dari Presiden Joko Widodo
“Provinsi Lampung memiliki banyak sarana – prasarana serta tempat-tempat wisata yang indah. Harapan saya hadirin sekalian tidak hanya hadir di Harganas, tapi silakan menikmati keindahan alam di Provinsi Lampung.” Ajak Gubernur Lampung M.Ridho Ficardo saat memberikan sambutan pada acara puncak Harganas 24 di Lapangan PKOR Way Halim, Provinsi Lampung, Sabtu (15/07/2017).