Halal Bi Halal Keluarga Besar Pemda Tanggamus

Wakil Bupati Tanggamus Hi. Samsul Hadi mengajak kepada seluruh para pegawai Pemkab Tanggamus mulai dari kepala satker hingga staff untuk selalu membudayakan dan selalu membangun rasa Malu.
Hal itu disampaikan oleh Wabup saat memberikan sambutan dalam acara Halal Bil Halal yang diadakan Pemkab setempat diawal masuk kerja pasca libur Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah, di halaman belakang kantor Bupati Tanggamus. Senin (3/7).
Turut Hadir dalam acara tersebut Plt.Sekretaris Daerah Andi Wijaya,ST.MM.,Ketua DPRD Heri Agus Setiawan,S.Sos.,Dandim 0424 Kol.Inf.Hista Soleh Harahap., Forkopimda, Kepala Kemenag Tanggamus Bapak Hi.Muhammad Yusuf.,Para Asisten,Staf Ahli,Kepala SKPD terkait,Wakil ketua TP PKK Hj.Af’Illah,S.Pd.I., Plt.Ketua DWP Ibu Andi Wijaya Syam., Para  Camat Se Kab.Tanggamus.,serta seluruh pegawai Karyawan Karyawati dilingkungan Pemkab Tanggamus.
Samsul mengatakan, Budaya malu yang dimaksud adalah, malu jika tidak melaksanakan tugas dengan baik. Malu jika harus datang terlambat kerja dan pulang sebelum jam kerja. Yang pada intinya adalah, harus terus meningkatkan kinerja dalam menjalankan amanah yang sudah menjadi tanggung jawabnya. Karena ini juga merupakan salah satu repleksi dari apa yang telah diajarkan pada bulan Ramadhan yang telah dilalui bersama.
“Kedisplinan itu harus dijunjung tinggi dan selalu ditegakkan. Jika nantinya kena peraturan dispilin maka harus ditegakan. Disini saya mewarning kepada kita semua agar jangan membiarkan hal hal yang akan merusak Kabupaten ini. Mari kita bangun Tanggamus dengan ikhlasan kita semua. Karena sangat rugi jika kita tidak ikhlas. Kuncinya adalah Pengabdian diatas pamrih, buka pamrih diatas pengabdian, dan pelaksanaan tugas harus dikedepankan.” kata Samsul.
Dirinya juga mewarning keras kepada seluruh ASN Pemkab Tanggamus untuk bersama sama menjaga nama baik Kabupaten berjuluk Bumi Begawi Jejama ini agar bersih dari hal yang tidak diinginkan. Seperti jeratan narkoba, pungli dan lain sebagainya. Karena sejatinya, Tanggamus harus menjadi kabupaten yang sehat dan martabat.
“Perbedaan dalam hidup itu sudah pasti, karena memang Allah menciptakan manusia itu berbeda beda. Nah, justru perbedaan bisa menjadi hasanah untuk membuat Tanggamus lebih baik lagi. Mari kita jauhkan intrik intrik yang tidak diinginkan,” ucapnya.
Sementara itu Ketua Panitia Penyelenggara yang juga sebagai Kabagkesmas Sekretariat Pemkab Tanggamus Muhibbun mengatakan, Halal Bil Halal yang dilaksanakan diawal masuk kerja setelah libur Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah ini untuk selalu memupuk rasa ketaqwaan dan keimanan terhadap yang Maha Esa.
“Dengan ini juga kita bisa saling meningkatkan rasa saling menghormati baik dari pimpinan hingga seluruh staff. Agar rasa persaudaraan semakin erat terjalin,” kata Muhibbun.
Ibadah puasa yang telah dijalani selama satu bulan agar sekiranya bisa diambil hikmahnya dan dapat direalisasikan dalam kegiatan sehari-hari. Terutama dalam melaksanakan tanggung jawab sebagai abdi negara. Dan acara ini juga sebagai ajang peningkatan wawasan tentang ajaran agama islam. Yang sekiranya dapat menciptakan tatanan masyarakat yang sejahtera dan agamis.
“Mari kita beri makna kegiatan ini sesuai dengan misi Kab. Tanggamus. Yang salah satu misinya adalah menjadikan kabupaten religius yang didasarkan oleh nilai agama,” tukasnya.

Shalat Eid 1438H

Kota Agung – Wakil Bupati Tanggamus Hi. Samsul Hadi, M.Pd. I., pada Minggu 25 Juni 2017 atau 1 Syawal 1438 Hijriah melaksanakan Shalat Idul Fitri di Lapangan Merdeka Kotaagung, pada kesempatan tersebut beliau didampingi Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Hj. Aff’illah Samsul Hadi, S.Pd.I., serta dihadiri oleh Unsur Pimpinan Daerah dan Para Pejabat di Kabupaten Tanggamus.
Dalam sambutannya Wakil Bupati menyampaikan bahwa Idul Fitri merupakan hari istimewa bagi umat Islam mudah-mudahan shalat idul fitri ini di berkahi oleh Allah SWT. Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Tanggamus beliau mengucapkan selamat idul fitri mudah-mudahan kita diberikan ampunan semuanya oleh Allah SWT.
Dengan Idul Fitri ini dapat menjadikan kita insan yang bertaqwa, taqwa dalam arti yang sebenar-benarnya. Melalui gladi (puasa dibulan ramadhan) ini telah mampu mengembalikan jati diri kita sebagai hamba Allah yang senantiasa taat dengan segala perintah-perintah dan larangannya.

 
Terlebih lagi sesuai dengan motto Tanggamus yaitu mewujudkan Tanggamus yang agamis, artinya kita mengharapkan semua mewujudkan untuk mengenal agama kita dengan sebaik-baiknya, memiliki wawasan keagamaan yang bagus, untuk itu kegiatan keagamaan harus kita kembangkan, termasuk di sekolah-sekolah, madrasah-madrasah harus juga semakin ditingkatkan.
Wakil Bupati menambahkan, Agama bukan hanya dikenal tetapi harus juga dihayati bahwa agama adalah penuntun kehidupan, agama adalah tuntunan terbaik dari Allah SWT, dan agama harus diamalkan. Yang kedua mudah-mudahan dengan puasa ramadhan yang lalu telah mampu membangun ketakwaan sosial pada diri seluruh warga Kabupaten Tanggamus.
Ketakwaan sosial adalah mau tau dan peduli terhadap kesulitan orang lain, salah satu bentuk ketakwaan sosial adalah yang kita lalukan usai bulan ramadhan yaitu Zakat fitrah, mudah-mudahan zakat fitrah tersebut dapat dikembangkan dengan aksi – aksi sosial lainnya, sehingga suasana kesejahteraan dikabupaten Tanggamus akan terwujud tidak ada di Tanggamus yang kaya terus kaya sedangkan yang miskin justru tambah kemiskinannnya.
“Karena itulah maka dengan puasa ramadhan mampu membangun pada diri kita ketakwaan sosial,” Kata Wakil Bupati
Masih dalam sambutannya, Wakil Bupati menambahkan, Pemerintah Kabupaten Tanggamus terus melaksanakan pembangunan disegala bidang, tetapi pembangunan ini tidak bisa berjalan dengan baik mana kala tidak ada kerjasama diantara kita semua oleh karena itu beliau berharap kepada semuanya untuk bertekad bersama-sama mewujudkan kabupaten Tanggamus yang sejahtera, Kabupaten Tanggamus yang memiliki suasana keagamaan yang bagus, hubungan antara kita harus baik, harmonis, saling menyapa, mengingatkan dan saling meluruskan. Pungkasnya
Sementara itu yang bertindak sebagai petugas shalat Idul Fitri Imam Ketua Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Tanggamus Hi. Makmun Siraj, Khotib Ketua Baznas Tanggamus Hi. Ibnu Nizar, Bilala Ust. Helmi.