Pelantikan Pejabat

Kota Agung – Wakil Bupati Tanggamus Hi. Samsul Hadi, M.Pd.I., pagi tadi melantik Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan 15 administrator diruang rapat utama Sekretariat Daerah Kabupaten Tanggamus, Jum’at (9/6).
Pelantikan tersebut berdasarkan  surat Keputusan Bupati Tanggamus nomor : 821.2/715/45/2017 tentang Pemberhentian, Pemindahan dan Pengangkatan PNS dalam dan dari Jabatan Administrator dilingkungan Pemkab Tanggamus.
Serta Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor : 821.22-3195 Tahun 2017 Tentang Pengangkatan dalam jabatan Pimpinan Tinggi Pratama selaku Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanggamus.
Dalam sambutannya  Wakil Bupati mengatakan bahwa kita smua adalah pemimpin hanya bagian kita sudah di bagi-bagi, yang itu semua merupakan kepercayaan dari Tuhan yang diberikan kepada kita. Beliau meminta kepada pejabar yang dilantik untuk dapat menunaikan tugas ini dengan sesuai aturan dari Tuhan yaitu untuk berbuat baik, jangan membuat kerusakan dan jalan sesuai aturan yang dibuat Tuhan dan Negara. Mudah-muahan jika ini dilakukan Allah akan bimbing kita.
Wakil melanjutkan, tugas kita sebagai abdi negara turutama di Tanggamus adalah perlunya percepatan kesejahteraan di masyarakat, peningkatan Sumber Daya Manusia menjadi utama, perdagangan, pariwisata ini menjadi tumpuan lapangan pekerjaan.
Masalah percepatan Pelayanan KTP elektronik perbaikan alat di Kecamatan harus dilakukan, untuk itu perlunya penguasaan I T di lingkungan pejabat capil sangat diperlukan, dan beliau juga menghimbau kepada para  pejabat untuk membina bawahannya bila secara akumulatif tidak masuk kerja selama 5 hari kerja terapkan PP 53 secara baik. Katanya
Pejabat Pimpinan tertinggi Pratama selaku Kepala Dinas Capil Tanggamus yang baru adalah Drs. Syarif Husin, Jabatan administrator yang baru antara lain Santori, SE., MM., Kepala Bagian Protokol pada Sekretariat Daerah, Ristika Trianita, S.STP., M.Si., Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga, Sastra Winata, S.PKP Sekretaris Perdagangan, Agus Setiawan, SE., Kepala Bidang Kepemudaan pada Dinas Pemuda dan Olahraga, Parsiyam, SE., Kepala Bidang Ekonomi, Sosial dan Budaya pada BAPPEDA.

Peringatan Hari Laut Sedunia dan Terumbu Karang

Tanggamus-Peringatan World Ocean day dan Coral Triangle day atau biasa disebut peringatan hari kelautan dunia yang dilakukan oleh sekolah usaha perikanan menengah (SUPM) Tanggamus, acara ini bertujuan kampanye bersama melindungi laut.
Turut hadir,  Wakil Bupati Tanggamus Hi.Samsul Sadi, perwakilan sekda Tanggamus, Kapolres tanggamus AKBP Alfis Suhaili, Dandim 0426 Kanten Inf Hayati, Kepala Badan Satpol PP Yumin BA, dan segenap undangan dari yatim piatu serta kaum duafa.
Dalam sambutannya Kepala SUPM Melion Ericson menyampaikan, bahwa dasar pelaksanaan kegiatan ini bersumber dari surat edaran badan riset kementerian kelautan dan perikanan, penetapan hari laut dunia yang dilakukan PBB, deklarasi juanda, dan sebagainya yg berkaitan dengan kelautan dunia.
 
“Laut kita ternyata harus dijaga, bukan hanya oleh Angkatan Laut dan pol airut, tapi semua lapisan masyarakat yang ada. Selain Filipina dan thailand yang ditugaskan agar memperhatikan kawasan laut merekamm oleh PBB, kita juga dituntut untk berperan serta,” terangnya saat memberikan sambutan ditengah masyarakat, kemarin (8/6).
Melion menambahkan, menurut data yang ada, Di Indonesia 1650 spesies bergantung pada terumbu karang, segitiga terumbu karang merupakan tempat berkembang biaknya spesies laut, 75 persen dari seluruh spesies mangrove atau bakau berasal dari tumbuhan dan 51 ribu meter persegi terdiri dari terumbu karang atau 20 persen dari total terumbu karang dunia.
“Ekosistem terumbu karang Indonesia menyimpan keragaman hayati yang tinggi didunia, contoh saja terdapat 2.500 jenis ikan, 2500 jenis moluska, dan 1500 jenis udang-udangan, belum lagi hiu, paus, pari dan penyu,” ungkapnya.
Membangkitkan ekowisata disektor kelautan, lanjut Melion, harus sejalan dengan peningkatan, penangkapan dan penjualan ikan. “Seperti di Papua, ada tuna, untuk Lampung ada nibung atau marline. Bicara potensi, maka harus ada alat tangkap yang modern atau kapal yang besar. 25 persen dari pendapatan kotor nasional kita bersumber dari pesisir,” paparnya.
Ia juga menyinggung perihal has pengelolaan sumber daya laut, seperti tempat pelelangan ikan (TPI) yang sangat kumuh, penuh dengan sampah plastik yang tentunya membahayakan ekosistem laut. “Kita harus meningkatkan kesadaran masyarakat, kami akan membentuk kelompok yang peduli terhadap sampah plastik, sifat kegiatan peduli terhadap pantai. Kita galakkan gerakan laut bebas plastik,” ujarnya.
Dalam kesempatan tersebut, pihak SUPM memberikan bantuan kepada sejumlah yatim piatu dan kaum duafa sebagai bentuk kepedulian SUPM terhadap masyarakat sekitar.
Hal senada disampaikan wakil bupati Tanggamus Hi. Samsul Hadi, bahwa stakeholder dan masyarakat harus menjaga dan menyelamatkan ekosistem laut, kampanye dirasa olehnya tidak akan cukup. “Kita harus terjun secara langsung untuk melakukan, tingkatkan kesadaran, dan membuat aturan-aturan yang baik,” ucapnya.
Diakui olehnya, pihak Pemkab Tanggamus akan membangun destinasi wisata yang berguna untuk meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.” Pemkab berencana membangun sektor ekowisata yang bermanfaat, baik bagi masyarakat maupun ekosistem laut itu sendiri,” jelasnya.

SAFARI RAMADHAN PEKON KALI BENING KECAMATAN TALANG PADANG

TALANG PADANG(08-06).
Kamis sore 16.30 wib,
Wakil Bupati Tanggamus Hi. Samsul Hadi, MPdi beserta Ibu mengikuti kegiatan Safari Ramadhan dan Buka Bersama di masjid Baitul Iqlas Pekon Kali Bening Kecamatan Talang Padang Kabupaten Tanggamus.
Di awal sambutan selaku ketua rombongan tim satu Safari Ramadhan Pemerintah Daerah Kabupaten Tanggamus Wakil Bupati Tanggamus Hi. Samsul Hadi, M.Pdi mengucapkan rasa terimakasih kepada masyarakat Talang Padang khususnya  Kali Bening telah mau menerima dan menyiapkan tempat dan menyambut kedatangan semua rombongan tim satu Safari Ramadhan Pemerintah Daerah Kabupaten Tanggamus. berterimakasih juga beliau ucapkan kepada seluruh masyarakat Tanggamus yang sudah setia, membantu, mendorong penyelenggaran Pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Tanggamus dan terus menjaga suasana aman kondusif.
Pemerintah kabupaten terus  berupaya sungguh sungguh untuk melaksanakan pembangunan di segala bidang, baik infrasetruktur maupun non infrasetruktur.
Kesejahteraan adalah dambaan kita semua, untuk mewujudkan itu di perlukan sinergitas kerjasama yang harmonis antara masarakat dengan Pemerintah.
Beliau juga mengajak kepada seluruh masyarakat talang padang untuk memperhatikan masalah pendidikan.
Beliau juga mengajak kepada masyarakat Talang padang khususnya Tanggamus di tahun 2018 Kabupaten Tanggamus akan menyelenggarakan Pilkada dan bersama sama untuk mensukseskannya bahkan bila perlu pilkada Tanggamus nanti adalah pilkada yang terbaik di indonesia. Di sela acara tersebut Beliau juga menyerahkan Bantuan untuk masjid Baitul Iklas dan santunan untuk anak yatim.
Turut mendampingi dalam acara tersebut Asisten Tiga Bapak firman Rani, para pimpinan SKPD ,Kapolsek Talang Padang ,Ketua MUI Tanggamus Hi.Ma’mun sirot,Camat Talang Padang berserta Uspika.