Wakil Bupati Monitoring Pasar Kota Agung

KOTAAGUNG– Wakil Bupati Tanggamus Hi.Samsul Hadi,M.Pd.I menyambangi pasar Kotaagung untuk melakukan monitoring harga kebutuhan pokok dan mengecek ketersediaannya, turut ikut dalam rombongan Plt Sekda Tanggamus Andi Wijaya, Asisten Bidang Administrasi Firman Ranie, Kepala Dinas Perdagangan Zulfadli, Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Sukisno dan beberapa kepala SKPD terkait.
Rombongan yang tiba di Pasar Kotaagung sekitar pukul 08.30 WIB langsung mengecek kios tempat penjualan daging ayam dan ikan. Selain menanyakan harga, tim monitoring pemkab juga mengecek kualitas daging apakah terkandung bahan berbahaya seperti formalin dan mengecek kandungan asam (PH) dari daging ayam potong maupun ikan laut yang dijual. Berdasarkan hasil tes yang dilakukan oleh Dinas Peternakan dan Perkebunan (Disnakbun) semua hasilnya negatif dari formalin, begitu juga dengan tingkat keasaman (PH) yang masih normal yakni 5,5-5,6
Setelah dari kios daging, wabup dan sekda juga melihat aneka takjil yang dijajakan, lantaran warnanya cukup mencolok, tim curiga kalau bahan makanan yang dijual mengandung pewarna pakaian, tim dari dinas kesehatan juga langsung cepat bergerak mengambil sampel untuk diuji, namun lagi-lagi hasilnya negatif.
“Pedagang harap jaga kebersihan pasar, khususnya di los ikan dan ayam, yang masih ditemukan sampah sisa ikan dan ayam, begitu juga drainasenya yang meluap sehingga membuat pasar becek. Kondisi pasar ini harus bersih sehingga akan banyak pembeli, karena sebentar lagi akan ada Pasar Kuliner di Muara Indah yang tentu bahan ikannya beli dari Pasar Kotaagung. Begitu juga dengan penjual takjil harus teliti jangan sampai menjual makanan yang mengandung bahan berbahaya,” ujar Samsul.
Setelah mengecek takjil, rombongan kemudian ke kios daging sapi dan los penjual sayur-sayuran. Lalu rombongan bergerak ke toko modern Alfamart. Menurut Samsul, saat ini mayoritas harga masih tetap stabil, kalapun ada kenaikan tidak besar sehingga masih dalam batas kewajaran.
“Dari segi harga, memasuki awal Ramadhan memang sempat naik seperti  telur ayam, tetapi setelah hari selanjutnya harga kembali normal saat ini aja harga cabai turun, jadi secara global, harga masih stabil,” kata Samsul yang diamini Andi Wijaya.
Dalam kunjungan kepasar tersebut, tim juga menyoroti keberadaan tempat pembuangan sampah (TPS) pasar yang memang sudah banyak dikeluhkan oleh para pedagang dan pengunjung pasar.” Untuk permasalahan sampah nanti akan kita rapatkan lagi dengan satuan kerja (satker) terkait. Solusi pertama adalah dengan memperbanyak bak sampah dan tentunya sampah harus rutin diangkut ke TPA, ini tugasnya dinas pemukiman dan perumahan, pokoknya nanti bakal dievaluasi,” kata Andi Wijaya.(ral)

Safari Ramadhan Kecamatan Ulu Belu

 
Pada hari Selasa tanggal 30 Mai 2017, sekitar pukul 17.00 Wib, di Masjid Misbahussudur pekon ngarif kec. Ulubelu Kab. Tanggamus, telah berlangsung kegiatan Safari Ramadhan 1438 H/ 2017 M  tingkat Kab. Tanggamus oleh tim I Forkopimda Tanggamus, dapat dilaporkan sebagai berikut :
Hadir dalam kegiatan antara lain
KH. Samsul hadi S.Pd.I (Plh. Bupati Tanggamus), Hj.Af’illah,S.Pd.I (Wakil Ketua TP PKK Kabupaten tanggamus)
Sunu Djatmiko, S.Sos (Wakil Ketua II DPRD Tanggamus/Demokrat)
Drs Hi M. Yusuf M.M.Pd.I (Kemenag Tanggamus),Firman Ranie (Asisten III Bidang Administrasi Kab. Tanggamus),Faturohman (Ka. Inspektorat Kab. Tanggamus),Yumin (Kasat Pol PP Tanggamus),Kapten Inf Suparno (Danramil 424-08/Ppg),AKP Abdul Roni (Kapolsek pulau panggung),Rusmanto(Camat ulubelu),ustad Sahroni,( Pekon ngarib),kepala pekon se-kec ulubelu,toga, tomas, toda kec.ulubelu dan sekitar .. orang tamu undangan.
Kegiatan dilanjutkan Pemberian bantuan oleh KH. Samsul hadi S.Pd.I (Plh. Bupati Tanggamus) untuk pembangunan Masjid Misbahussudur pekon ngarif kec. Ulubelu Kab. Tanggamus, Sebesar Rp 15.000.000 (lima belas juta rupiah) dan santunan bagi 15 orang anak yatim se-Kec. Ulubelu Rp 300.000(Tiga ratus ribu rupiah)perorang anak yatim
KH. Samsul hadi S.Pd.I (Plh. Bupati Tanggamus),Menyampaikan :
Bahwa inti dari kegiatan Safari Ramadhan ini  adalah  guna menyambung tali silaturahmi antar kita umat beragama ,dan untuk menambah iman dan ketakwaaan kita kepada Allah SWT,Pemerintah Kabupaten terus berupaya memberikan yg terbaik untuk masyarakat yang ada di Tanggamus ini.Seperti pembangunan infrstruktur jalan,bidang pendidikan,kesehatan,dan kependudukan. dan Perbanyaklah Amalan selama dalam bulan puasa ramadhan,harus mengendalikan hawa nafsu selama bulan ramadhan agar kelak Puasa kita semua selalu terjauh dari perbuatan yang tercela dan berdampak negatif yg ujungnya yg akan membatalkan puasa kita dan dianggap sia-sia.
Ustad. Sahroni(Pekon ngarib) Dalam kultumnya menyampaikan antara lain
a.Hikmah berpuasa yang kita dapatkan ini tentunya berkaitan erat dengan amalan puasa yang kita jalani dan tentunya amalan pada puasa ramadhan bukanlah hanya menahan makan dan minum saja, melainkan juga menjalankan amalan ibadah Ramadhan lainnya, seperti bersedekah, Itikaf, Silaturahmi, Menghindari diri  dari yang haram, dan banyak lagi.Maka dari itu, agar lebih termotivasi dalam menyempurnakan puasa tahun 2013 ini, kami sajikan untuk Anda 10 hikmah melaksanaka ibadah puasa Ramadhan yang dikutip dari berbagai sumber, selamat menyimak.
b. Melatih Disiplin Waktu Untuk menghasilkan puasa yang tetap fit dan kuat di siang hari, maka tubuh memerlukan istirahat yang cukup, hal ini membuat kita tidur lebih teratur demi lancarnya puasa. Bangun untuk makan sahur dipagi hari juga melatih kebiasaan untuk bangun lebih pagi untuk mendapatkan rejeki (makanan).
Keseimbangan dalam Hidup Pada hakikatnya kita adalah hamba Allah yang diperintahkan untuk beribadah. Namun sayang hanya karena hal duniawi seperti pekerjaan, hawa nafsu dan lain-lain kita sering melupakan kewajiban kita. Pada bulan puasa ini kita terlatih untuk kembali mengingat dan melaksanakan seluruh kewajiban tersebut dengan imbalan pahala yang dilipatgandakan.
c. Mempererat Silaturahmi Dalam Islam ada persaudaraan sesama muslim, akan tampak jelas jika berada dibulan Ramadhan, Orang memberikan tajil perbukaan puasa gratis. Sholat bersama di masjid, memberi ilmu islam dan banyak ilmu Islam di setiap ceramah dan diskusi keagamaan yang dilaksanakan di Masjid.Lebih Perduli Pada Sesama Dalam Islam ada persaudaraan sesama muslim, akan tampak jelas jika berada dibulan Ramadhan, Orang memberikan tajil perbukaan puasa gratis. Sholat bersama di masjid, memberi ilmu islam dan banyak ilmu Islam di setiap ceramah dan dkgamaan yang dilaksanakan di Masjid.
Kegiatan dilanjutkan berbuka puasa bersama dan sholat magrib berjamaah di Masjid  Misbahussudur dipimpin oleh Ustadz. Sahroni (Pekon ngarib)
Pukul 18.30 WIB. kegiatan selesai berlangsung tertib dan aman.