PENGAJIAN AKBAR MENYAMBUT TAHUN BARU 2017

foto-1-1

KOTAAGUNG–Pemkab Tanggamus menggelar pengajian akbar dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW sekaligus menyambut tahun baru 2017. Kegiatan yang dipusatkan di Taman Kota Ir.Soekarno Kotaagung itu dihadiri Wabup Tanggamus Hi.Samsul Hadi,M.Pd.I, Sekda Tanggamus Drs.Hi.Mukhlis Basri, forkopimda Tanggamus, Ketua TP PKK Tanggamus Hj.Dewi Handajani,SE,M.M, Wakil Ketua TP PKK Hj.Af’illah Samsul, Ketua DWP Hj.Ida Nirwana, Kepala SKPD, camat dan kepala pekon.

Dalam pengajian yang mengambil tema ‘Eratkan tali silahtuhrahmi, contoh suri tauladan Rasulullah SAW jalankan ibadah dan muamalah sesuai syariat dan sunnah’ tersebut diisi ceramah oleh Ustadz kondang Riza Muhammad.

 

foto-2

Wabup Tanggamus Samsul Hadi dalam sambutannya mengatakan bahwa setiap tahun diperingati Maulid Nabi yang mana mengingatkan dengan Rasulullah, peristiwa sebelum rasul lahir, kemudian perjuangan rasul dan mengambil nilai-nilai serta menjalankan apa yang diwariskan rasul.

“Rasul mewarisi ilmu, ahlak dan jihat (perjuangan), rasul juga menjadi contoh panutan bagi kita semua, karena mampu merubah dari yang tidak tahu kebenaran menjadi tahu, kemudian berkat perjuangan rasul mampu merubah kaum jahiliyah menjadi kaum yang berahlak baik.Karena sesungguhnya dengan mengambil teladan rasul, kita akan selamat, tegak dan damai,mari kita berupaya, menjadikan rasul sebagai panutan,” ujar Samsul.

foto-3

Ditambahkan wabup, dalam rangka menyongsong tahun baru 2017, hendaknya melakukan intropeksi diri, mawas diri, dari apa yang telah dilakukan baik maupun buruknya.”Kita jadikan tonggak prestasi ditahun yang akan datang. Semoga menjadikan kita lebih baik lagi dalam menyongsong tahun baru dan juga saya atas nama pemkab memohon maaf jika ada kekurangan, jika ada pelayanan kami yang kurang, pembangunan masih ada yang belum sampai, untuk itu kami akan berupaya memberikan pelayanan sebaik-baiknya, merata demi kesejahteraan masyarakat Tanggamus,” kata Samsul.

Sementara itu, Riza Muhammad dalam tausiyahnya mengatakan bahwa peringatan maulid nabi bukan sekedar uerofia semata, namun berorentasi untuk merubah masyarakat agar lebih dekat dengan Allah. “Al-Quran adalah petunjuk, apabila ingin sukses baca Quran dan makna-nya lalu amalkan, kemudian laksanakan sunnah rasul,” ujar Riza.

foto-5

Ustadz yang terkenal dengan lesung pipit dan gaya india ini juga mengingatkan agar setiap manusia tidak sombong, sebab harta dan jabatan sifatnya hanya sementara dan tidak dibawa mati.”Waspada dengan godaan syaitan, lalu lakukan sunah nabi seperti tidak lepas dari berwudhu, salat berjamaah dimasjid, puasa Senin-Kamis dan lakukan sedekah,” seru Riza.

Dalam pengajian yang dihadiri seribuan jamaah itu, Ustadz Riza juga mendoakan pemerintah Kabupaten Tanggamus agar semakin memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakatnya.
“Kita doakan pemerintah dan masyarakat bisa keluar dari segala kesusahkan, kemudian bagi masyarakat  taatlah kepada Allah, Rasul dan pemerintah,” pungkas Riza

BAKSOS HARI KESETIAKAWANAN SOSIAL

20161227_140107 20161227_140428

BAKTI SOSIAL DALAM RANGKA HARI KESETIAKAWANAN SOSIAL TAHUN 2016. SAMBUTAN BUPATI TANANGGAMUS sekaligus laporan di wakili kepala dinas sosial dan tenaga kerja Kabupaten Tanggamus (Drs.Hi.RUSTAM.M.Pd) selasa (27/12) yang berlokasikan di Pekon Banjar Negoro Kec. Wonosobo, beliau menyampaikan bakti sosial dalam rangka  hari kesetiakawanan sosial nasional merupakan suatu kegiatan yang dilakukan secara terpadu, terarah dan berkelanjutan oleh pemerintah daerah dan masyarakat guna terwujudnya tata kehidupan dan penghidupan masyarakat yang di landasi oleh kesetiakawanan sosial, kabersamaan, toleransi dan tidak diskriminasi tak lupa pula menyampaikan apresiasi yang setinggi tingginya kepada Kementrian Sosial Republik Indonesia yang telah banyak memberikan program kemiskinan fakir miskin pedesaan melalui kelompok usaha bersama (KUBE) perkotaan dan KUBE program keluarga harapan (PKH) di Kabupaten Tanggamus.

20161227_135826

harapan beliau agar kiranya kelompok usha bersama untuk dapat mengembankan usahanya di berbagai sektor,baik melalui kelompok pengrajin kain batik,ekonomi periduktif (UEP) sektor perikanan dan peternakan, sehingga kesejahteraan anggota kelompok dan masyarakat akan semakin meningkat dalam keluarga yang semula tergolong katagori miskin menjadi sejahtera dan sasaran penerima paket sembako bulan bakti sosial tahun 2016 adalah warga masyarakat fakir miskin yang belum tersentuh dengan program jaminan sosial. Jumlah paket sembako yang akan di bagikan sejumlah 500 paket untuk 20 kecamatan se-Kabupaten Tanggamus di wakili 2 kecamatan di antaranya Kecamatan Wonosobo 250 paket dan Kecamatan Pugung 250 paket di peruntukkan bagi masyarakat yang tidak mampu pungkasnya. Kegiatan tersebut turut pula dihadiri kepala dinas sosial dan tenaga kerja, camat wonosobo, kepala pekon dan anggota kelompok usaha bersama (KUBE), kelompok program keluarga harapan.

20161227_13565420161227_135722

TAPAK SUCI CHAMPIONSHIP

20161222_1029531

Sambutan bupati Tanggamus diwakili  wakil bupati Hi. Syamsul Hadi, M.pd.i. kamis (22/12) di Kecamatab Gisting meyampaikan dalam rangka pembukaan kejuaraan tapak suci gisting championship open turnamen 2016 se-provinsi lampung tahun 2016 bertemakan “dengan iman dan akhlak yang menjadi kuat,tanpa iman dan akhlak saya jadi lemah” atas nama pemerintah tanggamus menyapaikan dukungan dan ucapan terima kasih dan menyambut baik atas terselenggaranya kegiatan turnamen ini, senantiasa memberikan ruang yg cukup luas bagi berkembangnya olahrga kita baik melalui peleksanaan pembinaan,bantuan dana maupun terhadap terselenggaranya even-even pertandingan dalam skala besar maupin skala kecil,mulai dari tingkat sekolah, pekon, bahkan sampai tingkat manca negara.

20161222_0959031

Harapan dalam pelaksanaan  kejuaraan tapak suci se-provinsi lampung tahun 2016 ini  menjadi ajang penyaluran minat dan bakat dari para generasi muda untuk memunculkan bakat-bakat terpendam dari para peserta dan kedepan melalui even seperti ini diharapkan mampu berkontriksi dalam meningkatkan kualitas olah raga karate di kab tanggamus, sehingga mampu mangharumkan nama daerah dalam berbagai ajang kompetensi yang ada dan semangat sportifitas dan kebersamaan. Acara tersebut dihadiri pak wakil bupati, ketua pimpinan daerah muhammadiyah bapak Drs. Hi Shaleh M.M fokopimda Kab Tanggamus, staf ahli bupati, ketua koni Kab. Tanggamus Bpk. Mahyujar dan para peserta pencak silat yg terdiri dari kelas laga dan kelas seni tingkat pelajar SD 41 atlet. SMP 163 atlet, Smk/Sma/Ma 213 atlet di ikuti sebanyak 417 atlet. Terdiri dari perguruan – perguruan silat tapak suci putra muhammaddiyah, persaudaraan setia hati terate, kera sakti, persinas Asad, pagar nusa perwakilan Kab. Tanggamus, Kab. Pringsewu, Lampung Selatan, Pesawaran, Lampung Utara, Lampung Barat, Lampung Tengah, Lampung Timur, Kota Bandar Lampung, Metro, Jakarta Barat, Assalam Jawa Tengah.

20161222_105114120161222_100003-1

MUSDA GOW

sekda-saat-buka-musda-gow-ke-iv
GISTING – Sekretaris Daerah Kabupaten Tanggamus Hi. Mukhlis Basri, ST., MT., MSc., membuka kegiatan Musyawarah Daerah Ke  I V Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Tanggamus di aula Serumpun Padi Pekon Kedaloman Kecamatan Gisting, (21/12).
Sekretaris Daerah dalam sambutan tertulisnya yang mewakili Bupati Tanggamus Hi. Bambang Kurniawan, ST., mengatakan bahwa beliau  begitu menaruh perhatian terhadap peningkatan harkat dan martabat wanita. Dia juga berharap agar keterampilan dan peran pemberdayaan wanita meningkat melalui program-program yang telah dilaksanakan oleh pemerintah maupun instansi terkait lainya.
Pemkab Tanggamus menyambut baik dengan diadakan Musda ini, serta berharap agar dalam pelaksanaannya nanti dapat merumuskan, serta menghasilkan program-program baru yang bermanfaat baik bagi GOW maupun bagi organisasi lainnya,” harapnya.
Selanjutnya, mengenai persoalan yang terjadi akhir-akhir ini, baik itu aksi teror maupun aksi organisasi menyimpang yang meresahkan semua pihak, ia berpendapat mengenai perlunya pengawasan dari masing-masing individu, terutama dalam lingkungan keluarga.
“Peran perempuan yang merupakan mitra sejajar dengan kaum pria dalam  keluarga hendaklah senantiasa turut serta mengawasi dan membina keluarga terdekat, agar tidak terprovokasi terhadap hal yang menyimpang dari segi kepercayaan serta agama,” pesannya.
Sementara itu dalam sambutannya Ketua Gabungan Organisasi Wanita Periode 2011-2016 Hj. Dewi Handajani, SE., MM., mengatakan bahwa ….
Terlebih dengan keberadaan Gabungan Organisasi Wanita (GOW), sebagai wadah bagi organisasi perempuan sebagai organisasi kemasyarakatan perempuan yang mandiri, yang memiliki tujuan sejalan dengan pembangunan yang dilaksanakan diberbagai bidang, yang bermuara pada peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat, yang juga seiring dengan peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan anggota GOW itu sendiri.
ketua-gow-periode-2011-2016-hj-dewi-handajani-saat-menyerahkan-lpj-dalam-acara-musda-iv-gow-tanggamus
                                                                                                        
Tentunya sebagai sebuah organisasi, GOW memiliki Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) yang harus dipatuhi dan diikuti oleh setiap anggotanya. Sebagaimana kegiatan Musyawarah Daerah atau Musda yang kita laksanakan pada hari ini. Selain sebagai agenda tetap yang harus kita laksanakan sesuai dengan AD/ART GOW.
 
Dimana kegiatan Musda ini selain dilaksanakan dalam rangka mengevaluasi kinerja Kepengurusan GOW selama ini, juga untuk menyusun atau melakukan penyegaran dalam  kepengurusan GOW pada periode mendatang (2016-2021), serta sekaligus menyusun Program Kerja GOW yang akan dilaksanakan selanjutnya.
Meskipun saya yakin dari kepengurusan GOW yang ada saat ini, memiliki kompetensi dan kapasitas yang mumpuni dalam melaksanakan tugasnya selama ini. Namun mungkin saja terdapat diantara kita yang telah mengalami kejenuhan dalam melaksanakan tugasnya, sehingga perlu dilakukan penyegaran, agar kedepannya menjadi lebih semangat dan mampu memberikan kontribusi yang lebih baik lagi dalam kepengurusan GOW Kabupaten Tanggamus pada periode mendatang.
 
Demikian halnya dengan Program Kerja yang akan dilakukan selanjutnya. Agar dari evaluasi yang kita lakukan, akan tersusun Program Kerja yang lebih baik lagi. Baik yang merupakan penyempurnaan atas Program Kerja sebelumnya, atau merupakan Program baru yang disesuaikan dengan kebutuhan organisasi, kebutuhan masyarakat serta perkembangan zaman. Agar dari apa yang dilakukan oleh GOW Kabupaten Tanggamus, dapat memberikan kontribusi yang lebih berarti, baik bagi masyarakat Tanggamus juga bagi GOW Kabupaten Tanggamus, khususnya kaum wanita di Kabupaten Tanggamus.
Selanjutnya dalam kesempatan ini saya juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para pengurus dan anggota GOW Kabupaten Tanggamus Periode 2011-2016. Yang selama ini telah dengan sungguh-sungguh dan senantiasa berperan aktif dalam memberikan sumbangsihnya terhadap GOW Kabupaten Tanggamus.
 
Telah banyak yang kita lakukan yang mampu menggerakkan roda organisasi dan menjadikan GOW semakin dikenal. Melalui berbagai program dan kegiatan yang kita lakukan baik dalam skala yang relative kecil maupun dalam skala yang cukup besar. Yang kesemuanya itu diarahkan bagi kepentingan masyarakat, yang sejalan dengan program kerja GOW dan pembangunan yang dilaksanakan di berbagai bidang yang ada.
 
Kesemua itu tentunya dapat kita lakukan bukan hanya karena peran dari satu atau beberapa orang saja, tetapi adalah berkat kerjasama dari kita semua para pengurus dan anggota GOW Kabupaten Tanggamus. Yang telah dengan sungguh-sungguh dan senantiasa memberikan sumbangsih terbaiknya untuk GOW Kabupaten Tanggamus.
Yang telah rela meluangkan waktunya, bahkan sampai meninggalkan keluarga di hari libur, mengerahkan tenaga, pikiran dan materi yang tidak sedikit. Yang kesemua itu dilakukan sebagai bentuk kesungguhan kita semua. Demi peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat, khususnya kaum wanita di Kabupaten Tanggamus.
Selanjutnya kepada para peserta Musda, saya meminta agar dapat mengikuti Musda ini dengan baik, serta dengan berlandaskan azas kekeluargaan. Silahkan sampaikan permasalahan, potensi, masukan dan kritikan yang membangun, atau pertimbangan dan solusi yang harus dilakukan untuk peningkatan dan kebaikan GOW Kabupaten Tanggamus.
 
Sehingga pada akhir pelaksanaan Musda ini nantinya, kita mampu menghasilkan susunan kepengurusan serta program kerja yang lebih baik, sesuai dengan harapan kita bersama. Baik untuk GOW Kabupaten Tanggamus, juga bagi masyarakat Tanggamus yang kita cintai. Demi terwujudnya masyarakat Kabupaten Tanggamus yang agamis, unggul, berdaya saing,
 
Dan setelah melali proses yang panjang maka pada kesempatan tersebut ditetapkan secara musyawarah mufakat dipercayanya kembali Hj. Dewi Handajani, SE., MM., memimpin kembali GOW untuk perioden 2016-2021. Dan beliau mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mempercainya kembali untuk memimpin GOW  Kembali.
Hadir dalam kesempatan tersebut seluruh organisasi Kewanitaan yang ada di Tanggamus, Para Kepala Dinas instansi di lingkup Pemkab Tanggamus,Uspika Gisting,

PENGHARGAAN KEBERHASILAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN DENGAN CAPAIAN TERTINGGI

foto-6foto-2
DALAM ACARA PENYERAHAN DAFTAR ISIAN PELAKSANAAN  ANGGARAN ( DIPA) APBN PROVINSI LAMPUNG TAHUN ANGGARAN 2017 YANG BERLANGSUNG DI GEDUNG BALAI KRATUN BANDAR LAMUNG, JUMAT 16 DESEMBER 2016.
foto-4foto-5

” PIAGAM PENGHARGAAN DIBERIKAN LANGSUNG SECARA SIMBOLIS OLEH GUBERNUR LAMPUNG M. RIDHO PICARDO., DAN PERWAKILAN DARI BPK PROVINSI LAMPUNG KEPADA WAKIL BUPATI TANGGAMUS H. SAMSUL HADI . M. PD.I ATAS KEBERHASILANNYA MENYUSUN DAN MENYAJIKAN LAPORAN KEUANGAN TH. 2015 DGN CAPAIAN STANDAR TERTINGGI DALAM AKUNTANSI dan PELAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH SERTA PIAGAM PENGHARGAAN PEMRINTAH RI KEPADA PEMERINTAH PROVINSI ATAU KABUPATEN KOTA YG MERAIH OPINI WTP ATAS LKPP TAHUN 2015″…

BUPATI TANGGAMUS RESMIKAN JEMBATAN DI CUKUH BALAK

foto-5
CUKUH BALAK- Rabu (14/12) Bupati Tanggamus H. Bambang Kurniawan. ST., menghadiri peresmian jembatan Rangka Baja Way Pertiwi dan Jembatan Way Gedung di Pekon Kejadian Pertiwi Kecamatan Cukuh Balak.

Dalam acara tersebut  turut dihadiri juga oleh Insfektur Firman Rani., Kasat POL PP Yumin BA., Kadis Kelautan Edi Naremo., Kadis PU Riswanda Djunaidi.,Camat Cukuh Balak Rusdi.,,tokoh masyarakat serta seluruh warga pekon pertiwi kec, cukuh balak.

foto-10
Dalam laporan Kadis PU Riswanda Djunaidi.,,beliau menyampaikan bahwa Peraturan daerah nomor. 15 tahun 2015 tentang APBD kabupaten tanggamus tahun anggaran 2016 tanggal 30 desember 2015, ( lembar daerah kab. tanggamus tahun 2015  nomor 134 ) kegiatan pembangunan infrastruktur jembatan kab. tanggamus wilayah selatan dibidang bina marga dinas pekerjaan umum kab. tanggamus

selanjutnya surat perjanjian kerja (kontrak ) nomor : 600/002/BM-17/30/2016 tanggal 4 april 2016 untuk pelaksanaan pekerjaan pembangunan struktur atas jembatan rangka baja way pertiwi tahap -2 yang berlokasi di kec. cukuh balak . jembatan way pertiwi ini dibangun dengan konstruksi rangka baja dan memiliki panjang 40 meter , dengan lebar 8 meter dengan nilai kontrak sebesar Rp. 3. 457.936.000,-

selanjutnya perjanjian kerja ( kontrak ) nomor : 600/002/BM-22/26/2016 Tanggal 22 juli 2016 untuk pelaksanaan pekerjaan pembangunan struktur jembatan way gedung yang berlokasi di kec. cukuh balak. jembatan way gedung ini dibangun dengan konstruksi beton dan memiliki panjang 23 meter , dengan lebar 6 meter dengan nilai kontrak sebesar  Rp. 3. 991. 231.000,- . Pemabngunan kedua jembatan ini menggunakan sumber dana APBD Kabupaten Tanggamus TH. 2016

Adapun pembangunan  jembatan way pertiwi dilaksanakan secara dua tahap dimana tahap pertama melaksanakan pekerjaan bangunan bawah yang dilaksanakan pada tahun anggaran 2015 berdasarkan surat perjanjian kerja  (kontrak ) nomor : 600/002/BM-18/30/2015 TANGGAL 31 JULI 2016 dengan nilai kontrak sebesar 2.520.052.000,- yang dilaksanakan oleh PT. TALANG BATU BERSERI dan tahap kedua dilaksanakan pada tahunanggaran 2016 sesuai dengan surat perjanjian kerja (kontrak ) nomor :600/002/BM-17/30/2016 Tanggal 04 april 2016 dengan nilai kontrak sebesar Rp. 3.457.936.000,- yang dilaksanakanoleh PT. BAYANG BUNGO.Pungkasny”

foto-6-1

Sementara dalam sambutan Bupati tanggamus H. Bambang Kurniawan . ST., beliau menyampaikan Pemerintah kab. tanggamus ,selama ini telah dan akan senantiasa konsisten untuk melakukan pembangunan secara merata dan menyeluruh pada setiap wilayah dikabupaten tanggamus. khususnya pembangunan yang bersentuhan langsung dengan kepentingan masyarakat luas seperti  pembangunan dibidang kesehatan, pendidikan, infrastruktur pertanian , dan pelayanan masyarakat.

Adapun slah satu upaya pembangunan yang kami lakukan adalah melalui pembangunan prasarana transportasi yang dibutuhkan masyarakat.  sebagaimana pembangunan jembatan rangka baja way pertiwi tahap II  ini, yang kami laksanakan dalam rangka memperlancar transportasi lokal bagi masyarakat yang ada dikec. cukuh balak  dan sekitarnya. jika sebelumnya pada  tahun 2015 kita telah menyelesaikan pemabangunan jembatan way pertiwi tahap I , maka sekarang akan meresmikan jembatan rangka baja way pertiwi tahap II dan jembatan way gedung dipekon gedung kec. cukuh balak ini.

foto-8-1
Selain itu dengan adanya kedua jembatan ini , tentu akan berkontribusi terhadap menurunnya biaya produksi pertanian dan ongkos angkut hasil pertanian bagi para pertani. demikian juga dalam sektor perdagangan ,jika sebelumnya harga barang kebutuhan masyarkat diwilayah ini lebih tinggi , maka nantinya harga tersebut akan turun, menyesuaikan dengan rendahnya biaya transportasi yang dikeluarkan oleh para pedagang.

Selanjutnya kepada jajaran pemerintah daerah, perangkat pekon dan segenap masyarakat yang menggunakan jembatan ini, saya meminta agar kita secara bersama-sama dapata menjaga dan memelihara jembatan ini dengan baik. sehingga jembatan ini dapat digunakan dan memeberikan manfaat yang lebih lama bagi masyarakt.Pungkasnya”.

GEBYAR PAUD KABUPATEN DI GELAR

gebyar-paud-2

Kota Agung – Asisten Bidang Ekonomi Andi Wijaya pagi tadi membuka secara resmi kegiatan Gebyar Paud Kabupaten Tanggamus di Taman Terbuka Hijau Ir. Soekarno Kotaagung, Kamis (22/12).

Dalam sambutannya Asisten mengatakan bahwa pendidikan anak usia dini (PAUD) adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir (0 tahun) sampai dengan usia enam (6 tahun) yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

Pertumbuhan dan perkembangan yang diinginkan adalah terwujudnya sebuah pembiasaan bagi  anak didik, yang diukur melalui tercapai tingkat pencapaian perkembangan anak, antara lain, tertanamnya nilai agama dan moral dalam kehidupan sehari-hari. Perkembangan Kognitis yang sesuai dengan perkembangan usianya.  Perkembangan penguasaan bahasa, yang disetarakan dengan perkembangan anak serta perkembangan fisik motorik dan kesehatan fisik, yang disesuaikan dengan pertumbuhan anak.

Oleh karena itu, lanjut asisten diperlukan proses pembelajaran pada satuan pendidikan yang diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.

gebyar3

Dalam rangka untuk pengembangan layanan PAUD  maka seluruh pihak yang berkompeten dan stakeholder yang terkait harus berkomitmen membangun sinergitas, jejaring kerja dan kemitraan sesuai dengan peran, tugas pokok dan fungsi serta kewenangan masing-masing, dengan demikian persoalan banyaknya Pekon yang belum memiliki layanan PAUD dapat segera dituntaskan, hal ini berdampak pula terhadap peningkatan angka partisipasi kasar/APK PAUD dan pada akhirnya akan membangun pemahaman masyarakat akan pentingnya pendidikan anak usia dini pada tahapan usia emas (Golden Age).

Sementara itu dalam laporannya  Drs. M. Saleh,SE.,  MM., selaku Ketua Panitia Gebyar Paud menjelaskan bahwa tujuan gebyar paud untuk meningkatkan kemampuan dan kreativitas anak didik serta perkembangan pembiasaan secara maksimal, sesuai dengan perkembangan usia anak didik.

gebyar-paud

Dengan sasaran kegiatan anak didik PAUD se-Kabupaten Tanggamus yang berada di Kelompok Bermain (KB), satuan Paud sejenis (SPS) dan Taman-Kanak (TK) serta Raudlatul Adhfal (RA), yang mencapai 2000 peserta dan tenaga pendidikan yang hadir 500 dari jumlah 1.560 orang.

Dengan jenis kegiatan Gebyar Pentas Seni Kreatif Anak Usia Dini (masing-masing Kecamatan), kegiatan penunjangan pengembangan kreatif anak usia dini (Lari Estafet, Lari memindahkan bendera, bola keranjang dan mewarnai gambar).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut seluruh Kepala SKPD dilingkungan Pemkab Tanggamus, Para KUPT Pendidikan Se-Kabupaten Tanggamus.

 

WAKIL BUPATI BUKA KEJUARAAN TAPAK SUCI SE-PROVINSI LAMPUNG DI SMK MUHAMMADIYAH GISTING

20161222_100003-1

Gisting –  Wakil Bupati Tanggamus Hi. Samsul Hadi, M.Pdi., pagi tadi membuka secara resmi kegiatan Kejuaraan Championship Open Turnamen  Tapak Suci Se-Provinsi Lampung yang diadakan di Komplek SMK Muhammadiyah Gisting, Kamis (22/12).

Dalam sambutannya Wakil Bupati mengatakan bahwa atas nama Pemerintah Kabupaten  Tanggamus menyampaikan dukungan dan ucapan terima kasih dan menyambut baik atas terselenggaranya kegiatan turnamen ini, serta senantiasa memberikan ruang yang cukup luas bagi berkembangnya olahraga kita baik melalui peleksanaan pembinaan, bantuan dana maupun terhadap terselenggaranya even-even pertandingan dalam skala besar maupin skala kecil,mulai dari tingkat sekolah, pekon, bahkan sampai tingkat manca negara.

20161222_095903

Selanjutnya ia berharapan dalam pelaksanaan  kejuaraan tapak suci se-provinsi lampung tahun 2016 ini  menjdi ajang penyaluran minat dan bakat dari para generasi muda untuk memunculkan bakat-bakat terpendam dari para peserta dan kedepan melalui even seperti ini diharapkan mampu berkontribusi dalam meningkatkan kualitas olah raga karate di Kabupate Tanggamus, sehingga mampu mangharumkan nama daerah dalam berbagai ajang kompetisi yang ada dan semangat sportifitas dan kebersamaan.

Berdasarkan Laporan dari Ketua Panitia Drs. Shalaeh, MM.,  yang juga selaku Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Tanggamus bahwa  para peserta pencak silat terdiri dari kelas laga dan kelas seni tingkat pelajar SD 41 atlet, SMP 163 atlet, SMK/SMA/MA 213 atlet, dan diikuti sebanyak 417 atlet.

20161222_105325

Dan juga diikuti persatuan silat dari, persaudaraan setia hati terate, kera sakti, persinas Asad,pagar nusa Perwakilan Kabupaten Tanggamus, Pringsewu, Lampung Selatan, Pesawaran, Lampung Utara,Lampung Barat, Lampung Tengah, Lampung Timur, Kota Bandar Lampung, Metro, Jakarta Barat, Assalam Jawa Tengah.

 

 

HUT KE 17 DWP TANGGAMUS GELAR RESEPSI DI SUKAMERNAH GUNUNG ALIP

dsc_1620

Gunung Alip – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke 17 yang jatuh pada tanggal 7 Desember 2016 lalu, jajaran Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Tanggamus pagi tadi menggelar resepsi HUT DWP di Pondok Pesantren Tahfizul Qur’an Madarijul’ulum Pekon Sukamernah Kecamatan Gunung Alip, Rabu (15/12)

Diawal sambutannya Ketua Dewan Pembina DWP Kabupaten Tanggamus Hj. Dewi Handajani, SE.,. MM., mengapresiasi atas terselenggaranya peringatan HUT DWP yang ke 17 tersebut, dimana harapannya agar diusia yang ke 17 ini dapat memberikan suatu makna dan kesan tersendiri bagi anggotanya untuk bisa berkiprah dengan lebih baik lagi.

dsc_1600

Dewi melanjutkan, ada sesuatu hal yang istimewa dalam peringatan HUT DWP Pada tahun ini dimana peringatannya di adakan di luar kompleks Pemkab Tanggamus tetapi tahun ini langsung diadakan di tengah-tengah masyarakat.

Terkait dengan hal itu, inilah yang sebenarnya sangat dinanti nanti oleh masyarakat bahwa keberadaan kita (DWP) baik sebagai suatu organisasi adalah komponen masyarakat yang harus bisa memberikan kontribusinya secara langsung , berkiprah secara langsung dan harus berada ditengah masyarakat.

dsc_1615

Oleh Karen itu, lanjut Dewi, sebagai anggota DWP selayaknya tidak hanya menjadi anggota saja, tetapi ada hal lain yang dituntut dari kita yaitu pengabdian kita, bentuk kontribusi, karena bagaimanapun juga organisasi DWP ini adalah salah satu komponen penting yang dampaknya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

DWP sebagai wadah organisasi yang menghimpun istri-istri ASN (Aparatur Sipil Negara) tentunya harus berfikir bahwa banyak sekali beban dan tanggung jawab yang harus di pikul pada pundak kita dan mau tidak mau itu harus bisa kita tuntaskan dan wujudkan.

dsc_1617

oleh karenanya keberadaan DWP ini sudah jelas harus turut mendorong visi misi pembangunan Pemerintah Daerah ataupun percepatan pembangunan yang berskala nasional yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

pembina-dwp-hj-dewi-handajani-saat-berikan-santunan

Sebagai anggota DWP ia menghimbau agar dapat berkiprah ditengah masyarakat bahkan kita tunjukkah kemampuan wanita dalam ikut andil membangun negeri.

Dan menekankan agar dalam berorganisasi kita selalu mengedepankan prinsip saling Asah, Asih dan Asuh, karena keberhasilan suatu organisasi adalah bisa guyub bisa bersatu padu dalam menjalankan program-program bersama untuk mencapai tujuan.

ketua-dwp-kab-tanggamus-saat-memotong-kue-hut-dwp

Sementara itu dalam sambutan Ketua Umum Dharma Wanita Persatuan Pusat Ny. Wien Ritola Tasmaya yang dibacakan oleh Ketua DWP Kabupaten Tanggamus Hj. Ida Nirwana Mukhlis mengatakan bahwa sebagai salah satu organisasi masyarakat perempuan terbesar di Indonesia, sudah selayaknya DWP mengambil peran strategis dan berperan aktif dalam konstalasi pembangunan nasional, Potensi DWP mulai dari tingkat Pusat, Provinsi, Kabupaten/Kota sampai Kecamatan dan Kelurahan, menjadi kekuatan yang patut diperhitungkan untuk memberikan konstribusi penuh dalam menyukseskan program nasional.

dsc_1661

Kaum perempaun hendaknya selalu kritis dalam meliihat isu-isu yang sedang berkembang dalam masyarakat dan memberikan kontribusi penuh dalam penyelesaian masalah bangsa secara antisipatif.

Dan mengajak anggota DWP diseluruh tanah air untuk bersama-sama meningkatkan kualitas kita sebagai perempuan sehingga dapat menjadi pelaku utama dalam ketahanan keluarga.

anggota-dwp-foto-bersama-abadikan-momen

sementara itu dalam laporannya Ketua Panitia Penyelenggara Peringatan HUT Ke 17 DWP Kabupaten Tanggamus Ny. Eva Fitra Hendra menjelaskan bahwa tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk memperkuat rasa kebersamaan dan rasa bangga pada organisasi sehingga seluruh anggota dapat aktif dalam segala kegiatan.

foto-bersama-siswa-dan-santri-usai-menyerahkan-bantuan

Dengan Tema “ Penguatan Kualitas Isteri ASN Menuju Ketahanan Keluarga”, serta melaporkan pelaksanaan kegiatan yang telah berjalan seperti Penyuluhan Undang-Undang Perkawainan, Deteksi dini Kanker Servik, Lomba mewarnai siswa/I TK Binaan DWP, Bakti Sosial yang pertama santunan pendidikan untuk putra/I anggota DWP golongan I dan II, untuk siswa SD sebesar Rp. 240.000/orang, SMP Rp. 320.000/orang dan SMA Rp. 480.000/orang.

Dan pada tahun 2016 dana yang terkumpul berjumlah Rp. 7.200.000,00 (tujuh juta duaratus rigu rupiah) dan akan disalurkan kepada 26 orang anak. Serta pemberian perlengkapan mandi bagi ponpes Tahfizul Qur’an Madarijul Ullum Pekon Sukamernah.

Hadir dalam acara tersebut Uspika Kecamatan Gunung Alip, Ormas Kewanitaan se-Kabupaten Tanggamus serta anggota DWP dari dinas instansi se-Kabupaten Tanggamus.

ISLAM MENJUNJUNG TINGGI HAK-HAK WANITA DAN KAUM IBU

8-peggy-sedang-sampaikan-tausiah-pada-masy-tanggamus-dimasjid-al-islah-ps-madang

KOTAAGUNG – Dalam rangka memperingati hari Ibu yang ke 88 jajaran Gabungan Organisasi Wanita (GOW) serta Tim Penggerak PKK Kabupaten Tanggamus pada Sabtu (11/12) pagi menggelar Pengajian Akbar di Masjid Al Islah Kelurahan Pasar Madang Kecamatan Kotaagung dengan mendatangkan penceramah Ustazah Peggy Melati Sukma dari Jakarta.

Dalam sambutannya Ketua GOW sekaligus Ketua TP PKK Kabupaten Hj. Dewi Handajani, SE., MM., menyampaikan selaku Ketua GOW, PKK, sangat mengharapkan bahwa melalui kegiatan ini kita semua insyallah tergugah hatinya dalam hal memperkuat keimanan kita terlebih pada kesempatan ini telah hadir bersama kita sosok Peggy Melakti Sukma yang akan berbagi Ilmu, memotivasi kita sebagai kaum ibu dalam berkiprah lebih banyak lagi dalam kehidupan sehari-hari.

1-peggy

Sementara itu penceramah Ustazah Peggy Melati Sukma yang sebelumnya ia adalah mantan seorang Artis Sinetron terkenal telah berhijrah kepada jalan Allah mengatakan bahwa Allah telah menitipkan salah satu alamnya kepada manusia terutama pada sosok Wanita yaitu Alam Kandungan. Tiga alam lainnya yakni Alam Dunia, Alam Barzah dan Alam Akhirat yang hanya dititipkan kepada Wanita adalah Alam Kandungan.

Untuk itulah kita sebagai wanita harus menjaga dengan baik apa yang telah Allah titipkan kepada kita, menjaganya dengan cara menutup Aurat, serta menjaga kehormatannya sesuai dengan ajaran Islam.

3-peggy-saat-akan-menyampaiakn-tausiah-di-masjid-al-islah-ps-madang

Atas dasar itulah Islam sangat menghargai wanita, memberdayakan wanita sesuai dengan hak-haknya, maka Nabi Muhammad SAW, mengatakan bahwa kita umat Islam wajib menghargai wanita atau ibu, sebanyak tiga derajat diatas Ayah.

apabila Ibu, Ayah kitapernah berbuat zolim kepaa kita, tidak mengubah kewajiban kita untuk berbuat baik kepada kedua orang tua, karena keselahannya, kezolimannya itu merupakan tanggung jawab orang tua kita kepada Allah.

4-peggy

Diakhir tausiahnya Peggy Melati Sukma menyampaikan wanita bisa masuk surga melalui pintu manapun dengan menjaga 4 (empat) hal yaitu pertama menjaga Shalatnya baik yang wajib dan sunnah, kedua, berpuasa penuh di bulan Ramadhan, ketiga, menjaga kehormatannya dengan sebaik-baiknya dan ke empat, patuh kepada suami, dalam hal ini tentunya sebagai suamipun dalam memimpin dengan cara-cara yang sesuai dengan Islam dan memuliakan Istrinya.

5-peggy

Pada kesempulan tausiahnya Peggy menghimbau kepada umat Muslim di Tanggamus agar menghormati orang tua kita hal tersebut telah jelas dalam ajaran Islam untuk menghormatinya walaupun orang tua kita ada keselahan, sebagai seorang perempuan harus menjadi Isri yang solehah, perempuan, ibu adalah madrasah pertama bagi anak-anak untuk itulah diperlukan kemampuan, pengetahuan, dan harus mau belajar dalam mendidik anak-anaknya dengan pondasi ajaran-ajaran Islam yang sebenarnya.

6-peggy

Serta menghimbau kepada para organisasi kewanitaan di seluruh Indonesia tertutama di Tanggamus untuk bisa kritis terhadap siaran televisi yang akan mengganggu Akidah umat Islam di masa yang akan datang. Karena kita sebagai Umat Islam merupakan Pewaris terakhir satu-satunya Akidah yang lurus sampai akhir Jaman. Pungkas Peggy

7-peggy

Turut hadir dalam acara tersebut Para Pejabat dilingkungan Pemkab Tanggamus, Para Camat se-Kabupaten Tanggamus, serta ribuan anggota majelis Taklim se-Kabupaten Tanggamus.

8-peggy-sedang-sampaikan-tausiah-pada-masy-tanggamus-dimasjid-al-islah-ps-madang 8-peggy 9-peggy 10-peggy 11-peggy 12-peggy