PEKON SIDOKATON KECAMATAN GISTING WAKILI TANGGAMUS DALAM LOMBA KESERAK PKK-KB DAN KESEHATAN TINGKAT PROVINSI LAMPUNG

5

GISTING–Tim Penilai Lomba Kesatuan Gerak (Kesrak) PKK-KB-Kesehatan tingkat Provinsi Lampung menyambangi pekon Sidokaton, Kecamatan Gisting, Rabu (30/11), untuk melakukan penilaian, kedatangan tim yang di ketua oleh Dr. Reihana, M.kes tersebut disambut oleh Bupati Tanggamus, Hi. Bambang Kurniawan, ST, Wakil Ketua TP PKK Tanggamus, Hj. Dewi Handajani, SE, MM., Sekretaris Daerah Drs Hi.Mukhlis Basri, Wakil Ketua TP PKK Hj. Aff’illah serta Ketua DWP Hj. Nirwana Mukhlis Basri.

Dalam Eksposnya Ketua TP PKK Tanggamus Hj. Dewi Handajani, SE.,MM menyampaikan ditetapkannya Pekon Sidokaton, untuk menjadi perwakilan Kabupaten Tanggamus dalam lomba tersebut berdasarkan dari seleksi ditingkat kabupaten yang telah dilaksanakan beberapa waktu yang lalu, adapun beberapa pertimbangan sehingga Pekon Sidokaton ditunjuk menjadi perwakilan dalam lomba Kesrak PKK-KB-Kesehatan ialah karena pekon tersebut telah beberapa kali mengikuti lomba meskipun dalam kategori yang berbeda beda, seperti lomba P3KSS serta Lomba GSI/PSI.

6

“Mudah mudahan, prestasi yang sama Insyallah akan diraih dalam penilaian kali ini, dan kami mempersilahkan kepada ketua san tim penilai untuk melakukan penilaian yang seobyektif mungkin dari unggulan-unggulan yang ada di pekon kami ini,”kata Dewi.

Dihadapan ketua Tim penilai Ia menyampaikan, bahwa masyarakat Sidokaton memiliki partisipasi yang sangat tinggi, dan pekon tersebut juga merupakan salah satu dari enam pekon yang ada di bumi begawi jejama yang telah meraih sertifikat ODF, yang artinya masyarakat tersebut telah menyadari pentingnya menjaga kesehatan lingkungan, dan tidak ada lagi masyarakat yang melakukan aktifitas buang air besar sembarangan dan setiap rumah telah memiliki jamban yang sehat.

4

“Kemudian kesadaran masyarakat untuk memanfaatkan pekarangan dihalaman rumah masing-masing juga sangat tinggi, dan unggulan lainnya ada kelompok penggiat ASI Ekslusif, Kelompok Informasi Masyarakat, dan masih banyak lagi unggulan lainnya, untuk saya mempersilahkan kepada ketua dan seluruh tim penilai untuk meninjau langsung posko-posko unggulan kami, dan mudah-mudahan Pekon Sidokaton ini meraih predikat yang terbaik ditingkat provinisi Lampung, dan kami siap menjadi wakil Provinsi diajang yang lebih tinggi lagi,”ujarnya.

Selain itu lanjutnya, dalam lomba yang juga meliputi bidang PKK, KB dan Kesehatan, Program KB sendiri partisipasi aktif masyarakat pasangan usia subur (PUS) sudah mencapai persentase 99 persen, dan saat ini telah ada penambahan 47 PUS yang mengikuti program KB, sedangkan dibidang kesehatan sendiri selain telah mendapat sertifikat ODF, sepuluh indikator perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) juga telah diterapkan dengan baik.

11

“Tidak adalagi ibu yang melahirkan yang tidak ditolong oleh tenaga medis, pemberian ASI ekslusif, tidak program posyandu juga telah terlaksana dengan baik, dan posyandu di Kabupaten Tanggamus telah menambah fungsinya menjadi posyandu plus yang itu artinya, semua masyarakat juga sudah dapat memeriksakan kesehatan,”terangnya.

Sementara itu Ketua Tim Penilai Dr. Reihana mewakili Ketua TP PKK Provinsi Lampung Hj. Yustin Ridho Ficardo dalam sambutannya menyampaikan, lomba tersebut dilaksanakan dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan dan kesejahteraan masyarakat, lebih lanjut ia menjelaskan sesuai dengan pedoman kesatuan gerak PKK-KB-Kesehatan setelah dilaksanakan kegiatan intensif pada bulan Oktober sampai dengan Desember, maka dilakukan kegiatan evaluasi melalui penilaian lomba tingkat provinsi diseluruh kabupaten/kota seperti yang saat ini dilaksanakan

12

“Untuk tingkat Nasional, pelaksanaan evalusai penilaian lomba akan dilaksanakan mulai minggu terakhir bulan Januari 2017, dan laporan kegiatan lomba disetiap provinsi selambat-lambatnya akhir minggu kedua bulan Januari sudah diterima oleh tim pusat untuk dilakukan seleksi administrasi,”jelasnya.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung ini, juga mengatakan pelaksanaan lomba Kesrak PKK-KB-Kesehatan merupakan rangkaian kegiatan yang dimulai dengan rangkaian bakti sosial TNI-KB-Kesehatan terpadu samoai dengan bulan Oktober, dan dilanjutkan dengan Kesrak PKK-KB-dan Kesehatan hingga Desember. Melalui Kesrak PKK-KB-Kesehatan tersebut i berharap berhasilnya promosi tentang, penanggulangan kanker serviks, atau leher rahim yang dapat terlihat dari banyak kaum perempuan yang mengetahui kanker servika serta cara penanggulangannya.

13

“Serta peningkatan jumlah yang, melakukan deteksi dini terutama melalui pemeriksaan IVA dengan asam asetat, dengan dukungan seluruh lintas sektoral Kesrak PKK-KB-Kesehatan akan bertumpu pada kegiatan kelompok swadaya masyarakat, PKK, dan institusi KB di desa dengan para kader sebagai ujung tombak dan keluarga sebagai sasaran,”paparnya.

Sebagai upaya memberikan pengharagaan terhadap berbagai usaha yang telag dilaksanakan. Maka Kesrak PKK-KB-Kesehatan akan melakukan penilaian terhadap empat jenis kegiatan yakni pelaksana terbaik Kesrak PKK-KB-Kesehatan, Pelaksana terbaik Posyandu, Pelaksana terbaik PHBS dirumah tangga lalu yang terakhir yakni pelaksana terbaik lingkungan bersih dan sehat.

14

“Penilaian dilakukan secara berjenjang, mulai dari tingkat kecamatan, kabupaten/kota, provinsi, dan Nasional, hasil penilaian dari provinsi Lampung, direncanakan sebelum akhir minggu ketiga bulan Januari 2017  sudah diterima TP PKK pusat, selanjutnya tim pusat akan melakukan klarifikasi ke kabupaten/kota yang menjadi nominasi, kabupaten/kota yang nantinya dikunjungi berarti termasuk kedalam enam besar pelaksana terbaik tingkat nasional, pengumuman pemenang lomba Kesrak-PKK-KB-Kesehatan, akan disampaikan pada Hari Keluarga Nasional tingkat Nasional yang akan diselengarakan di Provinsi Lampung,”pungkasnya. (iqb)

15

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakapolres Kompol Hepi Hasasi, Asisten Bidang pembangunan Andi Wijaya, Asisten Bidang Pemerintahan, Paksi Marga, Perwakilan Kodim 0424 Tanggamus, seluruh Kepala Dinas, Badan, Kantor, serta camat se Kabupaten Tanggamus. (*)

1 2     7 8 9 10     3

ASISTEN BIDANG PEMERINTAHAN BUKA SOSIALISASI KETAHANAN NASIONAL

1

Gisting – Asisten Bidang Pemerintahan Paksi Marga pagi tadi membuka kegiatan Sosialisasi Ketahanan Nasional di Balai Pekon Purwodadi Kecamatan Gisting, Rabu (23/11).

Dalam membacakan sambutan tertulis Bupati Tanggamus Hi. Bambang Kurniawan, ST., asisten menyambut baik dengan terselenggaranya kegiatan ketahanan nasional ini, tentunya sebagai wujud rasa cinta tanah air, maka mempertahankan NKRI wajib bagi semua elemen masyarakat, termasuk dalam aspek pertahanan dan keamanan.

Semua elemen masyarakat harus berpartisipasi, bersatu padu dalam menjaga keamanan dan pertahanan negara, sesuai dengan fungsi dan wewenang masing-masing.

2

Sesuai dengan pasal 30 UUD 1945, bahwa setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan negara, serta penerapan Sistem Pertahanan Semesta (Sishanta), maka pertahanan negara itu tidak hanya mengandalkan pada TNI sebagai kompoten utama, tetapi perlu adanya dukungan dari Komponen cadangan yang terbuka bagi warga negara yang telah memenuhi persyaratan, ataupun komponen pendukung yang bisa diambil dari Polri,Sat Pol PP, Linmas/Handsip Resimen mahasiswa, Satpam dan sebagainya.

Untuk itu, sosialisasi  Ketahanan Nasional seperti ini sangat baik sebagai wujud politik legislasi. Ketahanan nasional juga harus siap menghadapi tantangan yang muncul dari luar, karena Indonesia tidak sendirian didunia ini, tapi berdampingan dengan negara-negara lain.

4

Sementara itu berdasarkan keterangan dari Kasubbag TU Badan Kesbang Pol Tanggamus Amir Husin, saat mendampingi Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Tanggamus Mairosa, ST., mengatakan bahwa yang menjadi peserta  pada kegiatan ini adalah seluruh Kepala pekon dalam Kabupaten Tanggamus yang akan dilaksanakan dalam 3 (tiga) angkatan.

Dengan maksud dan tujuan dari kegiatan ini meningkatkan pemahaman kepala pekon terhadap pokok-pokok ketahanan nasional, pentingnya ketahanan nasional dalam hidup berbangsa dan bernegara serta meningkatkan peran kepala pekon dalam membina ketahanan nasional di pekon.

Pemateri pada sosialisasi tersebut Ketua DPRD Kabupaten Tanggamus Heri  Agus Setiawan, S.Sos., Kabid Ketahanan Sosial dan Kemasyarakatan  Kesbangpol Provinsi  Ir. Herdaus.

 

 

KUNJUNGAN BNN PROVINSI KE TANGGAMUS

foto-1-1
PEMKAB TANGGAMUS- Senin(21/11) Pemerintah Daerah Kabupaten Tanggamus mendapat kunjungan dari BNN (Badan Narkotika Nasional) Provinsi Lampung. Kedatangan mereka disambut hangat langsung oleh Bupati tanggamus  H. Bambang Kurniawan. ST.,

Rombongan yang terdiri dari 6 orang yang di ketuai oleh Bapak Suwanto. SH itu tiba dikantor bupati sekitar Pukul 11.00 WIB.

foto-2

Dalam acara tersebut turut dihadiri juga oleh Sekretaris Daerah Drs. Muklis Basri, S.T., M.T., MSI., Asisten II Andi Wijaya dan III Nur Indrati M,Kes., Kepala Inspektorat Firman Rani., Kepala-kapala Dinas, Camat-camat, perwakilan dari Provinsi Bapak Suwanto. SH., Kombes POL.IV C sebagai Kepala BNN Provinsi.,  dan   Satker terkait dilingkungan Pemkab Tanggamus.

Acara kunjungan BNN Provinsi tersebut dilaksanakan setelah selesainya Rapat Koordinasi Pemkab. Tanggamus,

Dalam sambutannya Bapak Suwanto. SH menyampaikan adapun tujuan kedatangan mereka  ke Tanggamus adalah untuk bersosialisasi, dan ingin mengadakan Pelatihan, sedangkan maksud dan tujuannya untuk memberikan arah dan pandangan yang dapat bersinergi antara BNN dan Pemerintah Daerah serta memberikan gambaran implementasi pembangunan berwawasan anti Narkoba. Dasar hukumnya adalah UU No. 35/2009 tentang NARKOBA.

foto-3

Beliau berharap dari BNN Provinsi dengan kedatangan ke tanggamus ini semoga bisa membantu masyarakat tanggamus untuk mengenalkan dan memberitahukan tentang bahaya penyalahgunaan narkoba, sehingga jangan sampai ada warga masyakat atau orang ingin mencoba-coba menggunakan narkoba, karena selain dapat merugikan diri sendiri juga dapat membahayakan orang lain, diawal desember juga akan diadakan tes urine secara berkala dengan tujuan untuk mengetahui apakah warga masyarakat tanggamus ini positif menggunakan narkoba atau tidak.

foto-4

Sementara dalam sambutan Bupati Tanggamus H. Bambang Kurniawan. ST beliau menyampaikan Apresiasi atas kedatangan BNN Provinsi Ke Kab. Tanggamus ini, semoga bisa membantu warga masyarakat tanggamus untuk tidak mendekati sedikitpun pada narkoba dan sejenisnya, beliau juga menyampaikan untuk pejabat-pejabat yang ada di Kab. Tanggamus saya yakin mereka tidak ada yang menggunakan narkoba dan bersih dari semua itu, karena apabila ada pejabat yang terbukti menggunakan Narkoba akan langsung di pecat atau di berhentikan, karena dapat menjadi contoh yang tidak baik bagi para pejabat lainnya.

EKSPOSE RENCANA KERJA ITERA

img_3805
PEMKAB TANGGAMUS – Rabu (16/11) Pemkab Tanggamus menerima kunjungan dari ITERA (Institut Teknologi Sumatera) pada Program Studi Kemaritiman yang digelar di Aula Ruang Rapat Wakil Bupati Tanggamus H. Samsul Hadi. M. Pd.I.

Dalam acara tersebut turut dihadiri juga oleh Asisten I Bidang Pemerintahan Paksi Marga, Insfektur Firman Rani, Sekretaris Bappeda Suaidi, Ir. Samsul Bahri Ketua Rektor dari Institut Teknologi Sumatera, serta SKPD Terkait dilingkungan Pemkab Tanggamus.

img_3819

Dalam Pemaparan dari ITERA (Institut Teknologi Sumatera) Ibu Ayu sebagai perwakilan Dosen ITERA beliau menyampaikan bahwa tujuan kedatangan mereka ke Tanggamus ini untuk mempererat tali silaturahmi antara ITERA dan Pemkab Tanggamus selain itu juga dengan tujuan menyampaikan Program apa saja yang ada di ITERA, apa saja yang harus dikenalkan dalam ITERA, dan bagaimana perkembangan ilmu pengetahuan dalam fakultas ITERA.

img_3821
Adapun ekspose yang disampaikan oleh ITERA adalah Peningkatan SDM, Menggali Potensi apa saja yang ada di Pulau Sumatra ini. Dan SDA apa yang harus dikelola di sumatra. Visi misi ITERA menjadikan perguruan  tinggi yang bermartabat prefesional dan berdaya saing handal. Sedangkan tujuan strategisnya adalah menghasilkan SDM dibidang teknologi, menghasilkan penelitian-penelitian dibidang teknologi, dan bekerja sama dengan instansi-instansi Pemerintah.
img_3823
Sementara dalam sambutan Wakil Bupati Tanggamus H. Samsul Hadi. M. Pd.I. Beliau menyampaikan terima kasih atas kunjungan dari ITERA semoga dengan kedatangan saudara-saudara ke Tanggamus ini bisa memperat tali silaturahmi kita semua. Semoga dengan Anak-anak Tanggamus masuk fakultas ITERA ini bisa menjadikan mereka sebagai penerus generasi yang handal dan profesional, bisa mempercepat laju pertumbuhan SDM yang ada di Tanggamus serta bisa memajukan tanggamus ini menjadi lebih baik lagi.

Pemkab Tanggamus Ikuti Temu Bakohumas dan Komunitas Informasi Tingkat Nasional Tahun 2016

fb_img_1479643861978
Bandung — Pemkab Tanggamus mengikuti kegiatan Temu Bakohumas dan Komunitas Informasi Tingkat Nasional Tahun 2016 yang diselenggarakan oleh  Badan Koordinasi Hubungan Masyarakat (Bakohumas) Pusat di Convention Hall Hotel Harris, Bandung, Jawa Barat tanggal 17-18 November 2016.

Dalam laporan Ketua Bakohumas yang juga Dirjen Informasi Komunikasi Publik Rosalita Niken Widiastuti. Dikatakan bahwa Pemerintah perlu menyampaikan informasi kepada masyarakat. Agar masyarakat memperoleh informasi yang cukup, baik dan benar, sehingga masyarakat dapat terlibat dalam pengambilan keputusan pembangunan. Dimana tugas itu merupakan tugas humas disetiap lembaga dan instansi pemerintah. Oleh karena itu Humas perlu melakukan koordinasi dalam rangka menyatukan persepsi dan berintegrasi dalam melakukan tugas dan fungsi kehumasan.fb_img_1479644082835

Kegiatan ini dihadiri juga oleh Menteri PDT dan Transmigrasi Eko Putro Sandjoyo, Menteri PAN RB Asman Abnur, Mendikbud Muhadjir Efendi dan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, yang bertindak sebagai keynote speaker pada Temu Bakohumas ini.

Dalam sambutan yang disampaikan melalui tele conference, Rudiantara mengatakan, sesuai dengan tema “Membangun Reputasi Indonesia Melalui Kerja Nyata Humas dan Komunitas Informasi”, bidang Kehumasan berfungsi membentuk reputasi sebuah instansi, terutama pemerintahan. Humas pemerintah di semua instansi saat ini memiliki peran strategis sebagai penghubung Pemerintah dengan publik.fb_img_1479643846635

“Informasi yang disebarkan humas harus memiliki daya tarik dan mengikuti era kekinian. Instansi kehumasan perlu menjadi humas yang bernas, inovatif, dan mampu menjadi fasilitator masyarakat,” kata Rudiantara.

“Kita harus bisa bekerja sama dan mengintegrasikan diri agar publikasi berjalan bersama. Ada 514 kab/kota di Indonesia, mari kita hilangkan ego sektoral, agar apa yg harus dilakukan untuk kepentingan bersama.” tambahnya.

Selanjutnya Menkominfo membuka secara resmi acara Temu Bakohumas Tahun 2016, yang ditandai dengan pemukulan gong oleh Menteri PDT dan Transmigrasi.

Pada kegiatan tersebut, selain diisi dengan paparan dari keynote speakers yang ada. Juga dilakukan diskusi antar peserta bakohumas terkait persoalan dan program kehumasan yang dilakukan.

Selain itu juga acara dimeriahkan dengan  pameran dari beberapa lembaga/instansi pemerintah dan komunitas informasi, serta pagelaran Festival Pertunjukan Rakyat Tingkat Nasional Tahun 2016.

Temu Bakohumas kali ini diikuti oleh 900-an peserta yang berasal dari perwakilan Pejabat Humas lembaga dan instansi pemerintahan serta Pemerintah Daerah seluruh Indonesia. Dari Pemkab Tanggamus sendiri dihadiri oleh Kepala Kominfo dan Persandian Sabaruddin, Kepala Bidang Humas Derius Putrawan serta para Kasi pada Bidang Humas IKP Diskominfo Tanggamus.fb_img_1479643992206

Sabarudin menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat penting diikuti, untuk mengupgrade kemampuan dan wawasan pejabat kehumasan di Kabupaten Tanggamus. Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kehumasan serta membangun sinergisitas dan integrasi informasi antara lembaga Humas Pemkab Tanggamus dengan lembaga Humas ditingkat pusat dan antar instansi. (*)

FESTIVAL GAMBUS TUNGGAL

KOTAAGUNG–Festival Gambus Tunggal yang digelar oleh Dinas Pariwisata Pemuda Olahraga dan Ekonomi Kreatif (Disparpora dan Ekraf) Kabupaten Tanggamus resmi bergulir. Kegiatan yang dipusatkan di Taman Kota, Kotaagung tersebut dibuka resmi oleh Sekda Kabupaten Tanggamus Drs.Hi.Mukhlis Basri,S.T,M.T,M.Si.

foto-1-1

Turut hadir dalam kegiatan, Asisten Bidang Ekobang Andi Wijaya, kadisparpora dan Ekraf Supardi Syarkawi, sejumlah kepala SKPD, Kapolsek Kotaagung AKP Asep Abdulah, Danramil Kotaagung Kapten Inf Redi Kurniawan, Camat Kotaagung yang diwakili Sekcam Quroisin.

foto-2

Supardi Syarkawi dalam laporannya mengatakan, bahwa tujuan diadakannya festival sebagai bentuk pelestarian dan menarik minat masyarakat terhadap kebudayaan lokal kemudian mencari bibit-bibit pemain gambus tunggal.” Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari dari 14-16 November dengan jumlah peserta sebanyak 28 peserta. Adapun tema yang diambil yakni ‘kita semarakkan dan lestarikan seni musik gambus. Diajang pencarian bakat sebagai ikatan kekeluargaan,”ujarnya

foto-6

Sekda Tanggamus dalam sambutannya mewakili bupati mengatakan, bahwa kesenian gambus mulai berkurang, sehingga dengan adanya festival diharapkan dapat meningkatkan minat terhadap musik tradisional Lampung.”Dengan adanya festival ini diharapkan dapat membangkitkan kebudayaan lokal yang nyaris tenggelam. Kedepan ini harus jadi event rutin dan peserta tidak hanya dari kabupaten Tanggamus saja, tetapi kabupaten lain juga,” kata sekda.

BUPATI MEMBUKA SELEKSI TILAWATIL QUR’AN

stq1

GISTING –  Bupati Hi. Bambang Kurniawan, ST., siang tadi membuka secara resmi Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) Tahun 2016 di Hotel 21 Gisting, Jum’at (18/11).

Bupati menyampaikan Seleksi  Tilawatil Qur’an (STQ) tahun 2016 merupakan momentum yang sangat penting dan memiliki perang yang sangat strategis, baik dalam fungsinya untuk menjabarkan, mengembangkan serta mengimplementasikan pokok-pokok ajaran keagamaan yang fundamental dan hakiki yakni Al Qur’an, yang juga tentunya di ikuti dengan Hadist dan Sunnah Rasulullah SAW.

stq2

Selaku pribadi dan atas nama Pemkab Tanggamus beliau menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas pelaksanaan seleksi STQ kali ini. LPTQ dengan berbagai kegiatannya diharapkan lebih proaktif melakukan upaya menjaga kemurnian, kesucian dan memulyakan kitab suci al-qur’an.

Bupati juga berharap dalam seleksi yang akan dilakukan benar-benar  secara jujur dan murni memilih yang berkualitas sehingga kafilah kita mudah-mudahan dapat mewakili Provinsi ke Tingkat Nasional.

stq4

“saya juga berharap Tanggamus dapat mempertahankan Juara umum kembali pada saat MTQ Tingkat Provinsi Ke 45 di Kabupaten Pesawaran tahun depan, “ Kata Bupati

Sementara itu dalam laporannya Kabag Kesmas setdakab Zulfadli, SE., mengatakan peserta STQ tahun ini berjumlah 132 orang dari seluruh cabang yang diseleksikan.

stq3

Dewan hakim dan perangkat dewan hakim pada pelaksanaan STQ ini terdiri dari Dewan Hakim dari Provinsi Lampung dan Kabupaten Tanggamus.

stq5

Dengan tujuan  STQ ini adalah merupakan  upaya Pemkab untuk menyeleksi qori dan qori’ah yang memiliki potensi dalam bidang Musabaqah  yang hasil dari seleksi ini akan menjadi kafilah Kabupaten Tanggamus dalam MTQ ke 45 di Kabupaten Pesawaran Tahun 2017.

stq6

Hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Syamsul Hadi, Ketua LPTQ Kabupaten Mukhlis Basri, Kementerian Agama Tanggamus, Para Asisten, Kepala Dinas, Kepala Badan dilingkungan Pemkab Tanggamus.

KETUA DPD LASQI TANGGAMUS HJ. DEWI HANDAJANI KUKUHKAN KEPENGURUSAN LASQI KECAMATAN SE-KABUPATEN

 

pengukuhan-lasqi-kecamatan

Kota Agung – Ketua Umum Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Lembaga Seni Qosidah Indonesia (LASQI) Kabupaten Tanggamus Hj. Dewi Handajani, SE., MM., siang tadi mengukuhkan Pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) LASQI Kecamatan se- Kabupaten Tanggamus di aula Islamic Center Kotaagung, Selasa (15/11).

Pengurus LASQI yang dikukuhkan tersebut diketuai oleh Ibu Camat dan  Camat serta beberapa pengurus Inti dibawahnya.

Usai mengukuhkan pengurus LASQI Kecamatan dalam sambutan Ketua LASQI Kabupaten Tanggamus Hj. Dewi Handajani, SE., MM., mengatakan bahwa Lembaga Seni Qasidah Indonesia (LASQI) adalah wadah bagi pengembangan seni budaya Islam yang telah ada dan tumbuh selama berabad-abad lamanya di tanah air kita.

foto-bersama-pengurus-lasqi

Selain itu melalui kesenian ini, diharapkan dapat menjadi sarana dakwah dan meningkatkan kecintaan umat Islam kepada agamanya. Sehingga memberikan kontribusi yang positif kepada masyarakat.

Oleh karena itu, keberadaan LASQI di daerah perlu dikembangkan dengan baik, agar apa yang diharapkan dari keberadaan LASQI dapat memberikan manfaat yang lebih luas dan merata kepada masyarakat, khususnya bagi umat Islam.

marawis-02

Dewi menambahkan, Sebelumnya pada tanggal 21 April 2016 yang lalu, atau bertepatan dengan penyelenggaraan MTQ ke 44 Tingkat Provinsi Lampung di Kabupaten Tanggamus. Kepengurusan DPD LASQI Kabupaten Tanggamus telah dikukuhkan oleh Ketua Umum DPW LASQI Provinsi Lampung, Ibu Hj. Yustin Apriliani.

para-peserta-final-lomba-qosidah-dalam-acara-festival-qosidah-bintang-vokali-danmarawis-yang-diadakan-oleh-lasqi-kab-tanggamus

Dimana dalam sambutannya Ibu Hj. Yustin Apriliani meminta kepada kita semua untuk menjadikan LASQI sebagai ajang meningkatkan ukhuwah islamiyah dan meningkatkan mental spiritual dan sumber daya manusia di daerah sampai ketingkat  Kecamatan dan Desa/Pekon di Kabupaten Tanggamus.

para-juara

Oleh karena itu, setelah melalui proses konsolidasi dan koordinasi dengan seluruh elemen yang ada, maka kami telah mampu menyusun komposisi Kepengurusan DPC LASQI Kecamatan se Kabupaten Tanggamus, yang baru saja dikukuhkan kepengurusannya pada hari ini. Ungkap Dewi

Dengan adanya kepengurusan DPC LASQI Kecamatan di Kabupaten Tanggamus ini. LASQI di Kabupaten Tanggamus dapat berjalan dengan lebih baik lagi serta mampu memberikan kontibusi yang lebih baik dan lebih luas kepada masyarakat dan daerah.

lasqi1

“Untuk itu kepada seluruh Pengurus DPC LASQI Kecamatan se Kabupaten Tanggamus. Saya meminta agar dapat segera menyusun dan melaksanakan program kerja LASQI di Kecamatan masing-masing. Dengan senantiasa berkoordinasi dengan DPD LASQI Kabupaten Tanggamus dan semua pihak yang terkait,” Pungkasnya

para-juara

Setelah dilakukan prosesi pengukuhan pengurus LASQI Kecamatan ketua DPD LASQI Tanggamus langsung menyerahkan piala dan penghargaan kepada para juara dalam perlombaan Final Festival  Qasidah,  Bintang Vokalis dan Marawis se-Kabupaten Tanggamus.

Diantaranya Cabang Qasidah, Juara 1 diraih nomor lomba 06, Juara II nomor 05, Juara III nomor 03. Harapan 1 nomor 04, harapan II nomor 01, harapan III nomor 02.

penyerahan-juara

Cabang Vokalis,  Juara I nomor 01, II nomor 06 dan III nomor 02. Juara Harapan I nomor 03, II nomor 04 dan III nomor 02.

penyerahan-penghargaan

Cabang Marawis, Juara I nomor 02, Juara II nomor 06, III nomor 03, dengan juara harapan I nomor 01, II nomor 04 dan III nomor 05.

penyerahan-piala-juara-kosidah

Hadir dalam acara Kepala Kementerian Agama Kabupaten Tanggamus, Yusuf, Asisten Bidang Ekonomi Andi Wijaya, Inspektur Firman Rani, Kadis Kominfo Sabarudin, Kepala Badan Ketahanan Pangan Suhartono, Kadis Kelautan Edi Narimo, Kadis Pertanian  Sony Isnaini, Kepala PP dan KB Edison, Kasat Pol PP , Yumin, serta perwakilan beberapa pejabat dilingkungan Pemkab Tanggamus, Ketua Biro Diklat dan Festival DPW LASQI Lampung Entus Al-Rafi, Camat, KUPT dinas instandi yang ada di Kecamatan se-Kabupaten Tanggamus.

 

 

 

 

 

TANGGAMUS RAIH JUARA UMUM DALAM FESTIVAL LAMPUNG SUNDANESE KE 4 TAHUN 2016

juara-umum

KOTAAGUNG – Kabupaten Tanggamus meraih Juara Umum dalam perlombaan Festival Lampung SundanesesKe 4 yang berlangsung di Pekon Batu Tegi Kabupaten Tanggamus, Minggu (13/11).

 

juara

Hal tersebut berdasarkan Surat Keputusan Panitia Lampung Sundanese Festival Formas Sunda Ngumbara Provinsi Lampung dan PAJAR Kabupaten Tanggamus tentang Kejuaraan Pasanggiri Lampung Sundanese Festival No 21 /LSF/FORMAS-SUNDA/X1/2016.  Yang dibacakan oleh Sekretaris Panitia Dr. H. Undang Rosidin, M.Pd.,

juara

Undang melanjutkan,  Sementara Juara Fovarit peserta terbanyak diraih oleh Kabupaten Lampung Barat. Dan untuk Juara Cabang-Cabang Pasanggiri antara lain, Cabang Anggana Sekar Putra Juara 1 Lampung Barat, II Tanggamus dan III Lampung Tengah.

Cabang Anggana Sekar Putri Juara I Tanggamus, II Pesawaran dan III Lampung Barat, Cabang Baca Puisi Sajak Sunda Putra Juara I Lampung Selatan, II Pringsewu dan III Lampung Barat.

juara

Cabang Anggana Sekar Putra Juara I Tanggamus, II Lampung Tengah dan III Bandar Lampung,  Cabang Rampak Sekar Juara I Tanggamus, II Lampung Barat, III Bandar Lampung. Cabang Rampak Silat juara I Pesawaran, II Tulang Bawang dan III Lampung Tengah.

Cabang Tari Bedana Juara I Way Kanan, II Pesawaran dan III Tanggamus, Cabang Tari Jaipong Juara I Lampung Barat, II Tulang Bawang Barat dan III Tanggamus. Tanggamus juga meraih juara I Lomba Kuliner Khas Sunda dan Lampung.

penutupan1

Usai membacakan surat keputusan para juara kegiatan dilanjutkan dengan rangkaian pembangian piala dan uang pembinaan serta dilanjutkan dengan prosesi Pemberian Piala yang diawali oleh Prof. R.A. Bustomi Rosyadi,  selaku ketua Panitia yang juga Ketua Paguyuban Jawabarat (PAJAR) Provinsi Lampung, kepada kontingen Kabupaten Tanggamus, yang diterima langsung oleh Hj. Dewi Handajani, SE., MM., selaku Ketua  Dewan Penasehat FORMAS SUNDA NGUMBARA Kabupaten Tanggamus dan dilanjutkan dengan prosesi penutupan Festival Lampung Sundanese ke 4.

Sementara itu dalam sambutannya pada acara Penutupan Festival Lampung Sundanese Ke 4 Tahun 2016 Bupati Tanggamus Hi. Bambang Kurniawan, ST.,  yang diwakili oleh Asisten Bidang Pemerintahan Paksi Marga mengatakan mengajak kepada seluruh elemen masyarakat agar saling menjaga silih asah, asuh, silih asih dengan semboyan ini insyaallah suku-suku di Indonesia khususnya Lampung dan Sunda semakin kokoh dimana pun berada. Formas Sunda Ngumbara tempat bersilaturrahmi di tiap daerah mana pun kita berada.

“demikian beberapa hal yang dapat saya sampaikan. Akhirnya dengan mengucap syukur Alhamdulillah Festival Lampung Sundanese Ke 4 di Kabupaten Tanggamus Tahun 2016, secara resmi saya nyatakan di tutup, “ Pungkas Asisten saat membacakan sambutan Bupati

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Dewan Pembina Formas Sunda Ngumbara Tanggamus Hj. Dewi Handajani, SE., MM., beserta jajaran pengurus Tim Penggerak PKK Kabupaten , Camat Air Naningan, Camat Pulau Panggung serta Uspika setempat.

 

 

FESTIVAL LAMPUNG SUNDANESE KE 4 DI BUKA

festival-sundanes

KOTAAGUNG – Festival Lampung Sundanese Ke-4 Tahun 2016 telah dibuka secara resmi oleh Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo yang dalam kesempatan tersebut diwakili oleh Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Lampung Ir. Choiria Pandarita, MM., pada Sabtu pagi (12/11) di Pekon Batu Tegi Kabupaten Tanggamus.

festival-sundanes2

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Lampung Choiriah Pandarita dalam sambutannya yang mewakili Gubernur Lampung  mengatakan dengan adanya festival ini diharapkan dapat sebagai media informasi sehingga berpotensi untuk menambah kunjungan wisatawan  ke Lampung pada umumnya, dan Tanggamus pada khususnya.

festival-sundanes4

” Tanggamus ini potensi wisata alamnya luar biasa,  banyak yang bisa di eksplor di Tanggamus. Kemudian juga kuliner dan cinderamatanya dan bisa kita promosikan segera. Siapapun orangnya, harus dapat mempromosikan wisata ketingkat nasional dan dunia. Saya juga mengapresiasi kepada Formas Sunda ngumbara yang sudah mengembangkan budaya kuliner Sunda Di Provinsi Lampung,” ujar Choiriah.

festival-sundanes5

Ketua Formas Sunda Provinsi Lampung, Bustomi mengatakan bahwa festival Sundaneses yang digagas, sebagai upaya mempererat hubungan masyarakat Lampung keturunan sunda dengan masyarakat Lampung asli. Dengan Jumlah peserta yang mengikuti festival sendiri sebanyak 235 orang yang berasal dari 15 kabupaten/kota se Provinsi Lampung, dan berlangsung selama dua hari 12-13 Nopember 2016.

festival-sundanes7

“Ini sebagai upaya untuk merekatkan dua kebudayaan dan juga agar masyarakat sunda yang tinggal di Lampung semakin betah. Festival ini sendiri terdiri dari beberapa tangkai perlombaan seperti untuk seni tari ada Jaipong dan Bedana, tarik suara, lagu bahasa Lampung dan Sunda, kemudian Kuliner dari Sunda ada nasi liwet sementara Lampung nasi seruit, lalu ada pencak silat juga. Untuk juri sendiri berasal dari Paguyuban masyarakat Sunda yang didatangkan dari Bandung Jawa Barat dan Lampung Sai, ” terang Bustomi.

festival-sundanes9

Sementara itu Bupati Tanggamus Hi. Bambang Kurniawan, ST., mengatakan bahwa sebagai salah satu Kabupaten yang ada di Provinsi Lampung, Tanggamus  memiliki jumlah penduduk lebih dari 534.595 orang, namun demikian  Kabupaten Tanggamus patut bersyukur, karena memiliki kondisi stabilitas keamanan yang baik.

festival-sundanes11

Hal tersebut tentu tercipta bukan dengan sendirinya, namun berkat kerja sama yang baik dari semua pihak, baik Pemerintah Daerah dan Unsur Pimpinan Daerah, beserta segenap elemen masyarakat yang ada di Tanggamus dari berbagai suku culture budaya yang berbeda beda tetapi tetap ber-Bhineka Tunggal Ika.

festival-sundanes12

Beliau melanjutkan, Festival Lampung Sundaneses ini merupakan salah satu perhelatan kebudayaan unggulan di Provinsi Lampung. Festival yang rutin diadakan setiap tahun ini merupakan parade kebudayaan yang mengangkat kekayaan khasanah budaya dan tradisi yang dimiliki culture Lampung dan Etnik Sunda.

festival-sundanes13

Dan berharap kepada masyarakat Tanggamus untuk dapat menjaga kondisi kerukunan, persatuan dan kesatuan yang selama ini telah tercipta di Bumi Begawi Jejama ini.  Harap Bupati mengakhiri sambutannya.

festival-sundanes14

Turut hadir dalam kesempatan tersebut  Kasrem 043/GATAM Letkol Inf. Utten Simbolon,  Kasubdit Polmas ditbinmas Polda Lampung,  AKBP Ali Hanafiah, SH., Wakil Bupati Tanggamus Hi. Syamsul Hadi, M.Pdi., Sekda Hi.  Mukhlis Basri, ST., MT., M.Sc., Pupuhuk Provinsi Lampung Prof. Dr., Ir., H. R.A Bustami Rosadi, MS., Ketua Dewan Pembina Formas Sunda Ngumbaran Kabupaten Tanggamus Hj. Dewi Handajani, SE., MM., serta Pejabat dilingkungan Pemkab Tanggamus.

festival-sundanes15 festival-sundanes16 festival-sundanes17 festival-sundanes18