RAKOR TIM PEMBINA UKS SE-KABUPATEN

rakor2

GISTING – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanggamus Drs. Hamid Hariansyah Lubis, M.Si., pagi tadi membuka secara resmi kegiatan  Rapat Koordinasi Tim Pembina UKS Kabupaten dan Kecamatan se-Kabupaten Tanggamus di Aula serumpun Padi, Senin (31/10).

Dalam rapat tersebut Kadis berharap agar UKS bukan sesuatu hal yang seremonial saja  masih banyak yang perlu dibenahi dalam UKS di sekolah-sekolah.

rakor1

Sebagai bentuknyata beliau menghimbau kepada para UPT Pendidikan dan Kesehatan sering turun ke sekolah-sekolah sehingga program-program UKS dapat benar-benar terlaksana dengan baik. Dengan cara sentuh jajaran sekolah tanyakan apa yang bisa dilakukan atau dibantu.

Selain itu Kadis juga mengajak kepada tim pembina UKS untuk membuka komunikasi dengan jajaran sekolah sehingga mereka tidak merasa sendirian dalam mengelola UKS, selain itu ia juga memerintahkan jajarannya  agar dalam lima hari kerja satu hari dikhususnya untuk turun tinjau sekolah-sekolah.

rakor3

“mudah-mudahan forum ini bisa bermanfaat sehingga apa yang menjadi kendala-kendala dalam program UKS ini dapat di atasi dan terus dibenahi,” Kata Kadis

Sementara itu berdasarkan laporan dari Ketua Panitia Rakor Juwita Putri, SE., MM., menyampaikan bahwa  tujuan diselenggarakannya rakor UKS ini untuk meningkatkan Koordinasi dan menyatukan persepsi tentang Kegiatan UKS bagi Tim Pembina UKS dan mempersiapkan pelaksanaan program-program Tim Pembina UKS, sehingga terwujud sekolah bersih dan sehat.

rakor4

Adapun peserta berjumlah 125 orang terdiri dari Dinas Instansi Terkait, Camat dan Ketua TP PKK Kecamatan se-Kabupaten Tanggamus, UPT Dinas Pendidikan, Kepala Puskes se-Kabupaten Tanggamus dan Kantor Urusan Agama se-Kabupaten Tanggamus.

BUPATI : MASYARAKAT DIHIMBAU MEMBANTU APARAT DALAM MENJAGA KETERTIBAN DAN KEAMANAN

 

5nu

Pugung – Bupati  Hi. Bambang Kurniawan, ST.,  didampingi Dewan Pembina Muslimat Nahdatul Ulama (NU) Hj. Dewi Handajani, SE., MM., pada Sabtu (29/10) pagi menghadiri kegiatan Pengajian Rutin Triwulan Muslimat  NU di Dusun Sinar Agung Pekon Tiuh Memon Kecamatan Pugung.

6nu

Pada kesempatan tersebut Bupati menyampaikan bahwa pembangunan yang ada di Kecamatan Pugung telah banyak dilakukan seperti pembangunan jalan antar Pekon, jalan lingkungan serta saluran irigasi, jembatan dan jalan menuju tempat-tempat perkebunan masyarakat.

2nu

Disamping itu juga dibidang Kesehatan  Pemda Tanggamus juga membangun 2 (dua) unit Puskesmas Rawat Inap di Rantau Tijang serta di Pekon Sumanda.

4nu

Selain itu, Beliau juga menghimbau kepada masyarakat untuk membantu aparat keamanan dalam menjaga ketertiban, menjaga suasana yang bisa menimbulkan kegaduhan, ia akui dan bangga bahwa di Kabupaten Tanggamus selalu kondusif tidak ada konflik-konflik yang bisa merugikan masyarakat sendiri, dan ini patut dipertahankan. Pintanya

1nu

Perlu diketahui bahwa disela-sela kegiatan  Dewan Pembina Muslimat NU  Hj. Dewi Handajani, SE., MM., didaulat untuk menyerahkan  bantuan secara simbolis  kepada 125 anak yatim piatu se-Kecamatan Pugung dengan total dana Rp. 21.800.000,-.

7nu

Turut hadir dalam kegiatan itu Kadis Pendidikan, Camat se-Kabupaten Tanggamus, Ketua APDESI Tanggamus, Uspika Pugung.

3nu

BUPATI : PEMBANGUNAN YANG DILAKUKAN DI TANGGAMUS MERATA KESELURUH KECAMATAN

pengajian-1

Pulau Panggung – Bupati Tanggamus Hi. Bambang Kurniawan, ST., siang tadi menghadiri acara Pengajian Akbar dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam/ Bulan Muharrom 1438 H, di Pekon Sinar Mulyo Kecamatan Pulau Panggung, Senin (24/10).

Dalam sambutannya Bupati mengatakan bahwa selama 14 Tahun iya memimpin Kabupaten Tanggamus ini telah banyak pembangunan yang dilakukan baik pembangunan infrastruktur maupun pembangunan non infrastruktur.

pengajian-2

Seperti pembangunan sarana dan prasarana  pendidikan, pembangunan fasilitas kesehatan, pembangunan infrastruktur jalan, jembatan, irigasi yang merata keseluruh Kecamatan di Kabupaten Tanggamus.

Pemberian insentif bagi guru ngaji, aparat Pekon,  para TKS,  guru TK/Paud, PPN, Kader Posyandu, Penyuluh Pertanian, pemberian izin Hutan Kemasyarakatan bagi para petani, bantuan Alat Mesin Pertanian, Bantuan Bibit serta pembangunan yang lainnya.

pengajian5

Pembukaan jalan baru di pesisir pantai Kecamatan Pematang Sawa sepanjang 5 KM, yang baru saja di resmikan melalui Program TMMD, dan pelayanan Publik yang maksimal. Yang semua itu demi kemajuan masyarakat Tanggamus.

Pada kesempatan itu juga bupati mengabulkan permohonan masyarakat Sinar Mulyo bahwa tahun 2017 jalan dipekon tersebut akan di perbaiki sampai mulus. Ujar Bupati

pengajian-3

Dalam kegiatan tersebut dihadiri juga Ketua Gabungan  Organisasi Wanita (GOW) Hj. Dewi Handajani, SE., MM., Kepala Dinas Pendidikan Drs. Hamid H. Lubis, M.Sc., Camat Sumberejo Talud, Camat Pulau Panggung Arpin, beserta ratusan masyarakat pengajian dari dua Kecamatan tersebut.

 

PERINGATAN HARI SANTRI : SANTRI DIHARAPKAN MENJADI PELOPOR DALAM SEMUA SEGI KEHIDUPAN

s7

Sumberejo –  Wakil Bupati Tanggamus Hi. Samsul Hadi, M.Pdi., Sabtu pagi (22/10) menghadiri acara Pengajian Akbar dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional  KE-2 Tingkat Kabupaten Tanggamus di Lapangan Pekon Kebumen Kecamatan Sumberejo.

Dalam sambutannya Wakil mengucapkan selamat hari santri untuk seluruh santri dan warga Nahdatul Ulama di Tanggamus.

s2

Ia berharap santri bisa mendorong semangat ide perubahan, penggerak dalam rangka membangun Indonesia lebih khusus Kabupaten Tanggamus.

s3

Selain itu santri juga diajak untuk melandasi hidup dengan Islam yang ahlusunah waljamaah.  Santri hendaknya menjadi pelopor dalam semua kehidupan seperti yang pernah dicontohkan oleh para pendahulu santri dalam merebut kemerdekaan dengan resolusi jihad yang dikeluarkan oleh ulama.

s1

Santri dihimbau jangan apriori terhadap perubahan zaman, karena tantangan kita saat ini adalah berkembangnya paham radikalisme, komunisme serta terorisme.

s4

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan pelantikan Pengurus Guru Nahdatul Ulama oleh Wakil Bupati selaku pengurus NU Kabupaten Tanggamus.

s5

Turut hadir dalam acara tersebut KH. Ikhsanudin, Anggota DPRD  Ahmad Syafii, Camat Sumberejo Talud,  Amirudin Harun, KH.  Muhidin, serta pengurus NU tingkat Provinsi Lampung, Pengurus NU Kabupaten Tanggamus serta ribuan Santri se-Kabupaten Tanggamus.

s6

Pekan Produk Budaya Nusantara Expo dan Forum 2016

img_20161020_151850 img_20161020_151903 img_20161020_151920 img_20161020_151932 img_20161020_151938img_20161020_151842

Sekretaris Daerah Kabupaten Tanggamus Drs. H. Mukhlis Basri, S.T., M.T., M.Si menghadiri kegiatan Pekan Produk Budaya Nusantara Expo dan Forum 2016 di Jakarta 19-23 Oktober 2016.

Kegiatan yang merupakan bagian dari Promote Visit Indonesia ini bertemakan Gerakan Revolusi Mental Mengambangkan Budaya Kreatif untuk Ketahanan Ekonomi dan Meningkatkan Daya Saing Bangsa. Harapannya sesuai dengan tema kegiatan Bangsa Indonesia dari seluruh daerah di Indonesia dapat berperan aktif dan memberikan sumbangsih bagi ketahanan Ekonomi dan Daya Saing Bangsa.

UPACARA PELANTIKAN SATGAS ANTI RADIKAL, KOMUNIS DAN TERORIS WILAYAH KABUPATEN TANGGAMUS

dsc_0062
Bupati Kabupaten Tanggamus yang di wakili olehsu Wakil Bupati Kabupaten Tanggamus H.Samul hadi, M.Pd.I Menghadiri Upacara Pelantikan Satgas Anti Radikal, Komunis dan teroris di Lapangan Pemerintah Kabupaten Tanggamus 20 Oktober 2016.
Wakil Bupati Kabupaten Tanggamus H.Samul hadi, M.Pd.I Bertindak sebagai Inspektur Upacara, dan Peserta upacara TNI, Polri, Satpol PP, Dishub serta Satgas yang di wakili 10 anggota satgas perpekon Se-Kabupaten Tanggamus.
Dalam kegiatan tersebut turut hadir Uspida Kab.Tanggamus, Seluruh kepala SKPD Kab.Tanggamus, Camat Se-Kab.Tanggamus dan Kepala Pekon Se-Kab.Tanggamus.
dsc_0053
Dalam sambutannya Wakil Bupati Kabupaten Tanggamus H.Samul hadi, M.Pd.I Mengatakan “Dewasa ini banyak muncul aliran, Ideologi yang bersifat radikal. Paham radikalisme menimbulkan sikap ekstrim hal ini tidak sesuai dengan nilai Pancasila.
Dalam sejarah perjalanan bangsa indonesia paham komunis dan teroris telah menimbulkan dampak yang luar biasa bagi perkembangan keamanandan ketentraman bangsa begitu berbahayanya karena dapat merusak tatanan dan konsep nilai-nilai NKRI  yang berfalsafah pancasila. Untuk mengantisipasi masuk dsan berkembangnya paham radikal komunis dan terorisme di wilayah kita maka kepolisian Resort Tanggamus bersama Pemerintah Kabupaten Tanggamus, DPRD Tanggamus, Komando Distrik Militer 0424 Tanggamus, Kejaksaan Negri Tanggamus, Badan Intelijen Negara Daerah Tanggamus dan Majlis Ulama Indonesia Kabupaten Tanggamus. Membentuk Satuan Anti Radikalisme, Komunisme dan Terorisme tingkat pekon dalam rangka pencegahan masuk dan berkembangnya ketiga faham tersebut.
Dalam pelaksanaannya nanti kegiatan pencegahan faham radikal, komunis dan teroris bersama satgas Anti RKT Kab.Tanggamus, akan melaksanakan kegiatan
1.Pre Emtif
 a.Penyuluhan hukum
 b.Sosialisasi
 c.Anjau silau
 d.Kampanye
 e.Penyebaran pamflet
 f.Pemasangan spanduk
 g.Talkshow
 h.Dialog interaktif
2.Kegiatan Pre-ventif
 a.Anjau silau
 b.Ronda pekon
 c.Menerapkan wajib lapor terhadap tamu yg bermalam dengan tempo lebih dari 1×24 jam.
Pada kesempatan tersebut dilanjutkan penandatanganan Mou Satgas Anti Radikal, Komunis dan teroris Kabupaten Tanggamus yang di tandatangani oleh Kapolres, Dandim 0424, Kepala.Kejaksaan Negri, Kepala Pengadilan, Ketua DPRD, Ketua MUI Kab.Tanggamus yang di saksikan oleh Wakil Bupati Kabupaten Tanggamus H.Samul hadi, M.Pd.I

Kerjasama Badan Ketahanan Pangan dengan Universitas Lampung memajukan Kawasan Mandiri Pangan Kabupaten Tanggamus

img-20161020-wa0005

Badan Ketahan Pangan mencoba berinovasi agar kawasan Mandiri Pangan tidak hanya menghasilkan komunitas pangan saja tetapi juga tempat wisata, tempat belajar, dan kunjungan study ilmiah bidang ketahanan pangan.
Adapun kawasan mandiri pangan berfokus pada lokasi Pekon Wonoharjo, Pekon Tegal Binangun dan Pekon Sumber Rejo. Yang mana potensi yang ada di masing-masing lokasi diantaranya potensi kebun salak, jambu kristal, jambu bangkok, bunga sedap malam dll.
Badan Ketahanan Pangan juga tengah menjalin Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Fakultas Teknik Universitas Lampung. Dengan Nomor MOU: 521/243/43/10/2016, 3107/UN26.5/KS/2016.

img-20161020-wa0006

Yang mana berisikan agar berbagai pihak untuk ikut berperan aktif dalam upaya mencari solusi permasalahan ketahanan pangan di Kabupaten Tanggamus. Perjanjian kerjasama ini juga bertujuan untuk pemanfaatan potensi agrowisata di Kabupaten Tanggamus.img-20161020-wa0004

Penutupan TNI Manunggal Membangun Desa/TMMD ke 97 Kodim 0424/Tanggamus

9

Pada hari Rabu tanggal 19 Oktober 2016, sekitar pukul 10.30 WIB, di Lapangan Pekon Way Nipiiah Kec. Pematang Sawa Kab. Tanggamus, telah berlangsung upacara penutupan TNI Manunggal Membangun Desa/TMMD ke 97 Kodim 0424/Tanggamus tahun 2016, dengan tema “Dengan Semangat Kemanunggalan Serat Kekorjasama Lintas Sektoral Dan Lintas Komponen Bangsa Kita Tingkatkan Percepatanoo Pembangunan Di Daerah Guna Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat”

8
Upacara Penutupan TMMD ke 97 tahun 2016 di tutup oleh Mayjen. TNI. Sumedy, SE., MM. (Pati Ahli Kasad) dengan diikuti oleh peserta upacara antara lain : TNI (Personil Kodim 0424/Tanggamus, Yonif 143/TWEJ dan Pos Kamla TNI AL Kota Agung), Polisi Resort Tanggamus, Satuan Polisi Pamong Praja/Satpol PP Kab. Tanggamus,  Dinas Perhubungan Kab. Tanggamus, Polisi Kehutanan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan/TNBBS, FKPPI Tanggamus, Siswa SUPM Waygelang Kota Agung, Pelajar SMP Negeri 1 Kec. Pematang Sawa dan masuarakat Pekon Pematang Sawa.

5
Hadir dalam kegiatan Upacara Penutupan TMMD ke 97 antara lain :
a. Letkol Inf. Y. Hartono  (Pabandya Bhakti Ster Kodam II/Swj) b. H. Bambang Kurniawan ST (Bupati Tanggamus) c. Letkol Inf. Hista Soleh Harahap (Dandim 0424/Tanggamus/Dansatgas TMMD ke 97) d. Letkol Inf. Didik H. (Dandim 0410/Kota Bandar Lampung) e. Letkol Inf. JP. Sipayung (Kasiter Rem 043/Gatam) f. Mayor Mar. Imam Supriyanto (Wadanyon 9 Marinir Lampung) g. Mayor Inf. Asrin (Kasdim 0424/Tanggamus) h. Peltu Bambang HS (Danpos Kamla Kota Agung) i. Kompol. Hepi Kasasi. (Wakapolres Tanggamus) j. Heri Agus Setiawan, S.Sos (Ketua DPRD Tanggamus/PDIP) k. Taufan Zakaria SH (Kajari Kota Agung)        l. M. Yusuf (Ka. Kandepag Tanggamus) p. Yumin, BA. Kasat Pol PP Tanggamus) q. Sabar Sitanggang (Mewakili Kakan. Kesbangpol Tanggamus) r. Edi Fahrul Rozi (Camat Pematang Sawa) t. Para Danramil dan Pa Staf Jajaran Dim 0424/Tanggamus) u. Dan Unit Intelijen Dim 0424/Tanggamus) v. Unsur SKPD Kab. Tanggamus, Kepala Pekon se-Kec. Pematang Sawa, Tomasy/Toga/Toda Kec. Pematang Sawa, dan sekitar 600 tamu undangan.

1
Mayjen TNI Sumedy SE. MM  (Pati Ahli Kasad) dalam membacakan amanat Kasad menyampaikan, antara lain :
a. Kegiatan yang dilaksanakan ini dalam upaya TNI dalam membantu pemerintah daerah  untuk mendukung kemajuan pemda dan untuk kemakmuran masyarakat. b. Jaga semangat gotong royong, dalam upaya menjaga keutuhan NKRI dan jadikan evaluasi TMMD ke 97 ini untuk kebaikan TMMD mendatang.

7
Hasil pelaksanaan TMMD ke 97 Kodim 0424/Tanggamus terdiri dari :
a. Sasaran fisik, meliputi  :
1) Pembukaan badan jalan Pekon Way Nipah  dengan ukuran Panjang 5000 Meter X  Lebar 8 Meter 100% selesai. 2) Perkerasan jalan dengan sirtu ukuran Panjang 2.400  Meter X Lebar 3 Meter 100% selesai. 3) Pembangunan Jembatan semi permanen dengan ukuran Panjang 18 Meter X Lebar 2,4 Meter 100% selesai. 4) Sasaran over target : a. Jembatan kayu 4 unit 100% selesai. b. Gorong-gorong plat deker 5 unit 100% selesai. c. Pembuatan badan jalan Panjang 500 Meter X Lebar 3 Meter 100% selesai. d. Pembuatan siring galian Panjang 6000 Meter X Lebar 1 Meter 100 Meter 100% selesai. e. Rehab terbatas dan pengecetan mushola 1 unit 100% selesai.
b. Sasaran non fisik, meliputi :
1) Penyuluhan wawasan kebangsaan dihadiri 50 orang masyarakat. 2) Penyuluhan hukum, bahaya narkoba. KDRT dan Kamtibmas dihadiri 150 orang masyarakat. 3) Penyuluhan peternakan, perkebunan dan pariwisata dihadiri 150  orang masyarakat. 4) Penyuluhan bahaya ISIS/Aliran sesat  dihadiri 150 orang masyarakat. 5) Pelayanan kesehatan dan KB. a. Pelayanan Kesehatan 125 pasien. b. Pelayanan KB. 1) Implan 47 orang. 2) Suntik 77 orang 3) Pelayanan khitanan masal 23 anak.
Pukul 11.05 Wib, Upacara Penutupan TMMD ke 97 Kodim 0424/Tanggamus tahun 2016 selesai, Mayjen TNI Sumedy SE. MM (Pati Ahli Kasad) selanjutnya menyerahkan secara simbolis berupa sembako kepada masyarakat Pekon Way Nipah Kec. Pematang Sawa, dilanjutkan kegiatan peletakan pemasangan jambanisasi secara simbolis, kemudian dilanjutkan peninjauan kegiatan pengobatan massal dan peninjauan ke lokasi kegiatan fisik TMMD ke 97 Kodim 0424/Tanggamus di Pekon Way Nipah Kec. Pematang Sawa yang di dampingi oleh Letkol Inf. Hista Soleh Harahap (Dandim 0424/Tanggamus/Dansatgas TMMD ke 97)  dan Unsur Pejabat tamu undangan yang hadir.

2 4
Kegiatan tatap muka kepada masyarakat Pekon Way Nipah bahwa Mayjen TNI Sumedy SE. MM (Pati Ahli Kasad) menyampaikan : a. Sangat bangga terhadap terlaksananya TMMD ke 97 Kodim 0424/Tanggamus di Pekon Way Nipah. b. Pembangunan melalui  TMMD tahun ini telah selesai, nantinya pembangunan jalan bisa dilanjutkan pembangunannya melalui karya bhakti, kerja sama antara Pemda Tanggamus dengan Kodim 0424/Tanggamus dengan waktu yang tidak terbatas. c. Atas saran dari masyarakat, berharap dibangunnya pos kampling.
Pukul 13.20 Wib, kegiatan selesai berlangsung lancar dan aman.
Demikian yang dapat dilaporkan.

DPRD TANGGAMUS GELAR 5 RAPAT PARIPURNA

1

Kota Agung – Rapat Paripurna DPRD masa persidangan I telah berlangsung di ruang rapat utama DPRD Kabupaten Tanggamus, Selasa (18/10).

Dalam rapat tersebut membahas lima agenda penting yakni Rapat Paripurna Penyampaian Laporan Hasil Pembahasan, Persetujuan, DPRD dan Pendapat akhir Kepala Daerah terhadap 2 (dua) buah Ranperda Kabupaten Tanggamus, Rapat Paripurna Penandatanganan  MoU Nota Kesepakatan Program Pembentukan Peraturan daerah (PROPEMPERDA).

2

Kemudian,  Rapat Paripurna Penandatanganan  MoU Nota Kesepakatan KUA-PPAS APBD Kabupaten Tanggamus Tahun Anggaran 2017, Rapat Paripurna Penyampaian 4 (empat) buah Ranperda Inisiatif DPRD Kabupaten Tanggamus Tahun 2016 serta Rapat Paripurna Penyampaian Rancangan APBD Kabupaten Tanggamus Tahun Anggaran 2017.

3

Sidang Paripurna pertama sampai ke tiga dipimpin dan dibuka oleh Ketua DPRD Tanggamus Heri Agus Setiawan, S.Sos., dan untuk sidang keempat dan kelima pimpinan sidang di pimpin oleh Wakil Ketua II Rusli Shoheh, dengan agenda Rapat Paripurna Penyampaian 4 (empat) buah Ranperda Inisiatif DPRD Kabupaten Tanggamus Tahun 2016 serta Rapat Paripurna Penyampaian Rancangan APBD Kabupaten Tanggamus Tahun Anggaran 2017.

4

Sementara itu dalam sambutan tertulisnya  pada rapat Paripurna DPRD Dalam rangka Penyampaian Rancangan APBD Kabupaten Tanggamus Tahun Anggaran 2017 Bupati Tanggamus Hi. Bambang Kurniawan,ST., yang dibacakan oleh Wakil Bupati Samsul Hadi, M.Pdi., mengatakan bahwa Rancangan APBD ini telah memuat petunjuk dan penjelasan secara garis besar tentang apa yang menjadi landasan APBD Kabupaten  Tanggamus Tahun 2017.

5

APBD Tahun 2017 ini, disusun berdasarkan beberapa peraturan perundang-undangan yang berlaku saat ini, yang kemudian dilengkapi juga dengan kesepakatan antara Pemkab Tanggamus  dengan DPRD tanggal 18 Oktober 2017 tentang prioritas Platfon dan Anggaran sementara APBD Tahun Anggaran 2017.

6

“rancangan APBD Tahun Anggaran 2017 yang kami ajukan ini, pada prinsipnya adalah menata anggaran pendapatan  dan belanja daerah untuk kebutuhan anggaran pada tahun 2017 dengan meng-alokasikan anggaran yang tersedia sesuai dengan kebutuhan dan skala prioritas kegiatan pada tahun anggaran 2017,” Kata Wakil

7

Wakil juga menyampaikan komposisi rencana pendapatan, belanja dan pembiayaan daerah. Sesuai dengan Rancangan KUA dan PPAS APBD Tahun 2017 yakni  pertama Pendapatan Daerah. Pendapatan Daerah pada Tahun Anggaran 2017 nanti direncanakan sebesar : Rp. 1,867,198,079,203.80, yang terdiri dari :Pendapatan Asli Daerah (PAD)           : Rp.   43,653,472,284.85 Dana Perimbangan, sebesar : Rp. 1,362,471,683,450.16, Lain-lain Pendapatan yang Sah : Rp.   461,072,923,468.80.

8

kedua Belanja Daerah. Belanja Daerah yang direncanakan adalah sebesar Rp. 1,769,409,364,805.81. yang terdiri dari : Belanja Tidak Langsung sebesar : Rp. 962,137,330,851.27. Belanja Langsung sebesar :  Rp. 807,272,033,954.54.

9

Dari komposisi Pendapatan dan Belanja Daerah tersebut, maka terjadi SURPLUS anggaran sebesar  Rp. 97,788,714,397.99.

Karena sistem Penganggaran di Kabupaten Tanggamus menganut sistem berimbang maka Surplus tersebut akan menututupi pembiayaan Daerah sebesar Rp. 97,788,714,397.99.

10

“Kami menyadari bahwa Rancangan APBD Tahun Anggaran 2017 ini, masih belum sempurna. Oleh karena itu kepada Dewan Yang Terhormat, mohon kiranya secara bersama-sama dapat menyempurnakan Rancangan APBD Kabupaten Tanggamus Tahun Anggaran 2017 ini, agar menjadi lebih efektif, efisien dan tepat sasaran. Sehingga pada akhirnya dapat kita sepakati bersama,” pungkasnya

Turut hadir dalam sidang Perwakilan Kodim 0424 Tanggamus, Wakapolres Tanggamus, Ketua Pengadilan Agama, Sekretaris Daerah, Asisten Bidang Pembangaunan Para Kepala Dinas atau yang mewakili, Para Camat serta perwakilan Ormas, Partai di Lingkungan Pemkab Tanggamus.