TANGGAMUS TERIMA BANTUAN ALSINTAN

alsintan-1

Sumberejo – Dalam rangka memaksimalkan mutu dan mempercepat pembangunan dibidang pertanian, Anggota Komisi IV DPR RI Sudin dari Fraksi PDI Perjuangan bersama Bupati Hi.Bambang Kurniawan, ST.,  pagi tadi menyerahkan bantuan ALSINTAN (Alat Mesin Pertanian) bertempat di halaman Balai Pekon Sumberejo kepada para petani se-Kabupaten Tanggamus, Kamis (29/9).

Bupati Tanggamus dalam sambutannya mengatakan bahwa maksud dan tujuan penyerahan Alsintan ini untuk membantu para petani dan kelompok tani di wilayah Kabupaten Tanggamus  dalam rangka meningkatkan kualitas dan kwantintas produk petani supaya hasil pertanian lebih meningkat dengan hasil yang lebih baik serta memuaskan.

alsintan-3

Selain itu dengan adanya Alsintan tersebut  juga dalam rangka mendukung program pemerintah untuk meningkatkan swasembada pangan.  Untuk itulah diperlukan modernisasi dibidang pertanian.

Sementara itu dalam sambutan singkatnya anggota DPR RI Sudin berharap kepada para petani agar dapat memanfaatkan alsintan tersebut dengan sebaik-baiknya, dan kepada para petani di Tanggamus jangan ragu-ragu untuk terus mengusulkan berbagai program dibidang pertanian, “saya siap menggiring usulan tersebut ke Kementerian Pertanian, “ Kata Sudin

alsintan-4

Bantuan Alsinta yang diserahkan sebanyak 399 unit antara lain Cobine Hasvester sedang 23 unit, Combine Hasvester Kecil 50 unit, Handtraktor 79 unit, Pompa Air 60 unit, Handspayer 168 unit, Corn Sheller 6 unit, Powertresser 11 unit dan Traktor Roda empat 2 unit.

alsintan-5

Turut hadir  dalam acara tersebut Anggota DPRD dari Fraksi  PDI Perjuanan, Inspektur, Kadis Kominfo, Kadis Pertanian, Kepala Badan Ketahanan Pangan, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kadis Perhubungan, Kadis Kelautan serta Kadis PP dan KB.

EKSPOSE INOVASI PRODUK UNGGULAN DALAM MENDUKUNG PROGRAM SIDA DI KABUPATEN TANGGAMUS

img_0064-1-1img_0047-1img_0060-1

Aula Hotel 21 Kec. Gisting. Wakil Bupati Kabupaten Tanggamus H. Samsul Hadi, M.Pdi. Menghadiri kegiatan ekspose inovasi produk unggulan dalam mendukung program SIDa di Kab. Tanggamus dengan Tema Inovasi Pasca Panen Kopi, Manggis, Pala, Berorentasi Ekspor dan setrategi pengembangan di Kab. Tanggamus. Rabu(28/9).

Dalam sambutannya Wakil Bupati Kab. Tanggamus menyampaikan bahwa dalam rangka mendukung peningkatan kapasitas pemerintah daerah daya saing daerah dan pelaksanaan percepatan dan perluasan pembangunaan ekonomi di perlukan penguatan Sistem Inovasi Daerah (SIDa) Secara terarah dan berkesenambungan .

Keberhasilan penguatan sistem inovasi daerah harus didukung semua elemen baik pemerintahan terkait dunia usaha maupun masyarakat dalam berinovasi agar dapat memberikan terobosan-terobosan dengan tujuan menciptakan peluang usaha bagi masyarakat Kab. Tanggamus untuk meningkat kan kesejahteraan masyarakat.

Sistem Inovasi Daerah (SIDa) di Kabupaten Tanggamus sangat penting karena Kabupaten Tanggamus mempunyai keunggulan komperatif, terutama di bidang pertanian, perikanan, perkebunan, peternakan dan pariwisata.

Harapanya Tim kordinasi penguatan SIDa Kabupaten Tanggamus dapat menjalankan perannya dalam mendukung SIDa. Melalui keterlibatan aktif dan singkronisasi program yang aplikatif agar dapat diimplementasikan secara nyata untuk pembangunan Kabupaten Tanggamus berkelanjutan.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Prov. Lampung yang di wakili oleh Ir Ratna Wilis, Mta. Kepala Bappeda Hendra Wijaya Mega, Kadis Tanaman Pangan dan Holtikultura Prof. Soni, Kadis Diskominfo dan Persandian Drs.Sabaruddin, Narasumber Kelompok Tani Langgeng Makmur Pekon Tanjung Rejo Kec. Pulau Panggung serta perwakilan kelompok Tani se-Kab.Tanggamus.

Tanggamus Miliki 20 KIM

img_20160714_153949img_20160515_163031img_20160504_170351img_20160928_160628img20160714124835

KABUPATEN TANGGAMUS MILIKI 20 KELOMPOK INFORMASI MASYARAKAT (KIM)

BNS — Kabupaten Tanggamus genap memiliki 20 Kelompok Informasi Masyarakat (KIM). Hal ini sejalan dengan terbentuknya KIM di Pekon Sanggi Unggak, Kecamatan Bandar Negeri Semuong, pada hari Rabu, 28 September 2016. Dengan terbentuknya KIM Pekon Sanggi Unggak ini, maka di Kabupaten Tanggamus telah dibentuk 20 KIM yang berada pada setiap Kecamatan, dengan jumlah anggota 20-25 orang untuk 1 KIM. Dimana jumlah KIM ini masih mengacu pada SPM Urusan Bidang Kominfo, yang mensyaratkan minimal 1 KIM di 1 Kecamatan.

Pembentukan KIM ini dilatar belakangi dengan banyaknya kasus penipuan kepada masyarakat melalui sarana informasi, seperti handphone atau internet. Dimana masih banyak masyarakat yang belum bisa membedakan mana informasi yang menipu atau yang merugikan, termasuk mana informasi yang buruk atau menyesatkan. Selain itu KIM juga dibentuk agar masyarakat mampu memanfaatkan informasi yang ada dan teknologi informasi dalam kehidupannya, agar masyarakat semakin meningkat pengetahuannya, wawasannya dan pendapatannya, sehingga masyarakat selain akan memiliki daya saing juga akan semakin sejahtera.

Apalagi diera MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) saat ini, dimana barang dan jasa dari kawasan Asean bebas masuk ke Indonesia, padahal Indonesia merupakan Negara yang memiliki penduduk terbanyak atau 40% dari jumlah penduduk Asean. Jika ini tidak segera disikapi maka dikhawatirkan Indonesia hanya akan menjadi pasar bagi bangsa lain. Sehingga bangsa lain akan semakin maju dan sejahtera, sementara bangsa kita semakin tertinggal. Oleh karena itu diperlukan upaya agar kita mulai menyikapi kondisi ini dengan mempersiapkan diri agar mampu bersaing dan mendapatkan nilai tambah dalam era globalisasi ini. Salah satunya adalah dengan menguasai informasi dan memanfaatkan teknologi informasi dengan baik. Contohnya dengan memasarkan produk/komoditas Tanggamus melalui internet, agar mendapatkan pembeli dari luar daerah bahkan luar negeri,, sehingga dengan banyaknya produk/komoditas Tanggamus yang terjual, tentu akan meningkatkan pendapatan produsen/masyarakat.

Oleh karena itu mengingat tujuan dan manfaat yang akan dirasakan oleh masyarakat, KIM sangat baik dikembangkan di Kabupaten Tanggamus. Terlebih KIM juga merupakan implementasi dari kebijakan Pemerintah, yaitu; Permen Kominfo No. 22/PER/M/KOMINFO/04/2010 tentang Standar Pelayanan Minimal Bidang Kominfo di Kabupaten/Kota dan Undang-Undang No. 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah.

Dalam pelaksanaannya Diskominfo mensosialisasikan akan pentingnya informasi dan teknologi informasi bagi masyarakat. Agar kemudian masyarakat diarahkan untuk membentuk KIM. Selanjutnya KIM akan diberikan pembinaan, pendampingan dan fasilitasi, agar dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Dalam bentuk penyuluhan dan pelatihan kepada anggota KIM tentang pengetahuan dan keterampilan dalam mencari, mengolah, memanfaatkan dan menyebarkan informasi. Yang juga penting untuk dilakukan adalah mengarahkan KIM untuk mampu menjadi stimulus ditengah masyarakat, agar masyarakat memiliki kemampuan dan menerima manfaat yang sama dengan anggota KIM atas keberadaan informasi.

Selain itu untuk mendukung aktifitas KIM, Pemerintah Kabupaten Tanggamus juga akan memfasilitasi dalam bentuk peningkatan akses informasi, dengan memberikan bahan informasi seperti diktat, buku, leaflet, brosur atau banner. Termasuk bantuan sarana akses informasi berupa 1 unit komputer netbook untuk 1 KIM, sehingga KIM dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Selanjutnya mengingat tujuan dan manfaatnya yang sangat baik bagi masyarakat. Juga sesuai pedoman pembentukan KIM dari Kementerian Kominfo, bahwa idealnya KIM terdapat disetiap desa. Oleh karena itu kedepan Diskominfo akan mengupayakan agar KIM dapat terbentuk di setiap pekon, utamanya pekon-pekon yang telah tersedia akses internet. Karena dengan semakin banyaknya KIM, maka akan semakin banyak pula masyarakat yang mendapatkan pencerahan dalam melakukan aktifitas informasi dan mendayagunakan teknologi informasi. Sehingga akan membentuk masyarakat Tanggamus yang informatif, inovatif serta memiliki daya saing dan nilai tambah. Demi terwujudnya masyarakat Kabupaten Tanggamus yang unggul, berdaya saing, maju dan sejahtera.

 

PENYAMBUTAN JAMAAH HAJI KABUPATEN TANGGAMUS

img_2391

BANDAR LAMPUNG- Pagi tadi Selasa (27/9) Jamaah Haji asal Kabupaten Tanggamus Kembali di pulangkan Ke Tanah Air, dan di tempatkan di Asrama Haji Bandar Lampung.kedatangan para jamaah haji tersebut disambut langsung oleh Bupati Tanggamus H. Bambang Kurniawan, ST., Didampingi juga oleh Wakil Bupati Tanggamus H. Samsul Hadi, M.Pd.I ., Serta turut dihadiri juga Kepala Kemenag Kabupaten Bapak Muhammad Yusuf., Kabag Kesmas dan Keagamaan Zulpadli.,dan Wakil Ketua DPRD Rusli Shoheh.,,

img_2386

Dalam laporan Bapak Drs. H. Aswari kasi haji dari Kemenag Kabupaten Tanggamus Beliau menyampaikan Bahwa jumlah jamaah haji yang diberangkatkan berjumlah 186 orang, namun dikurangi dua orang yang tidak jadi diberangkatkan karna melihat kondisi kesehatan yang tidak memungkinkan dan dari pihak keluarga juga tidak mengizinkan. sehingga jumlah keseluruhan yang diberangkatkan menjadi 184 orang. Para jamaah haji terbang dari bandara Jeddah Arab saudi sekitar Pukul 10 tadi malam dan tiba di Asrama Haji Bandar lampung tadi pagi sekitar Pukul 09.00 WIB.., Beliau juga menyampaiakan para jamaah haji akan kembali di pulangkan kepada keluarganya dengan diantar via travel panitia pengurus haji kab. tanggamus. dan akan ditransitkan di masjid Islamic center, Masjid Al- Islah Pasar madang..untuk dijemput oleh keluarganya masing-masing.

img_2375

Sementara dalam sambutan Bupati Tanggamus H. Bambang Kurniawan, ST., Beliau menyampaikan ucapan selamat atas kepulangan jamaah haji kab. tanggamus dan atas rahmat Allah SWT ., Jamaah haji bisa pergi ke tanah suci dengan selamat dan pulang dengan selamat juga.Beliau juga menyampaikan Haji mabrur adalah haji yang baik, haji yang berhasil ,haji yang sesuai dengan tujuan apa seseorang diperintahkan untuk berhaji dan yang mengembalikan hamba kepada kesucian dan haji yang diterima oleh Allah SWT, haji yang mabrur bukanlah  dari orang lain melainkan dari diri kita sendiri dan haji yang mabrur hanya allah yang tahu.

img_2325

Atas nama pemerintah  daerah  kabupaten tanggamus menerima dan menyambut kembali kedatangan jamaah haji dan hajjah untuk tahun 2016 dan sekaligus saya lepas kepangkuan keluarga kita masing-masing. Dan melalui kesempatan ini juga saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada saudara penyelenggara urusan haji, panitia pemberangkatan dan pemulangan haji Provinsi Lampung semoga Allah SWT akan memberikan pahala yang setimpal dengan amal perbuatan saudara sekalian.Text(Mrd)

Program Satu Juta Nama Domain

sejuta-domain-gratis-kominfo

Program Satu Juta Nama Domain merupakan salah satu program unggulan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia untuk meningkatkan konten-konten positif dan produktif di Internet.

Menggunakan server di dalam negeri dan domain .id sebagai domain Indonesia yang terpercaya, program ini akan mendorong optimalisasi akses internet dalam negeri dan mempercepat akses konten lokal. Dalam jangka panjang, program ini akan membuat akses internet menjadi lebih murah karena semakin dominannya akses internet dalam negeri yang tidak membutuhkan bandwidth internasional yang mahal.

Karena menggunakan domain .id yang penggunanya terdaftar dengan identitas yang jelas, program ini akan menekan tingkat anonimitas di Internet. Seiring dengan tumbuhnya konten-konten positif dari Indonesia, industri e-commerce dan digital kreatif akan tumbuh dengan semakin pesat di Indonesia.

 

Sumber : www.kominfo.go.id

Sosialisasi dan Pembinaan Tupoksi Penyelenggara, Pengelola, Tenaga Pendidik PAUD

fb_img_1474598299824

Balai Pekon Gisting-Kec. Gisting Bupati Tanggamus Hi. Bambang Kurniawan, ST. Menghadiri Sosialisasi dan pembinaan Tupoksi penyelenggara, penggelola, Tenaga pendidik PAUD.

Lembaga paud di kab. Tanggamus secara keseluruhan terdiri dari lima ratus lima puluh empat paud, yang baru mendapatkan BOP/ tiga ratus delapan puluh empat paud dan yang mendapatkan insentif dari lembaga baru sejumlah seratus sepuluh paud. Dalam sosialisasi dan pembinaan tersebut di hadiri sembilan puluh tiga lembaga paud dari lima kecamatan di antaranya Kec. Kotaagung Barat, Kec. Kotaagung Timur, Kec. Gisting, Kec. Gunung alip dan Kec. Pugung.

fb_img_1474598314066
Pada kesempatan ini juga diserahkan sejumlah dana pengembangan dan pengelolaan paud secara simbolis kepada lembaga paud di 5 kecamatan.

fb_img_1474598310821
Bupati Tanggamus Hi. Bambang Kurniawan, ST. dalam sambutannya menyampaikan bahwa pemerintah pusat mengalokasikan dana melalui pemerintah daerah untuk pengelolaan paud baik untuk sarana/ prasarana pembanggunan, maupun diperuntukkan guna admistrasi insentif bagi tenaga pendidik.
Demikian juga ditekankan kepada para pengelola paud, agar dalam penggunaan dana harus berdasarkan petunjuk yang jelas, selanjutnya di sampaikan juga untuk tahun 2017 dana Desa minimal tiga juta rupiah untuk di konstribusikan ke paud berupa uang tunai.

fb_img_1474598307323

Dalam kegiatan tersebut turut hadir Kadis Pendidikan dan kebudayaan Bapak Hamid H Lubis, Kepala Inspektorat Bapak Firman Rani, Kadis Kominfo dan Persandian Bapak Sabarudin, Kadis Kelautan dan Perikanan Bapak Edi Narimo, Kasat Pol PP Bapak Yumin, Staf Ahli Pemerintahan Bapak Idham Kholik, Camat Gisting Bapak Andreas Wijaya.

PEMBEKALAN BAGI ANGGOTA KORPRI YANG AKAN MEMASUKI PURNABHAKTI TAHUN 2016/2017.

img_2133

GISTING–Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI), menggelar kegiatan pembekalan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang memasuki masa purnabakti (pensiun) di aula hotel 21, Kecamatan Gisting Rabu (21/9).

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Asisten Bidang Administrasi Hj. Nur Indraty mewakili Bupati Tanggamus, Hi. Bambang Kurniawan,ST., tersebut menghadirkan narasumber Ir. Ag.Slamet dari Badan Koordinator Penyuluh (Bakorluh) Provinsi Lampung; Nurdalela Dinas Tenaga Kerja, Provinsi Lampung; serta Bihelman SE., dari Bank Tabungan Pensiunan Negara (BTPN) Provinisi Lampung.

img_2164

Dalam sambutannya Sekretaris Dewan Pengurus KORPRI Kabupaten Tanggamus, Ristika Trianita menyampaikan tujuan dilaksanakannya kegiatan pembekalan bagi anggota Korpri yang telah memasuki masa purnabakti ini ialah untuk memberikan wawasan, motivasi,pencerahan dan kesiapan baik mental maupun spritual agar lebih semangat menjalani masa pensiun.

“Melalui kegiatan ini mampu memberikan ketermpilan dalam bidang kewiraushaan, kemandirian, serta finansial dimasa purnabakti serta memberik memberikan pengetahuan teknis tentang prosedur pengusulan pensiun dan hak peserta taspen, kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari yakni Rabu (21/9) dan Kamis (22/9), dan diikuti 50 peserta, yang termasuk masa purna bakti di seluruh SKPD baik pegawai fungsional dan struktural se Kabupaten Tanggamus,”kata Ristika.

Lebih lanjut ia mengatakan, masa pensiun alamiah terjadi, namun pada umumnya ketika memasuki masa pensiun dihadapkan pada masalah finansial dan mental, dan secara finansial sendiri pemerintah telah memberikan dana pensiun yang dinilai dapat mencukupi biaya kehidupan sehari-hari, ketika tidak aktif lagi bekerja.

img_2144

“Kegiatan ini sekaligus akan menciptakan forum komunikasi diantara anggota korpri yang akan memasuki pensiun, dengan berkumpul nantinya dapat bertukar informasi, menambah relasi dan persaudaraan, peserta dengan mengikuti kegiatan ini peserta mendapatkan motivasi, kesehatan, pengelolaan keuangan, program taspen, dan menambah wawasan dalam kewiraushaan, kami berharap setelah dengan diadakannya kegiatan ini anggota Korpri khususnya yang telah memasuki masa pensiun lebih diperhatikan lagi,”ujarnya.

Sementara Itu, Asisten Bidang Administrasi Pemkab Tanggamus Hj. Nur Indraty mengatakan Korpri merupakan wadah tempat berkumpulnya para ASN, ia berharap melalui kegiatan pembekalan ini, diharapkan dapat memacu semangat ASN yang akan memasuki masa pensiun dalam membuka wawasan, kewirausahaan, hingga dapat mengembangkan jiwa enterprenuer untuk dapat mengisi masa pensiunnya.

“Tidak sedikit contoh PNS yang telah memasuki masa pensiun mampu menyikapi perubahan, keadaan dengan sikap positif, serta dapat memberdayakan masyarakat sekitarnya dan membuka lapangan kerja,”terangnya.

Lebih lanjut, Mantan Kepala Dinas Kesehatan Tanggamus ini menyampaikan, masa pensiun merupakan waktu yang harus dipergunakan dengan sebaik baiknya, karena diwaktu tersebut diberi kesempatan menikmati waktu yang lebih luang untuk berkumpul dengan keluarga, yang mungkin dahulunya sulit didapat dikarenakan kesibukan menjalankan tugas sebagai abdi negara.

“Masa pensiun bukan berati masa pengabdiannya telah selesai, akan tetapi pada umumnya masyarakat membutuhkan pengabdiannya didalam bentuk yang lain, karena dimata masyarakat pensiun telah memiliki kemampuan, baik menangani pembangunan maupun pemerintahan, semua itu dapat terwujud jika pensiun tidak kehilangan kepercayaan, untuk itu pensiunan ASN harus tetap semangat tegak dan produktif,dan saya juga mengajak kepada ASN yang telah masuk masa pensiun, agar lebih meningkatkan ketaqwaannya kepada ALLAH SWT,”tukasnya.

Penandatanganan Berita Acara Serah Terima (BAST) Personil, Prasarana/ Sarana dan Dokumen (P2D) Kabupaten Kota Provinsi Lampung


14368757_1743438875905424_891657783427892185_n

Bupati Tanggamus, Hi. Bambang Kurniawan dan Ketua DPRD, Heri Agus Setiawan, beserta Bupati/Walikota se Provinsi Lampung, melaksanakan Penandatanganan Berita Acara Serah Terima (BAST) Personil, Prasarana/ Sarana dan Dokumen (P2D) Kabupaten Kota Provinsi Lampung, Kamis 21 September 2016 di Balai Keratun, Teluk Betung, Bandar Lampung. Hal ini merupakan tindak lanjut atas Undang-Undang No. 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah. Dimana terdapat urusan pemerintahan yang selama ini merupakan kewenangan Pemerintah Kabupaten/Kota, saat ini menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat14319214_1743438915905420_2003368378568698872_n14390988_1743438899238755_7430785849685880792_n

PEMBUKAAN TMMD KE-97 TAHUN 2016 DI KECAMATAN PEMATANG SAWAH

foto-2

PEMATANGSAWAH- Program Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-97 tahun 2016 diwilayah Kodim 0424/Tanggamus secara resmi dibuka Bupati Tanggamus Hi. Bambang Kurniawan, S.T melaui upacara pembukaan pada Selasa (20/9) pagi, di Pekon Way Nipah Kecamatan Pematang Sawah.

foto-3

Turut hadir dalam upacara pembukaan TMMD tersebut Aster Kasdam II/Sriwijaya Kolonel Infantri Denny Mathen Rihi, Komandan Korem 043 Garuda Hitam Kolonel Kaveleri Supriyatna, Asisten I Bidang Pemerintahan Paksi Marga, Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Andi Wijaya, Asisten III Bidang Administrasi Nur Indrati, Ketua DPRD Tanggamus Heri Agus Setiawan, Forkopimda dan Camat Semaka Edi Fahrurozi.

foto-6-1

Dalam sambutannya, Bupati Tanggamus Hi. Bambang Kurniawan mengatakan, sejak zaman pra kemerdekaan hingga saat ini, kemanunggalan TNI ditengah Rakyat Indonesia sudah dirasakan oleh masyarakat Indonesia. Sebab, TNI telah mampu memberikan peran dan kiprahnya terhadap pembangunan di Indonesia. Baik melalui dukungannya terhadap berbagai kebijakan pemerintah maupun dengan program-program kemanunggalannya.

“Demikian halnya dengan keberadaan TNI di Bumi Begawi Jeama ini. Sejak berdirinya Kabupaten Tanggamus, TNI konsisten memberikan dukungan dan kiprahnya terhadap pembangunan di Kabupaten Tanggamus, sehingga pembangunan dapat berjalan dengan baik dan sukses, tentunya ini memberikan manfaat nyata bagi masyarakat di Kabupaten Tanggamus,” kata Bambang.

Kemudian, lanjut beliau, sehubungan dengan pelaksanaan kegiatan TMMD ini. Tentunya program ini, selain sebagai langkah TNI untuk manunggal dan memupul persatuan dan kesatuan rakyat Indonesia. Juga telah mampu menjadi salah satu solusi bagi percepatan pembangunan di daerah.

foto-5-1

“Melalui TMMD, TNI secara langsung telah membantu pemerintah daerah dalam melakukan percepatan pembangunan di Kabupaten Tanggamus. Karena dengan anggaran yang relatif terbatas, melalui TMMD mampu dicapai hasil pembangunan yang lebih besar,” ungkapnya.

foto-1

Sementara itu, Dandim 0424 Tanggamus Letnan Kolonel Inf Hista Soleh Harahap mengatakan, ada dua kegiatan pembangunan yang akan dilakukan oleh TMMD yakni kegiatan Fisik dan non Fisik.

“Untuk kegiatan fisik yakni pembukaan badan jalan sepanjang 5.000 meter dan lebar 8 meter. Kemudian, Pengerasan jalan berupa sirtu sepanjang 1.201 meter dan lebar 6 meter dan pembuatan jembatan sementara dengan panjang 18 meter dan lebar 2 meter,” katanya.

“Sementara itu untuk kegiatan non fisik meliputi sunatan massal, pelayanan kesehatan, penyuluhan hukum, kambtimbmas, narkoba dan KDRT, penyuluhan wasbang dan pariwisata, penyuluhan bahaya aliran isis/aliran sesat dan penyuluhan peternakan dan perkebunan,” tambahnya.

Program TMMD ini, lanjut dia, bekerjasama dengan Pemkab Tanggamus .”Untuk pelaksanaan kegiatan fisik dilakukan dengan  menggunakan dana APBD Tanggamus Tahun 2016. Kegiatan tersebut dimulai pada 20 September – 20 Oktober 2016, dengan jumlah 200 personel,” pungkasnya.

WAKIL BUPATI BUKA SEMINAR PENDIDIKAN

seminar3

Gisting – Allah Maha Pengasih, Penyayang, Maha Tahu, apa yang akan terjadi,  Allah mengingatkan kepada kita hendaknya ada kekhawatiran diantara kita jika meninggalkan generasi yang lemah. Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Hi. Samsul Hadi, M.Pdi., dalam membuka kegiatan Seminar studi bidang pendidikan optimalisasi kerjasama penelitian dan pengembangan di Hotel 21 Gisting, Selasa (20/09).

Allah mengingatkan takutlah pada Allah artinya betapa pentingnya pendidikan, memberikan ilmu kepada setiap generasi kita, dan itu diperintahkan kepada kita yang dewasa, orangtua, stakholder pemangku kepentingan di pendidikan baik guru, pejabat, para pemimpin karena pendidikan yang berkualitas adalah tanggung jawab kita semua yang akan dimintai pertanggung jawaban kelak di akhirat pada Allah SWT. Kata Pak Wakil

Beliau melanjutkan, negara Korea yang kemerdekaannya hanya selisih 2 (dua) hari lebih dulu dari Indonesia yakni 15 Agustus 1945, Malaysia yang baru merdeka Tahun 1957 dan Singapura Tahun 1965 tetapi dalam faktanya mereka lebih dulu maju sedangkan kita ketinggalan.

seminar2

“oleh karena itu seminar ini untuk meningkatkan prestasi pendidikan, tidak ada cara lain dengan meningkatkan mutu para pendidik atau para gurunya, kita harus mengejar ketertinggalan,  “ ungkap Pak Wakil

Wakil bupati juga berharap melalui kegiatan seminar ini bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin guna membantu para guru untuk melakukan refleksi terhadap potensi diri, serta bersama dengan pemangku kepentingan dapat merumuskan beberapa hal yang bisa dijadikan bahan pertimbangan dalam mengembangkan  profesionalisme dan meningkatkan kualitas pendidikan seorang pendidik.

Hadir dalam kesempatan tersebut Sekretaris BAPPEDA, Nara Sumber dari Jaringan Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Tanggamus, Kepala LPMP Lampung Sabli, Sekretaris Dinas Kominfo.