APEL GELAR PASUKAN DIGELAR

apel pasukan 1

Kota Agung – Apel  Gelar Pasukan  Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1437 H  Tahun 2016 M telah digelar di Lapangan Upacara Pemkab Tanggamus, Kamis (30/6).

Pada kesempatan tersebut bertindak sebagai Inspektur Upacara Wakil Bupati Hi. Samsul Hadi, M.Pdi., serta dihadiri unsur pimpinan daerah Pemkab Pringsewu dan Tanggamus, pasukan Polres Tanggamus, Kodim 0424 Tanggamus, Tim SAR BPBD Tanggamus, Pol PP, SENKOM Mitra Polisi, Pramuka,  Tim Medis, serta Persatuan Ojek Mitra Polisi se-Kabupaten Tanggamus.

apel pasukan 3

Dalam membacakan  Amanat dari Kepala Kepolisian Republik Indonesia Drs. Badroeddin Haiti, Wakil Bupati mengatakan bahwa peningkatan  aktivitas masyarakat saat Mudik lebaran perlu penanganan yang sangat serius agar tercipta suasana aman dan kondusif.

Perlu diketahui bahwa pada pelaksanaan Operasi Ramadniya 2016 ini telah ditetapkan beberapa target yang harus dicapai antaralain terwujudnya rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang melaksanakan kegiatan perayaan Hari Raya Idul Fitri 1437 H, terwujudnya keamanan, keselamatan ketertiban dan kelancaran lalulintas  bagi masyarakat yang bepergian, terjaminnya keamanan dan kelancaran distribusi bahan kebutuhan pokok danBBM dan terbangunnya kesiap-siagaan sistem tanggap darurat, melalui koordinasi sinergitas lintas sektoral.

apel pasukan 2

“pada kesempatan yang penuh kebahagiaan ini pula, kepada seluruh anggota Polri dan Seluruh elemen Pengamanan beserta keluarga dimanapun bertugas saya menyampaikan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1437 H, Mohon Maaf Lahir dan Bathin, “ Kata Wakil Bupati mengakhiri amanat Kapolri.

 

BUPATI PELETAKAN BATU PERTAMA KANZU SHALAWAT DI TALANG PADANG

kANZU

TALANG PADANG – Bupati Tanggamus H. Bambang Kurniawan., ST melaksaakan kegiatan peletakan batu pertama pembangunan Kanzu Salawat TPQ Azkha dan peringatan Nuzulul Quran di pekon Singasari Kecamatan Talang Padang, Selasa (28/6).

Dalam sambutannya Bupati menyampaikan terima kasih karena bisa hadir dalam acara ini tersebut dan berharap semoga kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar dan kita semuanya selalu dalam lindungan Allah SWT

KANZU 2

beliau juga menyampaikan bahwa pendidikan keagamaan dan pendidikan umum  harus seimbang, dan berharap dengan didirikannya TPQ ini bisa menambah wawasan kepada anak-anak kita tentang keagamaan, tentang bagaiman cara berakhlak baik kepada orang tua ,saudara ,dan orang yang lebih tua dari kita.

Bupati juga memberikan bantuan uang sejumlah 10 juta rupiah untuk pembangunan TPQ AZKHA setelah ada perubahan APBD dari Kabupaten Tanggamus.

KANZU 3

Selain itu secara pribadi ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Hj. Dewi Handajani, SE., MM., memberikan bantuan juga 5 juta rupiah untuk pembangunan TPQ AZKHA. Selanjutnya bakti sosial pemberian sembako untuk masyarakat kurang mampu dan pemberian santuan untuk anak-anak yatim yang ada di Pekon setempat.

Turut hadir dalam acara tersebut Inspektorat Firman Rani., Perwakilan DPRD Provinsi Bapak Ahmadi., Camat Talang Padang Agustam Hamid.,Pengurus Yayasan TPQ AZKHA Yusron Nurul Huda., UPT Kecamatan Talang Padang.

 

 

Safari Ramadhan : BUPATI HIMBAU MASYARAKAT PATUHI ATURAN PEMERINTAH

Bupati serahkan bantuan masjid

Pematang Sawa – Bupati Tanggamus Hi. Bambang Kurniawan, ST., pada Selasa (28/6) melakukan kegiatan Safari Ramadhan Tingkat Kabupaten di Pekon Martanda Kecamatan Pematang Sawa.

Pada kegiatan itu dihadiri juga oleh Para Kepala Dinas, Badan, Kantor, Instansi , Kepala pekon Se-Kecamatan Pematang Sawa.

dandim serahkan bantuan

Bupati juga memberikan bantuan untuk Masjid di Pekon Martanda, memberikan santunan pada yatim piatu dan orang tidak mampu.

Bupati akrab denganwarga

Beliau menyampaikan bahwa pembangunan di Pematang Sawa akan terus dilanjutkan, seperti pembangunan Jalan dari Sukaraja sampai Pekon Way Nipah Kecamatang Pematang Sawa, disamping itu pembangunan dibidang Kesehatan, Pertanian dan lainnya Pemkab Tanggamus lanjutkan.

Bupati berikansantunan

“selain itu saya mengharapkan agar masyarakat Pematang Sawa dapat mematuhi aturan pemerintah seperti  larangan menjarah Taman Nasional Bukit Barisan Selatan dan menjaga aturan pelestarian Kawasan Laut atau Cagar Alam Laut yang telah ditetapkan, hal tersebut bertujuan melestarikan hutan dan ekosistem laut yang ada di Tanggamus untuk kesejahteraan  masyarakat sendiri, “ Kata Bupati

 

 

Safari Ramadhan : DPRD HARAPKAN MASYARAKAT TERUS MENDUKUNG PROGRAM PEMBANGUNAN PEMKAB TANGGAMUS

Safari Sekda

Kota Agung –  Buka puasa bersama jajaran Unsur Pimpinan Daerah yang digelar di Kantor DPRD Tanggamus telah berlangsung. Pada kesempatan tersebut Pemkab Tanggamus diwakili oleh Sekretearis Daerah Drs. Hi. Mukhlis Basri, ST., MT., M.SI., serta para pejabat Kepala Satker se-Kabupaten Tanggamus, Senin (27/6).

safari DPR

Dalam sambutan pembukanya Ketua DPRD yang juga politisi PDI Perjuangan  Heri Agus  Setiawan,S.Sos., mengharapkan agar suasana kondusif saling mendukung dalam memajukan pembangunan Tanggamus yang selama ini telah terbina antara DPRD dan Pemkab Tanggamus dapat terus di pertahankan.

SAFARI DPRD

“saya berharap agar program pembangunan yang telah bersama-sama DPRD-Pemkab Tanggamus lakukan untuk masyarakat supaya didukung oleh masyarakat Tanggamus pasalnya sebagus apapun program pembangunan tanpa dukungan dan peran serta masyarakat tidak akan berhasil, apapun Golonganya, Partainya, mari bersama-sama kita untuk komitmen memajukan Tanggamus yang kita cintai ini, “  Pugkasnya

 

 

SAFARI RAMADHAN : BUPATI RESMIKAN UNIT SEKOLAH BARU SMKN 1 CUKUH BALAK

cukuh balak

Cukuh Balak – Bupati Tanggamus Hi.Bambang Kurniawan, ST., meresmikan Unit Sekolah Baru SMK N 1 Cukuh Balak pada Sabtu (25/6). Peresmian tersebut juga berbarengan dengan kegiatan Safari Ramadhan Tingkat Kabupaten yang berlangsung di Kecamatan setempat.

Usai peresmian Bupati mengatakan bahwa pendidikan merupakan investasi jangka panjang yang harus dipersiapkan guna mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) yang mampu menjawab tantangan zaman.

cukuh balak 2

Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Tanggamus memberikan perhatian besar terhadap kemajuan pembangunan bidang pendidikan. Dengan ditandai alokasi anggaran yang cukup memadai dalam pembangunan SDM tersebut.

Alokasi biaya pendidikan tersebut diperuntukkan bagi pelaksanaan pendidikan berkualitas yang terjangkau dalam bentuk Biaya Operasional Pendidikan (BOP), peningkatan kesejahteraan guru, serta peningkatan sarana dan prasarana pendidikan dalam bentuk penyediaan Gedung Sekolah,  salah satuya adalah pembangunan Unit Sekolah Baru SMK N 1 Cukuh Balak ini.

cukuh balak 1

Pemkab Tanggamus sangat memperhatikan dan peduli terhadap sektor pendidikan, karena melalui pendidikan kita akan mampu melahirkan pemimpin-pemimpin dan generasi penerus bangsa yang berkualitas. Oleh karena itu, memajukan sektor pendidikan menjadi tanggung jawab kita bersama.

cukuh balak 3

“Pada kesempatan yang baik ini, saya berpesan kepada para pengelola bangunan sekolah, karena gedung ini dibiayai oleh APBD yang bersumber dari masyarakat, untuk itu peliharalah bangunan ini dengan sebaik-baiknya, sehingga mampu mencetak calon-calon pemimpin bangsa masa depan yang produktif, kompetitif, inovatif, visioner serta berakhlak mulia,” Pungkasnya

cukuhbalak 4

SEKDA HADIRI RAPAT KOORDINASI OPERASI RAMADNIYA KRAKATAU 2016

4.RAPAT KOORDINASI RAMADNIYA KRAKATAU

Kota Agung – Kamis pagi (23/06) Bertempat di Aula Arya Guna Polres Tanggamus telah berlangsung Rapat Koordinasi  Kesiapan Oprasi Ramadnia Krakatau 2016 yang dipimpin  langsung oleh Kapolres Tanggamus AKBP Ahmad Mamora, SIK., dan dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Tanggamus Drs. Hi. Mukhlis Basri, ST.,MT., M.Si.,

Kapolres Tanggamus mengatakan bahwa Rapat Koordinasi ini dilakukan dalam rangka menyambut Lebaran 2016 mendatang, operasi ini merupakan operasi kemanusiaan  yang  dilakukan oleh berbagai Instansi dan dikoordiasikan oleh Kepolisian.

Ia menjelaskan bahwa ada perubahan nama sandi operasi yang selama ini dikenal Operasi Ketupat maka mulai tahun 2016 diganti dengan Operasi Ramadniya Krakatau 2016 yang artinya rahmad bersatu  suci sempurna.

2.RAPAT KOORDINASI OPERASI RAMADNIYA KRAKATAU

“operasi Ramadniya Krakatau akan dimulai dari H-1 Sampai H+ 7 sementara untuk wilayah Polres Tanggamus dibentuk 5 Pos Pelayanan dan Pengamanan antara lain Pos Keamanan Gading Rejo, Pos Pelayaan di Rest Area Pringsewu, Pos Pengamanan Talang Padang, Pos Pengamanan Kota Agung (Depan Pom Bensin Talagening Kecamatan Kotaagung Barat) dan Pos Pengamanan di Pekon Sedayu Kecamatan Semaka,” Kata Kapolres

Sementara itu dalam arahannya Bupati Tanggamus Hi.Bambang Kurniwan, ST., yang diwakili oleh Sekda Mukhlis Basri mengatakan bahwa  Fenomena rutin budaya mudik tidak bisa dihadang meskipun masyarakat tahu akan resiko permasalahan setiap tahunnya.

Untuk itu hal ini menuntut kita bisa memberikan pelayanan yang baik pada masyarakat, oleh karena itu Sekda mengapresiasi pihak Polres Tanggamus yang telah menggagas Rapat Koordinasi tersebut.

“Pemda Tanggamus siap mendukung kegiatan ini, Bupati juga telah menginstruksikan kepada jajarannya untuk terlibat aktif terutama dinas yang sangat dibutuhkan seperti PU, Kesehatan, BPBD, Perhubungan dan Kecamatan,” Kata Sekda

Sekda juga meminta pihak Polres Tanggamus untuk meningkatkan dan memaksimalkan keamanan diwilayah barat seperti Kecamatan Wonosobo, Bandar Negeri Semuong dan Semaka.

Dalam rapat koordinasi tersebut dihadiri oleh Kadis Perhubungan Pringsewu, Pejabat Perhubungan Tanggamus, Pejabat PU Tanggamus, BPBD, Pol PP, SENKOM, ORARI, PT. Jasa Raharja,  FKUP Tanggamus, Pramuka dan Jajaran Polres Tanggamus.

 

 

SAFARI RAMADAN PROVINSI LAMPUNG BERLANGSUNG DI LAMBAN BALAK

Staf Ahli Gubernur beri bantuan

Kota Agung – Safari Ramadhan Provinsi Lampung di Kabupaten Tanggamus telah berlangsung pada 22 Juni 2016 di  Lamban Balak (Rumah Dinas Bupati ) dan dihadiri oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Pembangunan Faizal Darminto, SH, Kapolda diwakili Irwasda, Kombespol. Budi Santoso.

Dalam sambutan selamat datangnya Bupati Tanggamus Hi. Bambang Kurniawan, ST., menyampaikan beberapa hal yakni terkait dengan daerah rawan bencana di  Kabupaten Tanggamus terutama  daerah rawan longsor yang dapat  mengakibatkan stagnasi jalur mudik.

Bupati berharap agar lebaran ini berjalan lancar, untuk itu beliau mengharapkan dukungan dari jajaran Polda, dalam menjaga keamanan dan ketertiban di Kabupaten Tanggamus. Bupati juga menyampaikan terimakasih kepada Pemprov Lampung  yang telah memberikan bantuan kepada Masjid dan anak yatim di Kabupaten Tanggamus. “Semoga bantuan tersebut mendapatkan pahala dari Allah SWT,” kata Bupati.

Bupati beri santunan

Adapun bantuan berupa, masjid : uang RP. 10.000.000,-,  anak yatim 50 orang dan duafa 7 paket.

Sementara itu dalam sambutannya Staf Ahli Gubernur memberikan apresiasi dan terima kasih kepada Bupati dan jajaran, atas segala upaya mempersiapkan arus mudik tahun 2016.

Tujuan safari ini untuk meningkatkan tali silaturahmi dan berdiskusi dengan masyarakat terkait program pembangunan Pemprop Lampung di Kabupaten Tanggamus, sehingga akan tercipta masyarakat yang sejahtera.

“Kedepannya harus ada perubahan paradigma pembangunan, agar masyarakat dapat berperan serta dalam pembangunan, utamanya dalam mengawasi pelaksanaan pembangunan, baik yang dilakukan Pemprop Lampung dan Pemkab Tanggamus,” Katanya

Irwasda beri santunan

Lebih lanjut Gubernur mengharapkan agar momentum ramadhan ini hendaknya digunakan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepad Allah SWT juga menggemakan Alquran, agar dapat tercipta generasi muda yang berakhlak dan religius.

Selain itu Gubernur juga mengharapkan dukungan dari Pemkab Tanggamus terkait program pembangunan Pemprop Lampung di kabupaten  Tanggamus, dengan bersinergi dalam pembangunan. Pemprop akan mendukung pembangunan yang dilakukan oleh Pemkab Tanggamus. Disamping itu Gubernur mengharapkan kepada masyarakat agar dapat meningkatkan kerukunan antar umat beragama.

Pada kesempatan itu juga diisi dengan kegaitan Ceramah oleh Ust. Mirza Pahlevi, M.Ag. ustad menyerukan agar masyarakat dapat bersyukur dalam kehidupan atas nikmat yang telah Allah berikan. Ramadhan dikenal sebagai Syahrul Qur’an, sehingga umat Islam menjadi  umat yg paling beruntung dengan adanya Al-Quran. Namun demikian umat Islam harus mengamalkan Alquran tersebut. Pungkasnya

 

 

PERINGATAN NUZUL QUR’AN DI PUSATKAN DI SUMBEREJO

Bupati berikan bantuan pd saat Nuzul Qur'an 1

Sumberejo – Peringatan Nuzul Qur’an tingkat Kabupaten Tanggamus telah berlangsung di Masjid Al Hikmah Pekon Wonoharjo Kecamatan Sumberejo, Selasa Sore (21/6).

Dalam kegiatan tersebut dihadiri  langsung oleh Bupati Hi. Bambang Kurniawan, ST., Wakil Bupati Hi. Samsul Hadi, M.Pd.I., Unsur Pimpinan Daerah, Sekda Drs. Mukhlis Basri, Para Asisten, Ketua TP PKK Kabupaten beserta jajaran, Kepala Dinas, Kantor Camat Se-Kabupaten Tanggamus.

Bunda Dewi Berikan Santunan pada saat Nuzul Qur'an

saat memberikan sambutannya Bupati menjelaskan bahwa  ada 4 program  yang harus dilakukan secara bersamaan dalam melaksanakan pembangunan yaitu Pembangunan Infrastruktur seperti jebatan, saluran termasuk fasilitas kesehatan.

Yang kedua pemberian bantuan dalam rangka  meningkatkan  produktifitas ketahanan pangan yang berkaitan dengan pertanian, perkebunan.

Bupati saat sampaikan sambutan pdsaat Nuzul Qur'an

Kemudian perbaikan pelayanan  kepada masyarakat dan yang keempat adalah pembangunan dibidang keagamaan.

“sedangkan untuk Kecamatan Sumberejo sendiri saya berikan sekitar 20 Milyar Rupiah  untuk pembangunan infrastruktur salah satunya adalah pembangunan Puskesmas Rawat Inap, hal tersebut sangat penting guna meningkatkan derajat kesehatan masyarakat setempat, “  Kata Bupati

Usai sambutan Bupati menyerahkan bantuan Masjid, Yatim Piatu,serta bantuan lainnya.

Sedangkan Tema Peringatan Nuzul Qur’an adalah Mari Bersama-sama Kita Programkan Anak Kita Tamat Sekolah Dasar Harus bisa baca Qur’an Demi Masa Depan Ketakwaan Generasi Penerus Kita.

 

 

KADER POSYANDU DIBERIKAN INSENTIF

Bunda Dewi Beri Insentif Posyandu 1

Wonosobo – Ketua Tim Penggerak PKK Hj. Dewi Handajani, SE., MM., pagi tadi menyerahkan dana insentif bagi kader Posyandu se-Kecamatan Wonosobo dan Bandar Negeri Semuong di Aula Pekon Banjar Negara Kecamatan Wonosobo, Selasa (21/6).

Dalam sambutannya Hj. Dewi mengatakan bahwa posyandu merupakan suatu lembaga yang ditujukan untuk meningkatkan derajat kesehatan warga masyarakat. Kader posyandu diakuinya telah bekerja sangat luar biasa untuk mengantarkan balita dan orang tua, masyarakat secara umum, dan juga ibu hamiL agar sehat.

Bunda Dewi berikan bantuan Puting Beliung

Dan tentunya pada kesempatan tersebut Ketua PKK mengucapkan terima kasih pada kader posyandu yang juga bisa dibilang pahlawan tanda jasa, Karena tidak semua orang bersedia menjadi kader posyandu apalagi itu secara sukarela.

“Oleh karenanya tidak salah jika kader posyandu  diberikan insentif sebagai bentuk perhatian Pemda pada kader posyandu yang telah secara sukarela melayani masyarakat,” kata Bunda Dewi

Bunda Dewi Berikan sambutan dlm acara insentif kader posyandu

Sementara itu dalam laporannya Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tanggamus Sukisno, SKM.,  M.Kes., menjelaskan bahwa tujuan pemberian honorarium kader posyandu salah satunya adalah meningkatkan kinerja kader posyandu agar semakin berperan aktif dalam pembangunan kesehatan.

“Dengan sasaran penyerahan honorarium kader posyandu balita dan lansia selama 6 (enam) bulan Rp. 35.000,-perbulan dengan rincian UPT Puskesmas Wonosobo 129, UPT Puskesmas Siring Betik 138 dan UPT Puskesmas Sanggi Kecamatan Bandar Negeri Semuong 108,” Pungkasnya

Pada kesempata itu juga bunda Dewi menyerahkan bantuan bagi korban bencana alam angin puting beliung di Pekon Sridadi Kecamatan Wonosobo yang terjadi pada tanggal 14 Juni 2016 lalu. dan membagikan sembako bagi orangtua tidak mampu.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Para Jajaran TP PKK Kabupaten, Kadis Perhubungan, Camat Wonosobo, Camata Bandar Negeri Semuong dan Kepala Pekon Se-Kecamatan Wonosobo dan Bandar Negeri Semuong.

 

BUPATI HADIRI PISAH SAMBUT PN DAN BUKA PUASA BERSAMA

pn1

Kota Agung Timur  – Bupati Tanggmus Hi. Bambang Kuriawan, ST., didampingi oleh  Ketua TP PKK Kabupaten Hj. Dewi Handajani, SE., MM., pada Kamis sore (16/6) menghadiri  acara pisah sambut Ketua Pengadilan Negeri (PN) Kotaagung di Kompleks Perkantoran PN setempat.

Dimana Ketua PN yang lama Srutopo Mulyono, SH., alih tugas sebagai Ketua PN Purbalingga Jawa Tengah,  sementara pejabat PN Kotaagung yang baru  Yunizar Kilat Daya, SH., MH., mantan wakil Ketua PN Arga Makmur Bengkulu.

pn2

Dalam sambutannya  Bupati menyampaikan  bahwa  menaruh harapan yang besar kepada ketua pengadilan yang baru agar dalam melaksanakan tugasnya baik berupa kebijakan dapat  mendukung pelaksanaan pembangunan di Kabupaten ini.

pn3

“Dan kepada pak  Srutopo saya ucapkan selamat jalan terima kasih yang sebesar besarnya atas pengabdiannya selama ini, ia sosok jiwa yang bersikap ramah dan familier serta propesional yang senantiasa mengisi kebersamaan kami baik di dalam melaksanakan tugas maupun keseharian,  “ Kenang Bupati

Selain itu kegiatan pisah sambut PN juga dibarengi dengan kegiatan Buka Puasa bersama dan dihadiri oleh Wakil Bupati Tanggamus Hi. Samsul Hadi, Sekda Mukhlis Basri, Sekda Pringsewu Drs. A. Budiman, MM., Ketua DPRD Tanggamus Heri Agus Setiawan, Kapolres AKBP Ahmad Mamora, Kasdim Tanggamus serta para pejabat di lingkungan Pemkab Tanggamus.