KETUA GABUNGAN ORGANISASI WANITA BANTU KORBAN BANJIR DI TALANG PADANG

Gambar Ketua GOW Beri Bantuan

Talang Padang – Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Tanggamus Hj. Dewi Handajani, SE.,MM., meninjau lokasi korban bencana alam banjir  yang terjadi pada Senin sore (30/5) pukul 16.00 WIB dan menimpa beberapa Pekon di Kecamatan Talang Padang, Selasa (31/5)

Dimana pekon yang mengalami bencana banjir antara lain Pekon Sinar Banten,  Pekon Sukanegeri Jaya, Sukareme, Banding Agung dan Pekon Talang Padang.

Pada kesempaten tersebut Ketua GOW memberikan bantuan kepada warga yang tertimpa musibah dan berharap agar warga masyarakat dapat tabah dan sabar dalam menghadapi cobaan. Bersama Pemda Tanggamus GOW akan selalu membantu masyarkat yang tertimpa musibah tersebut. Bantuan yang diberikan berupa sembako, serta peralatan lainnya yang dibutuhkan warga.

Ketua GOW Tinjau Rumah Waarga

Sementara itu Bupati Tanggamus Hi. Bambang Kurniawan, ST., dalam arahan singkatnya di Balai Pekon Sinar Banten dihadapan warga korban banjir mengatakan Pemda Tanggamus akan mendata rumah warga sehingga dapat dianggarkan dengan cepat.  Dan akan memperbaiki fasilitas umum yang rusak akibat banjir, seperti jembatan darurat, namun untuk perbaikan permanen akan ditindak lanjuti pada anggaran 2017. Katanya

Pada kesempatan itu Bupati juga menginstruksikan pada Dinas PU dan BPBD Tanggamus untuk melakukan pemberonjongan di daerah aliran sungai yang rawan longsor.

Berdasarkan keterangan dari BPBD Tanggamus jumlah rumah warga yang rusak akibat banjir adalah  pekon Sukanegeri jaya ada sekitar 4 rumah, Sinar Banten 10 rumah, Sukareme 4 rumah Banding Agung 2 rumah, Talang Padang 9 rumah.

SEKDA TUTUP KEGIATAN BULAN BHAKTI GOTONG ROYONG DAN GERAK PKK 2016

Gambar 1.

Pugung – Sekretaris Daerah Drs.Hi. Mukhlis Basri,  secara resmi menutup kegiatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XIII, Hari Kesatuan Gerak PKK KE-44 Tingkat Kabupaten Tanggamus di Lapangan Pekon Way Jaha Kecamatan Pugung, Selasa (31/5).

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Para Asisten, Ketua TP PKK Kabupaten Hj. Dewi Handajani, SE., MM.,  Kepala Dinas, Badan, Camat se-Kabupaten Tanggamus.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Fathurahman, SH., mengatakan bahwa tujuan diadakannya kegiatan BBGRM adalah sebagai upaya memelihara dan mengggelorakan semangat kegotong royongan dan kewaspadaan masyarakat dalam pembangunan, selain itu tujuan diadakannya Hari Kesatuan Gerak PKK adalah merupakan upaya untuk terus menggelorakan gerakan PKK tersebut.

Gambar 2

Sementara itu dalam sambutan tertulisnya Bupati Tanggamus Hi. Bambang Kurniawan, ST., yang  dibacakan oleh Sekda Tanggamus Hi. Mukhlis Basri mengatakan juga bahwa  dalam hari peringatan ini kita berkomitmen untuk benar-benar serius mengupayakan perbaikan nasib keluarga Indonesia dan untuk memperkuat semangat gotong royong diantara kita.

Gambar Majlis Taklim

Melalui BBGRM dan Hari Kesatuan Gerak PKK ini, kita berupaya meningkatkan kepedulian, kesadaran dan peran serta masyarakat dalam berbagai program pembangunan, oleh karena itu Sekda  meminta kepada seluruh Camat untuk menggerakkan kembali kegiatan Gotong Royong sampai pada tingkat Pekon. imbuhnya

Perlu diketahui bahwa berdasarkan hasil rapat tim penilai BBGRM Kabupaten Tanggamus maka ditetapkanlah juara BBGRM Tahun 2016 yakni Juara 1 Pekon Soponyono Kecamatan Wonosobo, Juara II Pekon Campang Way Handak Kecamatan Pugung dan Juara III Pekon Air Abang Kecamatan Ulu Belu.

 

BUPATI DAN SEKDA MELANTIK PEJABAT

Bupati sedangmenyembatan tanda jabatan kepada para camat yang baru dilantik

KOTAAGUNG – Bupati Tanggamus Hi. Bambang Kurniawan, ST., siang tadi melantik  29 Pejabat eselon III di Ruang Rapat Utama (RUTAMA) Sekretariat Daerah, Senin (30/5).

Pelantikan tersebut berdasarkan  Surat Keputusan Bupati Tanggamus Nomor : 821.2/216/36/2016 tentang Pemberhentian Pemindahan dan Pengangkatan Pegawai Negeri Sipil dalam dan dari Jabatan Struktural  Eselon III dilingkungan Pemerintah Kabupaten Tanggamus.  Dan ditetapkan di Kotaagung pada tanggal 26 Mei 2016.

Pejabat yang dilantik tersebut antara lain  Eselon III.a, Gandung Hartadi, S.Pd., MM., sebagai Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Muhaimin Sastranegara, S.Sos., Camat Bulok, Pardi, S.Pd., MM., Camat Air Naningan, Hermansyah, SIP., Camat Wonosobo, Wiwin Triani, SE., Camat Semaka, Zulyadi, SIP., Camat Kotaagung Barat, Yulinarti, SE.,Camat Gunung Alip, Suwandi, SE., Camat Bandar Negeri Semuong.

sekda sedangmelantik pejabat eselon IV

Eselon III.b Tobroni Fofi’I, S.Sos., M.Ip., sebagai  Kepala Bidang  Persandian dan Telekomunikasi pada Dinas Komunikasi dan Informatika.

Dalam sambutannya Bupati mengatakan bahwa bagi para pejabat yang baru dilantik agar melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, rajin, jangan malas karena menurut beliau keberhasilan pejabat ditunjang dengan kedisiplinan yang tinggi.

Sementara bagi para camat yang baru dilantik  agar dapat menguasai keadaan wilayahnya, tahu karakter masyarakatnya boleh menegakkan disiplin tetapi jangan kaku. Kata Bupati

Dan bagi para pejabat dibawah langsung kepala dinas harus mengikuti komando dari atasannya dalam melaksanakan pekerjaan.

Turut hadir Sekda, Para Asisten, Kepala BKD, serta para pejabat Kepala Dinas Se-Kabupaten Tanggamus.

Diwaktu selang yang tidak terlalu lama Sekretaris Daerah Hi Mukhlis Basri melantik juga sekitar 74 pejabat eselon IV. diantaranya Lastiar Martin Tirta Teja Siahaan, SE., sebagai Kasubbag Keuangan pada Sekretariat Dinas Pariwisata, Pemuda, Olahraga dan Ekonomi Kreatif. Rudiyansyah, SIP., Kasi Pelayanan Umum pada Kelurahan Baros Kotaagung.

 

PEMKAB TANGGAMUS KEMBALI RAIH PREDIKAT WTP DARI BPK-RI

Penyerahan LHP Atas Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Tanggamus. Tahun Anggaran 2015 (4)web

Bandar Lampung (27/5) — Pemerintah Kabupaten Tanggamus kembali meraih Predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI atas Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Tanggamus Tahun Anggaran 2015. LHP diserahkan di Kantor BPK-RI Perwakilan Lampung di Bandar Lampung pada tanggal 27 Mei 2016 oleh Kepala BPK Perwakilan Lampung, Sunarto, SE.

Penyerahan LHP Atas Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Tanggamus. Tahun Anggaran 2015 (1)web

Bupati Tanggamus menyampaikan bahwa dirinya sangat senang dan bangga atas pencapaian ini, serta mengapresiasi jajaran SKPD Pemerintah Kabupaten Tanggamus, yang telah berhasil meraih dan mempertahankan predikat WTP ini. Dimana sebelumnya pada tahun 2015, Pemerintah Kabupaten Tanggamus juga meraih predikat WTP dari BPK-RI atas Laporan Keuangan Tahun Anggaran 2014.

Penyerahan LHP Atas Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Tanggamus. Tahun Anggaran 2015 (2)web

Hal ini menandakan bahwa selama ini pelaksanaan anggaran pada Pemerintah Kabupaten Tanggamus telah berjalan dengan baik. Kedepan Bupati berharap agar prestasi ini dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan dengan lebih baik lagi, sehingga pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Tanggamus dapat berjalan dengan baik dan memberikan hasil sebagaimana yang diharapkan, dalam rangka mewujudkan Kabupaten Tanggamus yang maju dan sejahtera. (*)

TANGGAMUS RAIH PENGHARGAAN TOP 35 INOVASI PELAYANAN PUBLIK TINGKAT NASIONAL TAHUN 2016

26 Mei - Penyerahan penghargaan top 35 inivasi pelayanan publik di Jakarta (3)webJakarta (26/5) – Pemerintah Kabupaten Tanggamus meraih penghargaan Top 35 Inovasi Pelayanan Publik Tingkat Nasional Tahun 2016, yang diserahkan di Hotel Bidakara, Jakarta oleh Menteri PAN RB, Prof. DR. Yuddy Chrisnandi, pada acara Rapat Koordinasi Nasional Badan Kepegawaian Negara, yang dibuka oleh Wakil Presiden RI, HM. Jusuf Kalla.

 

Penghargaan kepada Kabupaten Tanggamus diraih melalui inovasi pelayanan publik, berupa Pelayanan Posyandu Ternak Kahuripan, melalui Kemitraan Kelompok Tani Ternak dan Pusat Kesehatan Hewan di Pekon Pematang Nebak, Kecamatan Bulok, sebagai ivovasi dalam pelayanan kesehatan ternak di Kabupaten Tanggamus.

26 Mei - Penyerahan penghargaan top 35 inivasi pelayanan publik di Jakarta (2)web

Pelayanan Posyandu Ternak ini selain dilakukan untuk menggairahkan partisipasi peternak dalam kegiatan budidaya peternakan juga untuk meningkatkan kesehatan dan produktifitas ternak. Dalam pelaksanaannya peternak berkunjung ke Posyandu membawa ternaknya dan petugas kesehatan hewan ternak untuk berkonsultasi seputar masalah ternak, pemberian pelayanan berupa pengobatan, pemberian vitamin dan pelaksanaan inseminasi buatan yang dilakukan satu kali dalam sebulan. Hasilnya banyak permasalahan dapat diatasi bersama sehingga tingkat kematian hewan menurun, dimana sebelumnya permasalahan ternak belum dapat diatasi dengan baik sehingga banyak ternak yang mati.

 

Wakil Presiden H.M. Jusuf  Kalla dalam sambutannya mengatakan bahwa meraih penghargaan sebagai Top 35 Inovasi Pelayanan Publik jangan membuat pimpinan instansi pemerintah lantas berpuas diri. Selain mendorong untuk terus berinovasi, keberhasilan ini juga harus menjadi pemicu bagi institusi lain untuk melakukan hal serupa.

 

Sementara Sekdakab Tanggamus, Hi. Mukhlis Basri, ST, MT, M.Si., yang mewakili Bupati Tanggamus Hi. Bambang Kurniawan, ST., menyampaikan bahwa penghargaan ini akan menjadi motivasi bagi kami untuk memacu peningkatan pelayanan publik di Kabupaten Tanggamus, tidak hanya pada bidang peternakan juga pada bidang-bidang lainnya, sehingga nanti jika berbagai bidang telah memiliki inovasi-inovasi baru maka pelayanan terhadap masyarakat akan semakin baik.

 

Adapun Top 35 Peraih Penghargaan Inovasi Pelayanan Publik terdiri dari 3 inovasi dari Kementerian, 2 inovasi Lembaga Pemerintah, 3 inovasi BUMN, 8 inovasi Provinsi serta 14 inovasi Kabupaten dan 5 inovasi Kota.

26 Mei - Penyerahan penghargaan top 35 inivasi pelayanan publik di Jakarta (1)web

Dalam menerima penghargaan tersebut, Sekdakab Tanggamus didampingi oleh Asisten Bidang Ekobang Andi Wijaya, Kadis Peternakan Romasyadi, Kadis Kominfo Sabaruddin, Kepala BKD Jhonsen Vanissa, Kabag Protokol Robin Sadek, Kabag Organisasi Usman dan Kabid Humas Derius Putrawan. (*)

KETUA TP PKK TANGGAMUS, HADIRI PENGAJIAN SONGSONG RAMADHAN DI ULUBELU

Ulubelu – Sabtu, 14 Mei 2016, Ketua TP PKK Kabupaten Tanggamus, Hj. Dewi Handayani, SE., MM., menghadiri pengajian dalam rangka menyongsong Ramadhan, di masjid Baitul Muttaqin, Pekon Ngarip, Kecamatan Ulubelu.

Pengajian yang mengambil tema “Kita Tingkatkan Ukhuwah Islamiyah Demi Terciptanya Masyarakat Madani dan Damai” ini dihadiri juga oleh Inspektur Kabupaten Drs. Firman Rani, Kadis Perhubungan, Drs. Hamid H. Lubis, M.Si., Kabag Kesmas Zulfadli, SE., Angota DPRD Basuki Rahmat, serta Camat Sartijan, dan Uspika Kec Ulubelu.

Dalam sambutannya, Hj. Dewi menyampaikan apresiasi atas banyaknya jamaah yg hadir dlm pengajian tersebut. Baik untuk bersilaturahmi juga untuk meningkatkan iman dan takwa. “Terlebih tak lama lagi kita akan memasuki bulan Ramadhan, sebagai bulan yang penuh rahmat dan ampunan bagi umat muslim. Sehingga kita harus mampu menjalankan ibadah di bulan Ramadhan dengan baik, agar limpahan rahmat dan ampunan Allah senantiasa kita dapatkan.” tambahnya.

Lebih lanjut Hj. Dewi juga berpesan agar masyarakat Ulubelu senantiasa waspada terhadap aliran aliran sesat, seperti ISIS, Gafatar dan sebagainya. “Jadi mohon keaktifan majelis talim dan bapak ibu sekalian untuk komit dalam meningkatkan amal ibadah kita bersama, sehingga insya Allah hal-hal negatif semacam itu dapat dicegah.” tutup Hj. Dewi.

Dalam kesempatan itu juga, Hj. Dewi  menyerahkan bantuan, sekaligus meresmikan masjid ornamen Lampung Baitul Muttaqin. (*)

IMG_20160514_195635

IMG_20160514_195629

IMG_20160514_184418

TANGGAMUS IKUTI AITIS 2016 DI JAKARTA

Jakarta – Tanggamus mengikuti kegiatan Apkasi Internasional Trade And Investment Summit (AITIS), yang berlangsung di Jakarta Internasional Expo (JI-Expo), Kemayoran, Jakarta, pada tanggal 5-7 Mei 2016. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI), sebagai kegiatan bertaraf internasional, yang pada tahun 2016 ini bertajuk “Indonesia Investment Week 2016.
AITIS juga merupakan ajang yang strategis bagi institusi pemerintah dan pelaku usaha yang ingin mempromosikan produk dan potensi daerah masing-masing, dalam rangka menjual potensi daerah dan meningkatkan investasi di daerah. Pada AITIS 2016 ini selain diikuti oleh 420 perwakilan Kabupaten, juga diikuti oleh perwakilan Kementerian Luar Negeri dan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Selain expo/pameran, dalam kegiatan ini juga dilaksanakan seminar pada 5 sektor yang menjadi potensi unggulan, yaitu pertambangan dan energi, pariwisata dan produk kreatif, pertanian, perkebunan, kelautan serta infrastruktur.

aitis-2

AITIS 2016 secara resmi dibuka oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, pada tanggal 5 Mei 2016. Dalam sambutannya Wapres, menyampaikan bahwa AITIS 2016 ini merupakan kegiatan promosi prospek bisnis dan investasi Indonesia yang diikuti oleh berbagai Kabupaten di Indonesia. Sehingga diharapkan para peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik, agar apa yang diharapkan dari kegiatan ini dapat tercapai. Wapres juga mengatakan bahwa Pemerintah akan mensupport setiap investasi yang ada, baik berupa kebijakan maupun pendanaan bagi investasi yang memberikan pengaruh yang besar terhadap kemajuan pembangunan.

aitis-3

Selain pelaksanaan AITIS, dilaksanakan juga pengukuhan Kepengurusan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) Periode 2015-2020, sebagai hasil Musyawarah Nasional IV Apkasi Tahun 2015 di Jakarta. Dengan diketuai oleh Mardani H. Maming yang juga menjabat Bupati Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, oleh Mendagri Tjahyo Kumolo.  (*)

WAKIL BUPATI BUKA MEEMBUKA RAPAT KOORDINASI PENGEMBANGAN DAN PELESTARIAN KOPI DI TANGGAMUS

kopi

Kota Agung – Kamis pagi (02/5) Wakil Bupati Tanggamus Hi. Samsul Hadi, M.Pdi., membuka kegiatan Rapat Koordinasi Pengembangan  dan Pelestarian Kopi  yang berlangsung di Aula Ruang Rapat Utama Sekretariat Daerah.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Jajaran Kementerian Koordinator  Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan yang berjumlah 8 orang dari Kementerian UMKM dan Pasar, Otoritas Jasa Keuangan dan Jajaran Pemrov Lampung. Para Asisten, Camat  Ulu Belu dan Petani Kopi.

Wakil Bupati dalam sambutan tertulisnya mengatakan bahwa Pemkab Tanggamus sangat mendukung dan memberikan penghargaan kepada Kementerian Koordinasi  Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, atas dijadikannya Kabupaten Tanggamus ini sebagai salah satu lokasi Kegiatan Model Pengembangan dan Pelestarian Kopi di Provinsi Lampung.

kopi...

Ia berharap melalui  kegiatan tersebut masyarakat memiliki  kesempatan dalam kegiatan industri, pengolahan dan pemanfaatan potensi lokal (pengolahan Kopi) untuk menambah kesejahteraan masyarakat sendiri.

Melalui kegiatan tersebut juga diharapkan dapat menghasilkan informasi kegiatan yang dibutuhkan oleh kelompok masyarakat/Pokmas petani kopi  dalam pengembangan dan pelestarian kopi di Kabupaten Tanggamus. Katanya

Selanjutnya, pada sambutan tertulisnya Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI yang dibacakan oleh Inspektur Inspektorat Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI Gunarso Djoko Santoso mengatakan bahwa  Kementerian Koordinator Bidang PMK terutama kedeputian Bidang Koordinasi Pemberdayaan Masyarakat, Desa dan Kawasan akan melaksanakan pengembangan dan pelestarian kopi di Provinsi Lampung dalam rangka pemberdayaan masyarakat berbasis budaya untuk peningkatan ekonomi masyarakat.

Dimana kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan ekonomi kreatif dan pelestarian budaya lokal untuk menjaga keutuhan nilai-nilai dari kearifan lokal kita.

“Sebagaimana kita ketahui  di Provinsi Lampung sejak jaman Belanda telah terkenal budaya minum kopi  mempunyai berbagai budaya tradisi yang mana mempunyai nilai-nilai budaya, kekerabatan, kultural, moral dan religi yang dapat mempersatukan sambungan-sambungan sosial diantara masyarakat, apalagi telah dicanangkannya Provinsi Lampung sebagai Jendela Kopi Nasional oleh Presiden Ke-V RI Megawati Soekarno Putri,” urainya

Oleh karena itu untuk dapat mempertahankan produk kopi Indonesia diperlukan gotong royong dari segenap komponen bangsa untuk perubahan bagi kemajuan bangsa dan negara yang berdaulat, berdikari dan berkepribadian. Pungkasnya