BUNDA PAUD SERAHKAN BANTUAN UNTUK PAUD AS SYUKON PEKON CIHERANG KEC. GUNUNG ALIP.

GUNUNG ALIP – Jum’at (29/4) Bunda PAUD Kabupaten Tanggamus Hj. Dewi Handajani, SE, MM., dan Ketua Himpaudi Kab. Tanggamus, Hj. Af’illah, MPd.I., menyerahkan bantuan untuk PAUD As- Syukran Pekon Ciherang Kec. Gunung Alip. Turut pula hadir Camat Gunung Alip Muayyin Zen, Perwakilan dari Dinas Pendidikan Muhibbun, Kepala beserta Bunda PAUD se kec. Gunung Alip.

Adapun bantuan yang diberikan berupa alat-alat belajar dan alat bermain untuk anak didik PAUD yang ada di pekon Ciherang.

Dalam sambutannya Bunda PAUD Kab. Tanggamus menyampaikan semoga bantuan yang diberikan ini bisa bermanfaat untuk anak-anak PAUD yang ada di pekon Ciherang. Bunda PAUD juga menyampaikan kita harus bekerja sama dalam membina pendidikan anak usia dini dimasa sekarang.

Bunda PAUD juga berharap kepada tenaga pendidik PAUD pekon agar dapat mendidik anak didiknya menjadi pribadi yang baik dan berakhlak mulia. Lebih lanjut Bunda PAUD menghimbau kepada para pendidik PAUD, agar lebih memperhatikan asupan gizi dan kesehatan anak muridnya, demi tumbuh kembang anak PAUD yang lebih baik. (*)

paud-2

paud-3

Tanggamus Juara Umum MTQ Ke – 44 Provinsi Lampung

KOTAAGUNG – Kabupaten Tanggamus keluar sebagai Juara Umum MTQ ke 44 Tingkat Provinsi Lampung tahun 2016 yang diselenggarakan sejak tanggal 20 s/d 27 April 2016 di Kota Agung, Tanggamus. Kabupaten berjuluk Bumi Begawi Jejama ini, berhak menerima Piala Bergilir Gubernur Lampung dengan mengantongi nilai 130. Sedangkan untuk Juara ke II diraih Kabupaten Lampung Utara, dan Juara ke III diraih Kabupaten Lampung Selatan, yang selanjutnya diikuti oleh Bandar Lampung pada peringkat ke IV, Lampung Tengah ke V, Pringsewu ke VI, Lampung Timur ke VII, Pesawaran ke VIII, Metro ke IX, Pesisir Barat ke X, Lampung Barat ke XI, Mesuji ke XII, Tuba Barat ke XII, Tulang Bawang ke XIV dan Way Kanan ke XV. Penentuan juara ini ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Koordinator Dewan Hakim dengan Nomor:02/KEP/KORD-DH/MTQ-44/2016 tentang Penetapan Juara Umum dan Peringkat Kejuaran Daerah pada MTQ ke 44. Keputusan dewan hakim ini ditandatangani oleh Drs. Hi. Nerizon, M.Pd.I., selaku Sekretaris dan Drs. Hi. Jamaludin, MM selaku Ketua Koordinator Dewan Hakim.

Prestasi Kafilah Tanggamus dalam MTQ ke 44 ini tampil cukup gemilang dimana qori/qoriah, hafizh/hafizah, mufassir/mufassirah, serta regu fahmil, regu syahril, khattat/khattatah menjadi juara I di 22 kategori dari 38 kategori pada 7 cabang musabaqah.

Dalam acara penutupan MTQ ke 44, Wakil Gubernur Lampung Hi. Bachtiar Basri dalam sambutannya menyampaikan agar para qori/qoriah, hafiz/hafizah yang sudah berprestasi hendaknya dapat mengasah kemampuan lagi untuk ajang lebih tinggi yakni MTQ Nasional. “Selama ini dalam ajang nasional Lampung meraih peringkat ke-8 semoga dengan ini bisa meningkat lagi,” katanya

Menanggapi penyelenggaraan MTQ, Bachtiar mengakui bahwa Tanggamus merupakan tuan rumah pelaksanaan MTQ tingkat provinsi terbaik, akhir-akhir ini. “Terima kasih kepada pemerintah daerah yang sudah melaksanakan MTQ sebaik-baiknya sehingga bisa berlangsung tertib dan lancar. Semoga dengan MTQ ini membawa pengaruh yang positif dan masyarakat bisa melaksanakan nilai-nilai yang terkandung dalam Alquan,” ujarnya.

Sementara Bupati Tanggamus Hi.Bambang Kurniawan,S.T mengatakan bahwa hasil positif yang diraih Tanggamus merupakan buah kerja keras semua pihak mulai dari kafilah, pembimbing,official, SKPD, panitia pelaksana, aparat keamanan dan masyarakat.”Ini adalah prestasi yang harus dipertahankan dan menjadi kebanggaan bagi seluruh masyarakat Tanggamus, akhirnya kerja keras selama ini terbayar,” ujar Bupati.

Penutupan MTQ ditandai dengan penekanan tombol sirene oleh Wakil Gubernur dengan didampingi Bupati/Walikota, serta dilanjutkan dengan penyerahan Piala kepada masing-masing pemenang dan Piala Bergilir bagi Juara Umum. (*)

penutupan 2penutupan 3penutupan mtq (1)penutupan mtq (3)-B

BUPATI SAMPAIKAN LKPJ TA.2015 PADA RAPAT PARIPURNA DPRD

KOTAAGUNG – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tanggamus menggelar Rapat Paripurna dengan agenda Penyampaian Laporan Hasil pembahasan, persetujuan DPRD dan pendapat akhir Bupati terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Bupati Tanggamus tahun anggaran 2015, Senin (25/4) di ruang sidang DPRD Tanggamus.

Rapat paripurna yang dihadiri 32 anggota DPRD tersebut dipimpin oleh Ketua DPRD Heri Agus Setiawan,S.Sos., serta dihadiri Wakil Ketua I DPRD Drs. Hi. Rusli Shoheh, M.M., Wakil ketua II Aris Budianto, S.Pd. dan Wakil Ketua III Sunu Jatmiko, S.Sos. Sedangkan dari unsur eksekutif dihadiri Bupati Tanggamus Hi. Bambang Kurniawan, S.T., Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Tanggamus Drs. Hi. Mukhlis Basri, ST., MT., M.Si., unsur Forkopimda, Kepala SKPD, Camat, ormas, insan pers dan LSM.

Juru Bicara Pantia Khusus (Pansus) LKPj , M. Thaib Syah Nika, S.IP., saat menyampaikan laporan pembahasan pansus mengatakan bahwa dalam LKPj tahun 2015, pansus telah melakukan pembahasan melalui hearing dengan SKPD, hal ini dimaksudkan agar dapat menilai kinerja dan presentase realisasi masing-masing SKPD dalam melaksanakan kegiatan pembangunan selama tahun 2015.

Dari pembahasan yang dilakukan, lanjut Thaib, pansus telah mencermati data yang ada pada APBD dan LKPj kepala daerah tahun 2015 yakni pendapatan daerah yang ditargetkan sebesar Rp1.363.943.169.618,61 terealisasi sebesar Rp1.231.515.877.488,97 atau terealisasi sebesar Rp90,29 persen sementara belanja daerah ditargetkan sebesar Rp1.344.895.373.269,96 terealisasi sebesar Rp1.151.913.068.001,79 atau 85,65 persen.Kemudian untuk pembiayaan daerah tahun anggaran 2015, penerimaan pembiayaan daerah dianggarkan sebesar Rp48.578.640.855,60 dan terealisasi sebesar Rp7.467.105.566,83, sedangkan untuk pengeluaran pembiayaan daerah dianggarkan sebesar Rp67.626.473.236,25 terealisasi sebesar Rp67.346.142.036,25.

“Sebagai catatan angka tersebut merupakan angka realisasi sebelum audit BPK dan pembahasan lebih lanjut akan dilaksanakan pada pembahasan LKPj perhitungan keuangan,”ujar Thaib.

Berdasarkan hasil pembahasan, pansus lanjut Thaib memberikan sejumlah catatan diantaranya kemanan dan ketertiban masyarakat harus lebih ditingkatkan, pelayanan kesehatan rumah sakit ataupun puskesmas, pengelolaan tempat-tempat rekreasi yang masih kurang khususnya keamanan. Kemudian setiap perizinan instansi terkait afar bersama aparat penegak perda dapat langsung turun melakukan sosialisasi dan pengawasan untuk meningkatkan PAD,

“Permasalahan Lanpu jalan perlu penertiban mengingat pajak penerangan jalan yang dibayarkan mencapai nilai sigifikan tapi faktanya masih kurang memuaskan. Pemerataan pembangunan masih harus terus dilakukan terutama sekolah dan puskesmas sampai pelosok daerah, kemudian penanganan kebersihan dan persampahan di wilayah lingkungan masyarakat dan pasar masih belum maksimal,” sebut Thaib.

Selain memberikan catatan, pansus juga mengapresiasi beragam capaian yang diraih Pemkab Tanggamus. Adapun capaian yang sudah diraih diantaranya Juara I Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat SMA,penghargaan Sekolah Adiwiyata, dan Adhikarya Pangan Nusantara, dewan juga mengapresiasi  bidang pelayanan kesehatan dan Kawasan Industri Maririm (KIM).

“Kami juga memberikan saran agar Pemda Tanggamus melalui instansi terkait dalam menyusun program kegiatan disetiap SKPD harus menyentuh langsung kebutuhan masyarakat dan menggunakan anggaran dengan baik serta transparan demi terwujudnya target opini wajar tanpa pengecualian (WTP), mengadakan penyuluhan dan pelatihan-pelatihan untuk membuka lapangan pekerjaan bagi siswa putus sekolah,” tutup Thaib.

Sementara itu Bupati Tanggamus dalam pendapat akhirnya mengatakan bahwa masukan, kritik dan saran dari pansus LKPj akan dijadikan sebagai bahan untuk mengevaluasi dan memperbaiki diri.” Kami ucapkan terimakasih kepada seluruh anggota dewan khususnya ketua dan anggota Pansus LKPj serta semua pihak yang terlibat dalam proses evaluasi LKPj tahun 2015 ini, kemudian catatan-catatan evaluasi dari LKPj, kami sadari bahwa apa yang telah dilakukan selama ini masih terdapat kekurangan,” kata Bupati. (*)

GUBERNUR RESMI MEMBUKA MTQ KE 44 PROVINSI LAMPUNG

mtq

Kota Agung – Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke 44 Tingkat Provinsi Lampung, yang kali ini ditempatkan di Kabupaten Tanggamus, secara resmi dibuka di halaman Masjid Nurul Faizin Kompleks Islamic Center, Kotaagung, Kamis malam (21/4). Hadir dalam kegiatan tersebut, Gubernur Lampung M.Ridho Ficardo,M.Si, Kapolda Lampung Brigjend (Pol) Ike Edwin, Danlanal Lampung Kol (L) Yana Herdiana, Ketua Pengadilan Tinggi Tanjung Karang, Bupati/walikota se-Provinsi Lampung, Ketua LPTQ Pusat Muhammadiyah Amin, Ketua LPTQ se-Provinsi Lampung, para undangan serta Kafilah MTQ dari 15 Kabupaten/Kota se – Provinsi Lampung.

Dalam sambutannya Bupati Tanggamus, Hi. Bambang Kurniawan,S.T menyampaikan ucapkan selamat datang di Tanggamus, serta ucapan terimakasih karena telah diberi kepercayaan menjadi tuan rumah MTQ ke 44 tingkat Provinsi Lampung tahun 2016. “Pemda Tanggamus sudah berupaya maksimal sebagai tuan rumah, dan ini juga didukung partisipasi masyarakat agar pelaksanaan MTQ menjadi baik, sehingga harapan semua pihak dapap terwujud, mohon maaf sebesar-besarnya apabila ada kekurangan,” ujar Bupati.

Lebih lanjut Bupati mengatakan bahwa MTQ ke 44 tingkat Provinsi Lampung yang diselenggarakan di Tanggamus dari 20-27 April diikuti sebanyak 1.331 Qori/Qoriah, yang akan mengikuti 7 cabang perlombaan yang bertempat di arena utama Masjid Nurul Faizin, Masjid Al-Islah Pasar Madang, GSG Islamic Center, Aula Jenderal Sudirman Makodim 0424 Tanggamus, Taman Kota Ir Soekarno Kotaagung dan STIMIK Kotaagung. Selama mengikuti MTQ para Kafilah ditempatkan pada 10 pemondokan dengan lokasi SUPM, Mess perikanan, SMAN 2 Kota Agung, Aula Islamic Center, Rumah Dinas Ketua DPRD Tanggamus, Perumahan Kodim 0424 Tanggamus, perumahan Polres, SLB Kotaagung dan Mess Pemda Gisting.
Foto I

Sementara itu Ketua LPTQ Pusat Muhammadiyah Amin, mengatakan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan MTQ ini. Dimana MTQ sejak tahun 1968 telah menjadi budaya Indonesia dan syiar Islam di Indonesia, sehingga momentum ini harus terus dipertahankan agar umat semakin dapat memahami dan mengamalkan isi Alquran. “Alquran harus menjadi teman setia dalam kehidupan ummat sehingga dapat menyelesaikan persoalan dalam kehidupan” tambahnya.

pukul bedug

Sedangkan Gubernur Lampung M.Ridho Ficardo mengaku puas dengan MTQ ke 44 tingkat Provinsi Lampung. Ridho juga memuji keberhasilan Pemkab Tanggamus yang sudah menyelenggarakan MTQ dengan baik. “Saya mengucapkan terimakasih kepada bupati beserta jajaran atas kerja kerasnya, saya lihat ada peningkatan dari MTQ sebelumnya, khususnya dalam pemanfatan teknologi, artinya Pemdanya siap dan melek teknologi.” Tambahnya.

deville

Gubernur juga menyampaikan agar MTQ bisa menjadi sarana syiar Islam dan membumikan nilai-nilai intisari Al-Quran dalam sendi-sendi kehidupan masyarakat, sehingga gelaran MTQ kali ini Provinsi Lampung bisa meningkatkan prestasinya ditingkat nasional. “Tahun lalu kita mengalami peningkatan. Saya harap pada MTQ Nasional berikutnya bisa masuk 10 besar, dulu Lampung sudah pernah, mudah-mudahan kembali masuk 10 besar,” ujarnya.

Acara berlangsung penuh khidmad dan semarak itu, yang kemudian dilanjutkan dengan pemukulan bedug oleh Gubernur serta Bupati/Wali Kota se Provinsi Lampung sebagai tanda dibukanya MTQ ke 44, yang dilanjutkan dengan pesta kembang api, penampilan tari kolosal dan penampilan Band Wali (*)

BUPATI BUKA KEGIATAN PEMANTAUAN DAN EVALUASI PEMANFAATAN RUANG

 

Kota Agung (11/4) – Bupati Tanggamus, Hi. Bambang Kurniawan,ST., membuka kegiatan Pemantauan dan Evaluasi Pemanfaatan Ruang di Kabupaten Tanggamus, yang dilaksanakan di Ruang Rapat Utama Kantor Bupati Tanggamus.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kasubdit Pengendalian dan Pemanfaatan Ruang Kementerian Agraria dan Tata Ruang Wisnu Broto Saroso, CES, M.Dev.Plg, Sekdakab Hi. Mukhlis Basri, ST, MT. M.Si., Asisten Bidang Ekonomi Andi Wijaya, ST, MM., Kepala Bappeda Hendra Wijaya Mega, ST, MT., para Kepala SKPD serta Camat  se Kabupaten Tanggamus.

rtrw (2)

Dalam sambutannya Bupati menyampaikan bahwa dirinya menyambut baik kegiatan tersebut, yang tentunya sangat bermanfaat bagi sistem tata ruang di Tanggamus. Bupati juga menyampaikan bahwa terdapat beberapa wilayah di Tanggamus yang belum memiliki Rencana Detail Tata Ruang.

Menyikapi kondisi tersebut Bupati menginginkan agar dalam perumusan tata ruang dibuat berdasarkan zonasi yg diperuntukan bagi kegiatan tertentu, termasuk diantaranya Kawasan Industri Maritim. Sehingga dengan adanya detail tata ruang akan menjadi pegangan bagi Pemda untuk pengembangan wilayah tersebut. Demikian juga dengan tata ruang untuk Teluk Kiluan, sebagai kawasan wisata nasional.

Lebih lanjut Bupati berharap agar Kementerian Tata Ruang dapat melakukan evaluasi tata ruang dalam kurun waktu 5 tahun sekali. “Dengan hadirnya tim Kementrian Agraria dan Tata Ruang, kiranya bisa mengevaluasi tata ruang di Kabupaten Tanggamus, sehingga bisa disesuaikan dg rencana tata ruang yang terbaru.” Tambah Bupati.

rtrw (1)

Sementara itu Wisnu Broto Saroso menjelaskan bahwa latar belakang kegiatan ini diadakan di Kabupaten Tanggamus adalah berdasarkaan hasil monitoring status perda RTRW. Dimana dari 399 Kabupaten di Indonesia, terdapat sebanyak 329 Kabupaten yang telah memiliki Peraturan Daerah tentang RTRW, yang untuk wilayah Sumatera salah satunya adalah Kabupaten Tanggamus. Sehingga Kabupaten Tanggamus menjadi wilayah kajian dalam rangka mewujudkan kesesuaian pemanfaatan ruang terhadap RTRW yang telah di tetapkan.

Selain itu juga kegiatan ini bertujuan untuk melakukan pemantauan dan evaluasi pemanfaatan ruang di wilayah perencanaan sehingga teridentifikasinya pemanfaatan ruang eksisting diwilayah Kabupaten Tanggamus dengan tingkat kesesuaian pemanfaatan ruang sebagaimana RTRW Kabupaten Tanggamus. Dalam rangka mewujudkan konsistensi permanfaatan ruang sesuai dengan Rencana Tata Ruang Wilayah yg ada. (*)

KODIM 0424 SELENGGARAKAN RAKORNIS PENYERAPAN GABAH

FOTO..2

Kota Agung – Kodim 0424 Tanggamus, melaksanakan Rapat Koordinasi Teknis Penyerapan Gabah (Sergap) dari Gudang/Subdivre Bulog Kabupaten Tanggamus. Rapat dihadiri oleh Dirjen Kementerian Pertanian RI, Sujono, Pejabat Mabes AD, Kol. Arm. Winarto, Dandim 0424, Letkol. Inf. Kristomei Sianturi, Kabulog Lampung, Didin Syamsudin, Kadis Tanaman Pangan Kab. Tanggamus, Sony Isnaini dan Kepala Badan Ketahanan Pangan Kab. Tanggamus, Suhartono, serta Perwakilan dari Polres dan Kejari Tanggamus, juga Ka. UPT Pertanian se Kabupaten Tanggamus.

FOTO..1

Dalam rapat tersebut dibahas langkah-langkah untuk mempercepat penyerapan Gabah, sehingga antara petani, Bulog dan teman-teman dari Babinsa maupun Dinas Pertanian memiliki kesamaaan visi, misi dan komitmen yang sama.

Dalam sambutannya, Dandim meminta agar Babinsa dan petani di lapangan, dapat menyampaikan pokok-pokok permasalahan yang mungkin terjadi, serta kendala pada saat penyerapan gabah di lapangan, agar stabilitas ketahanan pangan di Kabupaten Tanggamus dapat terjaga. (*)

 

BUPATI SERAHKAN SERTIFIKAT GURU PROFESIONAL

GAMBAR 1 (1)

Gisting – Bupati Tanggamus, Hi. Bambang Kurniawan, ST., dan Ketua TP PKK Tanggamus, Hj. Dewi Handajani, SE, MM., menyerahkan Sertifikat Guru Profesional KabupatenTanggamus, di Aula Serumpun Padi, Pekon Kuta Dalom, Kecamatan Gisting, Kamis (7/4). Pada kesempatan itu Bupati didampingi oleh Kepala Dinas Pendidikan Anas Anshari; Camat Gisting, Andreas Tanuwijaya; Kabid Humas, Derius Putrawan, serta para KUPT Pendidikan Se-Kabupaten Tanggamus.

 

Dalam sambutannya Bupati mengucapkan selamat kepada seluruh guru yang telah memperoleh sertifikat, sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan dana sertifikasi guru. Selain syarat tersebut terdapat juga ketentuan bahwa guru harus memiliki jam mengajar sebanyak 24 jam dalam seminggu. Untuk itu Bupati meminta kepada Kepala Dinas Pendidikan agar menata pembagian jam bagi guru di Kabupaten Tanggamus, agar seluruh guru yang telah memiliki sertifikat dapat menerima dana sertifikasi, sehingga para guru meningkat kesejahteraannya. Selanjutnya Bupati juga berpesan agar para guru meningkatkan kinerjanya dalam mengajar, agar tujuan pendidikan dapat tercapai dengan baik.

GAMBAR 2,,

Bupati juga menyampaikan akan memberikan dana insentif kepada para guru yang berstatus TKS, serta memasukkannya kedalam database Pemerintah Kabupaten Tanggamus. Sehingga jika nanti terdapat terdapat kebijakan Pemerintah yang mengangkat guru honorer menjadi PNS, maka yang telah terdata akan lebih mudah untuk diangkat. Dimana berdasarkan data yang ada, saat ini terdapat 2.300 orang guru berstatus TKS yang telah terdata.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan, Anas Anshari, menyampaikan bahwa jumlah guru yang menerimasertifikat, berjumlah 279 orang, yang terdiri dari jenjang TK, SD, SMP,  SMA, SMK dan Pengawas yang lulus PLPG Tahun 2015. (*)

Bupati Mendapatkan Penghargaan Anugerah Pangripta Nusantara Sai Bumi Rua Jurai

BUPATI

Bandar Lampung – Bupati Tanggamus Hi.Bambang Kurniawan, ST., menerima penghargaan Anugerah Pangripta Nusantara Sai Bumi Rua Jurai Terbaik II Provinsi Lampung dari Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo dalam acara Musrenbang Lampung Fair Tahun 2016 di Hotel 7 Gedung Ball Room Bandar Lampung, Selasa (5/4).

Penghargaan tersebut  diberikan kepada Bupati Tanggamus mengingat Pemda Tanggamus dinilai berhasil  dalam penyusunan  dokumen perencanaan yang baik atau sangat baik yang diberikan melalui seleksi berjenjang oleh tim Juri Independen yang dibentuk oleh Bappenas RI.

Pada penilaian APN terdapat dua tahapan yaitu, melalui  tahap penilaian RKPD oleh tim penilai provinsi dan menghasilkan tiga Kabupaten/Kota terbaik dan penilaian yang dilakukan melalui wawancara.

Tiga Kabupaten/Kota terbaik  juara 1 diraih oleh Kota Metro, Juara 2 Pemda Tanggamus, Juara 3 Kota BandarLampung.

Dalam sambutannya Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo sangat mengapresiasi atas kerja Walikota dan Bupati, karena dapat menghasilkan perencanaan terbaik gua membangun Provinsi Lampung Kedepannya.

Pada kesempatan tersebut Bupati Tanggamus didampingi juga oleh Kepala Bappeda Kabupaten Tanggamus Andi Wijaya Mega serta jajarannya.