BUPATI TANGGAMUS RAIH PERHARGAAN TOP 99 INOVASI PELAYANAN PUBLIK

_20160331_181859Surabaya (31/3) – Bupati Tanggamus, Hi. Bambang Kurniawan, ST. Menerima penghargaan dari Menteri PAN RB, Prof. Dr. H. Yuddy Crisnandi, ME., Sebagai TOP 99 INOVASI PELAYANAN PUBLIK TAHUN 2016. Yang diserahkan di Jatim Expo (JX) Internasional Surabaya.

Apresiasi tersebut diraih atas inovasi “Kemitraan Kelompok Tani Ternak dan Pusat Kesehatan Hewan Pada Posyandu Ternak “Kahuripan” Pekon (desa) Pematang Nebak, Kecamatan Bulok, Kabupaten Tanggamus.
Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Menpan RB  kepada 99 peserta yang memenangkan inovasi pelayanan publik dari berbagai instansi, baik Kementerian, Lembaga Pemerintah, BUMN, Provinsi, Kabupaten/kota seluruh Indonesia, yang terbagi dalam beberapa kelompok yakni 11 inovasi Kementerian, 5 inovasi Lembaga Pemerintah, 25 inovasi Provinsi dan 40 inovasi Kabupaten/Kota, dimana salah satunya adalah Kab.Tanggamus.

_20160331_181920Dalam sambutannya Menpan-RB sangat mengapresiasi kegiatan ini, sebagai even penghargaan yang terbesar selama ini di Indonesia, terhadap Inovasi Pelayanan Publik yang dilakukan oleh penyelenggara Negara.

Menteri mengharapkan melalui kegiatan ini dapat mendorong dan memacu lembaga-lembaga Pemerintah, Swasta untuk dapat hadir ditengah-tengah masyarakat di segala sektor dalam memberikan pelayanan yang prima sehingga Indonesia dapat menjadi Negara yang unggul dalam pelayanan publik di dunia.

4Hadir dalam acara tersebut sejumlah Pejabat Kemenpan RB. Serta Gubernur dan Bupati/Walikota se-Indonesia.

Sementara Bupati Tanggamus, didampingi oleh Ketua TP PKK, Kadis Peternakan, Romasyadi, Kadis Kominfo Sabaruddin, Kabag Protokol, Robin Sadek, Kabag Organisasi, Usman dan Sekretaris Bappeda, Suaidi. (*)

BUPATI DAN FORKOPIMDA TANGGAMUS, KUKNKER DI KECAMATAN PEMATANG SAWA

IMG_20160326_112311

PEMATANG SAWA – Jum’at (25/3), Bupati Tanggamus, Hi. Bambang Kurniawan, ST.,  melaksanakan Kunjungan Kerja di Kecamatan Pematang Sawa, yang dipusatkan di Pekon Tampang Tua.

Dalam kunker tersebut Bupati didampingi  Forkopimda Kabupaten Tanggamus; Dandim 0424, Letkol. Inf. Kristomei Sianturi; Kapolres Tanggamus AKBP. Ahmad Mamora, SIK.; Ketua DPRD Heri Agus Setiawan, S.Sos.; Turut pula Wakil Ketua DPRD, Rusli Shoheh, MM, beserta 4 anggota DPRD; Kepala TNBBS, Ir. Timbul Batu Bara; Tim TMWC, Roni; Kepala BKSDA Lampung, Subakir; Inspektur, Drs. Firman Rani; Kasat Pol PP, Yumin, BA serta Camat Pematang Sawa, Edy Faturozi.

Tujuan dari Kunker adalah agar Bupati berserta Forkopimda Kabupaten Tanggamus dapat bertatap muka langsung dengan masyarakat di Kecamatan Pematang Sawa. Dalam rangka mensosialisasikan keberadaan Cagar Alam Laut (CAL) dan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS). Guna memberikan informasi dan pemahaman kepada masyarakat tentang wilayah-wilayah mana yang boleh dikelola dan yang tidak boleh dikelola oleh warga.IMG_20160326_112306

Lebih lanjut Bupati menyampaikan bahwa Cagar Alam Laut merupakan kawasan konservasi yang ditetapkan Pemerintah, untuk pemijahan biota laut, demikian juga TNBBS sebagai tempat melestarikan ekosistem hutan. Untuk itu dihimbau kepada masyarakat agar tidak melanggar ketentuan dan aturan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah.

Selain itu Bupati dan Forkopimda juga ingin mengetahui secara langsung dari masyarakat, bagaimana kondisi dan keluhan masyarakat di kecamatan Pematang Sawa.

Dimana pada kesempatan tersebut, masyarakat meminta Pemkab Tanggamus, dapat meningkatkan pembangunan prasarana transportasi, kesehatan dan pendidikan, juga bantuan sarana bagi nelayan, termasuk jaminan keamanan.

Menyikapi permintaan tersebut, Bupati, dan Forkopimda, berjanji akan memenuhi keinginan masyarakat. Seperti; melanjutkan pembangunan jalan pada tahun 2017, menaikan gaji guru honor, membantu kelompok tani dan nelayan, membantu majelis taklim, serta menambah personil TNI dan Polri di setiap Pekon. (*)

GISTING BAWAH JUARA 1 LOMBA PEKON BERPRESTASI SE-KABUPATEN TANGGAMUS

KETUA TP PKK HJ.DEWI BAMBANG SAAT MENYERAHKAN PENGHARGAAN PADA PEMENANG JUARA LOMBA PEKONBERPRESTASI DI PEKON GISTING

Kotaagung – Ketua TP.PKK Kabupaten Tanggamus Hj.Dewi Handajani, SE.,MM., menyerahkan hadiah kepada para pemenang Lomba Pekon/Kelurahan berprestasi Tahun 2016 di Pekon Gisting Bawah Kecamatan Gisting, Senin (21/3).

Beliau menyerahkan bagi para pemenang diantaranya Juara 1 diraih oleh Pekon Gisting Bawah Kecamatan Gisting, Juara 2 Pekon Kedaloman Kecamatan Gunung Alip dan Juara 3 Pekon Sudimoro Bangun Kecamatan Semaka.

Dalam sambutannya Ketua TP PKK mengatakan bahwa dalam lomba pekon ini kita bersaing secara sehat agar pekon-pekon lain bisa mendapat kesempatan untuk menang pada lomba berikutnya.

Kemudian beliau pada kesempatan itu memberikan hadiah tambahan kepada para juara dimana untuk juara 1 mendapatkan dana 3 juta rupiah,juara 2 mendapatkan 2 juta rupiah dan juara 3 sebesar 1 juta rupiah.

Pada kesempaten itu beliau didampingi oleh Inspektur Firman Rani, Kepala Dinas Perhubungan Hamid H. Lubis, Kepala Badan Pemberdayaan masyarakat Pembangunan Pekon dan Transmigrasi Faturrahman, Sekcam Gisting.

 

UPACARA HUT KE-19 KABUPATEN TANGGAMUS BERJALAN LANCAR

Bupati sampaikan sambutan.

Kota Agung – Upacara Peringatan HUT Ke-19 Kabupaten Tanggamus berlangsung Khitmat dan Lancar. Dalam kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Unsur Pimpinan Daerah diantaranya Kapolres Tanggamus AKBP. Ahmad Mamora, SIK, Dandim 0424 Tanggamus Letkol Inf. Kristomei Sianturi, Perwakilan Kejaksaan Tinggi, Pengadilan Negeri dan Ketua TP PKK Kabupaten Tanggamus Hj. Dewi Handajani, SE.,MM., dan Ibu Ketua Persit Candra Kirana Tanggamus, Ketua Bhayangkari Tanggamus serta Ormas, LSM se-Kabupaten Tanggamus.

Dalam acara tersebut bertindak sebagai Pembina Upacara adalah Bupati Tanggamus Hi. Bambang Kurniawan, ST., Pemimpin Upacara Kapten Inf. Redi Kurniawan, sebagai  Perwira Upacara Kapten Inf. Sabar,  Pembaca Sejarah dilakukan oleh Ketu DPRD Tanggamus Agus Heri Setiawan, S.Sos., Pembacaan Undang-Undang Dasar 1945 Camat Talang Padang Agustam Hamid, dan Pembaca doa Agus Suhartono dari Kemenag Tanggamus.

foto bersama uspida

Sementara itu  dalam amanatnya Bupati mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat Tanggamus untuk senantiasa mengikat kuat komitmen dan meningkatkan semangat persatuan dan kesatuan diantara kita guna bersama-sama membangun Tanggamus agar lebih baik dan maju lagi.

Selanjutnya beliau menambahkan bahwa sejauh ini program yang dilaksanakan oleh Pemda Tanggamus adalah program yang pro rakyat dan yang dibutuhkan oleh masyarakat. Infrastruktur, Pertanian, Perkebunan,  Pertenakan, Pendidikan dan Kesehatan adalah sektor-sektor prioritas bagi Pemda Tanggamus.

ziarah ke makam pahlawan

“untuk itu sekali lagi kami sangat  mengharapkan dukungan masyarakat agar pembangunan ini dapat berjalan sesuai dengan yang kita harapkan, demi terwujudnya kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Tanggamus, “ Harap Bupati mengakhiri sambutannya.

(21-) Wakil Bupati bersama Uspida sedang mencicipi hidangan Pangan Balak di Taman Terbuka Hijau Ir. Soekarno Kotaagug.

Usai melaksanakan upacara di Lapangan Merdeka Kotaagung Kemudian Bupati dan Rombongan langsung menuru Taman Makam Pahlawan Bahagia Kota Agung Timur, dan dilanjutkan dengan kegiatan Pangan Balak yang merupakan puncak acara dari berbagai rangkaian HUT KE-19 Kabupaten Tanggamus.

 

 

 

DPRD LANGSUNGKAN RAPAT PARIPURNA ISTIMEWA PERINGATAN  HUT KE 19 KABUPATEN TANGGAMUS

IMG_1551

Kota Agung, 18 Maret 2016 – Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Tanggamus melaksanakan Sidang Paripurna Istimewa dalam rangka memperingati HUT ke 19 Kabupaten Tanggamus.
Agenda ini merupakan agenda wajib yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Tanggamus. Hadir dalam kesempatan tersebut Bupati Tanggamus, Hi. Bambang Kurniawan, Wakil Bupati Tanggamus, Hi. Samsul Hadi, Sekdakab Tanggamus, Hi. Mukhlis Basri, serta jajaran Forkopimda, serta pejabat dilingkungan Pemkab Tanggamus.
Dalam sambutannya Bupati mengajak semua pihak untuk menguatkan komitmen dalam melaksankan pembangunan di Kabupaten Tanggamus. IMG_1488
Apalagi tahun ini merupakan tahun ke 4 bagi Bupati dan Wakil Bupati, serta tahun ke 3 bagi Anggota DPRD Kab Tanggamus. Oleh karenanya Bupati mengajak semua pihak untuk meningkatkan semangat dan terus berkomitmen untuk menjaga persatuan dan kesatuan serta pembangunan di kab Tanggamus. IMG_1524
Karena dengan modal persatuan dan kesatuan serta sumber daya yg ada. Mudah2 kedepan kita dapat mewujudkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Tanggamus. “Jangan sampai kita terprovokasi oleh pihak lain, sehingga merugikan diri kita sendiri dan juga masyarakat Kabupaten Tanggamus.” Tambah Bupati.
Usai rapat paripurna, dilaksanakan pemotongan tumpeng oleh Bupati, Wakil Bupati, Sekdakab dan Ketua DPRD yang diserahkan kepada Forkopimda. Acara kemudian dilanjutkan dengan foto bersama di depan gedung DPRD Kab. Tanggamus (*)

Pemerintah Kabupaten Tanggamus Galakkan Senam

IMG_20160318_162337

Kota Agung,18 Maret 2016 – “Mensano in corpore sano” demikian slogan yang sering kita dengar. Bahwa di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat. Oleh karena itu Pemerintah Kabupaten Tanggamus selama ini telah melaksanakan senam bersama diingkungan Pemkab Tanggamus, yang dilaksanakan di lapangan upacara Kantor Bupati Tanggamus, setiap hari Jumat pagi, usai pelaksanaan apel pagi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tanggamus. IMG_20160318_162341

Dimana kegiatan ini mendapatkan perhatian dan antusias yang tinggi dari pegawai dilingkungan pemerintah Kabupaten Tanggamus, baik dari jajaran staf sampai pejabat dilingkungan pemerintah Kabupaten Tanggamus. Juga diikuti oleh jajaran prajurit TNI dari Kodim 0424 Tanggamus serta jajaran Polres kabupaten Tanggamus. Diharapkan kegiatan ini selain bermanfaat bagi para pegawai dilingkungan pemerintah Kabupaten Tanggamus, juga diikuti oleh jajaran Pemerintah Kabupaten Tanggamus ditingkat kecamatan dan Pekon. Sehingga memberikan dampak bagi masyarakat Kabupaten Tanggamus. Agar gemar melakukan olahraga sehingga terbentuk raga yang sehat, tubuh yang kuat dan jiwa yang sehat. Dalam rangka membentuk sumber daya manusia yang sehat dan kuat di Kabupaten Tanggamus. Adapun senam yang dilakukan dilingkungan Pemkab Tanggamus ini, terdiri dari Senam Tanggamus Sehat, Senam Aerobik dan Senam Ceria. Yang sangat diminati oleh para peserta senam (*).

BAPPEDA TANGGAMUS JUARA 1 TANGGAMUS EXPO 2016

FOTO JPG...1

Kota Agung – Sekretaris Daerah Kabupaten Tanggamus, Hi. Mukhlis Basri, ST, MT., M.Si., mewakili Bupati Tanggamus, Hi. Bambang Kurniawan, ST., secara resmi menutup kegiatan Tanggamus Expo Tahun 2016 yang dilaksanakan di Taman Terbuka Hijau Ir. Soekarno Kotaagung, Kamis (17/3).

Dalam sambutan Bupati Tanggamus, yang dibacakan Sekretaris Daerah, penyelenggaraan Tanggamus Expo ini merupakan kegiatan tahunan Pemkab Tanggamus untuk mengekspos potensi yang ada di daerah ini, sehingga bisa menarik minat investor untuk mengembangkannya, selain itu sebagai upaya memberikan suguhan informasi kepada masyarakat Kabupaten Tanggamus.

“tentunya dari semua itu diharapkan penyelenggaraan Tanggamus Expo ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dan Kabupaten Tanggamus,” Katanya

Sementara itu dalam laporan panitia, Tanggamus Expo tahun 2016 ini diikuti oleh 81 stand pameran yang terdiri dari 36 stand SKPD, 20 STAND Kecamatan, 15 stand BUMD, Swasta Umum dan 10 stand Zona Foodcourt.

Dengan transaksi total yang didapat mencapai 220 juta rupiah, dengan rata-rata perolehan transaksi perhari adalah 36 juta Rupiah.

Dalam acara ini juga diumumkan pemenang stand terbaik Tanggamus Expo 2016 yaitu, untuk kategori stand/dinas/badan/kantor juara 3 dinas Kesehatan, Juara 2 Sekretariat Daerah dan Juara 1 BAPPEDA.

Untuk kategori Kecamatan Juara 3 Kecamatan Pulau Panggung, Juara 2 Kotaagung dan 3 Gunung Alip.

Sementara kategori BUMD, Swasta, Organisasi Juara 3 Bank Lampung, 2 TNBBS dan 1 Dekranasda, kemudian kategori penjaga stand terbaik diraih oleh Dinas Kesehatan dan kategori stand inovatif adalah Dinas Pekerjaan Umum.

Sedangkan senam poco-poco juara 1 Dinas Ketahanan Pangan, 2 Dinas Pendidikan dan 3 Kecamatan Kotaagung Pusat.

 

BUPATI MEMBUKA KEGIATAN MUSRENBANG

945246_175689109481039_5473189389281557305_n

KOTAAGUNG –Bupati Tanggamus Hi. Bambang Kurniawan, ST., membuka secara resmi kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan Kabupaten Tahun 2016 di Gedung Serba Guna (GSG) Islamic Center Kotaagung, Rabu (16/3).

Dalam arahannya Bupati mengatakan bahwa Kabupaten Tanggamus tengah membangun di segala bidang baik infrastruktur maupun non infrastruktur seperti Pelayanan Publik yang prima.

Melalui Musrenbang ini juga diharapkan dapat merumuskan secara konsisten program pembangunan yang sesuai dengan kebutuhan dan potensi yang ada di wilayah Kecamatan-Kecamatan.

Sementara itu Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Tanggamus Hendra Wijaya Mega mengatakan bahwa musrenbang akan membahas penetapan pengembangan kawasan jadi tiga bagian, yakni zona pariwisata, ketahanan pangan, dan industri.

“Untuk Tanggamus dibagi tiga zona. Pada kawasan barat sebagai pengembangan pariwisata, kawasan tengah sebagai ketahanan pangan, dan kawasan timur sebagai pengembangan industri maritim,” ujar Hendra

Selanjutnya dari tiga besar arahan pembangunan di Lampung tersebut, posisi Tanggamus sendiri masuk dalam ketiganya. Hal itu berdasarkan kondisi wilayah, selanjutnya untuk lingkup kabupaten ini diimplikasikan untuk empat koridor.

Dengan rincian, koridor 1 mencangkup Kecamatan Kotaagung, Kotaagung Barat, Wonosobo, Pematangsawa. Pada zona ini, arahan pembagunan berupa pusat pegembangan tanaman pangan minapolitan dan konservasi.pungkasnya

SEMAKA DAN PEMATANG SAWA AKAN DAPAT BANTUAN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA

BUNDA BERIKAN BANTUAN PADA MASJID DAN MUSHALLA DI MARGOMULYO SEMAKA

SEMAKA – Kabar gembira bagi masyarakat Pekon Margomulyo Kecamatan Semaka Kabupaten Tanggamus dimana pada tahun 2016 akan mendapatkan bantuan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terpusat.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Tim Penggerak PKK Hj. Dewi Handajani, SE., MM., saat bersilahturrahmi kepada masyarakat yang berbatasan langsung dengan Taman Nasional Bukit Barisan tersebut, Rabu (16/3).

Bunda Dewi berharap dengan adanya PLTS dapat meningkatkan kesejahteraan taraf hidup masyarakat Margomulyo, dan dapat dimanfaatkan dengan menambah pengetahuan warga disegala bidang.

BUNDA DEWI SAAT KUNJUNGAN NYA DI PEKON MARGO MULYO SEMAKA

Dan dengan masuknya PLTS bisa membawa dampak yang positif seperti pertumbuhan ekonomi (economy growth), meningkatkan akses, aset dan kapabilitas bagi warga masyarakat sekitar.

Berdasarkan keterangan dari Pihak Badan Lingungan Hidup Kebersihan dan Pertamanan Tanggamus, menjelaskan bahwa pada tahun 2016 ini ada tiga pekon yang mendapatkan bantuan PLTS yakni Pekon Margo mulyo Kecamatan Semaka, dan dua Pekon di Kecamatan Pematang Sawa yakni Pekon Guring dan Pekon Karang Brak, dengan kekuatan 50 Kwp,/50.000 watt di masing-masing pekonnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Perhubungan Hamid H. Lubis, Inspektur Drs. Firman Rani, Sekretaris Badan Lingkungan Hidup Kebersihan dan Pertamanan Suyanto, Camat Semaka Hermansyah, SIP., Kasat Pol PP Yumin, BA.,

 

 

 

 

 

 

GABUNGAN ORGANISASI WANITA GELAR PEMERIKSAAN PAP SMEAR DAN KANKER PAYU DARA

PEMBERIAN CINDERA MATA OLEH YAYASAN KANKER INDONESIA LAMPUNG KEPADA BUNDA DEWI

Kota Agung – Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Tanggamus yang di Ketuai oleh Hj. Dewi Handajani, SE.,MM., menggelar kegiatan Bhakti Sosial PAP SMEAR untuk deteksi dini Kanker mulut rahim dan Kanker Payu darah yang berlangsung di Gedung Aula Rumah Sakit Umum Daerah Kotaagung, Rabu (16/3).

Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka ikut andil GOW untuk memperingati Hari jadi Kabupaten Tanggamus yang Ke-19.

Selain itu juga bertujuan menjadikan wanita Tanggamus agar berkualitas terutama kualitas kesehatannya, sehingga dapat mampu mengembangkan potensinya di segala bidang.

Dalam sambutannya Bunda Dewi mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan setiap tahun karena menurut ia kaum wanita memiliki hak yang sama agar memiliki produktifitas yang tinggi, bunda melanjutkan pruduktifitas yang tinggi dapat diperoleh melalui kualitas hidup yang baik, dengan cara memiliki kesehatan yang baik, termasuk yang dilaksanakan oleh GOW ini merupakan usaha kita dalam menjaga kesehatan yang sering menimpa kaum wanita.

KETUA GOW SAAT MENINJAU PEMERIKSAAN PAP SMEAR

Kanker rahim menurut data adalah pembunuh kedua bagi kaum wanita, oleh karena itu bunda mengajak agar sedini mungkin diketahui melalui pemeriksaan agar semakin mudah dan cepat penanganannya.

Dan kepada wanita agar jangan merasa takut untuk memeriksakan rahimnya karena jika sedini mungkin kita ketahui adanya kanker dengan alat canggih yang dimiliki kedokteran insyaallah dapat diatasi.

KETUA GOW MEMBERIKAN BINGKISAN PADA PASIEN RSUD KOTAAGUNG

“ini adalah upaya kita dalam menciptakan kesehatan kita masing-masing karena peran wanita sangat dibutuhkan dalam kehidupan masyarakat, dengan sehat insyaallah umur kita panjang dan dapat lebih banyak berbuat kebaikan di tengah masyarakat, keluarga dan Negara,” pungkasnya

Turut hadir pada kesempatan tersebut Direktur RSUD Kotaagung Dirhamsyah Riva’I, Ketua Dharma Wanita Persatuan Ida Mukhlis, Wakil Ketua TP PKK Hj. Afillah Samsul, Ketua Persit Tanggamus Ny. Kristomei serta ratusan calon pemeriksaan pap smear dari perwakilan ormas kewanitaan se-Kabupaten Tanggamus.