LOMBA APRESIASI BUNDA PAUD DI GELAR

Para Peserta dan Siswa Paud sedang menari Pinguin dalam acara Apresiasi Bunda Paud di Kompleks Kantor PKK Tanggamus

Para Peserta dan Siswa Paud sedang menari Pinguin dalam acara Apresiasi Bunda Paud di Kompleks Kantor PKK Tanggamus

Kota Agung – Pagi tadi Wakil Bupati Tanggamus Hi. Syamsul Hadi, M.Pdi., secara resmi membuka kegiatan Lomba Apresiasi Bunda Paud Kecamatan Berprestasi Tingkat Kabupaten di halaman Gedung PKK Kabupaten, Selasa (13/10).

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Drs. Hi. Mukhlis Basri, Asisten Bidang Ekonomi Andi Wijaya, para Kepala Dinas, Badan, Camat, Kepala UPTD Pendidikan dan Kesehatan, Ketua Organisasi Mitra PAUD, se-Kabupaten Tanggamus.

Dalam sambutannya Wakil Bupati mengatakan bahwa dengan adanya kegiatan Apresiasi Bunda Paud Kecamatan Berprestasi tahun 2015 ini menunjukkan komitmen yang kuat dari jajaran Pemda Tanggamus khususnya bunda Paud Kabupaten serta para organisasi mitra paud untuk betul-betul menggerakkan peran bunda paud dalam pelaksanaan pemberian layanan pendidikan anak usia dini di Tanggamus.

Syamsul menambahkan bahwa, penyelenggaraan Apresiasi Bunda Paud ini merupakan bentuk penghargaan kepada peran dan fungsi bunda Paud dalam mendukung progrtam Paud di masing-masing Kecamatan.

“oleh karena itu peran Camat, Kepala UPTD Pendidikan, Kesehatan dan UPTD lainnya serta organisasi mitra Paud di Kecamatan ini sangat menjadi penting dan merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan” kata Wakil

Sementara itu Bunda Paud Kabupaten Tanggamus Hj. Dewi Handajani, SE.,MM., saat memberikan sambutannya mengatakan bahwa kegiatan Apresiasi ini dimaksudkan agar bunda paud kecamatan dapat memahami tanggung jawabnya dalam menggerakkan kemajuan Paud di wilayah kecamatan masing-masing.

Sebagai bunda paud kecamatan harus bisa membuat kemajuan dalam perkembangan paud yang ada di pekon-pekon terutama yang belum memiliki paud agar bisa memilikinya, karena menurut bu Dewi, pendidikan paud merupakan hak asasi dari anak-anak kita. Harap Bu Dewi

Selain memberikan sambutan beliau juga menyampakan perkembangan gerakan peduli paud dimana ia meminta kepada kepala satker untuk terus berpartisipasi aktif dalam gerakan peduli paud yang telah dicanangkan.

“dari hasil pengumpulan dana donasi peduli paud alhamdulillah telah terealisasi pembangunan Paud sebanyak 5 unit yang telah berhasil di bangun dengan dana aksi peduli paud, dan saldo saat ini telah mencapai 100 juta rupiah” jelas bu dewi saat mengakhiri sambutannya

Ketua Panitia Lomba Apresiasi Bunda Paud Kecamatan Berpestasi Hj.Aff’illah mengatakan bahwa tujuan umum dari kegiatan ini adalah menambah wawasan, pengetahuan, dan persahabatan sekaligus sebagai penghargaan yang dapat memotifasi bunda Paud Kecamatan untuk meningkatkan kinerjanya dalam rangka mewujudkan pendidikan anak usia dini.

Danb tuuan khususnya adalah memberikan Apresiasi terhadap kinerja bunda paud kecamatan, memberikan penghargaan kepada bunda paud kecamatan dalam meningkatkan kemajuan dan perkembangan Paud.

“dengan jumlah peserta 20 orang Bunda Paud Kecamatan, dengan menyuguhkan materi lomba berupa profil bunda paud kecamatan, serta presentasi keberadaan Paud di Kecamatan masing-masing” ungkap bu Aff’illa

HJ. DEWI BAMBANG LAKUKAN PELETAKAN BATU PERTAMA PEMBANGUNAN GEDUNG PAUD

Kelumbayan – Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tanggamus Ny. Hj. Dewi Handaja, SE.,MM., beserta seluruh pengurus dan jajarannya kembali melakukan kunjungan kerja di Pedukuhan Suka Damai, Pekon Umbar Kecamatan Kelumbayan. Dimana sebelumnya beberapa waktu yang lalu melaksanakan kegiatan di Kecamatan Kelumbayan Barat.

Dalam kegiatan tersebut Ketua TP PKK Kabupaten melaksanakn kegiatan berupa Peletakan Batu Pertama pembangunan gedung Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Arridho Kurnia Dewi. Serta pemberian dana PAUD di Pedukuhan Suka Damai, Pekon Umbar Kelumbayan.

Usai peletakan batu pertama Hj. Dewi memberikan sambutan, ia mengatakan bahwa telah banyak program kegiatan yang dilakukan PKK selama ini, diantaranya yakni program Gerakan Peduli Paud, dimana terdapat kotak donasi bagi para pegawai dan masyarakat umum untuk menyisihkan uangnya guna membantu perkembangan pembangunan dibidang pendidikan terutama Paud di Kabupaten Tanggamus.

Beliau menegaskan, PKK Konsen terhadap perkembangan anak usia dini dikarenakan ada kata-kata bijak bahwa jika suatu Negara akan maju maka bangunlah anak sejak usia dini, pasalnya mereka merupakan penerus perjuangan kita.

“Kalau kita tidak menyiapkan penerus kita baik dari akhlaknya, pendidikan, emosional dan sebagainya, maka mungkin bangsa itu akan hancur perlahan-lahan untuk itu mari saya mengajak kepada semua pihak untuk benar-benar serius terhadap perkembangan anak kita sejak dini” ajaknya

Beliau juga menambahkan, kepada para dewan pengajar Paud untuk selalu memberikan perkembangan pengajaran disesuaikan dengan perkembangan zaman sekarang terutama terkait dengan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Mengenai insentif dan dana bantuan pihaknya juga akan melakukan terus secara bertahap serta ia mengharapkan agar masyarakat di pekon Umbar dapat bersabar terkait dengan perehapan Sekolah Dasar di pekon setempat.

“pada kesempatan ini kami juga memberikan bantuan kepada PAUD di Pekon Umbar dimana dana ini berasal dari hasil mengumpulkan donasi di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) sebesar 25 juta rupiah untuk membangun gudung Paud yang selama ini masih menumpah di rumah bapak Zuherdi” Ujar Bu Dewi

Selain itu ia juga mengharapkan kepada masyarakat, KUPT Pendidikan, Camat, Kepala Pekon agar berpartisipasi aktif terhadap proses pembangunan pendidikan di wilayah masing-masing mengingat anak kita merupakan aset besar dimasa yang akan datang.

Dan perlu diketahui juga pada kesempatan tersebut Ketua TP PKK memberikan bantuan untuk Taman Pendidikan Alqur’an di pekon Umbar sebesar 2 juta rupiah serta bantuan seragam bagi majlis taklim yang akan dilakukan secara bertahap. Dalam kegiatan itu, turut hadir Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tanggamus, Camat Kelumbayan, KUPT Pendidikan, Kepala Pekon serta Tokoh masyarakat se-Kecamatan Kelumbayan.

BUPATI LAUNCHING GEMAR MEMBACA

Kota Agung –  Guna membudayakan kegiatan membaca di masyarakat luas, Kantor Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Daerah Kabupaten Tanggamus pada pagi tadi, Senin (16/02) menggelar kegiatan Lounching Gerakan Gemar Membaca yang di pusatkan di Taman Terbuka Hijau Ir. Soekarno serta dibuka langsung oleh Bupati Hi. Bambang Kurniawan, ST.,

Kepala Kantor  Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Tanggamus Razi Azanisyah, MM., mengatakan tujuan kegiatan Lounching Gemar Membaca ini adalah untuk  menumbuhkembangkan minat dan budaya Gemar membaca masyarakat Tanggamus, dan diharapkan masyarakat belajar melalui pengembangan dan pendayagunaan perpustakaan sebagai informasi yang berupa karya tulis, cetak dan karya rekam.

Sementara itu Kepala Badan Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Propinsi lampung yang diwakili oleh Kepala Bidang Pembinaan Arsip dan Perpustakaan Dra. Mawarni  mengatakan, dengan  di Lounchingnya gerakan gemar membaca oleh Pemerintah Kabupaten Tanggamus diharapkan  dapat membangkitkan semangat dan kemauan masyarakat untuk membaca, mengembangkan dan meningkatkan peran perpustakaan dan seluruh unsur masyarakat dalam pengembangan minat dan budaya gemar membaca.

Selanjutnya, Bupati Hi. Bambang Kurniawan, ST., mengatakan bahwa membaca sangat penting bagi kita , karena menurut beliau kita akan rugi sendiri sehingga tidak tahu perkembangan dan kemajuan jaman.

Louching Gemar Membaca ini diharapkan beliau dapat menjadi budaya dalam kehidupan masyarakat Kabupaten Tanggamus, jika sudah menjadi budaya maka segala aktifitas kita sehari-hari dipenuhi dengan membaca yang membawa manfaat bagi bidang pekerjaan masing-masing.

Beliau juga menambahkan, agar kegiatan gembar membaca ini jangan dijadikan acara seremonial belaka tetapi harus menjadi kegiatan yang aktif sehingga tujuan masyarakat untuk gemar membaca dapat tercapai secara sempurna.

Pada kesempatan itu juga Bupati menyerahkan Bantuan 10 ribu buku diperuntukan bagi 100 perpustakaan sekolah menjadi perpustakaan umum, Penyerahan penghargaan bagi juara lomba membaca  serta memantau kegiatan membaca di Stand Baca Perpustakaan Daerah di Taman Kota.

Dalam kegiatan itu juga dihadiri oleh Wakil Bupati Tanggamus, Dandim 0424, Kapolres, Kementerian Agama, Sekda Tanggamus, Ketua dan Wakil Ketua TP PKK, KUPT Pendidikan, Kepala Sekolah, serta Dewan guru se-Kabupaten Tanggamus

HI.SAMSUL HADI RESMIKAN PNPM MANDIRI PEDESAAN DI WONOSOBO

Wonosobo – Wakil Bupati Tanggamus Hi. Samsul Hadi, pada pagi tadi (24/02) meresmikan Kegiatan Program PNPM Mandiri Pedesaan Tahun 2014 untuk dua Kecamatan Wonosobo dan Bandar Negeri Semuong. Pada kesempatan tersebut turut hadir para pengurus PNPM Kabupaten, Kepala Dinas, Badan, Kantor dilingkungan Pemda Tanggamus , serta Unsur pimpinan Kecamatan Wonosobo.

Dalam kegiatan yang dipusatkan di Pekon Dadimulyo Kecamatan Wonosobo itu Hi. Samsul Hadi, M.Pdi., mengatakan bahwa tujuan utama PNPM Mandiri Pedesaan adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mengentaskan kemiskinan.

Berkaitan dengan hal tersebut beliau mengucapkan terimakasih kepada, kelompok masyarakat yang telah melaksanakan kegiatan PNPM Mandiri Pesesaan ini terlebih kepala seluruh kepala pekon yang telah mendukung pelaksanaan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya.

Beliau berharap dengan sudah dilaksanakannya pembangunan ini kepada masyarakat dihimbau untuk menjaga, dimanfaatkan dirawat dengan sebaik-baiknya dan kita tidak boleh menjadi masyarakat yag masa bodoh tetapi menjadi masyarakat yang peduli untuk menjaga hasil pembangunan yang telah dilaksanakan.
Tahun 2015 ini, lanjut Wakil, tidak ada lagi kegiatan PNPM tetapi akan diganti dengan digulirkannya dana pedesaan yang insyaallah bulan April ini akan mulai disalurkan, oleh karena itu ia meminta kepada kepala pekon dengan dibimbing oleh Camat kiranya bisa melaksanakan kegiatan yang diaanggarkan dari dana pedesaan nanti dengan sebaik-baiknya.
Seperti Pengelolaan pnpm ini, sehingga apa yang diinginkan pemerintah apa yang diharapkan oleh masyarakat bisa tercapai. Karena itu kepada kepala pekon diminta untuk terus bisa meningkatkan kulitas kemampuan diri, banyak bertanya, terutama mencermati Undang-Undang Nomor 23 dan 6 Tahun 2014 ini dicermati dengan sebaik-baiknya.
“Untuk itu saya meminta kepala kepala pekon untuk bisa membangun dan meningkatkan kualitas diri dan dapat menjaga hubungan yang harmonis dengan lembaga pedesaan lainnya, BHP, LPM dan lainnya.” Imbau Wakil Gubernur.
Hal tersebut penting, menurut beliau, pertama supaya kita tahu mana prioritas pembangunan yang harus didahulukan, dan kedua kita bisa minta kepada kelompok masyarakat tersebut untuk bisa melakukan control sehingga apa yang kita lakukan ini tepat.

Dan mudah-mudahan Tahun 2014 ini infrastruktur jalan jalan baik jalan desa, poros bisa kelar, tinggal menjaga hasil pembangunan yang lain sehingga bisa naik disektor yang lain, dimana termasuk dibidang kesehatan pada 2017 nanti Tanggamus telah memiliki puskesmas rawat inap di seluruh kecamatan.sekarang sudah ada 7 tahun ini 2 , berarti tahun 2016-2017 nanti tinggal menambah 11 lagi.Wakil juga mengajak kepada para petani untuk bekerja lebih giat lagi, guna meningkatkan hasil produk pertanian sehigga dapat mencapai swasemada pangan, meskipun kemarau manfaatkanlah dengan tanam palawija, sehingga lahan kita tidak banyak yang menganggur sia-sia. Dalam laporannya Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Tanggamus Faturrahman, menyampaikan hal yang berkaitan dengan Program PNPM Mandiri Perdesaan 2014 dimana untuk Kecamatan Wonosobo pada tahun 2014 mendapatkan bantuan dana alokasi 3 Milyar Rupiah yang telah digunakan untuk membangun jalan Telpot dan Rabat Beton sepanjang 3731 meter ,gorong gorong sebanyak 18 unit, irigasi dan drainase 5552 meter.

Pembuatan tembok penahan tanah sepanjang 1793 meter, sumur bor 3 unit dengan kedalaman 60 meter, pelatihan keterampilan sebanyak 50 orang. Sedangkan untuk kecamatan Bandar negeri semuong pada tahun 2014 mendapatkan alokasi dana 1, 2 milyar rupiah yang telah digunakan untuk kegiatan jalan telpot dan rabat beton sepanjang 998 meter, gorong-gorong sebanyak 3 unit, air bersih perpipaan sebanak 3280 m, pembuatan gedung paud dan TPA 3 unit. Pembuatan irigasi sepanjang 1887m.
Pada kesempatan itu juga faturahman menyampaikan juga pada tahun 2014 unit pengelolaan kegiatan wonosobo mendapatkan keuntungan sebesar 155. 765.644 juta rupiah, sesuai dengan penggunaan dana surplus tersebut sebesar 18 persen yang diakumulasikan 2012-2013 sebesar 40 juta rupiah, berdasarkan kesepakatan musyawarah pekon se-kecamatan wonosobo dana ini dialokasikan untuk kegiatan bantuan social berupa sembako yang diperuntukan bagi masyarakat kurang mampu sebanyak 250 orang yang akan diserahkan langsung oleh Wakil Bupati Tanggamus.