DPTPH Tanggamus Tetapkan 70 Kelompok Tani Penerima Bantuan Perbaikan Irigasi

KOTA AGUNG — Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, dan Holtikutura (DPTPH) Kabupaten Tanggamus sudah menetapkan sejumlah saluran irigasi yang akan diperbaiki tahun ini. Hal ini dilakukan setelah kunjungan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman ke Tanggamus dan menjanjikan akan segera membereskan jaringan irigasi untuk 2.240 hektar sawah.

Kabid Sarana dan Prasarana DPTPH Djoko Prabowo mengatakan lokasi dan kelompok tani yang jadi sasaran penyelesaian jaringan irigasi sudah ditetapkan. Saat ini masih menunggu kucuran dana dari Dinas Pertanian Lampung sebagai kuasa pengguna anggaran.
Menurutnya, target ini ditujukan kepada 70 kelompok tani karena polanya adalah jaringan irigasi untuk kelompok tani bukan sembarang sawah. Pasalnya, kelompok tani yang dianggap konsisten dalam meningkatkan produktifitas padi.
“Saluran irigasinya ada yang pembuatan baru, ada juga memperbaiki saluran yang selama ini sudah ada. Untuk satu unit kisaran panjang salurannya 200–300 meter,” jelasnya, Minggu (22/2/2015).
Dia menambahkan total ada 59 titik jaringan irigasi yang akan dikerjakan, seperti wilayah Kecamatan Semaka 10 unit jaringan, Wonosobo (3), Bandar Negeri Semong (1), Kota Agung Barat (5), Kota Agung (4), Kota Agung Timur (2), Gisting (3), Gunung Alip (4), Sumber Rejo (3), Talang Padang (4), Pugung (4), Bulok (4), Cukuh Balak (2), Limau (2), Kelumbayan (2), dan Kelumbayan Barat (2). Sumber lampost.co/Abu Umardi