Dinas Kominfo Diseminasi Informasi di SMPN 1 Kotaagung

Dinas Kominfo Diseminasi Informasi di SMPN 1 Kotaagung

KOTAAGUNG – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Tanggamus, menggelar Sarasehan Diseminasi Informasi “Internet Sehat”  di SMPN 1 Kotaagung, Senin (14/5).

Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Kominfo Sabarudin melalui Kabid Humas Derius Putrawan mengatakan, kegiatan diseminasi (penyebaran) informasi ini dilakukan sebagai salah satu upaya dalam memberikan pencerahan kepada masyarakat, khususnya anak sekolah terkait aspek positif dan negatif dari internet.

“Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini teknologi informasi khususnya internet sudah semakin maju. Ketika anak anak tidak dibekali dengan pengetahuan dan pemahaman yang cukup, dikhawatirkan mereka akan melakukan perbuatan-perbuatan yang melanggar norma dan ketentuan hukum yang ada di masyarakat,” kata Derius.

“Nah, melalui sarasehan ini diharapkan bisa memberi pencerahan dan penyegaran tentang manfaat dan dampak internet serta bisa memahami Undang Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dalam berintraksi dengan internet, ” terangnya.

Ia menambahkan, kegiatan diseminasi informasi ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan Diskominfo Tanggamus. Yang mana, setiap tahun diagendakan dua sekolah yang menjadi sasaran diseminasi informasi.

“Untuk tahun ini ada dua sekolah yakni di Kecamatan Kotaagung dan Pugung yang menjadi target sarasehan kita. Untuk di Kecamatan Kotaagung sudah dilaksanakan di SMPN 1, sedangkan untuk di Kecamatan Pugung kita belum tahu akan dilaksanakan disekolah mana, karena yang menentukan adalah Satuan Pelaksana Layanan Pendidikan (SPLP), ” ujar Derius.

Sementara itu, Kepala SMPN 1 Kotaagung Eka Suryadi Bakti menyampaikan ucapan terima kasih atas kerjasama Dinas Kominfo yang mengarahkan kegiatan Sarasehan ini di SMPN 1 Kotaagung.

Menurutnya, dengan adanya kegiatan tersebut dapat dirasakan langsung manfaatnya bagi siswa-siswi disekolahnya. Mengingat saat ini mayoritas siswa-siswi disekolahnya masih beranjak dewasa dan belum memahami betul dampak positif dan negatif terhadap penggunaan internet.

“Dengan adanya kegiatan ini, baik guru maupun siswa-siswi bisa lebih memahami dan mengerti apa saja dampak penggunaan internet. Kedepan kami berharap kegiatan seperti ini bisa digelar secara menyeluruh ke sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Tanggamus, ” ungkapnya.

Senada dikatakan Koordinator SPLP Kotaagung Agung Basori. Ia berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan dengan sasaran yang lebih banyak lagi. Agar semakin banyak anak-anak yang mengetahui dan memahami dalam berinteraksi dengan internet, tentang manfaat dan bahayanya berinternet.

“Ya, harapan saya supaya kedepannya kegiatan diseminasi informasi ini bisa dilaksanakan ke seluruh sekolah-sekolah, supaya anak-anak remaja bisa lebih memahami tentang dampak positif dan negatif dari penggunaan Internet”,.

Turut hadir Kepala Dinas Kominfo Drs. Sabaruddin, Kepala Sekolah SMP 1 Kotaagung Eka Suryandi Bhakti, S. Pd, KUPT Dinas Pendidikan mewakaili Disdik Tanggamus Agung Basori, S. Pd, Narasumber Nurjoko,S. Kom, M.Ti dari IBI Darmajaya Bandar Lampung, Moderator Derius Putrawan ,SP. MM. Kabid Humas  Diskominfo Tanggamus,peserta Siswa/i dari SMP 1 kotaagung, Smp Muhammadiyah, Al- Qolam, Smp PGRI,  Kotim, Kobar ,dan Smp IT Teladan, serta para dewan Guru.

Pemkab Tanggamus Gelar Peringatan Isra Miraj

Kota Agung – Pj.Bupati bersama jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Tanggamus  menghadiri Pengajian Akbar dalam rangka memperingati Isra’Mi’raj Nabi Muhammad SAW / 1439 H yang berlangsung di Lapangan Pekon Wayjaha Kecamatan Pugung, Rabu (18/04).

Di awal sambutannya Pj.Bupati Tanggamus Ir. Zainal Abidin menyampaikan  rasa terimakasih yang sebesar besarnya kepada para  jama’ah Pengajian dan seluruh tamu undangan karena sudah tulus dan ikhlas datang untuk bersilatudahmi di lapangan Pekon Way Jaha Kecamatan Pugung dan juga meminta maaf kepada seluruh Masyarakat apabila dalam pelayanan Pemerintah Daerah masih banyak kekurangannya selama ini.
Kemudian  Beliau mengajak kepada jama’ah untuk bersama sama untuk memantapkan solat, Peningkatan kuwalitas solat perlu  kita tingkatkan sehingga setiap muslim merasakan solat sebagai kebutuhan yang harus di penuhi, bukan sebatas kewajiban yang harus di tunaikan.
Selain itu Beliau sampaikan juga  tentang program program Pemerintah Daerah yang bersifat kerohanian yang bernuasa di antaranya, membantu Mazlis Ta’lim 1800 kelompok setiap Tahunya se Kabupaten Tanggamus.
Pemberian bantuan kepada Masji/Musola yang di kunjungi setiap pelaksanaan Safari Ramadhan di 20 kecamatan.
Setiap Tahun Pemkab  Juga membantu Guru Ngaji sejumlah  302 orang se kabupaten Tanggamus.
membantu Penceramah/Khatib 302 orang SeKabupaten Tanggamus.
Membantu pencatat Nikah(PPN)302 orang se Kabupaten Tanggamus.
Dan pada tahun 2018 Pemerintah Daerah Kabupten Tanggamus akan memberangkatkan 24 orang untuk berangkat Umroh ke tanah auci.
Segala macam bentuk.Pembangunan yang telah dan akan di laksanakan oleh Pemerintah Daerah tidak akanterlaksana dengan baik tanpa dukungan dari Masyarakat.
Kemudian  Beliau memohon do’a restu kepada seluruh Masyarakat Tanggamus dengan sehubungan akan di laksanakannya Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke 46 tingkat Provinsi Lampung  yang sebentar lagi akan di laksanakan di Bandar Lampung, mudah mudahan Kabupaten Tanggamus dapat mempertahankan Prestasi yang sudah di raih.
Dalam Ceramahnya Drs.Hi. Sutino Sasmito,S.Ag menyampaikan bahwa Isra’Mi’raj cara Alloh melalui Nabi Muhamad SAW untuk menyadarkan umat manusia termasuk kita semua.
Kemudian beliau mengajak kepada jamaah utuk tidak meninggalkan solat dan tidak melakukan apa yang sudah di laknat oleh Alloh SWT, seperti memfitnah dan menebarkan Kebencian kepada sesama karena siapa yang suka melakukan hal yang demikian  sudah ada bagian nya dan audah di ancam oleh Alloh SWT.
 Turut hadir Drs.Hi. Sutono Sasmito,S.Ag , Para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan Administrator  dan Pengawas Pemerintah Daerah Kabupaten Tanggamus ,Pompinan Instansi Vertikal BUMN/BUMD se Kabupaten Tanggamus, Para Camat dan Bapak Ibu warga Masyarakat Kecamatan Pugung Kabupaten Tanggamus.

PJ BUPATI IR.ZAINAL ABIDIN, MT.,RESMI MEMBUKA TANGGAMUS EKSPO 2018

KOTAAGUNG–Tanggamus Expo 2018 dalam rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) Kabupaten Tanggamus ke-21 resmi dibuka oleh Pj. Bupati Tanggamus, Ir. Zainal Abidin, MT,. Senin (26/3)

Turut Hadir dalam acara tersebut, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Lampung Satria Alam SE. M.Si, Kepala Kepala Kejaksaan Tanggamus Taufan Zakaria, Sekretaris Daerah Kabupaten Tanggamus, Hi. Andi Wijaya, ST, MM, Perwakilan Polres, Ketua DPRD Heri Agus Setiawan, S.Sos, Perwakilan Kodim, Ketua TP PKK Tanggamus Hartati, Ketua DWP Tanggamus Arjuli Yati Syam, Asisten, Staf Ahli, organisasi perangkat daerah (OPD), camat serta kepala pekon.

Dalam sambutannya, pada saat pembukaan Tanggamus Expo di Kompleks Islamic Center, Pj. Bupati Ir. Zainal Abidin, MT,. Mengajak kepada semua yang hadir dalam Tanggamus Expo untuk menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan setinggi-tinginya kepada semua pihak yang telah berjasa dalam membangun Kabupaten Tanggamus selama ini. Terlebih kepada para pejuang kemerdekaan dan tokoh pendiri Kabupaten Tanggamus.

“Beragam kegiatan kita laksanakan dalam memeriahkan hari jadi ini, demikian juga dengan kegiatan Tanggamus Expo tahun 2018 dalam rangka memperingati HUT tahun 21 Kabupaten Tanggamus, pelaksanaan pameran dan bazar ini merupakan sebuah upaya positif yang dilakukan oleh Pemda dalam memberikan wadah bagi tereksposnya hasil pembangunan yang telah kita laksanakan,”Kata Pj. Bupati.

Adapun beberapa keberhasilan yang telah diraih selama ini diantaranya adalah, meningkatnya pembangunan bidang infrastrukur yang mengutamakan terbukanya akses daerah terpencil, peningkatan kualitas dan pemerataan pendidikan, peningkatan pelayanan kesehatan, peningkatan produksi pertanian, peternakan dan perikanan serta kesejahteraan petani dan nelayan, yang mana capaian itu merupakan hasil kerja keras dari semua pihak yang telah bahu-membahu mencapai tujuan pembangunan di Tanggamus.

“Kepada para peserta pameran Tanggamus Expo saya mengimbau, gunakanlah kesempatan ini untuk mengekspos hasil pembangunan dan potensi yang ada dengan sungguh-sungguh, berikanlah informasi dengan baik dan benar kepada para pengunjung, agar apa yang menjadi tujuan dari pelaksanan pameran ini dapat tercapai,”ujarnya.

Kepala Biro Administrasi Pembangunan juga mengucapkan, terima kasih kepada panitia serta semua pihak yang telah berperan atas terselenggaranya Tanggamus Expo, Ia berharap melalui kegiatan Tanggamus Expo ini, akan memberikan kebaikan, memajukan daerah dan memberikan kesejahteraan terhadap masyarakat Kabupaten Tanggamus.

“Masih dalam rangka HUT ke-21 Kabupaten Tanggamus Dinas Kebudayaan juga mengadakan kegiatan Festival seni budaya Lampung Kabupaten Tanggamus tahun 2018, yang terdiri dari rangakaian perlombaan tari kreasi Lampung dan tari Bedana Lampung, Festival seni budaya Lampung dilaksanakan pada tanggal 27 hingga 28 Maret di Islamic Centre total peserta 50 sanggar dari perwakilan beberapa sekolah se-kecamatan Tanggamus,”terangnya.

Sementara itu Ketua Panitia Tanggamus Expo, Hi. Andi Wijaya ST, MM menyampaikan Kegiatan Tanggamus Expo dimaksudkan sebagai ruang untuk mempersentasikan dan menumbuhkembangkan potensi pembangunan pariwisata dan perdagangan yang ada di Tanggamus, serta menciptakan wadah interaksi bisnis langsung bagi seluruh SKPD di Kabupaten Tanggamus dan seluruh peserta pameran dengan para pengusaha, masyarakat dan investor guna menjalin kerjasama yang saling menguntungkan.

“Tujuan Tanggamus Expo adalah, mewujudkan masyarakat Tanggamus yang mandiri dan berdaya saing, menggali potensi sumber daya yang dimiliki untuk mewujudkan pembangunan Kabupaten Tanggamus, mempromosikan dan memperkenalkan produk produk barang dan jasa unggulan dan hasil-hasil pembangunan yang telah dicapai, sebagai salah satu sarana hiburan bagi masyarakat, tema kegiatan Tanggamus Expo 2018 adalah “Dengan Tanggamus Expo 2018, kita tingkatkan produksi, mutu dan daya saing UKM di Kabupaten Tanggamus,”ujarnya.

Ia menambahkan waktu pelaksanan Tanggamus Expo tahun 2018 berlangsung selama lima hari yang dimulai hari Senin 26 Maret hingga 30 Maret 2018, adapun peserta Tanggamus Expo lanjutnya terdiri atas Badan, Dinas, Kantor, Instansi Vertikal, Kecamatan, BUMN, BUMD dan Swasta yang menempati 90 stand.

“Rincian stand peserta Tanggamus Expo yakni Badan, Dinas dan Kantor 40 stand, Kecamatan 20, BUMN, BUMD dan Instansi Vertikal 14 serta UMKM dan Swasta 16 stand, dengan jumlah keseluruhan 90 stand,”tandasnya. *

HUT HIMPAUDI KE-12

Pulau panggung – Wakil Bupati Tanggamus Hi. Samsul Hadi, M.Pd.I didampingi Ketua Himpaudi Kabupaten Hj. Af’illah, S.Pd.i menghadiri sekaligus membuka secara resmi Acara Peringatan HUT Himpaudi Ke 12 Tingkat Kabupaten Tanggamus di Lapangan Pekon Tekad Kecamatan Pulau Panggung,Selasa(29/8).

Turut hadir dalam acara tersebut Camat Pulau Panggung, Talang Padang,Sumbrejo,Air Naningan,dan Ulu Belu ., Perwakilan dari Dinas Pendidikan Tanggamus, UPT Pendidikan,Perwakilan Polsek Talang Padang, Uspika Kecamatan,Camat dan Bunda Paud dari lima kecamatan, Ketua Organisasi Mitra PAUD se Kabupaten Tanggamus,serta Para Guru PAUD dari wali murid dari lima kecamatan.

Dalam laporan ketua Himpaudi Kabupaten Tanggamus Ibu Hj. Af’illah,S.Pd.I Beliau menyampaikan dalam rangka mewujudkan karakter dilingkungan keluarga dan lembaga PAUD serangkaian GERNAS MANJUR (Gerakan Nasional Pembelajaran Aku Anak Jujur) ke II kita laksanakan dengan tema ” Melalui Penguatan Pendidikan Karakter Anak Usia Dini ,kita Songsong Lahirnya Generasi Cerdas Berintegritas”

Peringatan Hut XII HIMPAUDI Tahun 2017 ini dengan mengusung Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter secara paralel pada lembaga PAUD ,Pendidik dan Tenaga Kependidikan Keluarga dan Organisasi Himpaudi.

Terdapat dua kegiatan yang akan dilaksanakan yaitu, Gerakan pendidikan keluarga serentak se- indonesia  pada hari sabtu ,tanggal 20 Mei 2017, Lomba karya nyata guru dalam penguatan pendidikan karakter di lembaga PAUD  yaitu lomba Best Practise pembelajaran untuk penguatan pendidikan karakter anak usia dini selama periode 21 mei- 20 juni 2017.

 

Untuk kegiatan Hut XII Himpaudi pada tahun 2017 ini agak berbeda dari tahun sebelumnya , dilaksankan pada 4 zona dengan jadwal yang berbeda dan untuk hari ini dilaksanakan di zona 2 dengan anggota 5 kecamatan yaitu Pulau Panggung,Talang Padang,Sumberejo,Air Naningan,dan Ulu Belu.

Adapun kegiatan lomba yang akan dilaksanakan adalah: Lomba paduan suara dengan lagu Mars Himpaudi ,Himne Himpaudi. Yel yel Himpaudi.dan Gebyar menggunting dan menempel yang diikuti kurang kebih 2000  peserta didik dari lima kecamatan.

Tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk mempererat tali silaturahmi seluruh unsur baik antar anggota Himpaudi selaku pendidik dan wali peserta didik selaku masyarakat dengan pemerintah Kabupaten Tanggamus.

 

Adapun daftar juara pemenang dalam rangka Hut Himpaudi ke 12 tahun ini di kec.Pulau Panggung dari laporan panitia Bapak Abdul Somad,diantaranya: Juara I Kec.Sumbereji dengan jumlah nilai 740,Juara II Kec.Pulau Panggung dengan jumlah nilai 635,Juara III Kec.Air Naningan dengan jumlah nilai 630,Juara IV Kec.Talang Padang dengan jumlah nilai 625,dan Juara V Kec.Ulu Belu dengan jumlah nilai 580.

Sementara dalam sambutan Wakil Bupati Tanggamus Hi.Samsul Hadi,M.Pd.I beliau menyampaikan Selamat Hari Jadi Himpaudi yang ke 12 ,semoga momentum ini dan semangat berdirinya HIMPAUDI yang di deklarasikan pada tanggal 31 Agustus 2005 di Batu Malang Jawa Timur akan menjadi motivasi bagi saudara-saudara dalam wujud kepedulian ,bukti tekad penuh keikhlsan serta kesungguhan dari proses yang panjang pembentukan calon penerus bangsa ,aset bangsa yang akan membentuk wajah dunianya nanti.

Mudah-mudahan Himpaudi terus bekerja keras dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Tanggamus. Kepada guru dan pengurus Himpaudi saya berpesan agar Himpaudi terus berfikir meningkatkan kualitas guru juga kualitas murid. Di Kabupaten Tanggamus masalahnya adalah mengenai kualitas  namun kuantitasnya cukup, oleh karena itu saya minta untuk program-program di tahun 2018 arahnya kepada peningkatan kualitas.Orang tua harus tahu bagaimana cara mendidik anak dengan baik dan kedepan anak-anak kita harus bisa membaca dan menulis.

 
Saya berharap agar Barisan HIMPAUDI Tanggamus mampu menjadikan Himpaudi sebagai organisasi profesi  yang menghimpun pendidik dan tenaga kependidikan anak usia dinj di Tanggamus agar bersama sama dapat berusaha dan berdaya guna dan hasil guna.

PLT.BUPATI HADIRI PELANTIKAN PENGURUS FKPPI TANGGAMUS

FKPPI1 FKPPI2

Kota Agung – Pelaksana Tugas Bupati Tanggamus Hi. Samsul Hadi, M.Pdi., siang tadi menghadiri acara Pelantikan Pengurus FKPPPI (Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI-POLRI Pengurus Cabang 0807 FKPPI, GM FKPPI Kabupaten Tanggamus di GSG  Utama Kompleks Islamic Center Kotaagung, Rabu (11/01).

FKPPI5 FKPPI6

Dalam sambutannya PLT Bupati mengatakan bahwa  jika mendengar FKPPI atau GM FKPPI, tentu kita semua sangat akrab dan mengenal organisasi ini. Sebagai organisasi yang telah lama ada di Negara kita. Apalagi FKPPI dan GM FKPPI ini dibentuk oleh putra-putri purnawirawan, yang saya yakin memiliki integritas dan kecintaan yang tinggi terhadap bangsa Indonesia, sebagaimana pengabdian orang tuanya sebagai anggota TNI/Polri. Khususnya dalam menjaga persatuan dan kesatuan serta keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.  Juga tentunya dalam rangka mendukung dan turut serta mensukseskan pembangunan diberbagai bidang yang kita laksanakan selama ini.

FKPPI7 FKPPI8

Hi. Samsul melanjutkan, pelantikan pengurus FKPPI ini adalah sangat penting, penuh makna dan bernilai strategis dan momentum. Serta menjadi tonggak kemitraan pemerintah dengan semua unsur yang ada demi mamajukan Bumi Begawi Jejama yang kita cintai.

 

FKPPI3 FKPPI4

“saya ucapkan selamat kepada semua pengurus yang baru saja dilantik. Saya juga berharap dapat segera bekerja, berkarya dan kemajuan Kabupaten Tanggamus.” Harapnya

FKPPI9FKPPI10

Perlu diketahui bahwa pelantikan Pengurus FKPPI PC Tanggamus dilakukan oleh Ketua FKPPI Lampung Toni Eka Candra, sebagai Ketua Fajar Sumantri, Sekretaris RTRS. Suharto, Bendahara, Kamsiyah, untuk Pengurus Cabanga Wanita FKPPI Ketua Riany, S, Sekretaris Indah Melani, SH, MH., Bendahara, Norma Yuheni, S.Pd.,

Hadir dalam acara tersebut Sekda Tanggamus, Para Asisten, Kepala Dinas dilingkungan Pemkab Tanggamus.