WAKIL BUPATI KUKUHKAN KWARTIR GERAKAN PRAMUKA PEMATANG SAWA

Pematang Sawa – Wakil Bupati Tanggamus Hi. Samsul Hadi, M.Pd.I melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Pematang Sawa sekaligus menghadiri acara Pengukuhan Pengurus Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Pematang Sawa Masa Bakti 2017- 2022 di Pekon Martanda yang acara tersebut dilaksanakan di Lapangan SDN 2 Kaorgading sekaligus beliau juga menghadiri acara Pengajian dalam rangka song-song ramadan di Pekon Teluk Berak Dusun Suka Mulya Kec. Pematang Sawa,Rabu (10/5).

Dengan tema ” Dengan Perkemahan Senin Selasa Rabu  (PERSERA ) kita Sambut Tanggamus yang Lebih MAju ”

Berdasarkan Surat Keputusan Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tanggamus No : 014 tahun 2014 tentang susunan Pengurus Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Pematang Sawa masa bakti 2017-2022 ,bahwa dengan ini telah diselenggrakannya Musyawarah Ranting  (MUSRAN) ke -IV gerkan pramuka pematang sawa maka perlu ditetapkan susunan pengurus kwartir ranting serta mengingat Undang-undang Republik Indonesia nomor 12 tahun 2010 tentang gerakan pramuka da keputusan kwarnas gerakan paramuka nomor 220 tahun 2007 tentang petunjuk penyelenggaraan pokok-pokok organisasi gerakan pramuka,serta memberhentikan dengan hormat pengurus kwartir ranting gerkan pramuka pematang sawa masa bakti 2012-2017 dengan ucapan terima kasih serta penghargaan yang setinggi-tingginya atas darma baktinya kepada gerakan pramuka dan mengukuhkan pengurus kwartir gerakan pramuka pematang sawa masa bakti 2017-2022  sebagaimana tercantum dalam surat keputusan ini.

Adapun susunan kepengurusan kwartir gerakan pramuka pematang sawa adalah sebagai berilut : Mengukuhkan Camat Pematang Sawa Wawan sebagai Ketua, Kepala Polsek Pematang Sawa sebagai Wakil ketua I, Koramil Pematang Sawa sebagai wakil ketua II, Sekretaris kecamatan pematang sawa sebagai sekretaris ,dan kepala KUPT Pendidikan pematang swa sebagai Ketua Harian. Dengan anggota Nama Sudewo ,S.Pd Ketua kwartir ranting,Suyudi, S.Pd Wakil ketua I, Syahrir Syamsuddin,S.Pd Wakil ketua II, Salifudin,S.Pd Wakil ketua III,Gunarso,S.Pd Sekretaris I,Haula Rahmah Sekretaris II, Hulaifah,S.Pd Bendahara I,dan Maradona J, S.Pd.I Bendahara II

Keputusan ini berlaku sejak tanggal ditetapkan ,apabila dikemudian hari terdapat kekeliruan maka akan diadakan perbaikan sebagaimana mestinya.

Dalam sambutan camat Pematang Sawa WAWAN… beliau menyampaikan ucapan terima kasih kepada wakil bupati tanggamus dimana dalam kesempatan yang berbahagia ini telah resmi megukuhkan kami sebagai pengurus kwartir gerakan pramuka pematang sawa masa makti 2017-2022 ,semoga memajukan gerakan pramuka di tanggamus ini menjadi lebih baik lagi,dan bisa membaik nama baik tanggamus khususnya dalam bidang gerakan pramuka ketingkat nasional kedepannya.

Sementara dalam sambutan Wabup Tanggamus Hi. Samsul Hadi,M.Pd.I sebagai ketua Kwarcab ,beliau menyampaikan ucapan selamat kepada para Pengurus Kwartir Ranting Gerakan Pramuka yang telah dikukuhkan,semoga dengan ditetapkan anggota kepengurusan gerakan pramuka ini bisa menjadikan pramuka lebih baik lagi di mata masyarakat yang ada di kabupaten tanggmus ini. kepada kakak-kakak saya berharap terus tingkatkan kinerja anda dan bekerjalah sungguh-sungguh dalam membina dan mendidik adik-adik anggota pramuka karena kelak kedepan mereka akan menjadi generasi penerus gerakan pramuka di kabupten tanggamus bahkan bisa membawa nama baik tanggamus ke tingkat provinsi sampai ketingkat nasional. Saya juga berharap kepada kakak-kakak kamabigus sebentar lagi akan memasuki tahun ajaran baru saya minta pramuka sesuai UU  No 12 tahun 2010 ada ekstra kulikuler wajib yang harus diiikuti dan itu wajib dilaksanakan dimana ditahun ajaran baru nanti ada 36 mata pelajaran yang harus diikuti  yakni mulai dari tingkat SD,SMP,sampai SMA. Semua itu harus di sampaikan kepada adik -adik kita dengan baik dan apabila para kakak kamabicab atau kakak kamabigus belum mengerti boleh tanyakan kepada kakak Kwaran dan apabila kakak kwaran juga belum memahami boleh tanyakan langsung kepada Ketua Kwarcab.,kemudian dua pelajaran setiap minggu kalau belum mengerti tanyakn langsung kepada kwarcab dan kepada kakak kwaran saya berharap  atau guru dalam mengajar adik -adik pramuka harus berpakaian lengkap sesuai dengan undang-undang pramuka, kemudian menyangkut masalah pembanguna inprastrukur jalan yang ada di tanggamus ini khusunya di kecamatan pematang sawa akan tetap terus kita laksankan namun semua itu harus secara bertahap karena kecamatan yang ada di kabupaten tanggamus ini banyak dan jumlahnya tidak sedikit maka dari semua akan berjalan secara bertahap dalam proses pengerjaanya.

Turut hadir dalam acara tersebut sekaligus mendamipingi wabup dalam kunjunganke pekon martanda kec.pematang sawa Kadis Kelautan Edi Narimo, Kadis kominfo Sabaruddin,Kasat POL PP Yumun BA, Kabag Kesmas Muhibbun, Suherman mewakili kadis Perhubungan, Camat Pematang Sawa Wawan, polsek pematang sawa, koramil pematang sawa, UPTD Pendidikan pematang sawa ,kakak kwaran,kamabicab,kamabigus ,serta seluruh pesrata adik pramuka se kec.pematang sawa.

PEMBEKALAN BAGI ANGGOTA KORPRI YANG AKAN MEMASUKI MASA PURNABHAKTI TAHUN 2017

Pemkab Tanggamus – Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Ibu Nur Indrati,M.Kes mewakili Wakil Bupati Tanggamus Hi. Samsul Hadi, M.Pd.I Tadi pagi membuka acara Pembekalan Bagi Anggota Korpri yang akan Memasuki Masa Purnabhakti tahun 2017,di Ruang Rapat Utama Sekretaraiat Pemkab Tanggamus,Kamis (4/5).

Dalam laporan ketua penyelenggara  Sekretaris Korpri Ibu Ruwiyati, S.Ag beliau menyampaikan bahwa dasar kegiatan ini adalah Pasal 90 dan pasal 91 Undang-Undang RI  Nomor 05 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara,Peraturan pemerintah nomor 42 tahun 2004 tentang pembinaan jiwa Korps dan Kode Etik PNS, Peraturan pemerintah RI Nomor 21 tahun 2014 tentang pemberhentian PNS yang memasuki batas usia pensiun bagi pejabat fungsional, serta Peraturan mentri dalam negeri nomor 17 tahun 2009 tentang pedoman organisasi dan tata kerja sekretariat dewan pengurus KORPRI Provinsi dan Kabupaten/Kota,dan dokumen pelaksanaan anggaran satuankerja perangkat daerah (DPPA SKPD ) sekretariat dewan pengurus korppri kabupaten tanggamus tahunanggaran 2017 dengan nomor DPA SKPD 4.01.4.01.08.40.08 Tanggal 30 Januari 2017.

Adapun maksud dan tujuan pelaksannan kegiatan pembekalan bagi anggota korpri yangakan memasuki masa purnabhakti kabupaten tanggamus ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan motivasi,pencerahan ,dan kesiapan mental spiritual agar lebih siap dan semangat menjalalani mas apensiun, memberikan bekal kemampuan ,sikap dan keterampilan dalam bidang kewirausahaan menuju kemandirian finansial dimas purnabhakti yang lebih sehat dan produktif,serta memverikan pengetahuan teknis tentang prosedur pengusulan pensiun dan pengurusan hak pesrta taspen. kegiatan ini diikuti oleh 50 peserta yaitu para Anggota Korpri yang akan memasuki masa purnabhakti di satuan kerja perangkat darerah (SKPD) baik funsional dan struktural se kabupaten tanggamus.

Kegiatan ini juga sekaligus akan menciptakan forum komunikasi diantar anggota korpri yang akan memasuki pensiun, dengan berkumpul ini bapak dan ibu dapat menukar informasi yang akan sangat bermanfaat menambah wawasan,relasi dan juga persaudaraan baru memberikan alternatif pemecahan masalah bagi anggota korpri yang kan menghadapi masa purna tugas dengan mendapatkan materi yang meliputi motivasi,dari Badan Pengembagan dan SDM  Provinsi Lampung dan dari PT.Taspen Provinsi Lampung, Kami juga berharap stelah diadakan kegiatan ini agar anggota Korpri yang ada di Kabupaten Tanggamus khususnya bagi anggota Korpri yang akn memasuki masa purnabhakti untuklebih diperhatikan lagi.

Sementara dalam sambutan Wakil Bupati Tanggamus yang diwakilkan oleh Kepala BKD dan Pengembagan Ibu Nur Indrati,M.Kes, beliau menyampaikan perlu dikeatahui dalam pasal 13 Undang-undang nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dinyatakan bahwa,jabatan aparatur sipil negara terdiri atas ,jabatan administrasi ,funsional dan jabatan pimpinan tinggi. Dalam psal 87 dan pasal 90 disebutkan bahwa PNS diberhentikan dengan hormat , bagi pejabat administrasi,60 tahun bagi pejabat pimpinan tinggi dan pejabat funsional tertentu.

Dalam menghadapi kehidupan baru bagi para PNS yang akan memasuki masa purna tugas perlu dberikan pembekalan ,karena belajar dari pengalaman ,banyak diantara PNS yang meamsuki usia pensiun mengalami berbagai maslah ,antara lain kurang siap menghadapi kehidupan baru tanpa aktifitas mengakibatkan rasa kurang percay diri,merasa kurang dihormati dan sebagainya sehingga menimbulkan kegelisahan,depresi,dan akhirnya mengalami sakit seperti Post Power Syndrome.

oleh karena itu saya menghimbau kepada bapak/ibu dlam menghadapi usia pensiun ,berapapa hal atau langkah-langkah yang dapat ditempuh antara lain; Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa ,karena bisa memasuki masa pensiun dalam keadaan sehata wal’afiat, apabila masih merasa ada kemampuan ,perlu disampaikan sarana untuk menyalurkan kinerja baru dengan maksud dan tujuan adalah menyalurkan kemapuan,menambah penghasilan, memberikan pengabdian baru.
Dengan berakahirnya mas bhakti sebagai PNS hendaknya tidak berakhir sampai disini akan tetapi dapat menjadi ikatan batin yang kuat dalam mewujudkan peningkatan kesejahteraan pribadi maupun pembangunan.

Turut hadir dalam acara tersebut Sekretaris Korpri Ibu Ruwiyati,S.Ag , Bapak Zainul Karoman, S.Ip.MM.M.Ap Narasumber dari Provinsi Lampung Badan Pengembangan SDM Pembina Utama Madya IV/E Widyaiswara Ahli Utama, Dedi Rosidi Alvianto Kabid Layanan dan Manfaat PT. Taspen (Persero0 dan Ikbal (Accoun Officer PT. Taspen), moderator dari tanggamus Bambang Probo Sampurna dari BKD dan Pengembangan,SKPD terkait,serta seluruh peserta pembekalan Anggota Kprpri yang Memasuki masa Purnabhakti.

WAKIL BUPATI BUKA BAKTI SOSIAL SUNATAN MASAL DI GUNUNG ALIP

Gunung Alip – Wakil Bupati Hi. Samsul Hadi pagi tadi membuka kegiatan Bhakti Sosial (Sunatan Massal) di Aula Pekon Banjar Agung Kecamatan Gunung Alip yang digelar BPC HIPMI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia) Tanggamus, Sabtu (06/5).

Dalam sambutannya beliau memberikan penghargaan kepada Pengurus dan Anggota BPC HIPMI Kabupaten Tanggamus yang dalam hal ini  dapat memberikan kepedulian serta sumbangsih dalam bentuk kegiatan bakti sosial, secara nyata untuk pembangunan dibidang kesehatan.

Jika kita fahami, lanjut pak Wakil, bahwa secara asasi, Islam mengajarkan kepada umatnya untuk memperhatikan tentang kesehatan dan kebersihan.  An-nadhofatu minal iman, kebersihan itu bagian dari iman.  Disamping itu dalam surat al-mudatsir, Allah berfirman yang artinya “dan pakaianmu maka bersihkanlah”. Ayat tersebut merupakan bagian dari wahyu yang diterima oleh Nabi di awal-awal kerasulannya. Hal itu menunjukkan bahwa soal kebersihan itu dipandang sangat penting dalam ajaran Islam.

Ada manfaat ganda yang dapat dirasakan oleh masyarakat dari kegiatan seperti khitan massal ini, pertama, kegiatan khitan massal sesungguhnya bermanfaat untuk mendidik kepada masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat. Dan karena khitan itu diikuti oleh anak-anak, secara langsung atau tidak langsung dapat menanamkan pendidikan kepada mereka tentang pentingnya menjaga kebersihan diri sejak dini.

Kedua, bakti sosial dalam bentuk khitanan massal ini sebagai wujud implementasi nilai-nilai kesetiakawanan sosial atau rasa solidaritas terhadap sesama.

“saya berpesan kepada anak-anakku yang akan dihitan, jadilah kalian sebagai anak-anak yang sholeh, patuh kepada orang tua dan taat dalam menjalankan perintah-perintah agama, serta menjauhi segala yang dilarang oleh agama, belajarlah yang rajin disekolah, raih cita-citamu, menjadi orang yang bermanfaat, bagi keluarga, bangsa dan negara.”  Harap pak wakil mengakhiri sambutannya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Camat Gunung Alip, Uspika Gunung Alip, Kepala Pekon Se-Kecamatan Gunung Alip, jajaran Pengurus HIPMI Tanggamus.

PENGAJIAN PERINGATAN ISRO MIROJ KECAMATAN GISTING

Gisting – Wakil Bupati Tanggamus Hi.Samsul Hadi,M.Pd.I siang tadi Jumat (28/4) menghadiri acara Pengajian Peringatan Isro Mi’roj Nabi Muhammad SAW 1438 H ,di Aula Gedung NU Kecamatan Gisting.
Turut dihadiri dalam acara tersebut  Camat Gisting Firdaus, Bapak Amiruddin harun,S.Pd.I ketua PCNU Tanggamus, Madrijal UPTD Kec.Gisting,  Usman,M.Pd mewakili kadis pendidikan pemkab, Ust Heru Antori,S.Pd,SH, Pengasuh Ponpes Nahdatul Ulama Kotaagung Barat, Muchayi,S.pd.I Ketua Panitia Majelis Pengajian Guru Nurul Ilmi kec.Gisting,sert Tokoh Agama dan tokoh masyarakat kec.gisting.

Dengan tema : ” Kita tingkatkan iman dan takwa dalam membimbing generasi penerus yang amanah, agamis ,dan berakhlakul karimah “..
Dalam laporan ketua panitia Bapak Madrijal UPTD Kec,Gisting  bahwa kegiataan Peringatan Isro Miroj ini diikiti oleh seluruh Guru PGRI pekon kecamatan Gisting serta tokoh masyarakat dan warga se kec,gisting. Kedepan pengajian ini harus kita tingkatkan dan dilaksanakan disetiap masjid- masjid yang ada di pekon gisting ini karena baru pertama kali ini pengajian Isro Miroj di Aula Gedung NU Kec.Gisting.Tujuan diadakan pengajian ini untuk menjalin dan mempererat tali silaturahmi  antar sesama warga se kec.Gisting.
Selanjutnya dilanjutkan ceramah oleh Ustad Heri Antori,S.Pd, S.H, pengasuh ponpes nahdatul ulama dari Kotaagung Barat beliau menyampaikan bahwa inti dari peringatan Isro Miroj ini adalah bahwa kita harus mentauladani sifat baginda Rosulullah SAW, tentang perintah menjalankan Solat sesuai tuntunan ajaran agama islam.
Sementara dalam sambutan Wakil Bupati Hi.Samsul Hadi,M.Pd.I,beliau menyampaikan perkembangan zaman dan kemajuan bisa merubah prilaku,kita semua sebagai guru bertugas untuk memantapkan tentang pendidikan terhadap anak didik kita. Saya mengajak kepada seluruh guru di tanggamus untuk melakukan perubahan kearah yang lebih positif,ajarkan kepada anak kita tentang solat. Dalam kesempatan isro miroj ini adalah guru- guru nurul ilmi yang berarti cahaya ilmu. Tanggamus sudah jauh ketinggalan, indeks prestasi pendidikan kita terendah yang ada di provinsi lampung, dan di tahun 2017-2025 nanti kita akan dapat bonus demografi dimana angka ketenaga kerjaan lebih tinggi.
Ketika bonus demografi ini tidak kita manfaatkan maka anak – anak kita yg akan merasakan dampaknya,tingkatkan kualitas pendidikan yaitu dimulai dari guru2 itu sendiri,
Anggaran APBD Tahun 2019 nanti akan di upayakan untuk pendidikan dan kesejahteraan bagi anak didik kita kedepan,dan peningkatan SDM guru,lakukan pelatihan yang bagus dan komprehensif. Ajarkan anak kita kedepan untuk belajar mengaji,ajarkan tentang solat ,baik solat lima waktu maupun solat sunnah lainnya agar anak kita kedepan bisa menjadi anak yang beragama dan berakhlakul karimah.

Pelantikan Pejabat Pemerintah Kabupaten Tanggamus

KOTAAGUNG–Wakil Bupati Tanggamus Hi. Samsul Hadi, M.Pd.I melantik pejabat Eselon IIIa, III b dan Eselon IV jabatan administrator dan pengawas dilingkup Pemerintahan Kabupaten Tanggamus, di Komplek Islamic Centre, Kotaagung, Rabu (26/4).

Pelantikan pejabat dilingkup Pemerintahan Kabupaten Tanggamus berdasarkan Keputusan Bupati Tanggamus Nomor : 821.2/624/45/2017 tentang Pemberhentian dan pengangkatan pegawai negeri sipil dalam dan dari jabatan administrator dan pengawas di lingkungan pemerintahan Kabupaten Tanggamus.

Pejabat yang dilantik tersebut, terdiri dari Eselon III a berjumlah 18 ;Eselon IIIb  23; Eselon IV 59 orang, yang dilantik diantaranya Camat Kota Agung, Drs Herli Rahman; Camat Kotaagung Timur, Nazarudin Gustam,M.M. ;Camat Air Naningan Rizal Alwani SE. ; Camat Pugung, Ismail Johansyah S.E,M.M.; Camat Kelumbayan Romzi S.Pd, ;Sekretaris Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Ali Yasmir S.Sos ; Kabid Bina Lembaga dan Pengembangan Partisipasi pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Daerah Evi Yulianty SE, MM; Sekretaris Kecamatan Kelumbayan Samsudin; Kasubag Rumah Tangga pada Bagian Umum pada Sekretariat Daerah Eko Didi Armadi; KUPT Pelayanan dan Penerapan Tekhnologi Kelumbayan Barat Noviar Prihatini B.S.P; Analis Pemerintahan Pada Kecamatan Kotagung Timur, Astawan Gede Agung SE; Pelaksana pada Dinas Kesehatan, Endang Sumiarti S.K.M.,

Dalam sambutannya, Samsul Hadi mengatakan mutasi bagi para pejabat, naik atau turunnya pangkat atau jabatan yang diemban adalah merupakan hal yang biasa, langkah tersebut dilakukan sesuai dengan kebutuhan bagi suatu organisasi khususnya di Pemerintahan, yang terpenting saat ini utamanya bagi yang baru saja dilantik adalah melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya.

“Mengeluh hanya membuang energi, dan waktu yang dibutuhkan kita semua hari ini adalah bekerja, saya menginginkan kita semuanya melakukan akselerasi, percepatan perbaikan dilingkungan kerja kita masing-masing,”kata Wabup.

Masih menurutnya pentingnya menjalin kebersamaan akan lebih mempercepat keberhasilan, untuk itu ia mengajak agar dapat bersungguh-sungguh dalam bekerja baik itu pegawai negeri sipil (PNS) maupun tenaga kerja sukarela (TKS). “Jabatan itu amanah dari tuhan, yang dititipkan, oleh karena itu kita laksanakan dengan baik, tadi bapak dan ibu-ibu menandatangani pakta integritas, bagi yang tidak menandatangani tidak akan mendapatkan tunjangan dan dianggap belum ikut pelantikan,”ujarnya.

Ia juga mengajak kepada para pejabat untuk menjadi contoh dan teladan masyarakat, memang semua manusia memiliki keinginan  tetapi hendaknya semua itu harus mampu dikendalikan ke arah yang lebih baik. Ia juga mengimbau kepada para camat agar segera mempelajari tugas pokok dan fungsinya masing-masing.

“Pahami betul undang-undang tentang desa, awasi, bina dan arahkan kepala pekon, kita tidak  menginginkan satu pejabat di Tanggamus ini yang harus repot dan susah berhadapan dengan hukum, terutama kepada kakon yang kita semua ketahui tidak semua kakon memiliki SDM yang mumpuni, dan ini merupakan tugas kita semuanya, dalam kesempatan ini saya juga menyampaikan kepada inspektorat agar terus melakukan pembinaan,”pesannya

WAKIL BUPATI SAMBUT TIM PENILAI LOMBA UKS TINGKAT NASIONAL

Sumberejo-  Wakil Bupati Tanggamus Hi. Samsul Hadi, M.Pd.I., pagi tadi menyambut kedatangan Tim Penilai Lomba Sekolah Sehat Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Tingkat Nasional di SMA N 1 Sumberejo Kabupaten Tanggamus, Kamis (27/4).

Kegiatan Lomba UKS Tingkat Nasional untuk kategori SMA dan sederajat tersebut dilakukan karena SMA N 1 Sumberejo berhasil lolos mewakili Lampung dalam mengikuti lomba tingkat Provinsi sehingga berhak mengikuti lomba tingkat nasional.

Dalam sambutan tertulisnya Wakil Bupati mengatakan bahwa atas nama Pemerintah dan masyarakat Tanggamus mengucapkan Selamat Datang kepada Tim Penilai Lomba Sekolah Sehat-UKS Tingkat Nasional Tahun 2017 di SMAN 1 Sumberejo Kecamatan Sumberejo ini.

Beliau menyampaikan apresiasi positif atas terselenggaranya kegiatan ini sebagai upaya meningkatkan mutu pendidikan sekaligus derajat kesehatan khususnya dilingkungan sekolah. Karena menurutnya tidak hanya bermanfaat bagi siswa saja, namun perilaku hidup sehat tersebut dapat dibudayakan hingga ke Lingkungan keluarga.

Pemerintah Kabupaten Tanggamus melalui Dinas Pendidikan dan instansi terkait telah memprogramkan berbagai kegiatan yang mendukung pelaksanaan program LSS-UKS, diantaranya adalah pelatihan Dokter Kecil tingkat SD, Pelatihan Kader Kesehatan Remaja tingkat SMP, dan Lomba Sekolah TK, SD, SMP dan SMA.

“harapan kami tentunya, apabila berdasarkan hasil penilaian Tim nanti bahwa SMAN 1 Sumberejo ini dianggap layak untuk mendapatkan Juara Tingkat Nasional, ini merupakan suatu penghargaan yang tak ternilai bagi kami masyarakat Kabupaten Tanggamus, khususnya di bidang pendidikan dan kesehatan insyaallah kami akan mampu untuk mengembannya, “ harap pak Wakil.

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Tim Penilai Dr. Agus Suharyantu, Kabiro Sosial Provinsi Lampung Ratna Dewi, MM., Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Hj. Aff’illah, S.Pdi., para Asisten, Kepala Dinas, Camat dilingkungan Pemkab Tanggamus.

 

Upacara Rutin Bulanan, Peringatan Linmas, Hari Kartini dan Hari Otonomi Daerah

PEMKAB TANGGAMUS –  Wakil Bupati Tanggamus Hi.Samsul Hadi, M.Pd.I menjadi pembina Upacara pada Peringatan Hari Hansip/Linmas,Hari Kartini dan Hari Otonomi Daerah di Lapangan Pemerintah Kabupaten Tanggamus,Jum’at (21/4)

Dalam sambutan Wakil Bupati Samsul Hadi.M.Pd.I, menyampaikan amanatnya Kehadiran HANSIP di Indonesia bersamaan dengan peristiwa perang kemerdekaan. Hansip dibentuk ats dasar kehendak rakyat,dengan cara ikut berpartisipasi  aktif membantu angkatan perang melalui pertahanan garis belakang ,dalam bentuk penyelenggaraan keamanan rakyat. Setelah berakhirnya perang kemerdekaan ,secara formil pada tanggal 19 April 1962 Organisasi HANSIP dibentuk diseluruh wilayah Republik Indonesia. Tujuan pembentukan HANSIP ,sebagai wadah yang terlibat dalam kegiatan-kegiatan kemanusiaan ,pemerintahan,penanggulangan bencana dan pengungsi. HANSIP sejak tahun 2002 telah berganti nama menjadi Perlindungan Masyarakat (LINMAS) yang fungsinya lebih kearah perlindungan masyarakat dan penanggulangan bencana.

Tepat hari ini juga merupakan hari yang istimewa bagi pergerakan emansipasi wanita,karen apda 21 April 1879 yang lalu,telah lahir pejuang emansipasi wanita Indonesia ,yakni R.A. Kartini. Seperti yang kita ketahui dan kita rasakan bersama bahwa perjuanagan R.A. Kartini dalam mengangkat derajat kkaum wanita indonesia agar dapat sederajat dengan kaum pria,sungguh besar perjuangan dan api semangat R.A.Kartini ini membuahkan hasil yang sedemikian besar artinya bagi wanita Indonesia pada ssat ini dan waktu yang akandatang.

Melalui Peringatan Hari Kartini ini saya mengajak kepada para wanita di Kabupaten Tanggamus ,mari berusaha menjadi wanita dan ibu yang sehat. Tingkatkan kualitas keluarga melalui generasi sehat, lakukan introspeksi, bebrbenah dan memperbaiki kualitas diri guna berbuat yang terbaik buat keluarga. Untuk meningkatkankualitas keluarga melalui generasi sehat adalah dengan cara perkawinan yang sah,kondisikeluarga yang memiliki kemampuanhidup mandiri,sejahtera ,berwawasan kedepan ,hidup harmonis ,memiliki jumlah anka yang ideal ,bertanggung jawab,dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Beberapa maslah yang dialami perempuan yang harus segera ditangani dan mendapat perhatian seriius yaitu : Bentuk kekrasan terahadap perempuan,perdagangan orang dan ekspolitasi seksual, Praktek perkawinan dini dan paksa, Rendahnya terhadap pekerjaaan mengasuh dan pekerjaaan rumah tangga ,seperti pekrja rumah tangga yang kerap tidak dibayar diperbudak dengan jam kerja panjang ,tidak mendapat libur,mengalami kekerasan fisik bahkan berujung pada kematian. Masih tingginya angka kematian ibu melahirkan.

Selanjutnya Hari Otonomi Daerah ditetapkan berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 11 Tahun 1996,.Berdasrkan Kepres tersebut,tanggal 25 April menjadi Hari Otonomi Daerah ,tetapi Hari Otonomi Daerah bukan hari libur.Otonomi daerah memberikan ruang yang labih luas untuk merespon kebutuhan dan kehendak rakyat di daerah. Otonomi daerah juga mendekatkan pelayanan publik kepada rakyatserta memberikan ruang partisipasi rakyat dan demokrasi yang lebih luas sebagai sarana kaderisasi calon-calon Pemimpin,baik tingkat kota kabupaten provinsi maupun tingkat nasional ,mendorong inovasi sesaui dengan karakter sosial ekonomi dan budaya masing-masing daerah.

Disela-sela upacara juga  deberikan secara simbolis penyerahan BPJS Ketenagakerjaan dan Kartu Anggota BPJS Ketenakerjaan kepada Tenaga kerja Sukarela dilingkungan Pemkab Tanggamus oleh Wakil Bupati Tanggamus.

dan Penyerahan Sertifikat Kepesertaan BPJS Ketenaga Kerjaan dari Kepala BPJS Kepada Wakil Bupati Tanggamus.

Turut hadir dalam acara tersebut Asisten I Bidang Pemerintahan  Paksi Marga, Asisten III Firman Rani, Forkopimda, SKPD terkait, Wakil Ketua TP PKK Hj. Af’illah,S.Pd.I, Ketua dan Pengurus Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Tanggamus ,Para Camat, dan seluruh pegawai karyawan karyawati di lingkup Pemkab Tanggamus.

DIKLAT DASAR PAUD SE-KABUPATEN TANGGAMUS

Gisting – Plt. Sekretaris Daerah Andi Wijaya,ST.MT, membuka acara Diklat Berjenjang Tingkat Dasar bagi Pendidik PAUD se Kabupaten Tanggamus, di Aula Gedung NU Kecamatan Gisting, Kamis (20/4).

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua HIMPAUDI  Kabupaten Hj.Af’illah,S.Pd.I, Kabid PKLK(Pendidikan Khusus Luar Sekolah) Saifudin Juhri,M.Pd.i, dari Dinas Pendidikan ,Sekcam Gisting Royihan, Upt Pendidikan kec,Gisting,serta seluruh Guru PAUD se Kab.Tanggamus.

Dalam laporan Ketua HIMPAUDI Kabupaten Hj. Af’illah, S.Pd.I beliau menyampaikan bahwa kegiatan diklat ini diikuti oleh 110 peserta yang terbagi dalam 10 dari TK dan 100 dari Himpaudi, kegiatan ini berlangsung selam enam hari sejak tanggal 20- 25 April 2017, dengan Jumlah tenaga Pendidik 1116 pendidik,dengan rincian Diklat Berjenjang :Tingkat dasar 320 orang,angkatan satu 150 orang tahun 2014,Angkatan dua 20 orang tahun 2014,angkatan tiga 100 orang tahun 2015.Sedangkan untuk tingkat lanjut 36 orang tahun 2015 ,tingkat mahir kosong,PCP Diklat Tingkat Dasar 2 orang, PCP diklat Tingkat Lanjut  5 Orang,sementara Jumlah peserta didik Se Kabupaten Tanggamus 9.328 anak. Adapun materi yang harus diikuti oleh para peserta pendidik PAUD  adalah tentang konsep-konsep dasar PAUD, dan dasar-dasar cara mengajar di PAUD.

Latar belakang diadakannya diklat dasar  HIMPAUDI ini adalah dengan adanya wajib satu pekon satu paud maka dalam hal ini masih banyak tingkat pendidikan yang belum memadai oleh karena itu untuk meningkatkan kompetensi pendidik harus menerapkan kegiatan pembelajaran guna untuk membangun dan memperkuat karakter. Seiring  dengan hal tersebut muncul permasalahan yang menyangkut kulaitas baik dari asfek pelayanan maupun kualitas pendidik,pendidik juga memiliki latar yang sangat bervariasi dan tidak sesuai persyaratan sehingga masih banyak yang berpendidikan rendah maka dari itu HIMPAUDI  mengadakan diksar dan diksut untuk meningkatkan kompetensi guru.
Dalam sambutan Wakil Bupati Tanggamus yang diwakilikan eoleh Plt.Sekretaris Daerah Andi Wijaya,ST.MT,Beliau menyampaikan bahwa Program Diklat Tingkat Dasar bagi pendidik PAUD merupakan kewajiban bagi para pendidik,untuk meningkatkan kompetensinya di dalam pembelajaran PAUD. Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional ( Permendiknas) Nomor 16 Tahun 2007 tentang Kompetensi Guru dan Permendiknas Nomor 58 Tahun 2009 tentang Standar Pendidikan PAUD.
Dengan diklat ini diharap pendidik PAUD mampu memahami kompetensi apa saja yang diperlukan untuk mengajar anak usia dini sehingga bisa lebih terarah dan berimplikasi pada kualitas pendidikan PAUD itu sendiri

Pemerintah Kabupaten Tanggamus sejauh ini sangat peduli dan memberikan dukungan penuh terhadap Pendidikan Anak Usia Dini. Hal ini terlihat semakin meningkatnya anggaran yang disediakan oleh Pemerintah Kabupaten Tanggamus bagi pembinaan dan pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini. Jika di Thaun 2016 2,0 Milyar Rupiah, di Tahun 2017 anggaran naik menjadi 2,87 Milyar Rupiah, yang terdiri dari : Belanja Hibah kepada HIMPAUDI rP 300 Juta, Pembinaan dan pengembangan pendidikan lembaga PAUD/TK Rp 2,13 Milyar, BOP PAUD (DAK Non Fisik) Rp 161,6 Juta, Pembinaan dan peningkatan peran BUNDA PAUD di kabupaten tanggamus Rp 150 Juta, Lomba Kelompok BKB ,Posyandu dan PAUD (BKB Terpadu) RP 80 Juta, Jambore pendidik dan tenaga kependidikan PAUD di kabupaten tanggamus Rp 28 Juta, dan Gebyar PAUD rP 24 Juta.

Dengasn semakin meningkatnya dukungan anggaran yang diberikan terhadap pembinaan dan pengembangan pendidikan anak usia dini, pemerintahkabupaten tanggamus berharap dalam rangka pengembangan layanan PAUD maka seluruh pihak yang berkompeten dan stakeholder terkait harus berkomitmen membangun sinergitas ,jejaring kerja dan kemitraan sesuai dengan peran ,tugas pokok dan fungsi serta kewenangan masing-masing,dengan demikian persoalan banyaknya pekon yang belum memiliki layanan PAUD dapat segera dituntaskan.Saya juga berharap kepada pengurus dan anggota HIMPAUDI untuk terus berinovasi mengembangkan sistem pembelajaran yang lebih kreatif dan mendidik guna memaksimalkan penggalian potensi dan karakter positif anak.