PERINGATAN HUT RI KE-72 KABUPATEN TANGGAMUS

KOTAAGUNG—Pemkab Tanggamus menggelar upacara
Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekan Ke-72 Republik Indonesia. Kendati sempat diguyur hujan sebelum kegiatan inti dimulai, namun tidak menyurutkan semangat peserta upacara, dimana kegiatan dapat berlangsung dengan khidmad dan tertib,acara berlangsung di Lapangan Merdeka Kotaagung,Kamis (17/8).
Dalam upacara tersebut, Wabup Tanggamus Hi.Samsul Hadi,M.Pd.I bertindak sebagai Inspektur Upacara, sementara  Kapten Arh. Tuparno  menjadi Perwira Upacara dan sekaligus Komandan Upacara  Kapten Inf. Sutoto. Ketua DPRD Heri Agus Setiawan,S.Sos sendiri bertugas sebagai pembaca naskah Proklamasi.
Untuk Pasukan Pengibar Bendera  (Paskibra) di pimpin oleh Kapten Inf. Yulian Abri. Lalu untuk Penggerek Bendera, Erlangga Axel Harianto asal SMAN 1 Kotaagung, pembentang bendera M. Riski asal MA Sinar Harapan Talangpadang, dan tengah Ahmad Darul Alkahfi asal MA Sinar Harapan. Sedangkan untuk pembawa baki pada saat penaikan bendera adalah Elsa Wirantika asal SMAN 1 Talangpadang.
Dimoment hari kemerdekaan ini, Samsul meminta kepada masyarakat untuk selalu bekerja demi mengisi kemerdekaan dan kepada pelajar untuk giat belajar.
“Dalam semangat persatuan Indonesia itu, lembaga-lembaga negara justru bisa bekerja dengan lebih baik, bila saling mengingatkan, saling kontrol, saling mengimbangi dan saling melengkapi. Tidak ada satu lembaga negarapun yang memiliki kekuasaan absolute. Jadi kita harus bekerja,bekerja dan bekerja sesuai dengan intruksi presiden dan kepada para pelajar harus belajar yang gigih agar dapat mengisi kemerdekaan ini,” ujar Samsul.
Usai upacara, Samsul Hadi beserta Forkopimda Tanggamus menuju Taman Makam Pahlawan Bahagia di Kotaagung Timur untuk melaksanakan tradisi Tabur Bunga. Malam sebelumnya, juga telah dilakukan Renungan Suci di TMP tersebut. Dari TMP Bahagia, rombongan menuju Lembaga Pemasyarakatan Kelas II Waygelang Kotaagung Barat untuk memberikan remisi secara simbolis kepada warga binaan.
Selesai seremoni pemberian remisi, Samsul Hadi dan rombongan menyerahkan secara simbolis lima unit perahu ketinting lengkap dengan peralatan menangkap ikan. Bantuan tersebut diberikan untuk kelompok nelayan dari Pekon Penyandingan Kecamatan Kelumbayan, nelayan Pulau Tabuan Kecamatan Cukuhbalak, nelayan Pekon Ketapang Kecamatan Limau. Kemudian kelompok nelayan dari 2 pekon di Kecamatan Pematangsawa.
Masih dalam semarak HUT ke-72 RI. Lalu setelah upacara penurunan bendera, Samsul beramahtamah dirumah dinas bupati dengan Paskibra yang telah berhasil menjalankan tugas.

Zikir, Doa Bersama dan Ramah Tamah dalam Rangka Memperingati HUT RI Ke 72 Tahun 2017

Kotaagung – Dalam Rangka memperingati HUT RI Ke 72 Tahun 2017 Pemkab Kabupaten Tanggamus menggelar Zikir dan Doa bersama dilanjutkan Ramah Tamah yang nantinya akan dilanjutkan dengan Apel Renungan Suci Di Taman Makam Pahlawan,acara berlangsung di Kediaman Rumah Dinas Bupati Kotaagung,Rabu (16/8).
Turut hadir dalam acara tersebut  Wakil Bupati Hi.Samsul Hadi,M.Pd.I., Ketua DPRD Heri Agus Setiawan,S.Sos.,Dandim 0424 Hista Soleh Harahap, Wakapolres Budi Setiadi, Wakil Ketua TP PKK Hj.Af’illah,S.Pd.I., Ketua DWP Ibu Andi Arjulaty Syam., Asisten I Paksi Marga,Asisten III Firman Rani, Forkopimda,Para Kepala SKPD Terkait,Ustadz Drs.Lukman Hakim.M.Pd.i.,Para Camat se Kabupaten,Para Kepala Pekon ,dan seluruh para hadiriin undangan warga Kotaagung.
Dalam Sambutan Wabup Hi.Samsul hadi,M.Pd.i., beliau menyampaikan ucapan terima kasih kepada para pejabat dilingkungan Pemerintah Kabupaten tanggamus yang  telah menyempatkan diri untuk menghadiri Zikir dan Doa bersama dalam rangka memperingati HUT RI Ke 72 Tahun 2017.
Disampaikan juga bahwa dalam peringatan HUT RI Ke 72 ini, semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT. Semoga kita semua bisa menjunjung tinggi atas perjuangan para pahlawan kita yang telah berkorban menjadikan negara indonesia menjadi bangsa dan negara yang merdeka dan berdaulat bebas dari para penjajah sehingga maju sampai sekarang ini.
Beliau juga sampaikan semoga Tanggamus selalu aman dan kondusif ,jauh dari perbuatan orang-orang jahat yang ingin memecah belah persaudaraan antar sesama kita.
 
Acara dilanjutkan dengan Zikir dan Doa bersama yang dipimpin oleh Ustadz  Drs.Lukman Hakim,M.Pd.I dilanjutkan dwngan Tausiah Agama.

PELEPASAN TIGA RATUS TIGA PULUH TUJUH CALON JAMA’AH HAJI

 
PUGUNG (16-08-2017)
Wakil Bupati Tanggamus beserta Ibu Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tanggamus Hj.Af’illah Samsul Hadi mengghadiri acara Pelepasan Calon Jama’ah Haji Tahun 2017 dan secara resmi melepas keberangkatan 337 calon Jama’ah Haji asal Kabupaten Tanggamus .Acara yang berlangsung di halaman Masjid Nurul Iman Pekon  Waijaha Kecamatan Pugung Kabupaten Tanggamus itu berlangsung pada pukul 01.00 dini hari dan ramai dengan para pengantar dan keluarga rombongan calon Jamaah tersebut.
Turut hadir pada acara tersebur para Jajaran Uspida  Kabupaten Tanggamus,  Bapak , Ibu Calon jama’ah Haji dan para pengantar rombongongan  calon Jama’ah Haji Se-Kabupaten Tanggamus.
Dalam laporan  Kepala Kemenag Kabupaten Tanggamus  mengatakan bahwa sumber dana penyelenggaraan pemberangkatan calon Jama’ah  Haji tersebur berasal dari dana hibah Pemerintah Daerah Kabupaten Tanggamus Tahun 2017 yang berjumlah satu Milyar  seratus empat puluh empat juta limaratus tujuh puluh sembilan ribu enam ratus tiga puluh rupiah. Sementara jumlah calon jama’ah Haji yang akan di brangkatkan berjumlah 337 orang yang terdiri dari 148 laki laki dan 189 perempuan, 331jama’ah di brangkatkan tanggal 16 Agustus tahun 2017  jam 01.00 wib dini hari.adapun untuk 5 jama’ah brangkat pada tanggal 24 Agustus 2017 beegabung dengan kloter 61 dan satu orang calon jama’ah Haji gagal brangkat di karnakan sakit  setruk atas nama Sarmanah Sartika Ardaiys dengan alamat Pekon Waihalom Kecamatan Gunung Alip.
 Sementara itu dalam sambutannya Wakil Bupati Kabupaten Tanggamus Hi.Samsul Hadi, M.P.di mengajak kepada para Calon jama’ah untuk terus menjaga kekompakan dan kesehatan sehingga natinya bisa kembali lagi ketanah air dengan selamat dan dengan kondisi yang baik. mengingat kata Beliau cuaca di tanah Suci sangat exatrim.  Beliau mengajak kepada para jaamah Haji yang muda muda untuk dapat saling membantu jamaah Haji yang lebih tua mengingat separuh dri jamaah  sudah pada lanjut usia. Dan untuk para petugas haji untuk dapat melaksanakan tugas sebaik baiknya khusus kata beliau kepada Bapak Sekda (Andi Wijaya) selaku ketua PPHD
Untuk dapat memimpin dan membina para jamaah haji dengan sebaik baiknya dan kepada para jamaah  beliau atas nama pemerintah daerah meminta ma’af atas segala kekurangan dalam pelayanannya selama ini.

Pengukuhan Paskibraka 2017

Senin tanggal 15 Agustus 2017 pukul 14.00 Wib. bertempat di gedung Islamic Center Kec. Kotaagung telah berlangsung kegiatan Pengukuhan Peserta Paskibraka Kabupaten Tanggamus Tahun 2017.

Turut hadir
KH. Samsul Hadi, M.Pd.I (Wakil Bupati Tanggamus), Letkol Inf. Hista Soleh Harahap (Dandim 0424/Tanggamus), AKBP. Alfis Suhaili, S.IK, M.Sc (Kapolres Tanggamus), Drs. Firman Ranie (Asisten III Bidang Administrasi Kab. Tanggamus), Porkopinda Kab. Tanggamus, Para Guru Pendamping dan Para orang Tua Wali Murid.

Samutan,

a. KH. Samsul Hadi, M.Pd.I (Wakil Bupati Tanggamus), Atas nama pribadi dan pemerintah Kab. Tanggamus mengucapkan selamat kepada anak-anak Didik Paskibraka yang telah terpilih untuk menjadi Pengibar Bendera Sang Merah Putih Kab. Tanggamus.

b. Anggota Paskibra adalah putra putri yang memiliki keistimewaan, tidak hanya sebagai pengibar bendera dalam rangka memperingati hari proklamasi kemerdekaan 2017. Akan tetapi adik harus mampu menunjukkan keteladanan sebagai pelajar yang berprestasi, bersiplin, bermoral serta memiliki jiwa Nasionalisme.

c. KH. Samsul Hadi, M.Pd.I berpesan kepada adik-adik agar menjadi generasi yang maju dan unggul, yang mengusai ilmu pengetahuan dan teknologi serta berkarya, selain itu juga harus memiliki itegritas kepribadian yang baik, mental yang kokoh, ulet dan tegar dan pantang menyerah dan berjuang demi kemajuan Kab. Tanggamus yang kita cintai bersama serta bangsa dan Negara kesatuan Republik Indonesaia.

d. KH. Samsul Hadi, M.Pd.I berpesan kepada adik-adik agar menjadi ujung tombak persatuan dan kesatuan Bangasa, pertahankan kecekatan persaudaraan dan kekompakan ketika kalian semua menapak kedepan dalam meniti karir untuk meraih masa depan yang lebih mandiri.

e. Acara kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab serta foto bersama.

f. Acara kegiatan Pengukuhan Peserta Paskibraka Kabupaten Tanggamus Tahun 2017, dapat berjalan dengan tertib dan lancar dan dihadiri sekitar 150 orang dan selesai sekira pukul 15.20 Wib.

DPRD Kabupaten Tanggamus Gelar Sidang Paripurna Istimewa

Kotaagung_  Dalam Sidang kali ini Terdapat empat (4) Agenda sidang yang akan dilaksanakan, yaitu;

Mendengarkan pidato kenegaraan Presiden RI Ir. Joko Widodo dalam rangka HUT RI Ke-72, Rapat Paripurna penyampaian KUPA-PPAS-P Perubahan APBD Kabupaten Tanggamus, Rapat Paripurna penyampaian KUA-PPAS APBD Kabupaten Tanggamus T/A 2018 dan Rapat Paripurna penyampaian rancangan peraturan Daerah Kabupaten Tanggamus.

Sidang dipimpin oleh Ketua DPRD Kabupaten Tanggamus Heri Agus Setiawan, S.Sos, didampingi Wakil Ketua I Drs  Hi Rusli Shoheh MM, Wakil Ketua II Aris Budianto S. Pd dan Wakil Ketua III Sunu Jatmiko, S.Sos

Rapat Paripurna yang digelar terbuka untuk umum ini dilaksanakan di ruang sidang DPRD Setempat, Rabu (16/8) Dihadiri oleh Wakil Bupati Kab Tanggamus Samsul Hadi Spd.i, Uspida, kepala SKPD dan dihadiri 31 anggota DPRD Tanggamus

 

Sidang diawali dengan  mendengarkan sambutan/pidato Presiden Ri Ir. Joko Widodo. Dalam sambutannya Presiden mengucapkan terimakasih untuk semua lembaga negara atas kerja samanya dalam membangun bangsa ini, Presiden menegaskan ; untuk menjadikan sejarah perjuangan sebagai tonggak persatuan dan kesatuan, “Kedepan Bangsa ini akan menghadapi tantangan yang besar, saya yakin kita bisa melaluinya karena Bangsa ini bangsa yang besar” kata Presiden.

Presiden dalam pidato sambutannya juga menegaskan agar seluruh lembaga negara bisa bekerja bersama, pemerintah terus berusaha untuk melakukan pemerataan pembangunan, keadilan sosial untuk semua lapisan masyarakat, baik yang di daerah terluar dan di daerah perbatasan.

‘Presiden menegaskan “agar Rakyat di perbatasan/daerah terluar bisa merasakan kehadiran Negara, melalui pemerataan pembangunan infrastruktur, Jangan ada rakyat yang merasa menjadi warga kelas dua, semua harus sama mendapatkan keadilan sosial dan pelayanan yang sama”, Menutup pidatonya, presiden Mengucapkan Dirgahayu Republik Indonesia Ke-72

Berlanjut pada agenda selanjutnya yaitu Penyampaian Rancangan KUPA Dan Rancangan PPAS Perubahan APBD Kab Tanggamus Tahun 2017

Dalam pidatonya, Wakil Bupati Tanggamus, Samsul Hadi Spd.i  menjelaskan; Penyusunan KUPA dan PPAS-P kabupaten Tanggamus Tahun 2017 ini dilakukan berlandaskan Perubahan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Tanggamus Tahun 2017 yang ditetapkan dengan Peraturan Bupati Tanggamus Nomor 29 Tahun 2017. Dalam dokumen Perubahan RKPD dinyatakan bahwa tema pembangunan kabupaten Tanggamus tahun 2017 adalah Memantapkan pembangunan infrastruktur, pelayanan kesehatan dan Ekonomi Daerah untuk meningkatkan kesempatan kerja, Pemenuhan kebutuhan Dasar dan pengurangan kesenjangan”


Berdasarkan tema tersebut maka prioritas pembangunan Kabupaten Tanggamus Tahun 2017 yaitu :

  1. pemantapan daya dukung infrastruktur yang berkelanjutan
  2. peningkata akses dan pelayanan kesehatan serta pemerataan kualitas pendidikan
  3. penguatan kedaulatan pangan melalui revitalisasi pertanian, peternakan, perkebunan, kelautan dan perikanan
  4. peningkatan keberdayaan masyarakat untuk penanggulangan kemiskinan dan perluasan kesempatan kerja
  5. peningkatan kualitas lingkungan hidup, pengelolaan sumber daya alam dan energi terbarukan
  6. peningkatan stabilitas kamtibmas dan peningkatan kualitas pelayanan perijinan
  7. peningkatan tata kelola pemerintahan dan reformasi birokrasi
  8. pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif serta peningkatan prestasi olahraga

 

Melanjutkan agenda sidang yang ke tiga, yaitu Penyampaian Rancangan KUA dan PPAS APBD Kabupaten Tanggamus Tahun 2018, Wakil Bupati Tanggamus, Samsul Hadi S.Pd.i menjelaskan;

RKPD Kabupaten Tanggamus tahun 2018 yang ditetapkan melalui peraturan Bupati Tanggamus Nomor 22 Tahun 2017 menjadi landasan dalam penyusunan KUA dan PPAS Tahun 2018, dalam dokumen RKPD tersebut telah digariskan bahwa tema pembangunan kabupaten Tanggamus tahun 2018 adalah “Memantapkan Pembangunan Infrastruktur, Pelayanan Publik Dan Pariwisata Untuk Memacu Investasi dan Mempercepat Pertumbuhan Ekonomi Yang Berkualitas

Berdasarkan Tema tersebut, maka prioritas pembangunan Kabupaten Tanggamus tahun 2018 yaitu :

  1. Infrastruktur dan konektifitas
  2. Kesehatan dan pendidikan
  3. Pariwisata dan iklim investasi
  4. Kedaulatan pangan
  5. Penanggulangan kemiskinan
  6. Pengembangan wilayah
  7. Ketahanan energi, lingkungan hidup dan mitigasi bencana
  8. Kamtibmas dan reformasi birokrasi

Dalam agenda sidang yang terakhir, Wakil Bupati Tanggamus, Samsul Hadi, Spd.i menyampaikan 8 (delapan) buah rancangan peraturan Daerah kabupaten Tanggamus

Sebagaimana di amanatkan UUD No 23 Tahun 2014 tentang pemerintahan Daerah, sesuai dengan pasal 18 ayat (7) UUD RI Tahun 1945 dijelaskan, diperlukan penetapan kebijakan daerah untuk menjadi pedoman yang memiliki legalitas yang kuat dalam pelaksanaanya.

Oleh karna itu secara resmi wakil Bupati menyampaikan 8 buah Ranperda yang di ajukan kepada Dewan terhormat

Ranperda tersebut adalah

  1. Perda kabupaten tanggamus tentang APBD Tahun anggaran 2018
  2. Perda kabupaten tanggamus tentang Retribusi pelayanan tera ulang
  3. Perda kabupaten tanggamus tentang perubahan atas peraturan daerah No 5 tahun 2015 tentang tata cara pemilihan pengagkatan/pelantikan dan pemberintian kepala pekon
  4. Perda kabupaten tanggamus tentang pengelolaan barang milik daerah pemerintah kabupaten tanggamus
  5. Perda kabupaten tanggamus tentang penyelenggaraan pendidikan
  6. Perda kabupaten tanggamus tentang perubahan atas perda kabupaten tanggamus No 06 tahun 2011 tentang retibusi pasar
  7. Perda kabupaten tanggamus tentang perubahan atas perda no 04 tahun 2014 tentang retribusi pasar/pertokoan
  8. Perda kabupaten tanggamus tentang perubahan atas perda No 16 tahun 2012 tentang retribusi pengendalian menara telekomunikasi.

 

 

Wabup Lantik 163 Pejabat Struktural dan 26 Kepala SD di Tanggamus

Kota Agung Timur — Jum’at sore (11/8) Wakil Bupati Tanggamus Hi. Samsul Hadi, M.Pd.I, melantik 163 orang pejabat struktural dilingkungan Pemkab Tanggamus, yang terdiri dari 18 orang Pejabat Administrator (Eselon III) dan 145 orang Pejabat Pengawas (Eselon IV) serta 26 orang Kepala Sekolah Dasar (SD). Pelantikan dilaksanakan di Kantor Bupati Tanggamus di Kota Agung Timur.

Dalam arahannya Wakil Bupati mengucapkan selamat kepada para pejabat yang dilantik. Lebih lanjut dirinya meminta kepada seluruh Pejabat yang dilantik agar lebih meningkatkan kinerja sesuai tupoksinya masing masing, serta senantiasa memiliki disiplin tinggi dan loyalitas.

Pelantikan Pejabat ini ditetapkan dengan SK Bupati Tanggamus Nomor 821.2/913/45/2017 tanggal 10 Agustus 2017, sedangkan pelantikan Kepala SD ditetapkan dengan SK Nomor 821.29/914/45/2017 tanggal 10 Agustus 2017. Setelah melalui pertimbangan Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) Pemkab Tanggamus.

Adapun pejabat yang dilantik diantaranya, Drs. Ajpani, MM sebagai Kepala Kantor Kesbanglinmas, Pardi, S.Pd, MM sebagai Camat Gunung Alip, Agustam, SE sebagai Sekretaris Dinas Perikanan dan Dharma Setiawan, MM sebagai Kabid Ekososbud Bappeda. (dp)

PENILAIAN LOMBA P3KSS DAN GSI TINGKAT PROVINSI LAMPUNG

AirNaningan – Tim penilai Lomba P3KSS dan GSI Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2017  menyambangi Pekon Sinar Jawa Kecamatan Air Naningan,Senin (7/8). Kedatangan Tim Penilai tersebut disambut langsung oleh Sekretaris Daerah Tanggamus Andi Wijaya,ST.MM, Wakil Ketua TP PKK Hj. Af”illah, S.Pd.I ,Ketua DWP Ibu Andi Arjuliyati Syam, Kepala Dinas KB dan PP Destamrini, Asisten I Paksi Marga,Ast.III Firman Rani, Para staf ahli, Para Kepala SKPD ,Para Camat se Kab. Tanggamus ,Kepala Pekon,dan seluruh warga Pekon Sinar Jawa setempat.

Dalam laporan Ibu Ketua PKK Pekon Sinar Jawa .Ibu Sujiani Suroso beliau menyampaikan bahwa penetapan lokasi pelaksanaan program terpadu p3kss di pekon sinar jawa kec. air naningan berdasarkan surat keputusan gubernur lampung nomor : G/611/B.II.12/HK/2016 Tanggal 20 oktober 2016 tentang penetapan lokasi kegiatan program terpadu peningkatan perempuan menuju keluarga sehat sejahtera (P3KSS) di provinsi lampung tahun 2017 sampai dengan tahun2019.

Adapun kegiatan fisik meliputi:perbaikan rumah tidak layak huni,Pemanfaatan pekarangan dengan memanfaatkan tanaman obat, pembuatan saung meeting, dan pemanfaatan halaman dengan membuat kolam. Kegiatan non fisik meliputi; penyuluhan 10 program pokok pkk oleh tim penggerak PKK, penyuluhan UU Nomor 23 tahun 2004 tentang penanggulangan kdrt, penyuluhan UU Perkawinan, pembinaan kelompok wanita tani (KWT), Dan sosialisasi KKG ( Kesetaraan dan keadilan gender).Serta kegiatan usaha perluasan kesempatan kerja dan usaha perempuan untuk peningkatan penghasilan bagi diri dan keluarga ,meliputi : pelatihan kewirausahaan perempuan, keterampilan pengolahan panganan, peningkatan ketrampilan olah limbah plastik.

Dusun bungur jaya berjumlah 51 orang, dusun sinar banten berjumlah 31 orang.Sedangkan kondisi awal perumahan calon warga binaan sebelum dilaksanakan pembinaan adalah, tidak memiliki jamban/wc  25 rumah, jamban darurat 55 rumah ,lantai tanah 78 rumah, ventilasi kurang baik 74 rumah, tidak ada lubang sampah  97 rumah, dan spal tidak baik 92 rumah.

Adapun bentuk pembinaan yang diberikan berupa penyuluhan diberbagai bidang ,pembinaan lingkungan ,pembinaan rohani dan pembinaan keterampilan untuk warga binaan. Selanjutnya pembinaan lanjutan meliputi kegiatan peningkatan pengetahuan dan keterampilan dan kondisi perumahan dan warga binaan setelah pelaksanaan pembinaan.

Selanjutan dalam sambutan Wakil Bupati Tanggamus yang diwakilkan oleh Sekretaris Daerah Andi Wijaya,ST.MM,Beliau menyampaikan program terpadu P3KSS merupakan salah satu program peningkatan peranan perempuan dalam pembangunan untuk mengembangkan sumber daya manusia dan sumber daya alam untuk mewujudkan keluarga sehata dan bahagia dalam rangka pembanguna masyarakat dengan perempuan sebagai penggerkanya. Pelaksanaan program terpadu P3KSS di pekon sinar jawa kecamatan air naningan telah dilaksanakan sejak tahun 2016 diawali kerjasama tim penggerak PKK ttanggamus dengan instansi terkait melalui survey lapangan dengan hasil yang didapatkan masih adanya kondisi rumah yang tidak layak huni lingkunagan yang kurang sehat dan perilaku masyarakat yang kurang mencerminkan hidup sehat.

Kami berharap kepada tim penilai dapat melakukan penilaian tanpa mengesampinhkan upaya masyarakat setempat sehingga tujuan dari kegiatan ini benar-benar dapat tercapai dan membawa manfaat secara luas bagi masyarakat khususnya di pekon sinar jawa kecamatan air naningan ini. Perlu juga kami sampaikan mewakili masyarakat tanggamus pada umunya dan msyarakat pekon sinar jawa pada khususnya  bahwa sekiranya dipandang layak tidak berlebihan harapan kami bahwa pekon sinar jawa mendapatkan nilai terbaik pada lomba P3KSS dan GSI tingkat provinsi lampung tahun 2017.

Sementara dalam sambutan Gubernur Lampung yang diwakilkan oleh Asisten I Bidang Pemerintah dan Kesra Bapak Ir. Heri Suliyanto,SE., beliau menyampaikan Program terpadu peningkatan peranan perempuan menuju keluarga sehat sejahtera (P3KSS) merupakan slaah satu program dalam pembanguan dengan mengembangkan sumber daya manusia ,sumber daya alam dan lingkungan guna mewujudkan dan mengembangkan keluarga sehat sejahtera dan bahagia ditingkat desa dengan perempuan sebagai penggeraknya.

begitu pula dengan gerkan sayang ibu (GSI) yang merupakan upaya untuk menurunkan angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian bayi (AKB)yang merupakan gerkan masyarakat bersama pemerintah untuk peningkatan dan perbaikan kulaitas hidup kaum perempuan demi pembangunan sumber daya manusia.

Pemerintah provinsi lampung terus mendukung percepatan pembanguna di kabupaten tanggamus melalui program unggulan pemerintah provinsi lampung yang berlokasi di kabupaten tanggamus anatara lain meliputi “Sarana dan prasrana jalan, pendidikan, pemukiman, pertanian, perkebunan dan peternakan serta pemberdayaan perempuan. Begitu pula dalam rangka percepatan penanggulangan kemiskina diprovinsi lampung ,mka pemerintah provinsi lampung melaksanakan program gerkan membangun desa (Gerbang ) Desa Saburai, yaitu suatu gerkan dalam rangka meningkatkan kerja samadan peran aktif masyarakat dalam berbagai bidang pembangunan dan penguatan persatuan dan kesatuan masyarakat berdasarkan semangat kekeluargaan dan kegotong royongan dan Alhamdulillah gerbang desa saburai juga dilaksanakan dikabupaten tanggamus.

Saya meminta kepada Tim Penilai Lomba  untuk melaksanakan penilaian secara objektif sehingga tujuandari kegiatan ini benar-benar dapat dipertanggungjawabkan dan kepada segenap unsur yang terkait dapat memberikan data informasi yang benardan akurat sehingga penilaian dapat terlaksana dengan baik.

Adapun anggota tim penilai P3KSS anatara lain: Kepala dinas pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak provinsi lampung Dewi Budi Utami,SE., Renny Maisari,SE., Diana Rosalian,S.Sos., Siti Dewi Nadiroh,SE.MH., Dinas kesehartan provinsi lampung Leniwati,A.Mg., Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Ir. Lili Ernani, dinas Koperasi dan UKM Ir. Nuria Slama,MM., Dinas pemberdyaan masarakat dan desa Dra. Ariana Ganie, Dinas pendidikan dan kebudayan Bunyamin Sinuhaji, Perwakilan BKKBN Erma Yulianti, SH. M.Sc., Serta dari TP PKK Provinsi lampung Ria Nova.

Penyerahan SK TKS Dinas Pendidikan Kabupaten Tanggamus

Gisting – Wakil Bupati Tanggamus Hi.Samsul Hadi. M.Pd.I menghadiri acara penyerahan SK TKS Dinas Pendidika Kabupaten Tanggamus  Di Aula Gedung NU pekon Gisting Atas Kecamatan Gisting, Rabu 02 Agustus 2017.

Turut Hadir dalam acara tersebut Kadis Pendidikan Tanggamus Drs. Johansyah,MM.,Camat Gisting Firdaus, Bapak Ibu KUPT se Kabupaten Tanggamus, Uspika kecamatan Gisting, serta Bapak/Ibu penerima SK dari kecamatan se Kabupaten Tanggamus.

Dalam laporan kepala Dinas Pendidikan Johansyah,MM., Beliau menyampaikan bahwa dasar penyerahan SK TKS ini yaitu DPA SKPD No. 4.04.01.01.07.5.2 tentang pembayaran bagi TKS, dengan tujuan melengkapi kekurangan tenaga pendidik dan kependidikan dilingkungan DInas Pendidikan Kabupaten Tanggamus Tahun 2017,serta untuk mendapatkan Arahan Bupati Tanggamus dalam rangka Peningkatan Kinerja selaku Pegawai dalam melaksanakan tugas.

Pada kesempatan ini juga SK yang akan diserahkan bagi Guru dan Tenaga Teknis sebanyak 266 orang mencakup 20 kecamatan yang ada di Tanggmus dengan rincian, Guru 187 Orang, Tenaga Teknis Satdik 74 Orang ( Operator,TU, Penjaga,Pustakawan),dan Tenaga Teknis Kantor  5 Orang.Serta perlu disampaikan disini bahwa dari 266 orang tersebut ,terdapat calon penerima SK Bupati dengan usia tertua dan masa bhakti terlama yaitu Bapak  Jaya Kusuma Dari SDN 1 Kayu Ubi Kecmamatan Pugung beliau mengabdi sejak tahun 1991 sebagai Penjaga Sekolah dengan Kelahiran Tahun 1952.

Adapu Harapan diberikannya SK TKS untuk Guru honorer ini yakni supaya dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya demi kemajuan dan perubahan mutu pendidikan di Kabupaten Tanggamus ke arah yang lebih maju dan bermartabat.

Sementara dalam sambutan Wakil Bupati Hi.Samsul Hadi.M.Pd.I Beliau menyampaikan ucapan selamat kepada para TKS Guru Honorer yang telah menerima SK pada hari ini.

Sebagaimana kita ketahui bersama ,sampai saat ini pemerintah pusat masih melakukan  moratorium penerimaan CPNSD ,sehingga daerah belum bisa melaksanakan penerimaan CPNSD.

Dengan dilaksanakannya Pengangkatan Tenaga Kerja Sukarela Pemerintah Kabupaten Tanggamus diharapakan dapat menjadi motivasi untuk meningkatkan kenrja dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi dari instansi tempat saudara-saudara bekerja. Tenaga Kerja Sukarela merupakan tenaga kerja yang keberdaanya diangkat melalui Surat Keputusan Bupati Tanggamus dan dapat diangkat kembali setiap tahunnya setelah mendapatkan rekomendasi tertulis dari unit kerja yang bersangkutan,dengan memenuhi ketentuan : Tidak akan menuntut diangkat sebagai CPNS atau PNS, Sanggup melaksanakan tugas sesuai instruksi Pimpinan, Bersedia berhenti apabila melanggar ketentuan dan peraturan yang berlaku, Tidak menuntut gaji dan penghasilan lainnya.

Beliau juga minta supaya Karyawan karyawati yang baru menerima SK ini mampu menunjukkan kemampuan yang kalian miliki dalam karya nyata melalui hasil kerja yang baik dengan penuh inovasi,tingkatkan loyalitas dan kedisiplinan saudara-saudara dengan pegawai Negeri Sipil baik dilingkungan kerja maupun diluar satuan kerja dimana tempat saudara bekerja sehingga akan terjalin hubungan kerja yang dinamis.

Beliau juga meminta kepada guru honorer pendidik minimal sudah sarjana yaitu lulusan S1,Karna tidak hanya cukup lulusan dari SMA,MA, atau yang lainnya. Tingkatkan kualitas diri oleh karena itu saya minta kalau ada kursus ikutlah kursus dan banyak-banyaklah membaca serta Ciptkan juga suasan kerukunan disekolah.

Saya Wabup berupaya untuk di tahun 2018 akan memprioritaskan pembangunan yang ada di Tanggamus seperti dibidang Pendidikan ,Pariwisata,dan Infrastruktur , demi untuk meningkatkan harkat martabat bangsa guna kemajuan diKabupaten Tanggamus yang kita cintai ini.