PENGAJIAN AKBAR MEMPERINGATI TAHUN BARU ISLAM 1438 H.

Rapat paripurna

PURWODADI- Senin(3/10) Bupati Tanggamus H. Bambang Kurniawan, ST., menghadiri Acara Pengajian dalam Rangka Memperingati Tahun Baru Islam 1438 H di Masjid  Zami Al- Muttaqin Pekon Purwodadi Kecamatan Gisting.

Dalam acara tersebut turut dihadiri juga oleh Wakil Bupati Tanggamus H. Samsul Hadi, M.Pd.I., Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Hj. Af’illah, S. Pd.I., Asisiten II Andi Wijaya., Ast. III Nur Indrati., Staf Ahli., Wakil Anggota DPRD Syafe’i.,Ustad Muhammad Ihsan Puadi., Kabag Kesmas Zulpadli., Uspida., Camat Gisting Andreas., dan Camat se Kab- Tanggamus.,serta Majelis Takli,alim ulama ,tokoh masyarakat se kecamatan gisting.

img_2544

Dalam laporan Ketua Panitia penyelenggara bapakSurapin, beliau menyampaikan bahwa terselenggaranya kegiatan ini berkat kerja sama dari masyarakat setempat pekon purwodadi,sehingga acara ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses.

dalam memperingati Tahun Baru Islam 1438 H ini juga diadakan berbagai macam kegiatan seperti Khitanan masal dengan jumlah 26 orang,dilanjutkan dengan lomba kosidah, hadroh,dan dilanjutkan dengan doa bersama untuk masjid zami al- muttaqin pekon purwodadi,dari panitia juga memberikan bantuan bantuan kepada anak-anak yatim  sejumlah19 orang dan ibu-ibu lansia.

img_2593

Sementara dalam sambutan Bupati Tanggamus H. Bambang Kurniawan, ST., beliau menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan dalam mensukseskan penyelenggaran pengajian ini,semoga dengan diadakannya acara pengajian ini bisa meningkatkan ukhuwah islamiyah diantara kita,juga sangat strategis dalam membangun mental dan spiritual kita sebagai umat muslim sehingga hal ini patut dijadikan salah satu agenda penting yang perlu kita laksanakan dalam rangka mendukung dan mensukseskan pelaksanaan pembangunan di kabupaten tanggamus yang kita cintai ini.

Tujuan diselenggarakan pengajian ini terdapat hikmah penting yang dapat kita ambil apalagi jika kita mengingat sejarah bahwasanya Tahun Baru Hijriyah diawali oleh hijrahnya Rosulullah Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah,dalam rangka mengembangkan syiar islam dikota madinah. sehingga akhirnya ajaran islam sampai dinegeri kita, dan kita mendapatkan petunjuk atas kebenaran yang disampaikan oleh Rosulullah Muhammad SAW dalam keadaan Islam yang memberikan keselamatan.

img_2563

Disamping itu juga diberikan bantuan secara simbolis kepada pemenang lomba berupa piala,penghargaan,dan bantuan kepada anak yatim piatu.

Program Satu Juta Nama Domain

sejuta-domain-gratis-kominfo

Program Satu Juta Nama Domain merupakan salah satu program unggulan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia untuk meningkatkan konten-konten positif dan produktif di Internet.

Menggunakan server di dalam negeri dan domain .id sebagai domain Indonesia yang terpercaya, program ini akan mendorong optimalisasi akses internet dalam negeri dan mempercepat akses konten lokal. Dalam jangka panjang, program ini akan membuat akses internet menjadi lebih murah karena semakin dominannya akses internet dalam negeri yang tidak membutuhkan bandwidth internasional yang mahal.

Karena menggunakan domain .id yang penggunanya terdaftar dengan identitas yang jelas, program ini akan menekan tingkat anonimitas di Internet. Seiring dengan tumbuhnya konten-konten positif dari Indonesia, industri e-commerce dan digital kreatif akan tumbuh dengan semakin pesat di Indonesia.

 

Sumber : www.kominfo.go.id

PERINGATAN DETIK-DETIK PROKLAMASI BERLANGSUNG KHIDMAT

Dandim 0424 saat pimpin upacara Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan

Bupati selaku Inspektur upacara menyerahkan Duplikat Bendera Pusaka Merah Putih

Kota Agung – Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia  KE-71 yang berlangsung di Lapangan Merdeka Kotaagung telah berlangsung dengan Khitmad pada Rabu Pagi (17/8).

Penghormatan Kepada Bendera Merah Putih

Dalam peringatan Detik-detik Proklamasi tersebut yang bertindak sebagai Inspektur Upacara Bupati Tanggamus Hi. Bambang Kurniawan, ST.,  Pembaca Teks Proklamasi Ketua DPRD Tanggamus Heri Agus Setiawan, S.Sos.,  sementara  selaku Komandan Upacara Kapten Inf. Sutoto (Danramil Pulau Panggung), Perwira Upacara Kapten Maman (Danramil Wonosobo), Komandan Pasukan Paskib Letda. Parluhutan Sinaga.

Dan Up bersama peserta Upacara yang hadir

Dan dihadiri oleh Kapolres Tanggamus, Dandim 0424 Tanggamus, Kapala Kejaksaan Negeri Kota Agung, Kepala Kementerian Agama Tanggamus, Ketua Pengadilan Agama Tanggamus, Sekda Tanggamus, Para Asisten, Kepala Dinas, Camat, Kepala Pekon, Ketua TP PKK Kabupaten, Para Veteran, dan Perwakilan Ormas/LSM se-Kabupaten Tanggamus.

Ketua DPRD sedang bacakan teks Proklamasi

Semenara Petugas Paskib antara lain Pemabawa Baki Ayu Agesti Tetania Putri dari Bapak  aminuddin dan Ibu Heriyana  asal sekolah SMA N 1 Talang Padang, Penggerek Beni Cahyadi Putra  Bahrudin dan Ibu Sugianti asal Sekolah SMA N 1 Talang Padang, Pembentang Tengah Hadi Purnama Putra dari Bapak Saiyan dan Ibu Elviyanti asal Sekolah MAN 1 Kotaagung, Pembentang Bendera Aldi Febrianto Putra  Dulham dan Ibu Tri  Endar Wati asal sekolah SMA N 1 Pulau Panggung.

Foto bersama Upida dan Paskib

 

Usai melaksanakan upacara,  pada kesempatan itu Bupati juga menyerahkan tanda jasa dari Presiden RI Satya Lencana Karya Satya kepada 40 pegawai negeri sipil di lingkungan Pemkab Tanggamus. Dan kegiatan pun dilanjutkan  ziarah ketaman Makam Pahlawan yang dipimpin oleh Kapolres Tanggamus AKBP Ahmad Mamora, SIK.,

Bupati sedang tabur bungaKetua TP PKK bersama Ibu-Ibu Pimpinan Upida sedang tabur bunga bersama

Selain itu usai melaksanakan ziarah Bupati menghadiri acara Pemberian Remisi Umum bagi Nara pindana dari Kementerian Hukum dan Ham tentang Remisi Umum bagi Nara Pidana di Lapas tersebut dan melanjutkan ramah tamah di Lamban Balak (Rumah Dina) Bupati .

 

 

DISKOMINFO TANGGAMUS, KEMBANGKAN KELOMPOK INFORMASI MASYARAKAT (KIM)

DSC_0045 (Mobile)

Kota Agung  — Pemerintah Kabupaten Tanggamus, melalui Dinas Kominfo dan Persandian, melaksanakan program yang diarahkan bagi peningkatan SDM masyarakat melalui upaya literasi informasi. Dalam bentuk kegiatan Pengembangan dan Pemberdayaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM). Kegiatan ini juga merupakan implementasi dari kebijakan Pemerintah, melalui Permen Kominfo No. 08/PER/M.KOMINFO/6/2010 tentang Pedoman Pengembangan dan Pemberdayaan Lembaga Komunikasi Sosial; Permen Kominfo No. 22/PER/M/KOMINFO/04/2010 tentang Standar Pelayanan Minimal Bidang Kominfo di Kabupaten/Kota; dan Undang-Undang No. 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah. Demikian disampaikan Derius Putrawan, MM., selaku Kabid Humas dan IKP, Dinas Kominfo dan Persandian, mewakili Kepala Dinas, Drs. Sabaruddin.

 

“KIM adalah kelompok yang dibentuk oleh, dari dan untuk masyarakat yang melaksanakan aktiftas informasi, yang meliputi; menerima, mencari, mengolah, memanfaatkan dan menyebarluaskan informasi. Untuk membentuk masyarakat yang informatif dan inovatif serta memiliki daya saing dan nilai tambah.” Tambah Derius.

 

Lebih lanjut Derius menyampaikan, bahwa dalam pelaksanaannya Diskominfo mensosialisasikan akan pentingnya KIM kepada masyarakat di Kecamatan dan Pekon yang menjadi sasaran, agar kemudian masyarakat diarahkan untuk membentuk KIM di pekon sasaran. Selanjutnya Diskominfo melakukan pembinaan, pendampingan dan fasilitasi terhadap KIM, agar KIM mampu menjalankan fungsi KIM sebagaimana mestinya. Pembinaan dan pendampingan yang dilakukan dalam bentuk penyuluhan tentang pengetahuan dan keterampilan anggota KIM dalam mencari, mengolah, memanfaatkan dan menyebarkan informasi. Selain itu untuk mendukung aktifitas KIM, Pemerintah Kabupaten Tanggamus juga akan memfasilitasi dalam bentuk peningkatan akses informasi, dengan memberikan bahan informasi seperti diktat, buku, leaflet, brosur atau banner. Termasuk bantuan sarana akses informasi bagi KIM, yaitu berupa 1 unit komputer netbook untuk 1 KIM, sehingga KIM dapat berjalan sebagaimana mestinya. Yang juga penting untuk dilakukan adalah mengarahkan KIM untuk mampu menjadi stimulus ditengah masyarakat, agar masyarakat memiliki kemampuan dan menerima manfaat yang sama dengan anggota KIM atas keberadaan informasi.

foto-3

Sejak tahun 2014 Pemerintah Kabupaten Tanggamus telah memfasilitasi terbentuknya 10 KIM di 10 Kecamatan se Kabupaten Tanggamus. Sedangkan pada tahun 2016 ini kembali akan dibentuk 10 KIM di 10 kecamatan lainnya, sehingga jumlah KIM mencapai 20 KIM, atau 1 KIM di setiap Kecamatan. Meskipun sesuai pedoman pengembangan KIM dari Kemkominfo, idealnya KIM berada di setiap desa, namun dikarenakan anggaran yang terbatas untuk kegiatan sosialisasi, pendampingan dan fasilitasi KIM, maka di Kabupaten Tanggamus KIM baru terbentuk dengan jumlah minimal sesuai SPM Kemkominfo.

 

Saat ini kesenjangan informasi masih terjadi di masyarakat, dimana tidak semua masyarakat mendapatkan akses informasi yang memadai. Disisi lain dari keberadaan informasi, terdapat pula kondisi dimana sebagian masyarakat masih belum pandai dalam menyikapi informasi, sehingga masyarakat dirugikan karena mendapatkan informasi yang salah, seperti adanya penipuan melalui SMS, telepon, surat edaran atau dalam berinteraksi dengan internet, atau adanya kecenderungan sebagian masyarakat yang menyalahgunakan akses informasi untuk kepentingan negatif.  Demikian juga kerap terjadi singgungan, perpecahan bahkan aksi anarkis ditengah masyarakat akibat adanya informasi yang provokatif, sehingga berpotensi mengancam persatuan dan kesatuan bangsa.

 

Tentunya disatu sisi Pemerintah berkewajiban untuk mengupayakan agar akses informasi semakin meningkat, baik akses informasi melalui media massa, media luar ruang, media telekomunikasi atau internet. Namun disisi lain Pemerintah juga harus mampu mempersiapkan masyarakatnya agar terhindar dari dampak negatif informasi. Sebaliknya manfaat dan dampak positif dari informasilah yang seharusnya didapat dan berkembang ditengah masyarakat.

 

Untuk itu tentu diperlukan upaya secara menyeluruh, baik dalam meningkatkan akses informasi, juga dalam memberikan literasi kepada masyarakat. Agar selain akses informasi meningkat, masyarakat juga dapat mengetahui apakah suatu informasi itu layak dikonsumsi atau tidak, bagaimana tingkat kebenarannya, tingkat bahayanya, serta dampaknya. Demikian juga dengan pemanfaatannya, diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan informasi untuk meningkatkan daya saing, melalui peningkatan pengetahuan dan wawasan masyarakat, yang akan memberikan nilai tambah, baik secara kognitif maupun ekonomi. Sehingga keberadaan informasi akan membentuk masyarakat yang informatif dan inovatif serta memiliki daya saing dan nilai tambah.

 

Apalagi saat ini kita telah berada diera Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), dimana semua produk barang dan jasa yang ada di kawasan ASEAN, bebas bea masuk dan dijual di kawasan ASEAN. Negara kita yang memiliki jumlah penduduk terbesar diantara Negara ASEAN, tentu menjadi pasar yang menggiurkan bagi Negara lain. Dalam hal ini jangan sampai kita hanya menjadi sasaran pasar dari Negara lain. Sebaliknya kita harus mampu lebih banyak menjual barang dan jasa kita agar mendapatkan keuntungan dari kebijakan MEA ini. Untuk itu maka kita harus mempersiapkan diri kita, agar mampu bersaing dalam pasar MEA bahkan pasar global, sehingga kita mendapatkan keuntungan dari kebijakan tersebut, yang akan meningkatkan kesejahteraan bangsa kita.

DSC_0059 (Mobile)

“Selanjutnya mengingat tujuan dan manfaatnya yang sangat baik bagi masyarakat, tentunya program ini akan kami laksanakan dengan baik dan sungguh-sungguh. Kedepan kami akan mengupayakan agar KIM dapat terbentuk di setiap pekon, utamanya pekon-pekon yang telah tersedia akses internet, sehingga akan memberikan kontribusi terhadap pembangunan di Kabupaten Tanggamus. Dalam membentuk masyarakat Tanggamus yang informatif dan inovatif serta memiliki daya saing dan nilai tambah. Demi terwujudnya masyarakat Kabupaten Tanggamus yang unggul, berdaya saing, maju dan sejahtera.” Tandas Derius. (*)

BUPATI HADIRI RAPAT PARIPURNA DPRD

????????????????????????????????????

Kota Agung – hari ini Senin (3/11) telah berlangsung kegiatan Rapat Paripurna DPRD, Dalam rapat tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Hi. Agus Heriawan, S.Sos., serta dihadiri oleh Bupati Hi. Bambang Kurniawan, ST., Unsur Pimpinan Daerah serta 44 anggota DPRD, Sekda, Para Asisten, Kepala Dinas, Kepala Badan serta Camat se-Kabupaten Tanggamus.

Rapat paripurna membahas tentang penyampaian laporan hasil pembahasan, persetujuan DPRD dan Pendapat akhir fraksi kepala daerah terhadap rancangan perda inisiatif DPRD, serta penandatanganan MoU Prolegda (Program Legeslatif Daerah) Kabupaten Tanggamus Tahun 2016, Penandatanganan MoU KUA-PPAS APBD Kabupaten Tanggamus Tahun 2016.

Terkait dengan Laporan hasil pembahasan, persetujuan, dan pendapat akhir Bupati terhadap Ranperda inisiatif DPRD, Bupati Tanggamus Hi Bambang Kurniawan, ST., dalam sambutannya menyampaikan rasa terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya oleh karena pihak DPRD telah menyampaikan Rancangan Peraturan Daerah usul Inisiatif Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupate n Tanggamus hal ini menurut beliau menjadi indikator keseriusan pihak legislatif dalam merespon tuntutan serta gelombang dinamika perubahan yang berkembang dalam masyarakat.

Adapun kedua rancangan Perda tersebut adalah Pertama rancangan Perda Tentang Pengelolaan Zakat dengan harapan dan tujuan untuk mengoptimalkan pengelolaan zakat agar lebih memberikan manfaat kepada masyarakat dan pembangunan di Tanggamus.

Selanjutnyua adalah Rancangan Peraturan Daerah Tentang Pemberantasan Buta Aksara, bupati menuturkan bahwa dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan menyukseskan program pendidikan untuk semua sebagai salah satu sarana mengantisipasi pesatnya pembangunan, antaralain perlu didukung kemampuan baca tulis aksara bagi seluruh masyarakat Tanggamus.

“tentunya harapan kita bersama, ranperda ini akan memberikan manfaat bagi pembangunan daerah dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Tanggamus”pungkas Bupati menghiri sambutannya