AYO! UPDATE REGISTRASI NOMOR KARTU CELULER ANDA DENGAN NIK KTP

Jakarta, Kominfo – Kementerian Komunikasi dan Informatika akan memberlakukan registrasi nomor pelanggan yang divalidasi dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) mulai tanggal 31 Oktober 2017. Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan registrasi pelanggan seluler merupakan upaya pemerintah mencegah penyalahgunaan nomor dan melindungi konsumen, terutama bagi pelanggan prabayar.

“Sebagai komitmen memberikan perlindungan kepada konsumen serta untuk kepentingan national single identity. Selain itu manfaat lainnya adalah adanya keamanan, transparansi dan pelayanan nilai tambah bagi masyarakat,” katanya dalam Konferensi Pers  mengenai Pemanfaatan Data Kependudukan dalam Pelaksanaan Registrasi Kartu Prabayar Telekomunikasi di Ruang Serbaguna Kementerian Kominfo, Jakarta, Rabu (11/10/2017).

Menurut Menteri Rudiantara, ketentuan mengenai registrasi pelanggan seluler sudah dikeluarkan setahun yang lalu dalam bentuk Peraturan Menteri Kominfo Nomor 12 Tahun 2016 Tentang Registrasi Pelanggan Jasa Telekomunikasi. “Registrasi prabayar diinisiasi Kominfo pada 2016, meskipun sosialisasinya telah dilakukan sejak 2005. Sudah 11 tahun perjalanan untuk diimplementasikan, namun kita harus realistis karena registrasi prabayar ini tergantung pada keberadaan ekosistem dan proses sosialisasi ke masyarakat,” tuturnya.

Salah satu isu penting dalam pendaftaran nomor pelanggan, menurut Menteri Kominfo adalah kepastian data yang benar. “Ekosistem yang lain adalah bagaimana kita merujuk bahwa informasi yang disampaikan pelanggan saat registrasi adalah benar. Dengan adanya (data) Dukcapil maka validitas informasi yang disampaikan masyarakat adalah benar,” paparnya.

Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Zudan Arif Fakrulloh menilai pendataan nomor pelanggan sejalan dengan upaya pemerintah mendorong tata kelola pemerintahan dan bermasyarakat agar lebih tertib dan akuntabel. “Kita dorong tata kelola lebih efisien menuju sharing economy. Operator bisa tahu siapa saja pelanggannya,” paparnya.

Menurut Dirjen Zudan Arif, sampai saat ini total akses NIK oleh operator sudah mencapai 36.521.872 NIK. “Saya juga berterima kasih kepada Kominfo yang akan bangun ekosistem KTP-el. Ekosistem sendiri bisa terbangun jika data kependudukan yang ada juga baik. Kemendagri sendiri terus merapikan data Dukcapil,“ jelasnya.

Dirjen Dukcapil menambahkan  akses yang dapat digunakan oleh masing-masing operator saat ini mencapai 100 transaksi per detik. “Jadi para operator jangan khawatir untuk mengakses. Sehari bisa 1 juta NIK yang diakses, sehingga dalam 2 bulan bisa selesai proses registrasi,” tambahnya.

Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Kominfo Ahmad M. Ramli menyatakan proses registrasi bukan hal yang sulit selama mengikuti prosedur yang benar. “Dimana cara registrasi kartu perdana dilakukan dengan mengirimkan SMS ke 4444 dengan format NIK#NomorKK#,” katanya seraya mendorong pelanggan mendatarkan sendiri nomor yang dimilikinya.

Dirjen Ramli menyebut proses registrasi ulang akan berlangsung sampai akhir Februari 2018. Ia pun menegaskan agar proses berhasil diperlukan data yang sesuai dengan NIK. “Informasi tersebut harus sesuai dengan NIK yang tertera di Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP–el) dan KK agar proses validasi ke database Ditjen Dukcapil dapat berhasil. Proses registrasi ini akan dimulai pada 31 Oktober 2017 dan akan berakhir pada 28 Februari 2018,” jelasnya.

Turut hadir pada konferensi pers diantaranya Ketua Umum Asosiasi Telekomunikasi Seluler Indonesia (ATSI) Merza Fachys, Komisioner BRTI dan  perwakilan dari Indosat Ooredoo, Telkomsel, XL Axiata, Telkom, Smartfren Telecom dan Hutchison 3 Indonesia. (VE)

SOURCE REPOST: https://www.kominfo.go.id/content/detail/10888/lindungi-konsumen-kominfo-terapkan-validasi-nomor-seluler-dengan-nik/0/berita_satker

Pemberian Bantuan Dana kepada Penghulu (PPN), Guru Ngaji, Penceramah dan Majelis Taklim

Semaka — (16/10) Wabup Samsul Hadi melaksanakan kegiatan Pemberian Bantuan Dana kepada Penghulu (PPN), Guru Ngaji, Penceramah dan Majelis Taklim di lima Kecamatan, yang ditempatkan di Pekon Sukajaya Kecamatan Semaka.
Lima kecamatan dimaksud adalah Kecamatan Pematang Sawa, Kecamatan Semaka, Kecamatan Bandar Negeri Semuong, Kecamatan Wonosobo dan Kecamatan kota Agung Barat. Dengan jumlah penerima bantuan terdiri dari 367 Majelis Taklim, 182 Guru Ngaji/Penceramah dan 64 PPN.
Dalam sambutannya Wakil Bupati berharap agar Kabupaten Tanggamus kedepan memiliki guru ngaji yang berkualitas dan bermutu, guna melahirkan generasi yang baik dan unggul karena salah satu Visi Tanggamus yaitu Agamis, sehingga penganut agama, khususnya Islam mengerti agama Islam itu apa, yang harus dihayati dan diamalkan.
“Oleh karena itu peran para guru ngaji ini adalah sentral dan sangat penting. Selain itu di Kabupaten Tanggamus terdapat 1.657 Majelis Taklim, yang tersebar di 20 Kecamatan. Jika ini kita optimalkan maka Tanggamus akan aman. Untuk itu saya mengajak mari sama sama kita gelorakan Tanggamus aman bahkan sampai ke anak TK sekalipun,” tambahnya.
Dalam kesempatan tersebut turut mendampingi Wakil Bupati, Kabag Kesmas Hi. Muhibun, Camat dan Uspika Kecamatan Semaka. (Deni-Kominfo)

Pemkab-Polres Tanda Tangani NPHD Pengamanan Pilkada

Kota Agung — Senin (16/10) bertempat di Ruang Wakil Bupati Tanggamus, dilaksanakan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) Antara Pemerintah Kabupaten Tanggamus dengan Kepolisian Resort Tanggamus.
Penandatanganan dilaksanakan oleh Wakil Bupati Tangggamus Hi. Samsul Hadi, M.Pd.I., dan Kapolres Tanggamus AKBP. Alfis Suhaili, SIK, M.Si., yang diwakili oleh Wakapolres Kompol M. Budi Setiadi, SIK, MM.
NPHD ini disusun berdasarkan Undang-Undang No. 8 Tahun 2015 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 Tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, Dan Walikota Menjadi Undang-Undang. Dimana pada Pasal 166 ayat (1) dinyatakan bahwa pendanaan kegiatan Pemilihan dibebankan pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah dan dapat didukung oleh Anggaran Pendapatan Belanja Negara sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
Adapun hibah ini diberikan kepada Polres Tanggamus untuk membiayai pelaksanaan Pengamanan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2018, dengan jumlah anggaran 8,2 Milyar Rupiah. Selain itu pengamanan Pilkada Tahun 2018 ini juga akan melibatkan Kodim 0424 Tanggamus, yang NPHD nya akan ditanda tangani pada hari lusa (18/10).
Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Sekdakab Hi. Andi Wijaya, Asisten Bidang Pemerintahan Paksi Marga, Kepala BPKAD Hilman Yoscar, Kepala Bappeda Hendra Wijaya, Kadis Kominfo Sabaruddin, Kepala Kantor Kesbangpol Ajpani, dan Kabag Hukum Nuripin. (Manzori-Kominfo)

Wakil Bupati Hadiri Bersih Pekon Sudimoro Bangun Semaka

Semaka — Sabtu (14/10), Wakil Bupati Tanggamus Hi. Samsul Hadi, M.Pd.I., menghadiri kegiatan Bersih Desa di Pekon Sudimoro Bangun, Kecamatan Semaka.
Kegiatan ini dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya dalam rangka syukuran warga atas nikmat yang telah diterima selama ini, sekaligus doa bersama agar senantiasa diberikan keselamatan dan kemakmuran serta terhindar dari ancaman bencana dan malapetaka.
Pada kesempatan tersebut Wabup Hi. Samsul Hadi memberikan santunan kepada anak yatim dan bantuan kepada lansia di Pekon setempat.
Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Camat Semaka Edy Fachrurozi, Uspika, Kepala Pekon Sudimoro Bangun, serta tokoh masyarakat setempat. (Deni-Kominfo)

PELEPASAN TIM U17 PSSI TANGGAMUS

Talang Padang – Koordinator Saspras KONI Tanggamus  Bapak Sastra Winata mewakili Ketua KONI Kab. Tanggamus resmi melepas PSSI Tanggamus untuk bertanding mengikuti U17 Tingkat Nasional di Stadion Agung Bantul Jogjakarta, Acara berlangsung di Aula kantor Kec.Talang Padang, Jumat (13/10).
Jumlah peserta 27 Orang Perwakilan dari PSSI Kab.Tanggamus, mulai bermain dari tanggal 14- 20 Oktober 2017 dan melawan PSSI dari Surabaya, NTT dan Kalimantan Tengah.
Dalam sambutan Koordinator Saspras Bapak Sastra Winata mewakili Ketua Umum KONI Kab.Tanggamus Hi.Samsul Hadi,M.Pd.I , beliau menyampaikan Selamat jalan dan agar para pemain Tim untuk menjaga kesehatan, Makanan dan Minuman serta dapat mengukir Prestasi yang lebih baik. beliau berharap dengan mengikuti Laga PSSI U17 perwakilan ini mendapatkan juara yang terbaik dan bisa membawa nama baik Kab.Tanggamus
Turut Hadir dalam acara tersebut Camat Talang Padang Ibu Yulinarti,SE., Koordinator Saspras Koni Tanggamus Bapak Sastra Winata, Ismail Kardi Ketua PS. Tanggamus, Kepala Pekon Talang Padang dan Uspika Kecamatan.

HARI CUCI TANGAN PAKAI SABUN

Dalam sambutannya Ketua TP PKK Tanggamus Hj. Af’illah, S.Pd.I., mengatakan bahwa HCTPS adalah sebuah kampanye global yang dicanangkan oleh PBB yang bekerja sama dengan organisasi Pemerintah maupun Swasta untuk menggerakkan perilaku cuci tangan pakai sabun agar menghindarkan masyarakat dari penyakit.
Dimana berdasarkan hasil riset yang dilakukan oleh WHO perilaku tersebut dapat menurunkan kasus diare hingga 50% serta untuk mencegah infeksi cacing, infeksi mata dan penyakit kulit. Perilaku ini juga merupakan upaya untuk menurunkan tingkat kematian balita dan mencegah penyakit yang dapat berdampak kepada penurunan kualitas kesehatan manusia.
Sedangkan tujuan dilakukannya  peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun ini adalah untuk membiasakan diri cuci tangan pakai sabun pada anak sekolah, keluarga dan masyarakat sejak dini. Apalagi ini adalah cara yang mudah dan murah dan bisa di lakukan oleh siapa saja.
“Melalui kegiatan ini diharapkan partisipasi aktif seluruh masyarakat Tanggamus untuk ikut membiasakan perilaku tersebut, sehingga pada akhirnya menjadi kebiasaan dan membudaya. Saya harapkan kepada seluruh yang hadir disini untuk menjadi pelopor di lingkungannya masing masing,” tambahnya.
Sementara Wakil Bupati Tanggamus dalam sambutannya yang disampaikan oleh Asisten Sekdakab Bidang Ekobang Drs. Hi. Firman Ranie., menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada TP-PKK Kabupaten Tanggamus yang telah melaksanakan kegiatan HCTPS tersebut.
Kegiatan ini adalah salah satu langkah kongkrit dalam upaya mencegah terserangnya penyakit kepada masyarakat khususnya anak-anak. Apalagi sebagaimana diketahui tingkat kesadaran masyarakat untuk cuci tangan pakai sabun masih sangat rendah.
Oleh karenanya kegiatan ini merupakan sebuah kampanye untuk menggalakkan perilaku tersebut oleh masyarakat dan sebagai upaya pencegahan terhadap penyakit dan menurunkan angka kematian pada anak-anak.
Dimana angka kematian pada anak-anak masih cukup tinggi, yaitu mencapai lebih dari 5.000 anak balita penderita diare meninggal setiap harinya di seluruh dunia, sebagai akibat dari kurangnya akses air bersih, fasilitas sanitasi dan pendidikan kesehatan. Selain itu setiap tahunnya sebanyak 3,5 juta anak-anak di seluruh dunia meninggal sebelum umur lima tahun karena penyakit diare dan ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Atas).
Lebih lanjut Wabup berharap dengan dilakukannya kegiatan ini, nantinya masyarakat Tanggamus mulai merubah perilakunya dengan mencuci tangan pakai sabun, sehingga dengan demikian akan tercipta generasi yang sehat jasmani maupun rohaninya.
Acara ini juga turut dihadiri oleh para Kepala OPD, Forkopimda, Ketua DWP Tanggamus Arjuliati Syam, Camat dan Uspika Kecamatan Sumberjo, KUPT, para Kepala Sekolah, Kepala Pekon dan masyarakat setempat.
Dalam kegiatan ini ditampilkan juga aksi Senam Cuci Tangan Pakai Sabun dari peserta didik PAUD dan SMPN 1 Sumberejo, serta Gerakan Cuci Tangan Pakai Sabun Bersama yang dilaksanakan oleh Wakil Ketua TP PKK didampingi jajaran pejabat yang hadir. (Ismail-Kominfo)

LOMBA SEKOLAH SEHAT- USAHA KESEHATAN SEKOLAH ( LSS-UKS )

Gisting – Tim Penilai dari Provinsi Lampung mengunjungi Kabupaten Tanggamus dalam rangka Lomba Sekolah Sehat – Usaha Kesehatan Sekolah (LSS-UKS) bertempat di SMK Muhammadiyah Gisting di Pekon Gisting Bawah,Rabu (11/10).
Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Tanggamus Hi.Samsul Hadi,M.Pd.I , Ketua Tim Penilai dari provinsi Ibu Ratna Dewi,MM. dari biro Kesmas Provinsi lampung beserta rombongan, Asisten II Fb.Karjiono,Asisten III Firman Rani, Wakul Ketua TP PKK Kabulaten Hj. af’illah,S.Pd.I ,Ketua DWP Ibu Arjuliati Syam, Kepala OPD Tanggamus ,Camat Gisting Firdaus, Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah Gisting,Uspika Kecamatan,UPT Pendidikan,serta Para Dewab guru.
Dalam laporan Kepala SMK Muhammadiyah Gisting beliau menyampaikan SMK/STM Muhammadiyah Gisting berdiri pada tahun 1998, didirikan oleh majlis Pendidikan dasar dan Menengah Pimpinan Cabang Muhammadiyah Gisting.  Sejak awal berdirinya SMK/STM Muhammadiyah berkonsentrasi  pada jurusan teknik Mekanik Otomotif hingga sekarang.
Visi SMK Muhammadiyah Gisting  adalah KUAT yakni ( Kokoh dalam Iman, unggul dalam ilmu dan amal, anggun dalam akhlak, dan terampil dalam IPTEKS). Adapun jumlah siswa kami sebanyak 897 orang yg terbagi kedalam tiga program studi yaitu TKR,TKJ,DAN TSM. Kami juga ciptakan pembelajaran lain diluar sekolah atau ekstrakurikuler diantaranya IOM, Nasyid, Marching band, pramuka, seni bela diri ,olahraga ,dll. Harapan kami semoga dalam lomba LSS -UKS Tingkat provinsi ini bisa maju mewakili tanggamus ke tingkat nasional  sehingga SMK Muhammadiyah semakin maju dan berkembang.
Selanjutnya dalam sambutan Wabup Tanggamus Hi. samsul hadi,M.Pd.I beliau menyampaikan ucapan selamat datang kepada Tim Penilai lomba LSS-UKS Tingkat Provinsi Lampung. Beliau mengapresiasi positif atas terselenggaranya kegiatan ini karna sebagai suatu upaya meningkatkan mutu pendidikan sekaligus derajat kesehatan khususnya dilingkungan sekolah.
Pemerintah Kabupaten Tanggamus melalui Dinas Pendidikan da. Instansi terkait telah memprogramkan berbagai kegiatan yang mendukung pelaksanaan program LSS -UKS.Diantaranya adlah pelatihan dokter kecil tingkat SD, pelatihan kader kesehatan remaja tingkat SMP, dan lomba sekolah sehat tingkat TK,SD,SMP,dan SMA.
Adapun sekolah yang mengikuti Lomba Tingkat Provinsi ini adalah TK Fransiscus Gisting,SD Negeri 1 Antar Brak kec.limau, SMP Negeri 1 Gisting, dan SMK Muhammadiyah Gisting.
Harapan Wabup semoga Sekolah2 di Kabupaten Tanggamus yang telah berprestasi dibidang UKS bisa terus mempertahankan reputasi dan membiat prestasi baru.
Sementara dalam sambutan Ibu Ratna Dewi,MM. dari biro Kesmas Provinsi Lampung mewakili Gubernur Lampung beliau menyampaikan sebagaiman kita ketahui ,lomba Sekolah sehat merupakan salah satu upaya penting dalam rangka pembinaan dan mengevaluasi sejauh mana serta apa yg telah kita lakukan khususnya didalam Program Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah dapat terlaksana dengan sebaik-baiknya.
Adapun Visi UKS Adalah “Anak didik sehat ,cerdas ,berkualitas ,dan,berakhlak Mulia”. Yakni Mewujudkan peningkatan derajat kesehatan anak didik melalui oengembangan peran  serta masyarakat sekolah dan masyarakat disekitar sekolah,serta meningkatkan kualitas anak didik untuk mencapai prestasi belajar yang optimal.
Beberapa sasaran Usaha Kesehatn Sekolah yang menjadi target program kita adalah kedepan adalah ,Strata UKS/M yang meliputi UKS/M Model,tersedianya konselung kesehatan reproduksi remaja diseklah pemberantasan kecacingan dwngan pemberian obat cacing pada anak sekolah.

PENGUATAN PROFESIONALISME GURU TK, SD, SMP PULAU PANGGUNG

PULAU PANGGUNG  (11/10) jam 10.00 wib.
Wakil Bupaiti Tanggamus Hi.Samsul Hadi, M.P.di di dampingi Kadis Pendidikan Drs.Johansyah, M.M
Camat Pulau Panggung Sarif Zulkarnain Kapolsek Pulau Panggung   Bapak Budi Harto dan Kepala UPT Pendidikan Pulau Panggung Sri Handoko  Menghadiri kegiatan Penguatan Profesionalisme Guru TK, SD, SMP Se-Kabupaten Tanggamus di Aula Gedung PGRI Pulau Panggung.
Turut Hadir Ibu Evi Ghozali dan Bapak Hadi Kuncoro  selaku Narasumber dan Para Guru Tk, SD, SMP Se Kecamatan Pulau Panggung.
Dalam sambutannya Wakil Bupati  menyampaikan Apresiasi yang setinggi tingginya kepada seluruh Tenaga Pendidik yang ada di kabupaten Tanggamus khusus yang ada di Kecamatan Pulau Panggung Atas peran sertanya dalam mencerdaskan Peserta didik di lingkungan Sekolahnya Masing masing. Pemerintah Kabupaten Tanggamus Terus bersemangat dalam melakukan Pengembangan dan Pembamgunan si sektor Pensidikan. Guru merupakan Komponen penting dalam keberhasilan Penyelenggaraan dunia Pendidikan Formal di Sekolah.
Oleh karena itu di perlukan Guru yang  berkuealitas dan Profesional dalam mendidik ilmu Pengetahuan. Serta di harapkan bisa memotiivasi peserta didik dan membangun karakter positif yang sesuai dengan  kepribadian masing masing siswa. Untuk mendukung Profesionalisme Guru di dalam mendidik maka seorang Guru perlu mempunyai Kopetensi Kepribadian karna Guru Adalah Pendidik  yang bertugas dalam mengembangkan dan menentukan keberhasilan kepribadian dan karakter peserta didik.  Penguasaan kopetensi dan karakter yang memadai dari seorang Guru sangat  membantu dalam upaya pengembengan karakter siswa.
Beliau himbau kepada semua Pendidik , tenaga Pendidik untuk dapat lebih menguasai Iptek dan Imtaq serta meningkatkan Profesionalsme, kualitas pelayanan akses yang berkeadilan kepada seluruh peserta didik selaku kader kader bangsa di masa yang akan datang untuk memperoleh pendidikan yanlebih baik dan berkuwalitas.
Para Guru hendaknya lebih melek teknologi khususnya teknologi informasi. Guru harus bisa mengoprasikan komputer dan media komunikasi seperti handphone yang berbasis sistem android .
Karena banyak hal yang dapat di pelajari dari pemakaian teknologi canggih tetsebut.

Kwaran dan Mabiran Bandar Negeri Semuong Dilantik

BNS — Selasa (10/10) Wakil Bupati Tanggamus Hi.Samsul Hadi, M. Pd. I yang juga menjabat sebagai Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Tanggamus melantik sekaligus mengukuhkan Kwartir Ranting (Kwaran) dan Majelis Pembimbing Ranting (Mabiran) Gerakan Pramuka Kecamatan Bandarnegerisemuong masa bhakti 2017-2022 di SDN 1 Sanggi, Kecamatan Bandar Negeri Semuong.
Untuk Mabiran Kecamatan Bandarnegerisemuong yang dikukuhkan adalah Camat BNS Suwandi, Kapolsek Wonosobo Iptu Andre, Kepala UPT Pendidikan Kecamatan BNS Khotib, Kepala UPT Puskesmas BNS Heri dan pengawas TK-SD Kecamatan BNS. Lalu untuk Ketua Kwaran yang dikukuhkan adalah Yawaladi.
Samsul Hadi dalam sambutannya mengatakan bahwa Pramuka adalah  gerakan kepanduan yang total membangun karakter. Pelajaran Pramuka termasuk ekstrakurikuler wajib sehingga setiap hari disekolah minimal dua jam setiap hari. “Jadi tolong giatkan Pramuka disekolah. Hilangkan budaya tidur siang, kepada guru dan kakak pembina harus mencontohkan disiplin kepada murid, khususnya dalam berpakaian,” ujar Samsul.
Wabup berharap kepada Kakwaran dan Mabiran bisa menjalankan misi organisasi dengan sebaik baiknya membangun karakter bangsa, menjalankan dasadarma, trisatya.
“Anak harus kita latih dari awal, tanamkan kedisplinan dan juga ilmu pengetahuan yang menggembirakan melalui Pramuka. Harapan kita Kakwaran bisa menjalakan program ini dengan sebaik baiknya, termasuk peningkatan mutu pembina,” tambah wabup.

PENGUATAN PROFESIONALISME GURU TK, SD, SMP SE-KABUPATEN TANGGAMUS

Talang padang Rabu (04/10).
Rabu pukul 15.00 wib Wakil Bupati Tanggamus Hi.Samsul Hadi, M.P.di menghadiri kegiatan Penguatan Perofesionalisme Guru TK, SD, SMP SE- Kabupaten Tanggamus yang di laksanakan di Aula Balai Pekon Talang Padang. Di kesempatan tersebut Wakil Bupati di dalam sambutanya menyampaikan bahwa Guru adalah Perantara Ilmu dari Tuhan Yang Maha Esa dan Guru adalah penentu keberhasilan generasi penerus,  Beliau juga mengajak kepada Para guru untuk benar bebar di dalam Mendidk, Guru harus menambah wawasan dan pengetahuan dengan cara membaca buku atau dengan mengikuti pemaparan pemaparan  Guru harus berpenampilan rapih,  sehingga bisa menjadi sumber inspirasi bagi murid muridnya.
Turut hadir Camat Talang Padang Ibu Yuli Yunarti , Para Kepala UPT Dinas Pendidikan dan Para Guru TK, SD, SMP SE-Kabupaten Tanggamus yang mengikuti kegiatan tersebut.