UPACARA PELANTIKAN SATGAS ANTI RADIKAL, KOMUNIS DAN TERORIS WILAYAH KABUPATEN TANGGAMUS

dsc_0062
Bupati Kabupaten Tanggamus yang di wakili olehsu Wakil Bupati Kabupaten Tanggamus H.Samul hadi, M.Pd.I Menghadiri Upacara Pelantikan Satgas Anti Radikal, Komunis dan teroris di Lapangan Pemerintah Kabupaten Tanggamus 20 Oktober 2016.
Wakil Bupati Kabupaten Tanggamus H.Samul hadi, M.Pd.I Bertindak sebagai Inspektur Upacara, dan Peserta upacara TNI, Polri, Satpol PP, Dishub serta Satgas yang di wakili 10 anggota satgas perpekon Se-Kabupaten Tanggamus.
Dalam kegiatan tersebut turut hadir Uspida Kab.Tanggamus, Seluruh kepala SKPD Kab.Tanggamus, Camat Se-Kab.Tanggamus dan Kepala Pekon Se-Kab.Tanggamus.
dsc_0053
Dalam sambutannya Wakil Bupati Kabupaten Tanggamus H.Samul hadi, M.Pd.I Mengatakan “Dewasa ini banyak muncul aliran, Ideologi yang bersifat radikal. Paham radikalisme menimbulkan sikap ekstrim hal ini tidak sesuai dengan nilai Pancasila.
Dalam sejarah perjalanan bangsa indonesia paham komunis dan teroris telah menimbulkan dampak yang luar biasa bagi perkembangan keamanandan ketentraman bangsa begitu berbahayanya karena dapat merusak tatanan dan konsep nilai-nilai NKRI  yang berfalsafah pancasila. Untuk mengantisipasi masuk dsan berkembangnya paham radikal komunis dan terorisme di wilayah kita maka kepolisian Resort Tanggamus bersama Pemerintah Kabupaten Tanggamus, DPRD Tanggamus, Komando Distrik Militer 0424 Tanggamus, Kejaksaan Negri Tanggamus, Badan Intelijen Negara Daerah Tanggamus dan Majlis Ulama Indonesia Kabupaten Tanggamus. Membentuk Satuan Anti Radikalisme, Komunisme dan Terorisme tingkat pekon dalam rangka pencegahan masuk dan berkembangnya ketiga faham tersebut.
Dalam pelaksanaannya nanti kegiatan pencegahan faham radikal, komunis dan teroris bersama satgas Anti RKT Kab.Tanggamus, akan melaksanakan kegiatan
1.Pre Emtif
 a.Penyuluhan hukum
 b.Sosialisasi
 c.Anjau silau
 d.Kampanye
 e.Penyebaran pamflet
 f.Pemasangan spanduk
 g.Talkshow
 h.Dialog interaktif
2.Kegiatan Pre-ventif
 a.Anjau silau
 b.Ronda pekon
 c.Menerapkan wajib lapor terhadap tamu yg bermalam dengan tempo lebih dari 1×24 jam.
Pada kesempatan tersebut dilanjutkan penandatanganan Mou Satgas Anti Radikal, Komunis dan teroris Kabupaten Tanggamus yang di tandatangani oleh Kapolres, Dandim 0424, Kepala.Kejaksaan Negri, Kepala Pengadilan, Ketua DPRD, Ketua MUI Kab.Tanggamus yang di saksikan oleh Wakil Bupati Kabupaten Tanggamus H.Samul hadi, M.Pd.I

Penutupan TNI Manunggal Membangun Desa/TMMD ke 97 Kodim 0424/Tanggamus

9

Pada hari Rabu tanggal 19 Oktober 2016, sekitar pukul 10.30 WIB, di Lapangan Pekon Way Nipiiah Kec. Pematang Sawa Kab. Tanggamus, telah berlangsung upacara penutupan TNI Manunggal Membangun Desa/TMMD ke 97 Kodim 0424/Tanggamus tahun 2016, dengan tema “Dengan Semangat Kemanunggalan Serat Kekorjasama Lintas Sektoral Dan Lintas Komponen Bangsa Kita Tingkatkan Percepatanoo Pembangunan Di Daerah Guna Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat”

8
Upacara Penutupan TMMD ke 97 tahun 2016 di tutup oleh Mayjen. TNI. Sumedy, SE., MM. (Pati Ahli Kasad) dengan diikuti oleh peserta upacara antara lain : TNI (Personil Kodim 0424/Tanggamus, Yonif 143/TWEJ dan Pos Kamla TNI AL Kota Agung), Polisi Resort Tanggamus, Satuan Polisi Pamong Praja/Satpol PP Kab. Tanggamus,  Dinas Perhubungan Kab. Tanggamus, Polisi Kehutanan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan/TNBBS, FKPPI Tanggamus, Siswa SUPM Waygelang Kota Agung, Pelajar SMP Negeri 1 Kec. Pematang Sawa dan masuarakat Pekon Pematang Sawa.

5
Hadir dalam kegiatan Upacara Penutupan TMMD ke 97 antara lain :
a. Letkol Inf. Y. Hartono  (Pabandya Bhakti Ster Kodam II/Swj) b. H. Bambang Kurniawan ST (Bupati Tanggamus) c. Letkol Inf. Hista Soleh Harahap (Dandim 0424/Tanggamus/Dansatgas TMMD ke 97) d. Letkol Inf. Didik H. (Dandim 0410/Kota Bandar Lampung) e. Letkol Inf. JP. Sipayung (Kasiter Rem 043/Gatam) f. Mayor Mar. Imam Supriyanto (Wadanyon 9 Marinir Lampung) g. Mayor Inf. Asrin (Kasdim 0424/Tanggamus) h. Peltu Bambang HS (Danpos Kamla Kota Agung) i. Kompol. Hepi Kasasi. (Wakapolres Tanggamus) j. Heri Agus Setiawan, S.Sos (Ketua DPRD Tanggamus/PDIP) k. Taufan Zakaria SH (Kajari Kota Agung)        l. M. Yusuf (Ka. Kandepag Tanggamus) p. Yumin, BA. Kasat Pol PP Tanggamus) q. Sabar Sitanggang (Mewakili Kakan. Kesbangpol Tanggamus) r. Edi Fahrul Rozi (Camat Pematang Sawa) t. Para Danramil dan Pa Staf Jajaran Dim 0424/Tanggamus) u. Dan Unit Intelijen Dim 0424/Tanggamus) v. Unsur SKPD Kab. Tanggamus, Kepala Pekon se-Kec. Pematang Sawa, Tomasy/Toga/Toda Kec. Pematang Sawa, dan sekitar 600 tamu undangan.

1
Mayjen TNI Sumedy SE. MM  (Pati Ahli Kasad) dalam membacakan amanat Kasad menyampaikan, antara lain :
a. Kegiatan yang dilaksanakan ini dalam upaya TNI dalam membantu pemerintah daerah  untuk mendukung kemajuan pemda dan untuk kemakmuran masyarakat. b. Jaga semangat gotong royong, dalam upaya menjaga keutuhan NKRI dan jadikan evaluasi TMMD ke 97 ini untuk kebaikan TMMD mendatang.

7
Hasil pelaksanaan TMMD ke 97 Kodim 0424/Tanggamus terdiri dari :
a. Sasaran fisik, meliputi  :
1) Pembukaan badan jalan Pekon Way Nipah  dengan ukuran Panjang 5000 Meter X  Lebar 8 Meter 100% selesai. 2) Perkerasan jalan dengan sirtu ukuran Panjang 2.400  Meter X Lebar 3 Meter 100% selesai. 3) Pembangunan Jembatan semi permanen dengan ukuran Panjang 18 Meter X Lebar 2,4 Meter 100% selesai. 4) Sasaran over target : a. Jembatan kayu 4 unit 100% selesai. b. Gorong-gorong plat deker 5 unit 100% selesai. c. Pembuatan badan jalan Panjang 500 Meter X Lebar 3 Meter 100% selesai. d. Pembuatan siring galian Panjang 6000 Meter X Lebar 1 Meter 100 Meter 100% selesai. e. Rehab terbatas dan pengecetan mushola 1 unit 100% selesai.
b. Sasaran non fisik, meliputi :
1) Penyuluhan wawasan kebangsaan dihadiri 50 orang masyarakat. 2) Penyuluhan hukum, bahaya narkoba. KDRT dan Kamtibmas dihadiri 150 orang masyarakat. 3) Penyuluhan peternakan, perkebunan dan pariwisata dihadiri 150  orang masyarakat. 4) Penyuluhan bahaya ISIS/Aliran sesat  dihadiri 150 orang masyarakat. 5) Pelayanan kesehatan dan KB. a. Pelayanan Kesehatan 125 pasien. b. Pelayanan KB. 1) Implan 47 orang. 2) Suntik 77 orang 3) Pelayanan khitanan masal 23 anak.
Pukul 11.05 Wib, Upacara Penutupan TMMD ke 97 Kodim 0424/Tanggamus tahun 2016 selesai, Mayjen TNI Sumedy SE. MM (Pati Ahli Kasad) selanjutnya menyerahkan secara simbolis berupa sembako kepada masyarakat Pekon Way Nipah Kec. Pematang Sawa, dilanjutkan kegiatan peletakan pemasangan jambanisasi secara simbolis, kemudian dilanjutkan peninjauan kegiatan pengobatan massal dan peninjauan ke lokasi kegiatan fisik TMMD ke 97 Kodim 0424/Tanggamus di Pekon Way Nipah Kec. Pematang Sawa yang di dampingi oleh Letkol Inf. Hista Soleh Harahap (Dandim 0424/Tanggamus/Dansatgas TMMD ke 97)  dan Unsur Pejabat tamu undangan yang hadir.

2 4
Kegiatan tatap muka kepada masyarakat Pekon Way Nipah bahwa Mayjen TNI Sumedy SE. MM (Pati Ahli Kasad) menyampaikan : a. Sangat bangga terhadap terlaksananya TMMD ke 97 Kodim 0424/Tanggamus di Pekon Way Nipah. b. Pembangunan melalui  TMMD tahun ini telah selesai, nantinya pembangunan jalan bisa dilanjutkan pembangunannya melalui karya bhakti, kerja sama antara Pemda Tanggamus dengan Kodim 0424/Tanggamus dengan waktu yang tidak terbatas. c. Atas saran dari masyarakat, berharap dibangunnya pos kampling.
Pukul 13.20 Wib, kegiatan selesai berlangsung lancar dan aman.
Demikian yang dapat dilaporkan.

PENYAMBUTAN JAMAAH HAJI KABUPATEN TANGGAMUS

img_2391

BANDAR LAMPUNG- Pagi tadi Selasa (27/9) Jamaah Haji asal Kabupaten Tanggamus Kembali di pulangkan Ke Tanah Air, dan di tempatkan di Asrama Haji Bandar Lampung.kedatangan para jamaah haji tersebut disambut langsung oleh Bupati Tanggamus H. Bambang Kurniawan, ST., Didampingi juga oleh Wakil Bupati Tanggamus H. Samsul Hadi, M.Pd.I ., Serta turut dihadiri juga Kepala Kemenag Kabupaten Bapak Muhammad Yusuf., Kabag Kesmas dan Keagamaan Zulpadli.,dan Wakil Ketua DPRD Rusli Shoheh.,,

img_2386

Dalam laporan Bapak Drs. H. Aswari kasi haji dari Kemenag Kabupaten Tanggamus Beliau menyampaikan Bahwa jumlah jamaah haji yang diberangkatkan berjumlah 186 orang, namun dikurangi dua orang yang tidak jadi diberangkatkan karna melihat kondisi kesehatan yang tidak memungkinkan dan dari pihak keluarga juga tidak mengizinkan. sehingga jumlah keseluruhan yang diberangkatkan menjadi 184 orang. Para jamaah haji terbang dari bandara Jeddah Arab saudi sekitar Pukul 10 tadi malam dan tiba di Asrama Haji Bandar lampung tadi pagi sekitar Pukul 09.00 WIB.., Beliau juga menyampaiakan para jamaah haji akan kembali di pulangkan kepada keluarganya dengan diantar via travel panitia pengurus haji kab. tanggamus. dan akan ditransitkan di masjid Islamic center, Masjid Al- Islah Pasar madang..untuk dijemput oleh keluarganya masing-masing.

img_2375

Sementara dalam sambutan Bupati Tanggamus H. Bambang Kurniawan, ST., Beliau menyampaikan ucapan selamat atas kepulangan jamaah haji kab. tanggamus dan atas rahmat Allah SWT ., Jamaah haji bisa pergi ke tanah suci dengan selamat dan pulang dengan selamat juga.Beliau juga menyampaikan Haji mabrur adalah haji yang baik, haji yang berhasil ,haji yang sesuai dengan tujuan apa seseorang diperintahkan untuk berhaji dan yang mengembalikan hamba kepada kesucian dan haji yang diterima oleh Allah SWT, haji yang mabrur bukanlah  dari orang lain melainkan dari diri kita sendiri dan haji yang mabrur hanya allah yang tahu.

img_2325

Atas nama pemerintah  daerah  kabupaten tanggamus menerima dan menyambut kembali kedatangan jamaah haji dan hajjah untuk tahun 2016 dan sekaligus saya lepas kepangkuan keluarga kita masing-masing. Dan melalui kesempatan ini juga saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada saudara penyelenggara urusan haji, panitia pemberangkatan dan pemulangan haji Provinsi Lampung semoga Allah SWT akan memberikan pahala yang setimpal dengan amal perbuatan saudara sekalian.Text(Mrd)

BUPATI HADIRI ACARA KONTES TERNAK SABURAI

3-kontes-ternak

Sumberejo – Bupati Tanggamus Hi. Bambang Kurniawan, ST., pagi tadi menghadiri acara Kontes Ternak Kambing Saburai Tingkat Kabupaten di Lapangan Pekon Dadapan Kecamatan Sumberejo, Jum’at (09/09).

Dalam sambutannya Bupati mengatakan bahwa Pemda Tanggamus berupaya untuk menciptakan dan menjalankan berbagai program pembangunan yang   pada tujuan akhirnya adalah peningkatan kesejahteraan masyarakat, salah satunya adalah masyarakat peternak.

2-kontes-ternak

Pembangunan peternakan merupakan bagian  integral pembangunan pertanian khususnya dan pembangunan nasional umumnya.

Bupati melanjutkan, untuk lebih meningkatkan produktifitas ternak kambing saburai Pemkab Tanggamus pada tahun 2016 memberikan bantuan berupa kandang ternak sebanyak 40 unit yang tersebar di Kecamatan Kotaagung Timur, Gisting, Sumberejo, Gunung Alip, Pugung, Bulok, Kelumbayan Barat dan Airnaningan.

1-kontes-ternak

“berkaitan dengan kontes ternak kambing saburai ini sepenuhnya saya menyambut gembira dan berharap dapat berlanjut pada tahun-tahun yang akan datang dan dapat memotivasi peternak dalam menjaga kualitas pengelolaan ternak dalam mengembangkan potensi lokal secara mandiri,” Harap Bupati

Pada kesempatan tersebut juga diberikan penghargaan kepada para juara lomba ternak tingkat kabupaten oleh Bupati.

Turut hadir pada acara tersebut Anggota DPRD Syafii,  Perwakilan Dinas Peternakan Provinsi, Asisten Bidang Ekonomi, Kadis Peternakan Tanggamus, Kadis Kelautan, Kepala BP4K, Kepala Badan Ketahanan Pangan,  Kadis Pendidikan,  Kadis Kehutanan, Inspektur Firman, Kadis Kominfo Sabarudin, Kadis Pertanian Sony dan Kepala PMD.

 

 

RAPAT PARIPURNA ISTIMEWA

RP16 Rp161

RAPAT PARIPURNA ISTIMEWA
Mendengarkan pidato kenegaraan Presiden Republik Indonesia dalam rangka memperingati hari ulang tahun Republik Indonesia Ke-71 Kabupaten Tanggamus di Gedung DPRD Kabupaten Tanggamus, Selasa 16 Agustus 2016
Di hadiri Oleh Bupati Tanggamus H.Bambang kurniawan, ST dan Wakil Bupati H.Samsul hadi, M.Pd.I, Ketua DPRD beserta Anggota, Muspida, Sekda , Asisten Jajaran SKPD dan Undangan.

Tanggamus Juara Umum Soeratin Cup

suratin

 

FINAL SOERATIN CUP, Soeratin Cup yg dilaksanakan di Kab. Tanggamus Sukses Pelaksanaan dan Sukses Prestasi dengan ditandai Dalam Final Kesebelasan Kab. Tanggamus mengalahkan Kesebelasan Kab. Pringsewu dengan skor 1-0 . Kesebelasan Kab. Tanggamus mewakili Provinsi Lampung untuk tingkat Nasional. Pada kesempatan tersebut Bupati Tanggamus H. Bambang Kurniawan, ST menyerahkan Trofi Piala kepada Kesebelasan yang menjadi Juara.

Suratin2

surartin1

Bupati Tanggamus Hadiri Pemberian Adok Kebandhan Banding Agung

adok3adok2adok1

PEMBERIAN ADOK KEBANDHAN BANDING AGUNG TALANG PADANG. Acara Pemberian Gelar Adok diberikan kepada 3 pasangan Putra/i Drs. H. Saleh Asnawi Gelar Pembina Kasih, pada kesempatan tersebut dihadiri Bupati Tanggamus H. Bambang Kurniawan, S.T beserta Hj. Dewi Handayani, S.E., M.M juga dihadiri Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal, para Suttan, Pangeran dan tokoh adat 4 Kebandhan.