RAPAT PARIPURNA PENYAMPAIAN  LAPORAN KETERANGAN PERTANGGUNGJAWABAN (LKPJ) BUPATI TANGGAMUS TH. 2017.

RAPAT PARIPURNA PENYAMPAIAN  LAPORAN KETERANGAN PERTANGGUNGJAWABAN (LKPJ) BUPATI TANGGAMUS TH. 2017.

Tanggamus — DPRD  Tanggamus menggelar Rapat Paripurna Penyampaian Laporan Keterangan PertanggungJawaban (LKPJ) Bupati Tanggamus Tahun 2017, bertempat di Gedung DPRD Sekretariat Pemkab Tanggamus, Jum’at 27 April 2018.

Dalam Sambutan Pj. Bupati Tanggamus Ir. Zainal Abidin. MT beliau sampaikan  berdasarkan peraturan pemerintah Republik Indonesia No.3 Tahun 2017 tentang Laporan LPPD kepada Pemerintah ,LKPJ kepala Daerah kepada DPRD ,dan Informasi LPPD kepada Masyarakat disebutkan dalam pasal 18 bahwa muatan LKPJ sekurangnya menjelaskan .

1. Arah kebijakan umum pemerintah daerah.

2. Pengelolaan keuangan daerah secara makro,Termasuk pendapatan dan belanja daerah

3. Penyelenggaraan urusan desentralisasi.

4. Penyelenggaraan tugas pembantuan

5. Penyelenggaraan tugas umum pemerintah.

Anggaran pendapatan dan belanja daerah pada hakekatnya merupakan penjabaran kuantitatif dari tujuan dan sarana pemerintah daerah serta tugas pokok dan fungsi unit kerja sehingga anggaran daerah serta tugas merupakan bagian yg tidak terpisahkan dari seluruh proses perencanaan pembangunan daerah.

Adapun gambaran umum pengelolaan anggaran pendapatan adalah sebagai berikut.

– Pendapatan daerah kabupaten tanggamus TA. 2017 ditargetkan sebesar Rp. 1.64 Triliun rupiah terealisasi sebesar Rp1.56 Triliun rupiah atqu 95.21 persen.

– Brlanja daerah Kab. tanggamus Ta. 2017 yang ditargetkan sebesar Rp 1.64 Triliun rupiah terealisasi sebesar Rp 1.54 Triliun rupiah atau 94.23 persen.

– Pembiayaan daerah kab. Tanggamus Ta. 2017 adalah sbb:

A. Untuk penerimaan pembiayaan daerah dianggarkan sebesar Rp 4.85 Miliar rupiah dan teralisasi sebesar Rp 5.29 Miliar rupiah.

B. Sedangkan untuk pengeluaran pembiayaan daerah dianggarkan sebesar Rp 7.87 Miliar rupiah terealisasi sebesar Rp 7.87 Miliar rupiah.

Selanjutnya belanja tidak langsung dianggarkan sebesar Rp 1.00 Triliun rupiah dan terealisasi sebesar Rp 963.56 Miliar rupiah atau 96.26 persen.

Untuk belanja langsung dianggarkan sebesar Rp 640.78 Miliar rupiah dan terelalisasi sebesar Rp 583.56 Miliar rupiah atau 91.07 persen.

Penggunaaan belanja langsung ini digunakan untuk membiayai pelaksanaan urusan wajib ,urusan pilihan, dan urusan pemerintah fungsi penunjang yang menjadi tanggung jawab pemerintah kabupaten tanggamus.

Dilanjutkan Pj. Bupati, Perlu saya sampaikan juga bahwa selama tahun 2017 ,pemkab tanggamus telah berhasil mengukir keberhasilan dan penghargaan di berbagai bidang antara lain.

1. Penghargaan sebagai kabupaten dengan laporan kinerja instansi pemerintah (LKP) Terbaik tingkat Nasional yang di selenggarakan oleh KemenpanRB RI.

2. Penghargaan berupa Kab/Kota pedulu HAM ditingkat nasional yang diselenggarakan oleh Kementrian Hukum dan HAM RI.

3. Prestasumi ditingkat nasional meraih Juara III lomba kesrak dan meraih penghargaan figur perempuan berprestasi TA. 2012 pada penghargaan citra perempuan penggerak pembanguna Indonesia yang diselenggarakan oleh Yayasan Penghargaan Indonesia..

4. Meraih juara II (Pakarti Madya) lomba kesrak tingkat nasional kategori perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang diselenggarakan oleh BKKBN Pusat.

Serta masih banyak penghargaan- penghargaan lainnya, Pungkasnya.

Turut hadir Ketua DPRD Heri Agus Setiawan, S.Sos, Forkompimda Tanggamus, Asisten I Bidang Pemerintahan Paksi Marga, Para Kepala OPD terkait, para Staf Ahli Bupati, para Anggota DPRD, camat, serta para insan Pers Media.

PJ BUPATI ZAINAL ABIDIN RESMI MENUTUP TANGGAMUS EXPO 2018

KOTAAGUNG–Secara resmi Pj. Bupati Tanggamus, Ir. Zainal Abidin menutup perhelatan Tanggamus Expo tahun 2018, yang dilaksanakan di Komplek Islamic Center, mulai tanggal 26-30 Maret, Jumat (30/3).

Dalam sambutannya Pj. Bupati berharap melalui event Tanggamus Expo ini akan mendorong meningkatnya volume investasi dan transaksi perdagangan di Kabupaten Tanggamus yang melibatkan industri besar, menengah dan kecil serta mengekpose keberadaan produk daerah. Selain itu juga dapat menarik minat wisatawan lokal maupun mancanegara untuk datang serta membuka peluang investasi di sektor pariwisata.

“Tanggamus Expo ini merupakan sebuah upaya positif yang dilakukan oleh pemerintah daerah Kabupaten Tanggamus dalam memberikan wadah bagi tereksposnya hasil pembangunan yang telah kita laksanakan,”kata Pj. Bupati.

Masih menurutnya berbagai hasil pembangunan dan potensi daerah yang telah dipamerkan oleh elemen baik itu unsur SKPD, BUMD, swasta, usahawan dan berbagai elemen masyarakat Tanggamus, berbagai program tersebut menurutnya telah mampu memberikan hasil yang berarti dan terukur, baik secara fisik maupun manfaatnya bagi kemajuan daerah dan kepentingan masyarakat luas.

“Saya berharap agar apa yang kita lakukan ini akan mampu mencapai tujuan seperti apa yang kita harapkan, saya menyampaikan terima kasih atas partisipasi dan peran sertanya dalam Tanggamus Expo ini, demikian halnya bagi panitia dan semua pihak yang telah berperan terselenggaranya Tanggamus Expo ini, semoga melalui Tanggamus Expo ini memberikan kebaikan bagi kita semua dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,”ujarnya.

Sementara itu, Ketua panitia pelaksana Hi. Andi Wijaya ST,. MM,. Dalam laporannya menyampaikan Tanggamus Expo merupakan event tahunan yang dimaksudkan sebagai ajang promosi dan visualisasi hasil pembangunan yang menampilkan berbagai produk unggulan, jasa layanan publik dan peluang investasi, serta gelaran seni dan budaya kuliner dan panggung hiburan ini diramaikan oleh 90 stand terdiri dari 40 stand Badan/dinas/kantor, 20 stand kecamatan, 14 stand vertikal dan BUMD dan 16 stand UKM dan swasta.

“Selama lima hari gelaran Tanggamus Expo dilaksanakan, animo masyarakat untuk berkunjung dan menyaksikan semakin meningkat, hal ini ditunjukan dari ramainya masyarakat yang berbondong-bondong mengunjungi dan  menyaksikan hiburan yang disediakan,”terangnya.

Dalam Tanggamus Expo kali ini juga lanjut Sekda, Berbagai perlombaan juga ditampilkan oleh panitia maupun dari organisasi perangkat daerah (OPD), diantaranya lomba fashion show, solo song, juru promosi pameran, lomba pengucapan UUD dan Panca Prasetya Korpri, lalu lomba tari kreasi yang digelar oleh Dinas Kebudayaan, lomba mewarnai untuk PAUD/TK, solo song untuk kategori umum yang digelar oleh Dinas Pendidikan.

“Besarnya animo masyarakat berdampak positif bagi pedagang atau pengusaha, berdasarkan data yang dihimpun oleh panitia jumlah pengunjung selama kurun waktu lima hari berjumlah 15.764, jumlah tersebut diketahui dari jumlah tiket yang tersebar sejumlah 11.256 dan sisanya pengunjung tanpa tiket, sementara itu data transaksi berjumlah Rp. 917.741.000, Juta, secara umum penyelengaraan Tanggamus Expo tahun ini berjalan baik,”tandasnya.

Selanjutnya Surat Keputusan Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan Pameran HUT Kabupaten Tanggamus-XXI Tahun 2018,dengan ini Menimbang mengingat dan Memperhatikan Keputusan Bupati Tanggamus Nomor : B.18/10/08/2018 Tanggal 8 Januari 2018,tentang panitia Pameran Pembangunan Kabupaten Tanggamus Th. 2018.

Hasil Penilaian Dewan Juri Lomba Stan Pameran Pembangunan Kabupaten Tanggamus th. 2018.

1. Kategori Dinas/Badan/Kantor/Instansi: Juara I BAPPEDA, II Dinas Pendidikan,III BPBD, Harapan I Dinas Perpustakaan & Arsip Daerah ,Harapan II BKD, Harapan III Dinas Ketahan Pangan

2. Kecamatan : Juara I Kecamatn Gisting, II kec. bulok, III Kec Kotaagung,Harapan I Kec. Sumbejo, Harapan II Kec. kobar, Harapan III Kec. Gunung Alip.

4. Vertikal/ BUMN/BUMD/Swasta/Umum : Juara I SUPM, II.BRIMOB, III. Balai Besar TNBBS, Harapan I. Bank Lampung, Harapan II Polres Tanggamus, Harapan III. BANK Syariah.

5. JUARA UMUM : KECAMATAN GISTING.

Untuk lomba Fashion Show, Lomba Solo Song, Lomba Penjor, Lomba Jurpam ,Lomba Pengucap UUD 1945 & Panca Prasetya Korpi antar ASN pada Pameran,Kategori:

1. Pemenang Pengucap Pembukaan UUD 1945: Juara I. Satpol PP Awaluddin, II. Kec. Pematang Sawa Efendi,III. Inspektorat Toni Tanamal.

2. Pemenang Pengucap Korpri:  Juara I Satpol PP Sahroli, II. Kec. Pematang Sawa Tri Kusuma, III. Inspektorat Rilya Sari.

3. Pemenang Lomba Solosong : Juara I. Dinas Pendidikan Eriko, II. Kec. Gisting Nurholi, III. Dinas Kesehatan Rahmad.

4. Pemenang Lomba Fashion Show: Juara I. Dinas Pariwisata Haspari Skar Putri, II. Kesbangpol Mega Sari, III. Dispora Panda Pratama.

5. Pemenang Lomba Penjor: Juara I Kec. Gisting, II. Dinas Perikanan, III. Bappeda.

6.Pemenang Jurpam.

Juara I. Kec Gisting, II. Dinas Peternakan, III. Kec. Kotaagung Barat.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Dandim 0424 Tanggamus, Letkol Arh Anang Hasto Utomo, Perwakilan Polres Tanggamus, Asisten, Ketua TP PKK Tanggamus Hartati, Ketua DWP Arjuliyati Syam, Kepala Dinas, Badan dan Kantor serta camat.

BAPPEDA TANGGAMUS TERIMA TIM PENILAI TPU, TPI DAN TPT

Kota Agung – Pemerintah Kabupaten Tanggamus dalam hal ini melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Kamis (23/3) menerima kedatangan Tim Penilai Utama (TPU), Tim Penilai Independen (TPI), serta Tim Penguji Teknis (TPT).

Rombongan tim penilai disambut hangat Kepala BAPPEDA Tanggamus Hi. Hendra Wijaya Mega serta Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Tanggamus Heri Agus Setiawan.

Dalam pemaparannya, Hendra Wijaya Mega menjelaskan kepada para tim penilai, bahwa Pemkab Tanggamus tak pernah berhenti untuk bermanuver dan melahirkan beragam inovasi, untuk pengembangan koridor RPJMD 2018 – 2023 Provinsi Lampung.

“Terutama mendukung eksplorasi sepanjang garis pantai yang hanya dimiliki Kabupaten Tanggamus di Lampung ini. Demikian juga komitmen Pemkab Tanggamus untuk terus mendukung program BAPPEDA Lampung maupun BAPPENAS,” ujar Hendra Wijaya Mega.

BAPPEDA Tanggamus selama ini, lanjut Hendra, selalu menegaskan bahwa RKPD merupakan dokumen perencanaan pembangunan daerah untuk periode satu tahun, sebagai penjabaran dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJKMD) dan Rencana Strategis Perangkat Daerah (RSPD). Itu merupakan satu kesatuan dalam sistem perencanaan pembangunan nasional dan dilakukan dengan pendekatan politik, teknokratik, partisipatif, atas-bawah (top-down), dan bawah-atas (bottom-up).

“RKPD yang telah dibahas dalam rangkaian forum musrenbang mulai dari tingkat pekon/kelurahan sampai dengan musrenbang tingkat kabupaten ini, disusun berpedoman pada RPJMD. Sehingga diperoleh hasil yang maksimal dan sasaran pembangunan yang telah dicanangkan,” papar Hendra optimis.

Dalam penilaian tersebut, Kepala BAPPEDA Tanggamus sangat berharap, tim penilai bisa secara objektif memberikan penilaiannya. Bahkan untuk memberikan bukti-bukti nyata dari inovasi yang terus dilakukan Pemkab Tanggamus, dalam penilaian tersebut, BAPPEDA juga secara langsung menghadirkan pihak-pihak terkait.

“Bapak-Bapak Tim Penilai, kami sama sekali nggak mau omong doang. Bisa Bapak-Bapak lihat langsung saat ini, BAPPEDA Tanggamus menghadirkan langsung pihak-pihak terkait dengan inovasi kami. Bahkan ini kami hadirkan inovasi terbaru kami, yaitu Putri Otonomi Daerah yang sudah dinilai saat Musrenbang Tanggamus 2018 kemarin yang diapresiasi langsung oleh Pj. Gubernur Lampung. Tujuan Putri Otonomi Daerah ini, adalah untuk merangkul generasi muda Tanggamus dalam segala aspek program pembangunan mental dan fisik sumber daya manusia Tanggamus,” terang Hendra lagi.

Sementara Ketua Tim Penilai Utama, Indra Permana mengatakan, kedatangannya bersama rombongan dalam rangka Penilaian Tahap II Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Provinsi Lampung Tahun 2018 di Kabupaten Tanggamus, untuk menilai langsung proses penyusunan dokumen RKPD Tanggamus. Penilaian itu dilatarbelakangi oleh instruksi dari Kementerian BAPPENAS agar seluruh pemerintah daerah menyusun dokumen RKPD dengan sangat matang dan selektif.

“Tak lain tujuannya adalah untuk efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran negara. Dengan tersusun dan tersistematisnya dokumen RKPD, maka penyerapan dan penggunaan anggaran negara bisa dilakukan optimal,” tandas Indra Permana diamini Ketua Tim Penilai Independen Asrian Hendri Cahya

Dalam Rangka Ulang Tahun Persit Kartika Chandra Kirana yang ke 72 Gelar Bakti Sosial Donor Darah

Kotaagung — Markas komando distrik militer (Makodim) 0424 Kabupaten Tanggamus, mengadakan bakti sosial, anjangsana, Donor darah dan IVS test dalam rangka Hut Persit Kartika Chandra Kirana di Aula Jendral Soedirman Makodim setempat, Rabu (7/03).

Serta dihadiri oleh Komandan Kodim 0424 Tanggamus, Letkol ARH. Anang Hasto Utomo, S.I.P, Kepala dinas Kesehatan yang diwakili oleh Siswantoro, Puluhan anggota Koramil, dan Anggota Kepolisian serta Ibu -Ibu bhayangkari Tanggamus.

Dalam sambutannya Komandan Kodim 0424  Letkol ARH. Anang Hasto Utomo, S.I.P menyampaikan, Kegiatan persit chandra kirana ini dilaksankan serentak di seluruh Kodim se -Indonesia.  Dengan adanya donor darah ini supaya bisa terus meningkatkan kepedulian kepada sesama, bisa memberikan manfaat kepada orang lain, dan apa yang dilaksanakan hari ini juga memberikan kebaikan-kebaikan, karena kita semua tidak akan pernah tau akan kemana darah kita ini akan dibawa, dan mudah-mudahan itu  bisa membantu kesulitan untuk orang lain.

” Selamat ulang tahun untuk Persit Kartika Chandra Kirana yang ke 72 tahun, semoga kedepan bisa terus mendampingi para suami, dalam mengemban tugasnya setiap hari. semoga bisa lebih memperkuat lagi hubungan antara organisasi wanita yang ada didaerah kita,” Ujar Dandim.m

 

Selain itu beliau juga mengharapkan, Dalam kegiatan ini Makodim 0424 Tanggamus juga mengundang berbagai pihak seperti kepolisian, dinas kesehatan, Ibu -ibu bhayangkari untuk ikut serta dalam kegiatan ini, diharapkan antara TNI dan Polri  dengan Pemkab Tanggamus selalu bersinergi dan lebih kuat lagi, serta kegiatan sosial ini bisa menjadi contoh untuk masyarakat agar mau melaksanakan kegiatan yang sama kedepan nantinya.

Kegiatan ini juga bisa  memperkuat lagi antara TNI dan Polri serta Pemkab Tanggamus, selalu bersinergi.

Dan setelah ini akan ada perlombaan yang akan di gelar di Palembang, dan seperti Donor darah, Iva Test, Bakti sosial serta anjangsana itu dilaksanakan serentak di Kodim seluruh Indonesia,” Pungkas Dandim 0424 ARH. Anang Hasto Utomo

 

Pj Bupati Ir. Zainal Abidin,MT., Hadiri Sosialisasi Tentang Undang-Undang Pemilu dan Peraturan KPU

Semaka – Penjabat Bupati Tanggamus Ir.Zainal Abidin,MT., siang tadi pukul 10.30 WIB, menghadiri kegiatan Sosialisasi Undang-Undang Tentang Pemilu dan Peraturan KPU oleh Ir.H.Endro Suswantoro Yahman,M.Sc., anggota DPR RI Fraksi PDIP di aula Pekon Srikuncoro Kecamatan Semaka, Minggu (4/3).

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua DPRD, Kepala Kesbangpol, Kadisdukcapil, Komisioner KPU, Komisioner Panwaslu Kabupaten Tanggamus, Unsur Pimpinan Kecamatan Semaka.

Melalui kegiatan sosialisasi ini atas nama Pemkab Tanggamus Pj Bupati berharap bisa membawa aspirasi masyarakat Tanggamus khususnya Kecamatan Semaka, baik itu aspirasi tentang permasalahan sosial ataupun permasalahan yang berkaitan dengan Pemilihan Umum.

Pj Bupati juga mengharapkan pada saat pilkada nanti masyarakat untuk gunakan hak pilih dengan baik dan benar. Serta menghimbau kepada Tokoh masyarakat, Kepala Pekon untuk aktif mensosialisasikan hal tersebut kepada masyarakatnya.

Sementara itu Ir. Hi. Endro Suswantoro dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada masyarakat atas kehadirannya dalam sosialisasi tersebut.

Beliau juga mengajak kepada masyarakat untuk dapat menggunakan hak pilihnya secara sempurna. Baik itu yang belum memiliki KTP ataupun yang sudah.

Pasalnya, berkaitan dengan perolehan hak politik ini juga merupakan barometer keberhasilan dari kinerja Pemerintah.

“Untuk itulah kami di DPR RI terutama di komisi II, merasa perlu sekali untuk mensosialisasikannya pada masyarakat” Pungkasnya

Sekda Sambut Tim Ombusdman Lampung

Kotaagung Timur — Tanggamus Kembali menerima kunjungan dari Ombudsman Provinsi Lampung dan diterima Sekda di Ruang Rapat Utama Sekretariat Daerah, Kamis (01/3).

Dalam sambutannya Sekretaris Daerah Andi Wijaya, ST.MM.,  menyampaikan dengan silaturahmi ini semoga bisa menambah wawasan kita, dan mengajak kepada tim TKPKD lengkap, sebagai pencerahan yang bisa  membawa kebaikan kedepan.

Sekda juga menyampaikan kepada Ombusdman bahwa Tanggamus  sudah memilik TKPK sendiri tidak hanya bicara tentang bantuan sosial, tetapi melingkupi  pertanian, infrastrktur  ,dan sebagainya. Katanya

Kedepan dari mekanisme yang sudah berjalan bisa memberikan pelayanan yang lebih baik bagi Masyarakat.

Sementara dalam sambutannya Ketua Tim Hardian dari Ombudsman Provinsi beliau sampaikan ucapan terima kasih atas sambutan dari para pejabat yg ada di Kabupaten Tanggamus untuk yang kesekian kalinya.

Selanjutnya dalam proses perjalanannya untuk upaya menyerap pengaduan dari masyarakat, tetap kita letakkan namun bisa  memberikan manfaaat bagi masyarakat.

TKPKD Kabupaten Tanggamus sendiri memiliki tugas mengkoordinasikan kebijakan dan program penanggulan Kemiskinan serta mengkoordinasikan pengendalian pelaksanaan program penanggulan kemiskinan di Kab. Tanggamus.

Untuk fungsinya sendiri adalah mengkoordinasikan penyusunan SKPD Kabupaten sebagai dasar penyusuna RPJMD Kabupaten Tanggamus dibidang penanggulangan kemiskinan, pengkoordinasian forum SKPD atau forum SKPD dalam hal penyusunan Restra dan Renja SKPD, serta Pengkoordinasian evaluasi pelaksanaan perumusan dokumen rencana pembangunan daerah bidang penanggulangan kemiskinan. Pungkasnya

Turut hadir dalam Acara tersebut Asisten Bidang Pembangunan Fb. karjiono, Kepala Bappeda Hendra Wijaya Mega,

Para kepala OPD Terkait, Camat Kotaagung, dari Ombudsman Provinsi Hardian, Atika Mutiara, Tegar Adiwijaya, dan Singgih Samsuri. (Maridi-Kominfo)

DPRD Kabupaten Tanggamus Gelar Rapat Paripurna Istimewa Dalam Rangka Pengucapan Sumpah Janji Anggota DPRD Tanggamus Pengganti Antar Waktu masa jabatan 2014 – 2019

Kota Agung – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tanggamus mengadakan rapat paripurna istimewa dalam rangka pengucapan sumpah janji anggota DPRD tanggamus, pengganti antar waktu (PAW) masa jabatan 2014 – 2019 dari partai Demokrasi indonesia perjuangan (PDI. P). Senin (26/02)

Paripurna yang digelar di gedung DPRD setempat dihadiri oleh Ketua Dewan DPRD Heri Agus Setiawan, S.Sos, PJ Bupati Tanggamus Zainal Abidin M.T, yang diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Andi Wijaya, Para Forkopimda, dan Operasi Perangkat daerah (OPD), serta para anggota DPRD tanggamus.

Dalam penyampaian laporan Gubernur Lampung yang dibacakan oleh Sekretaris Dewan (Sekwan) Suratman mengatakan, Sehubungan telah ditetapkannya keputusan gubernur lampung nomor G/188/B.01/HK/2018 tanggal 13 Februari 2018 tentang peresmian, pemberhentian anggota dewan perwakilan rakyat daerah kabupaten tanggamus masa jabatan tahun 2014 – 2019 atas nama Irwandi Suralaga, S.Ag. dan nomor G/194/B.01/HK/2018 tanggal 13 Februari 2018 tentang peresmian pengangkatan anggota DPRD Tanggamus masa jabatan 2014-2019 yang digantikan oleh atas nama Amrusi Sanusi.

Kedua, dengan nomor G/192/B.01/HK/2018 tanggal 13 Februari 2018 tentang peresmian dan pemberhentian anggota DPRD Tanggamus dengan masa jabatan 2014 – 2019 atas nama H.Nuzul Irsan, SE. dan dengan nomor G/193/B.01/HK/2018 tanggal 13 Februari 2018 tentang peresmian, pengangkatan anggota DPRD daerah kabupaten tanggamus dengan masa jabatan 2014 -2019 atas nama Tukiman.

” Terlampir Kami sampaikan keputusan gubernur lampung tersebut, untuk dapat memfasilitasi pelaksanaan pengambilan sumpah/janji peresmian, pengangkatan pengganti antar waktu (PAW) anggota DPRD Kabupaten tanggamus dengan masa jabatan 2014 -2019 yang di pandu oleh Pimpinan DPRD tanggamus sesuai dengan ketentuan peraturan perundang – undangan,” Ucap Sekwan.

Paripurna dilanjutkan dengan pengucapan sumpah/janji anggota DPRD kabupaten tanggamus pengganti anatar waktu sisa -sisa masa jabatan 2014 -2019 yang baru, lalu dilanjutkan dengan penanda tanganan berita acara sumpah, kemudian dilanjutkan dengan penyematan lencana oleh ketua DPRD kabupaten tanggamus Heri Agus Setiawan, S.Sos.

Dalam sambutannya Pj Bupati Tanggamus Zainal Abidin yang diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) kabupaten tanggamus mengatakan bahwa, sesuai dengan UUD 1945, sebagai daerah otonom Kabupaten Tanggamus memiliki Pemerintahan Daerah dan DPRD, dalam hal ini DPRD mempunyai tugas seperti membentuk Peraturan Daerah (Perda) bersama pemerintah daerah, termasuk melaksanakan penyusunan APBD, Dewan juga mempunyai tugas pengawasan terhadap Perda, dan APBD, serta wewenang lain yang diatur dalam perundang-undangan.

Andi melanjutkan, saya atas nama pribadi dan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Tanggamus menyampaikan ucapan selamat kepada Amrusi Sanusi dan Tukiman atas dilantiknya sebagai anggota DPRD Kabupaten Tanggamus PAW dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan).

” Pelantikan ini awal bagi saudara Amrusi Sanusi dan saudara Tukiman melaksanakan tugas sebagai wakil rakyat. saya berharap saudara dapat bekerjasama dan saling mengisi untuk tercapainya kesejahteraan masyarakat, dalam hal ini aspirasi masyarakat yang dibawa oleh saudara dari daerah pemilihan saudara,” kata Andi

PAW bagi anggota DPRD merupakan proses politik yang harus dilakukan sebagai upaya memenuhi kekosongan kelengkapan keanggotaan DPRD Kabupaten

“Sebagai anggota dewan baru, untuk secepatnya menyesuaikan diri, mempelajari berbagai ketentuan dan tata tertib yang menjadi pedoman dalam melaksanakan tugas sebagai anggota dewan,” terangnya

Andi menjelaskan berhasil tidaknya penyelenggaraan pembangunan di Tanggamus, tergantung kepada peran serta DPRD Kabupaten Tanggamus, terutama pada pelaksanaan program pembangunan. Sehingga pada gilirannya nanti saudara betul-betul mewakili daerah pemilihannya yang benar-benar amanah untuk mewujudkan masyarakat Tanggamus yang aman dan sejahtera.

“Semoga kedepan kita dapat bekerja sama untuk pembangunan Kabupaten Tanggamus ke arah yang lebih baik, sekali lagi saya sampaikan selamat bekerja, tunjukan aktivitas saudara dengan sebaik-baiknya sebagai wakil rakyat dengan berperan aktif dalam seluruh kegiatan yang ada di DPRD Tanggamus”.

Dia melanjutkan, kepada saudara Irwandi Suralaga, S.Ag dan saudara H. NUZUL IRSAN, SE, Anggota DPRD yang diganti kami menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas kerja keras dan pengabdian yang telah diberikan selama menjadi mitra Pemerintah Daerah Kabupaten Tanggamus dan semoga Allah SWT mencatatnya sebagai amal kebaikan atas segala pengabdian yang telah diberikan.

Menghuni Rumah Dinas, Pj. Bupati Gelar Pengajian Bersama Dengan Masyarakat Sekitar

Kota Agung — Usai dilantik sebagai Pj. Bupati Tanggamus, pada Jum’at (23/2/18) Ir. Zainal Abidin, MT., mulai menghuni Rumah Dinas Bupati Tanggamus, di Kota Agung, Sabtu malam (24/2/18).

Mengawali huniannya, Pj. Bupati menggelar pengajian dengan mengundang masyarakat di sekitar Rumah Dinas Bupati.

Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa maksud diadakannya pengajian ini adalah untuk memperkenalkan diri kepada masyarakat khususnya yang berada dilingkungan rumah dinas. Selain itu pengajian ini merupakan bentuk rasa syukur dirinya dan keluarga atas karunia Allah yang telah menjadikannya Pj. Bupati Tanggamus, sekaligus memohon doa agar mudah mudahan dalam menjabat Pj. Bupati Tanggamus, dirinya selalu diberikan kesehatan dan ketenangan agar mampu melaksanakan tugas dengan baik.

Tak lupa pada kesempatan tersebut Pj. Bupati juga memperkenalkan keluarganya, yaitu istrinya yang bernama Hartati, SP, MM., yang kebetulan berasal dari Pasar Madang, Kota Agung. Selain itu beliau juga memperkenalkan kedua putrinya, yaitu Syailanita yang saat ini berkuliah di Fakultas Ekonomi Unila dan Ramadina yang saat ini bersekolah di SMAN 2 Bandar Lampung.

Pj. Bupati melanjutkan bahwa dirinya bertugas paling lama satu tahun, sampai terpilihnya Kepala Daerah hasil Pilkada Kabupaten Tanggamus Tahun 2018.

Ia juga menjelaskan bahwa tugasnya sebagai Pj. Bupati ada lima, yaitu ; 1) Menyelenggarakan pemerintahan di kabupaten Tanggamus, 2) Melakukan penyelamatan dan harmonisasi di Kabupaten Tanggamus, 3) Menyelenggarakan Pilkada secara tertib dan tenang, 4) Menjaga netralitas ASN, TNI dan Polri, 5) Mencegah terjadinya politik uang, dan senantiasa bekerjasama dengan Bawaslu, KPU, Kepolisian dan TNI.

Menutup sambutannya Pj. Bupati menyampaikan terimakasih kepada seluruh warga yg hadir. Ia juga memohon doa dan dukungan agar semoga tugasnya sebagai Pj. Bupati dapat berjalan dengan baik dan lancar serta diliputi dengan jiwa yg tenang.

Acara dilanjutkan dengan pengajian dan doa bersama yang dihadiri oleh warga sekitar juga Asisten Bidang Administrasi serta sejumlah Kepala OPD dan Camat dilingkup Pemkab Tanggamus. (Firman-Kominfo)

KPU GELAR PENGUNDIAN NOMOR URUT PASANGAN CALON BUPATI DAN WAKIL BUPATI

Komisi Pemilihan UlUmum (KPU) Tanggamus pagi tadi menggelar rapat pleno pengundian nomor urut pasangan calon (paslon) bupati/wakil bupati di hotel 21 Gisting, Selasa (13/2).

Dalam proses pengambilan nomor urut, Pasangan Calon Bupati Dewi Handajani mendapat kesempatan pertama, kemudian Calon Bupati Samsul Hadi urut kedua. Usai pengundian, pasangan Dewi Handajani-A Syafei mendapat nomor urut satu, sementara pasangan Samsul Hadi-Nuzul Irsan mendapat nomor urut dua.

Hadir dalam acara pengundian nomor urut paslon, Komisioner KPU, Panwaslu Tanggamus, Ketua DPRD, Dandim, Kapolres Tanggamus, Paslon Dewi-A Syafei dan Paslon Samsul-Nuzul, beserta ratusan pendukung masing-masing pasangan calon.

Gubernur Lampung Kunjungi Tanggamus

Kota Agung – Gubernur Lampung M.Ridho Ficardo didampingi Ketua TP PKK Provinsi Ny. Yustin Fikardo pagi tadi tiba di lapangan Merdeka Kotaagung pada pukul 11.45 WIB dalam rangka kunjungan kerjanya di Kabupaten Tanggamus, Kamis (8/2)

Gubernur disambut langsung oleh Sekda Tanggamus Andi Wijaya, serta Ketua TP PKK Tanggamus Hj.Af’illah Samsul Hadi, serta jajaran Forkopimda.

Dalam lawatannya di Tanggamus Gubernur langsung membuka kegiatan Pasar Murah berupa beras dan Gas LPG yang diadakan oleh Pemprov Lampung.

Pada kesempatan tersebut beliau mengharapkan dengan adanya operasi pasar murah ini dapat meringankan beban masyarakat Tanggamus dimana akhir-akhir ini harga beras mengalami kenaikan yang signifikan.

Usai memberikan sambutan gubernur yang juga didampingi oleh Bupati Tanggamus Hi. Samsul Hadi melayani masyarakat dalam membeli beras murah dan Gas LPG.

Dan selanjutnya gubernur menuju Pemkab Tanggamus menghadiri dua rangkaian kegiatannya di Bumi Begawi ini.

Ridho Ficardo didampingi Ketua TP PKK Provinsi Ny. Yustin Fikardo pagi tadi tiba di lapangan Merdeka Kotaagung pada pukul 11.45 WIB dalam rangka kunjungan kerjanya di Kabupaten Tanggamus, Kamis (8/2)

Gubernur disambut langsung oleh Sekda Tanggamus Andi Wijaya, serta Ketua TP PKK Tanggamus Hj.Af’illah Samsul Hadi, serta jajaran Forkopimda.

Dalam lawatannya di Tanggamus Gubernur langsung membuka kegiatan Pasar Murah berupa beras dan Gas LPG yang diadakan oleh Pemprov Lampung.

Pada kesempatan tersebut beliau mengharapkan dengan adanya operasi pasar murah ini dapat meringankan beban masyarakat Tanggamus dimana akhir-akhir ini harga beras mengalami kenaikan yang signifikan.

Usai memberikan sambutan gubernur yang juga didampingi oleh Bupati Tanggamus Hi. Samsul Hadi melayani masyarakat dalam membeli beras murah dan Gas LPG.

Dan selanjutnya gubernur menuju Pemkab Tanggamus menghadiri dua rangkaian kegiatannya di Bumi Begawi ini.